Negara terbesar di dunia ini memang menawarkan berjuta keindahan yang menakjubkan. Sekali saja kamu mengunjunginya, pasti kamu akan berharap agar dapat mendatangi Negeri Beruang Merah ini lagi suatu hari nanti. Agar dapat berlibur ke Rusia, turis WNI memerlukan visa, tapi jangan khawatir! Karena cara membuat visa Rusia sangatlah mudah. Bahkan, kamu tidak perlu melakukan wawancara untuk mengajukan visa loh!

Selain itu, kamu juga baru membayar biaya aplikasi visa setelah semua dokumen yang diajukan diperiksa dan dinyatakan lengkap serta memenuhi seluruh persyaratannya. Jadi, jika aplikasi visa milikmu dinyatakan tidak lengkap, kamu tidak akan rugi karena sudah terlanjur membayar. Konsuler otomatis tidak akan menerima aplikasi visa dan memintamu agar melengkapi seluruh berkasnya terlebih dahulu. Jika sudah membayar sudah dapat dipastikan kalau visa milikmu sudah selesai.

Metro Russia

Stasiun Metro Russia

Lalu, jenis visa apa saja yang dapat kamu pilih? Dokumen apa saja yang perlu disiapkan? Berikut ini segala hal yang perlu kamu ketahui supaya proses pengaplikasian visa Rusia lancar tanpa kendala.

Kamu juga bisa cek artikel lain di blog ini untuk pembuatan visa Amerika Serikat, Eropa (visa Schengen), Korea SelatanJepangChinaAustraliaNew ZealandInggrisKanada, Rusia, Turki, Dubai, Irlandia, Yordania, Argentina, Taiwan.

Jenis Visa Turis Yang Dapat Dipilih

  • Single-entry, visa ini berlaku untuk satu kali kedatangan dan keberangkatan, dengan masa tinggal 30 hari.
  • Double-entry, berlaku untuk dua kali kedatangan dan keberangkatan, dengan masa tinggal 30 hari.
  • Multiple-entery, visa jenis ini memungkinkan kamu untuk memiliki jumlah kedatangan dan keberangkatan yang tidak terbatas. Durasi masa tinggalnya pun cukup lama, yaitu hingga 90 hari dalam periode 180 hari.

Kamu juga bisa menggunakan jasa am periode 180 hari.

Traveling Aja Dulu Book Olivia Purba

Dokumen Yang Harus Disiapkan untuk Visa Rusia

1. Paspor

Kamu harus memiliki paspor dengan sedikitnya dua halaman kosong untuk menempatkan visa Rusia. Selain itu, pastikan tanggal kadaluwarsa paspor minimal 6 bulan setelah visa berakhir.

2. Lengkapi formulir aplikasi

Sebelum ke langkah-langkah selanjutnya, kamu harus mengisi terlebih dahulu formulir aplikasi visa secara online yang tersedia di situs Departemen Konsuler Kementerian Luar Negeri Federasi Rusia. Sebelum mengisinya, baca dulu panduan mengisi formulir aplikasi tersebut.

3. Pas foto berwarna

Pas foto ini harus menampilkan wajah secara jelas dan tajam dengan ukuran foto 3,5 x 4,5 cm dan latar belakang berwarna putih. Selain itu, pemohon tidak diperkenankan untuk memakai kacamata hitam maupun aksesoris kepala.

4. Surat Undangan atau Voucher dari agen wisata tersertifikasi

Inilah salah satu bagian yang seringkali membuat banyak pelancong kebingungan, mungkin karena ketidaktahuan mereka yang membuatnya merasa kesulitan untuk mendapat visa Rusia.

Kalau kamu hanya menyertakan bukti pemesanan hotel saja, sudah pasti permohonan visa akan ditolak. Karena yang paling dibutuhkan adalah surat undangan atau voucher yang disebut juga dengan dokumen pendukung visa. Dokumen ini sangat penting sekali, karena kamu harus memasukkan nomor referensi dan nomor konfirmasi voucher ketika mengisi formulir aplikasi visa.

Kamu bisa menggunakan IVisa untuk mendapatkan surat undangan ini. Prosesnya cuma 30 menit lho!

invitation russian paspor indonesia

Klik link IVisa  untuk akses ke situsnya

5. Tiket pesawat untuk Visa Rusia

Selain melampirkan voucher, kamu juga harus melampirkan tiket pesawat maupun kereta api yang telah dibeli ketika akan berkunjung ke kota selain Moskow.

Supaya gak rugi kalau visa kamu gak di approve, kamu bisa pesan dummy tiket (tiket sementara) di situs https://www.dummyticket.com/ dengan harga murah.

Visa rusia

St Petersburg Russia

6. Bukti pemesanan penginapan

Tidak masalah kamu mau tinggal di hotel atau hostel, yang jelas kamu harus melampirkan dimana tempat tinggal selama di Rusia. Tidak seperti tiket pesawat, kamu tidak harus melampirkan dokumen yang menyatakan bahwa kamu sudah melakukan pembayaran pada sebuah kamar hotel maupun hostel tertentu. Cukup lampirkan saja bukti pemesanannya, karena saat kamu sudah tiba di Rusia dan ingin berganti hotel maupun hostel tidak jadi masalah.

Kamu bisa lakukan bookingan via Booking.com karena ada fasilitas gratis pembatalan.


Booking.com

Alamat Kedutaan Besar Federasi Rusia

Setelah dokumen-dokumen tersebut berhasil kamu siapkan, sekarang saatnya memasukkan seluruh berkas tersebut ke Kedutaan Besar Federasi Rusia berada di Jalan H.R. Rasuna Said Kav. X7 No. 1-2, Karet Kuningan, Setia Budi, Jakarta Selatan.

Pelayanan visa Rusia ini dimulai pada pukul 09.00 sapai 13.00, namun jika permintaan visa cukup tinggi, konsulat akan membatasi hingga 20 antrean nomor saja per hari. Untuk mengatasinya, kamu bisa datang lebih pagi dan mengambil nomor antrean. Setelah menyerahkan dokumen, kamu harus menunggu hingga diberi tanda terima atau kwitansi yang mencantumkan kapan visa tersebut dapat diambil.

Biaya Visa Rusia:       

  • Single Entry – Normal Service (tourist, business, working, transit): USD 80
  • Double Entry – Normal Service (tourist, business, transit): USD 128
  • Multiple Entry – Normal Service (business): USD 240

Untuk servis express, biayanya dua kali dari biaya normal. Jadi lebih baik visa Rusia kamu di persiapkan jauh-jauh hari biar gak rugi.

Cek juga tempat-tempat seru yang bisa di kunjungi di Rusia.

Klook.com

Kira-kira rencana mau berkunjung di mana di rusia? Kasih komen di bawah ya.

Untuk informasi mengenai cara apply visa negara lain, kamu bisa cek di link berikut.