Dubai merupakan kota metropolitan di United Arab Emirates (UAE), merupakan salah satu lokasi liburan termewah dunia dengan berbagai pesonanya. Mulai dari menara tertinggi Burj Khalifa, hingga pemandangan pelesir yang indah dan romantis di sepanjang Teluk Persia. Untuk bisa berkunjung, berlibur, bahkan singgah di Dubai, kamu akan membutuhkan Visa Dubai atau Visa UAE. Visa UAE bisa kamu gunakan untuk mengunjungi berbagai kawasan di wilayah UAE seperti Abu Dhabi yang terkenal dengan hiburan gurunnya.

Membuat Visa Dubai tidak susah, kok, yang penting kamu tahu tujuan, punya budgeting tepat, serta berbagai kebutuhan esensial lainnya. Berikut informasi serta panduan membuat Visa Dubai yang perlu kamu pahami.

Kamu juga bisa cek artikel lain di blog ini untuk pembuatan visa Amerika Serikat, Eropa (visa Schengen), Korea SelatanJepangChinaAustraliaNew ZealandInggrisKanada, Rusia, Turki, Dubai, Irlandia, Yordania, Argentina, Taiwan.

visa dubai

Berbagai Jenis Visa Dubai 

Ada berbagai jenis visa UAE untuk berbagai kebutuhan. Perbedaan setiap visa akan membedakan durasi waktu kunjunganmu dan pembatasan aktivitas tertentu. Berikut berbagai jenis visa UAE atau Dubai yang perlu kamu ketahui.

  1. Visa Turis

Sesuai dengan namanya, visa jenis ini untuk turis yang hendak berlibur ke Dubai. Mendapatkan visa ini relatif sangat mudh, yang penting kamu memenuhi persyaratan dan dokumen yang diminta. Visa turis memiliki masa berlaku untuk kunjungan maksimal 30 hari, dalam jangka waktu itu, kamu tak hanya bisa keliling Dubai dengan bebas, bisa juga mengunjungi berbagai wilayah di UAE.

  1. Visa Kunjungan (Jangka Panjang/Jangka Pendek)

Visa berikutnya adalah visa kunjungan yang secara spesifik bisa kamu gunakan ketika hendak mengunjungi teman atau keluarga di Dubai. Kamu bisa menentukan lamanya kunjungan. Untuk kunjungan jangka pendek maksimal 30 hari dan maksimal 90 hari untuk kunjungan jangka panjang. Yang membedakan visa ini dengan visa turis adalah dokumen sponsor (dengan keluarga atau teman menjadi sponsor).

  1. Visa Transit

Visa transit digunakan untuk ijin tinggal di Dubai selama beberapa jam karena rute penerbangan tertentu. Visa Dubai satu ini memiliki durasi singgah paling pendek yaitu selama 96 jam saja. Kamu akan membutuhkan sponsor hotel tempat kamu singgah untuk visa transit dan segera meninggalkan Dubai menuju penerbangan berikutnya sebelum jangka waktu visa habis. Kamu bisa booking hotel di Booking.com untuk mendapatkan visa sponsornya

Dokumen yang Dibutuhkan Untuk Membuat Visa Dubai 

  1. Pas foto berwarna 3.5 cm x 4.5 cm, menggunakan pakai formal gelap dengan latar putih.
  2. Paspor. Bawa paspor asli dan foto copy.
  3. Bukti pemesanan tiket perjalanan pulang pergi. Untuk mempermudah proses pembuatan visa, kamu harus menggunakan maskapai Emirates.
  4. Bukti Keuangan. Dapatkan bukti keuangan kamu dengan meminta laporan rekening koran dari bank yang telah dilegalisir.
  5. Bukti akomodasi hotel. Lampirkan juga bukti pemesanan hotel dimana kamu akan singgah selama ada di Dubai dalam bentuk print. Untuk bukti sementara, kamu bisa booking via Booking.com (free pembatalan)
  6. Surat Undangan. Apabila kamu diundang oleh kerabat atau saudara di Dubai sebagai tempat singgah kamu, kamu membutuhkan surat bukti tempat tinggal dari pihak tersebut. Biasanya dalam bentuk surat keterangan dari wilayah tersebut, bisa minta dikirimkan dalam bentuk scan sebagai lampiran dokumen. Cek contoh surat sponsor visa di sini.
  7. Surat Keterangan Kerja/Pelajar. Kalau kamu sudah bekerja, kamu akan membutuhkan surat keterangan dari kantor untuk mengajukan visa ini. Bisa kamu minta pada pihak HRD di kantormu. Bagi pelajar, mintalah surat keterangan pelajar pada institusi/kampus/sekolah dimana kamu masih melakukan studi.
  8. Laporan Itinerary. Itinerary merupakan perencanaan atau agenda kegiatan selama kamu berada di Dubai. Biasanya dibuat dalam bentuk tabel agar lebih rapi dan mudah dipahami. Kamu harus mencantumkan secara detail apa saja kegiatan yang kamu inginkan lakukan, dari jam hingga rute dan tempat mana saja yang ingin kamu kunjungi. Namun, tak perlu overthinking, itinerary ini hanya sebagai pacuan dan gambaran umum dari kunjungan kamu. Sah-sah saja jika nantinya agenda kamu mengalami perubahan sedikit.

