Inggris adalah salah satu negara di Eropa yang punya banyak pesona, terutama ibukota nya London. Kota yang satu ini jadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan termasuk wisatawan Indonesia yang ingin berkunjung ke Eropa. Ada banyak hal yang bisa jadi pengalaman menarik saat berlibur atau mengunjungi Inggris. Jika kamu ingin melancong ke negara cara yang satu ini kamu tentunya harus menyiapkan berbagai hal termasuk mengetahui cara membuat visa Inggris.

Meskipun kedengarannya untuk mendapatkan visa Inggris atau visa uk sulit, ternyata proses pengajuannya cukup mudah. Kamu bisa mengajukan Visa langsung di kedutaan Inggris. Tapi proses untuk mendapatkan visa UK atau visa Inggris in butuh waktu lho jadi baiknya kamu mengajukan Visa jauh jauh sebelum hari keberangkatan. Saran aku minimal 3 bulan sebelumnya.

Saya sendiri sempat ke Inggris di September 2016 yang lalu untuk menghadiri conference di University of London. Visanya saya di proses selama 4 minggu dan begitu keluar saya visa saya berlaku selama 6 bulan.

Traveling Aja Dulu Book Olivia Purba

Untuk mengetahui lebih jelas tentang cara mengajukan visa Inggris, kamu bisa simak pengalaman apply visa inggris ku berikut:

Kamu juga bisa cek artikel lain di blog ini untuk pembuatan visa Amerika Serikat, Eropa (visa Schengen), Korea SelatanJepangChinaAustralia, New Zeland, Inggris, KanadaRusia, TurkiDubaiIrlandia, Argentina, Yordania, Taiwan.

1. Persiapkan dokumen yang dibutuhkan untuk Visa Inggris

Sama seperti mengajukan visa ke negara lain, untuk mengajukan visa ke negara Inggris kamu juga harus  mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan untuk memenuhi persyaratan pengajuan visa yang berlaku. Ada berbagai dokumen yang dibutuhkan untuk mengajukan visa Uk atau Inggris, beberapa dokumen yang perlu kamu persiapkan antara lain:

  • Paspor dengan masa berlaku minimal 8 bulan setelah keluar dari Inggris
  • Paspor lama
  • Pas foto berwarna terbaru dengan ukuran 3,5cm x 4,5cm dan latar belakang warna putih dua lembar
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi KK
  • Fotokopi Akta Kelahiran
  • Surat keterangan kerja: kop surat perusahaan, slip gaji, lama bekerja, konfirmasi izin cuti, dan informasi lainnya seperti apakan cuti tersebut dibayar ataukah tidak. Cek contoh surat sponsor visa di sini.
  • Surat keterangan usaha (SIUP) (jika punya usaha) dan NPWP
  • Surat keterangan pelajar (bila masih mahasiswa)
  • Surat undangan untuk seminar, meeting atau conference, apabila tujuan perjalanan untuk bisnis.
  • Rekening koran minimal 3 bulan terakhir
  • Surat referensi bank dalam bahasa Inggris
  • Bukti pemesanan tiket perjalanan pulang pergi. Pesan dummy tiket di https://www.dummyticket.com/, in case visa nya gak di approve.
  • Bukti pemesanan hotel atau akomodasi selama di UK. Untuk yang ini kamu bisa pesan via Booking.com
Hostel Clink78

Clink78 Hostel tempat saya stay sewaktu mengikuti Conference di London tahun 2016. Lokasinya bagus dan tempatnya murah banget!

Booking.com

 

Kamu juga bisa melampirkan dokumen lain yang bisa membantu meyakinkan kedutaan besar Inggris untuk menyetujui aplikasi visa kamu seperti asuransi perjalanan dan tanda kepemilikan aset di Indonesia.

Selain itu untuk meningkatkan persetujuan visa UK kamu juga bisa menyertakan dokumen lainnya  serta untuk mempermudah proses pemindaian, kamu juga disarankan untuk memenuhi petunjuk di bawah ini:

  • Bila memungkinkan, semua dokumen yang kamu ajukan harus berukuran A4 termasuk paspor.
  • Dokumen tidak boleh dilaminasi
  • Semua dokumen juga harus bebas dari klip atau pin
  • Untuk fotokopi identitas seperti KK, KTP dan Akta Kelahiran, kamu bisa menyertakan terjemahan Bahasa Inggrisnya juga.

Sebaiknya kamu ajukan visa jauh hari sebelum keberangkatan dan sebaiknya sebelum sebelum hari raya Idul Fitri untuk menghindari kesibukan. Ketahui juga dengan jelas tujuan kamu mengunjungi negara tersebut agar bisa mengetahui apa yang bisa dilakukan dengan tipe visa yang kamu pilih.

