New Zealand atau Selandia Baru merupakan salah satu destinasi wisata yang terkenal dengan pemandangan alamnya yang indah. Udara yang sejuk dan nuansa kota-kota yang masih asri pastinya membuat kamu ingin berlibur ke negara satu ini. Saya berkesempatan mengunjungi bagian Selatan negara ini. Saya sendiri apply visa online new zealand sebulan sebelum keberangkatan dan prosesnya tidak ribet. Saya bahkan mendapatkan visa 5 hari setelah saya kirimkan aplikasinya.

visa elektronik new zealand

visa new zealand saya keluar setelah beberapa hari.

Membuat visa New Zealand kamu perlu mengunjungi VFS New Zealand yang hanya ada di Jakarta dan Bali. Kalau kamu tidak tinggal di dua kota tersebut, kamu bisa mengajukan visa secara online melalui website.

Kamu juga bisa cek artikel lain di blog ini untuk pembuatan visa Amerika Serikat, Eropa (visa Schengen), Korea SelatanJepangChinaAustralia, New Zeland, Inggris, KanadaRusia, TurkiDubaiIrlandiaYordania, Taiwan.

Berikut cara mudah membuat visa online New Zealand.

  1. Menentukan Jenis Visa

Beda tujuan, beda jenis visa. Pertama-tama kamu harus menentukan visa apa yang kamu butuhkan untuk pergi ke New Zealand. Dalam artikel ini, kamu akan melihat cara mudah membuat visa online liburan ke New Zealand. Visa liburan ke New Zealand memungkinkan kamu untuk melakukan liburan di negara ini selama jangka waktu 3-6 bulan.

Visa jenis ini juga bisa kamu buat untuk bekerja part time, lho selama sedang liburan. Namun, bekerja merupakan tujuan sekunder untuk visa ini.

  1. Mempersiapkan Dokumen Dalam Bentuk Digital

Kamu harus menyiapkan berbagai dokumen dalam bentuk JPG dan PDF. Kamu bisa menscan segala dokumen terlebih dahulu. Semua file tidak boleh lebih dari 10 MB. Berikut beberapa dokumen persyaratan membuat visa online New Zealand:

  • Pasport valid setidaknya 6 bulan sesudah keluar dari New Zealand
  • Pas foto
  • Halaman detail paspor
  • KTP
  • Kartu Keluarga
  • Dokumen bukti pemesanan pesawat.
  • Surat keterangan kerja (jika pegawai)
  • Surat keterangan usaha (SIUP) (jika punya usaha) dan NPWP
  • Surat keterangan pelajar (bila masih mahasiswa)
  • Persetujuan dari kantor kalau kamu di ijinkan cuti selama berada di New Zealand.
  • Rekening Koran yang di legalisir 6 bulan terakhir (kebetulan saya ada 25 dokumen duh…)
  • Bukti booking hotel

Bukti booking hotel. Saran saya coba dengan booking.com (karena banyak pilihannya, plus bebas biaya pembatalan). Klik disini untuk pesan akomodasi via Booking.com dengan fitur gratis pembatalannya.

Kamu juga bisa pesan dummy tiket di https://www.dummyticket.com/, in case visa nya gak di approve. Dan Cek contoh surat sponsor visa di sini.

South Island New Zealand 2019

Pemandangan New Zealand asri banget! Maret 2019

Note: Pesan dummy tiket (tiket sementara yang valid) di https://www.dummyticket.com/, in case visa nya gak di approve jadi gak rugi-rugi banget!

  1. Membuat Akun RealMe

RealMe merupakan sebuah akun data pribadi online yang menjamin keamanan data kamu. Buat akun RealMe kamu di sini https://www1.logon.realme.govt.nz/cls/logon.logon. Setelah membuat akun, Login ulang dan pilih ‘create new visitor visa application’.

Setelah itu, kamu hanya perlu mengisi beberapa halaman seputar data pribadi, informasi kesehatan anda, pertanyaan seputar karakter dan catatan kriminal, dan beberapa pertanyaan tambahan. Setelah itu, baru kamu upload semua dokumen persyaratan yang telah disiapkan.

Kamu juga bisa membuat visa untuk orang lain melalui website ini dengan mencantumkan keterangan khusus.

Traveling Aja Dulu Book Olivia Purba

  1. Proses Pembayaran Visa New Zealand

Untuk melakukan proses pembayaran visa, kamu harus membayar dengan kartu kredit berlogo Visa atau Mastercard. Biaya yang dibutuhkan untuk membuat satu visa New Zealand adalah 211 New Zealand Dollar atau setara dengan Rp 1.917.905. Kamu akan mendapatkan detail cara pembayaran melalui akun RealMe.

Jika pembayaran telah sukses, kamu akan mendapatkan surat konfirmasi dalam bentuk PDF. Lalu kamu akan diharuskan untuk mengkonfirmasi lagi dengan mengunduh bukti pembayaran.

Apply Visa Online New Zealand

South Island New Zealand 2019

  1. Pengambilan Visa

Meski membuat visa online, pengambilan tetap harus datang ke VFS New Zealand. Namun, tanpa proses yang panjang, kamu hanya perlu membawa paspor dan print konfirmasi pembayaran dari akun RealMe.

Kamu juga perlu mempersiapkan biaya sebesar Rp 194.000 untuk mengambil visa di VFS New Zealand di Bali. Kamu bisa mengunjungi VFS New Zealand yang berlokasi di Jakarta atau Bali. Untungnya paspor tidak di tahan dan hanya perlu di tunjukkan ke petugas untuk validasi.

Pada saat ke VFS New Zealand jangan lupa untuk memfotokopi paspor kamu sebanyak dua kali untuk keperluan pihak VFS.

Visa nantinya akan di kirimkan via email dalam beberapa hari. Kamu bisa print visa tersebut pada saat berada di New Zealand untuk berjaga jaga!

Kalau udah kirim, siap-siap sekarang untuk booking pengalaman di New Zealand, favorit saya adalah aktivitas di Queenstown seperti Skydiving, skyline bahkan jalan jalan di danaunya aja udah seru! Kamu bisa booking via Klook (lebih murah daripada booking on the spot).

Klook.com

Lebih lengkapnya, simak pengalaman pribadiku apply visa New Zealand di video di bawah. Jangan lupa subscibre ya! Enjoy! 🙂

Itu tadi cara membuat visa online, mudah dan praktis, bukan? Simak juga pengalamanku apply visa lainnya seperti visa Schengen, Australia, Cina, Korea Selatan, Jepang, Irlandia. Kira kira kapan kamu rencana ke NZ?