Kamu bisa cek aktivitas seru di Dubai via Klook. Selain banyak pilihan, diskonnya juga bisa buat hemat hingga jutaan rupiah.

Klook.com

Langkah – Langkah Membuat  Visa Dubai

  1. Ada beberapa lokasi dimana kamu bisa mengajukan visa UAE secara langsung di Indonesia. Kunjungi VFS Global di Mall Kuningan Jakarta untuk mengajukan visa secara langsung.
  2. Berikutnya, kamu harus mengisi formulir permohonan visa. Agar lebih cepat, bisa kamu unduh dari website resmi VFS. Namun, kantor VFS juga menyediakan formulir yang bisa kamu isi langsung di lokasi tersebut.
  3. Lampirkan dokumen-dokumen persyaratan pembuatan visa UAE lainnya yang telah kamu persiapkan.
  4. Melakukan pembayaran pengajuan visa. Kamu harus sudah sedia budget pembuatan visa dan melakukan pembayaran pada hari itu juga untuk mempercepat proses pembuatan visa.
  5. Setelah itu kamu akan disuruh menunggu selama kurang lebih 3 hingga 4 hari hingga visa jadi dan siap digunakan.

Alamat VFS Indonesia:

Informasi Penting yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Visa Dubai

Ada berbagai informasi penting tambahan yang perlu kamu ketahui agar liburanmu di Dubai dapat berjalan dengan lancar terkait dengan kepemilikan visa. Berikut beberapa informasi tambahan jika kamu masih kurang jelas seputar Visa Dubai.

  1. Cara mendapatkan sponsor. Kamu bisa mendapatkan sponsor dari keluarga atau kerabat yang tinggal di Dubai. Namun, jika kamu hanya ingin berlibur sendiri dan tinggal di hotel, carilah hotel dengan layanan sponsor. Beberapa hotel mencantumkan layanan tersebut dalam website resmi mereka, namun jika tidak dicantumkan, kamu bisa menanyakan via email.
  2. Batasan kegiatan dengan visa liburan. Untuk visa turis dan visa kunjungan, kamu hanya memiliki izin untuk singgah sebagai pengunjung. Kamu tidak mengambil pekerjaan full time maupun part timer selama singgah di Dubai karena kegiatan tersebut termasuk ilegal dan kamu bisa dikenai sanksi bahkan (amit-amit) dideportasi.
  3. Pentingnya memiliki asuransi perjalanan. Untuk menjamin keamanan selama berlibur di Dubai, ada baiknya kamu juga memiliki asuransi perjalanan (travel insurance). Lampirkan juga dokumen asuransi kesehatan pada proses permohonan visa agar lebih menyakinkan.

burj-khalifa-dubai

Daftar Harga Visa Dubai

Setiap jenis visa UAE memiliki masa berlaku dan persyaratan yang berbeda satu sama lain, begitu juga harga pengurusan dokumen visanya. Ada berbagai variasi harga untuk setiap jenis visa, berikut informasi lengkapnya untuk kamu.

  • Visa 48 Jam: sekitar 10 USD (Rp 142.000)
  • Visa 96 Jam: sekitar 30 USD (Rp 427.000)
  • VIsa Turis (Jangka Pendek): sekitar 90 USD (Rp 1,2 juta)
  • Visa Turis (Jangka Panjang): sekitar 190 USD (Rp 2,7 juta)

Harga bisa berubah terkatung kurs dan kebijakan pemerintah dubai. Dengan informasi harga pengajuan visa UAE, sekarang kamu membuat anggaran rencana liburan kamu ke Dubai. Mulai dari tiket pesawat, akomodasi, asuransi perjalanan, kebutuhan selama sedang berlibur, hingga budget untuk belanja.

Ingat, mendapatkan visa merupakan sebuah tanggung jawab bagi pemegangnya. Visa merupakan bukti bahwa negara yang hendak kamu kunjungi telah percaya bahwa kamu bisa menjadi turis yang taat dengan segala peraturan di Dubai. Perhatikan durasi kunjungan dan pembatasan kegiatan yang telah ditentukan. Gunakan visa dengan bijak! Kira-kira kapan rencana kamu ke dubai dan tujuan apa? Komen ya.

Traveling Aja Dulu Book Olivia Purba