Parade Prajurit Inggris

Parade Prajurit Inggris September 2016

2. Ajukan Visa secara Online

Setelah mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan serta menyiapkan dokumen yang diperlukan untuk pengajuan visa, kamu bisa memulai pengajuan aplikasi visa uk atau Inggris secara online dengan membuat akun di situs Visa4UK atau https://visa4uk.fco.gov.uk/ . Baca semua ketentuan yang ada kemudian isi informasi yang diperlukan. Jangan lupa untuk memverifikasi email yang kamu gunakan untuk membuat akun baru setelahnya kamu bisa melanjutkan proses pengisian formulir secara lengkap.

visa uk

Visa uk saya di proses di Manila

3. Membuat janji temu dan pembayaran

Jika kamu sudah selesai mengisi formulir untuk  aplikasi visa Inggris dan penandatanganan pernyataan secara online sudah kamu lakukan selanjutnya kamu bisa membuat janji temu dengan pihak kedutaan Inggris, yang diwakili oleh pihak VFS Global.

Adapun pertemuan bisa dilakukan di tiga kota din Indonesia yakni Jakarta, Surabaya dan Bali dengan alamat lengkap sebagai berikut:

  • Jakarta: Kuningan City Mall, 2nd Floor, Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 18, Setiabudi, Kuningan, Jakarta, Indonesia
  • Surabaya: Lt. 15, R. 1506, Graha Pena, Jalan Ahmad Yani No. 88 Surabaya 60234, Indonesia
  • Bali: Benoa Square, 3rd Floor No. 7-9.3/A, Jalan Bypass I Gusti Ngurah Rai No 21A, Kedonganan Kuta, Bali, Indonesia

Setelah memilih tanggal pertemuan kamu bisa melanjutkan aplikasi visa dnegan membayar biaya yang ditentukan. Berikut adalah biaya yang dibutuhkan untuk mengajukan visa bergantung pada jenis visa yang dipilih :

  • Biaya standar visa turis jangka pendek, dengan durasi visa maksimal enam bulan, single atau multiple-entry, adalah 128 USD atau sekitar Rp 1,761,460.
  • Pembayaran bisa dilakukan dengan menggunakan kartu kredit Visa, Mastercard, atau dengan kartu debit.

Jika kamu sudah melakukan pembayaran dan sukses, kamu akan menerima menerima konfirmasi melalui email dari WorldPay, provider pembayaran yang disediakan dalam pengajuan visa uk atau inggris. Surat konfirmasi pembayaran ini harus kamu cetak sebagai bukti pembayaran dan harus dibawa saat menyerahkan aplikasi visa Inggris di jadwal pertemuan yang telah dipilih.

London Eye UK

4. Menghadiri jadwal Interview

Setelah menentukan tanggal atau jadwal pertemuan, kamu bisa datang pada hari yang ditentukan untuk menyerahkan formulir permohonan visa yang sudah lengkap dengan ditandatangani bersama dengan dokumen lain yang diperlukan baik dokumen asli maupun fotokopi.

Biasanya dalam pertemuan tersebut kamu akan diwawancarai oleh staff pihak kedutaan besar Inggris tentang rencana perjalanan yang akan kamu lakukan di Inggris. selain melakukan wawancara, pihak kedutaan besar juga akan meminta data biometrik seperti foro dan sidik jarimu sebagai bukti lainnya. Jika pertemuan sudah selesai, kamu akan mendapatkan tanda terima yang dibutuhkan saat mengambil visa Inggris atau visa inggris yang sudah disetujui. Jangan sampai hilang ya!

Untuk mengetahui perkembangan visa kamu bisa mengeceknya secara online atau meminta layanan SMS yang memberikan notifikasi seputar proses pengajuan visa dengan biaya sekitar Rp 25.000. ada baiknya kamu menggunakan layanan ini supaya pengecekan status visa lebih  mudah dan up to date.

London Eye UK

5. Mendapat keputusan visa Inggris

Jika semua persayaratan sudah lengkap dan janji pertemuan sudah terlaksana kamu tinggal menunggu keputusan apakah visamu disetujui pihak kedutaan atau tidak. Kamu tak perlu menunggu dengan cemas setiap hari dan tak perlu fokus pada pengurusan visa karena kamu tetap bisa melakukan aktivitas normal selama waktu tunggu mengingat proses persetujuan visa Inggris yang cukup lama mulai dari tiga minggu hingga 12 minggu. Ada juga aplikan yang mendapat notifikasi persetujuan dalam waktu 24 minggu setelah pengajuan visa dilakukan. Satu minggu juga dihitung sebagai lima hari kerja.

Pihak VFS Global sendiri akan mengirimkan notifikasiatau pemberitahuan melalui email jika visa yang kamu ajukan diterima atau ditolak dan kalau kamu menggunakan layanan SMS kamu bisa mendapatkan pemberitahuan juga melaui pesan singkat yang dikirimkan.

Berpose di Greenwich London

Jadi, sekarang kamu sudah paham tata cara mengajukan visa uk dengan benar. Kamu bisa mencobanya sekarang dan mulai merencanakan perjalananmu ke Inggris. Pastikan kamu merencanakannya dengan baik agar liburan dan kunjunganmu lebih berkesan.

Cek juga tempat seru yang bisa kamu kunjungi di UK, sebagai bahan itinerary mu!

Klook.com