Negara yang kerap terpilih sebagai Best in Travel oleh Lonely Planet ni memang sangat menarik untuk dikunjungi. Bertetangga dengan Amerika Serikat, negara ini bukan saja menawarkan keindahan alam yang memukau, namun juga budaya, arsitektur, dan komunitas masyarakatnya yang multikulutral sangat menarik untuk di liat.

Untuk dapat masuk ke negara ini pun tidak seribet proses masuk ke Amerika Serikat, walaupun sama-sama menggunakan visa kunjungan. Untuk membuat visa Kanada, kamu bisa mengurusnya secara online dengan proses pembuatan yang cepat serta masa berlakunya yang panjang. Saya sendiri sempat ke Kanada tahun 2010 yang lalu dan berencana ingin balik lagi karena banyak yang belum di kunjungi 🙂

Bagi kamu yang tertarik liburan ke sana, yuk simak prosedur dan cara membuat visa Kanada berikut ini.

Dua Cara Membuat Visa Kanada

Terdapat dua cara untuk membuat visa Kanada, yaitu secara online dan on paper, yang artinya kamu harus mencetak semua formulir yang telah diisi di atas kertas putih non-glossy. Kalau kamu memutuskan untuk membuat visa Kanada secara on paper, harus disertakan juga formulir khusus yang memberikan otorisasi kepada pihak lain untuk mengurus visa milikmu.

Namun, baik secara online atau on paper, kamu diwajibkan untuk melakukan pengisian formulir secara online terlebih dahulu. kamu juga harus menyiapkan dokumen yang ditentukan, melakukan pembayaran biaya visa, dan mengunjungi pusat aplikasi visa secara langsung.

Apakah Kamu Berhak Membuat Visa Kanada?

Sebelum menyiapkan dan mengisi formulir pembuatan visa, ada satu langkah yang wajib dilakukan yang berguna untuk memastikan apakah kamu berhak mengajukan visa Kanada. Langkah ini sangat penting, karena hasil pendataan tersebut akan menentukan kelayakan apakah kamu bisa membuat visa Kanada atau tidak. Kamu bisa mengecek kelayakan kamu di link ini.

Pada formulir tersebut ada beberapa form yang harus diisi, kamu juga harus menjawab semua pertanyaan tersebut sesuai dengan fakta. Pertanyaanya seputar kewarganegaraan, usia, pekerjaan, keluarga, dan banyak lagi hal lainnya.

Visa Kanada

Pertanyaannya kurang lebih seperti ini

Setelah melengkapi formulir tersebut dan dinyatakan berhak membuat visa Kanada, selanjutnya kamu akan mendapat “Personal Reference Code”. Kode tersebut diperlukan untuk mendaftar akun dan juga visa, jadi simpan baik-baik kode tersebut dan jangan sampai hilang. Selanjutnya kamu tinggal mengikuti langkah-langkah berikutnya sesuai dengan petunjuk.

visa kanada

Dokumen Yang Harus Disiapkan

Sama halnya dengan proses pembuatan visa ke negara lain, kamu juga harus menyiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan agar penjalanan travelling ke Kanada berjalan tanpa hambatan. Dokumen yang disiapkan dapat berupa fotocopy atau hasil pemindaian/scan.

  1. Scan paspor, khususnya pada halaman identitas
  2. Riwayat perjalanan berupa scan visa atau stampel keluar masuk negara yang telah dikunjungi dalam rentang waktu sepuluh tahun terakhir.
  3. Pas foto 33mm x 45mm dengan format JPEG dan size 240KB
  4. Rekening koran bank dalam 4 bulan terakhir, surat keterangan kerja maupun usaha.
  5. Scan surat izin tinggal, belajar, maupun bekerja di luar negeri, jika punya
  6. Scan visa Amerika Serikat, jika punya.
  7. Selain dalam bentuk scankamu juga harus menyiapkan dokumen-dokumen di atas dalam bentuk fotocopy.
  8. Bukti perjalanan berupa tiket pesawat. Kamu bisa pesan dummy tiket (tiket sementara) di situs https://www.dummyticket.com/ dengan harga murah in case visa gak di approve.
  9. Bukti pemesanan hotel. Kalau yang ini bisa kamu pesan via Booking.com (gratis pembatalan dan banyak pilihannya)

Booking.com

Pengajuan Aplikasi Online

Setelah mengisi formulir pembuatan visa, kamu akan dibawa masuk ke halaman khusus yang menginstruksikan agar mengikuti langkah selanjutnya. Pertama-tama adalah mengklik “Register to get a key” untuk membuat akun baru. Akun tersebut digunakan untuk mengajukan aplikasi, membayar biaya sekaligus mengecek status aplikasi visa.

Setelah berhasil log in, kamu harus memilih visitor visa jika tujuan kunjungan ke Kanada untuk liburan. Kamu juga harus memasukkan “Personal Reference Code” yang telah diberikan sebelumnya, mengupload formulir dan juga dokumen pendukung lainnya yang sudah disiapkan.

Proses penguploadan dokumen ini bisa jadi memakan waktu lama jika dokumen yang disubmit tidak memenuhi ketentuan. Jika proses upload ditolak, kamu akan diminta untuk memperbaiki dokumenmu terlebih dahulu sebelum diupload kembali. Setelah seluruh dokumen berhasil terverifikasi, kamu akan diarahkan ke halaman pembayaran biaya visa. Sampai langkah ini kamu sudah paham kan?

Pembayaran Biaya Visa

Proses pembayaran biaya pembuatan visa ini bisa dilakukan secara online juga loh. Biayanya sebesar $ 85 CAD (dolar Kanada). Setelah membayar biaya membuat visa, kamu akan mendapat konfirmasi pembayaran. Setelah itu, kamu tinggal membawa bukti konfirmasi tersebut ke kantor VFS Global di Jakarta, Surabaya atau Bali, bersama dengan dokumen lain yang telah dicetak yang disertai juga dengan persyaratan lainnya.

Berikut ini adalah alamat VFS Global yang bisa kamu kunjungi.

  • Jakarta: Kuningan City Mall lantai 2 No. L2-19, Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 18, Setiabudi, Kuningan, Jakarta 12940
  • Surabaya: Graha Bukopin lantai 10, Jl. Panglima Sudirman No. 10-18, Surabaya, 60271
  • Bali:: Benoa Square 3rd floor No. 7-9.3/A Jl. Bypass I Gusti Ngurah Rai No. 21A Kedongan, Kuta, Bali 80361

Di loket yang telah ditentukan, kamu bisa menyerahkan bukti pembayaran, paspor, dan pas foto yang kemudian akan diganti dengan tanda terima. Setidaknya dalam waktu lima hari kerja, kamu akan mendapat  notifikasi e-mail untuk pengambilan visa dan juga paspor milikmu.

Menariknya, visa turis yang diberikan oleh Kedutaan Kanada sesuai dengan masa berlaku paspor. Jadi, kalau kamu baru saja memperpanjang paspor dan mendapatkan visa Kanada, berarti visa tersebut memiliki masa berlaku hingga lima tahun yang bersifat multiple entry.

Gampang kan cara membuat visa Kanada? Kira-kira kota mana yang ingin kamu kunjungi?  Share di kolom komentar ya!