Kamu ada rencana liburan di Negeri Kanguru Australia dalam waktu dekat? Sebelum membuat itinerary ke berbagai tempat di Australia seperti Sydney Opera House, Circular Quat, Shark Island, dan lain lain,  ada hal penting yang harus kamu siapkan terlebih dahulu. Visa! Apa kamu sudah tahu bagaimana cara membuat visa Australia? Kalau belum, ayo simak lebih dulu langkah-langkah mudah membuat visa Australia berikut ini.

Kamu juga bisa cek artikel lain di blog ini untuk pembuatan visa Amerika Serikat, Eropa (visa Schengen), Korea SelatanJepangChina, New Zeland, Inggris, KanadaRusia, TurkiDubaiIrlandiaYordaniaArgentinaTaiwan.

Traveling Aja Dulu Book Olivia Purba

Syarat Membuat Visa Turis Australia

Pertama, kamu harus siapkan dokumend di bawah:

  1. Mengisi formulir pengajuan visa yang telah didownload sebelumnya. Bisa di download di sini
  2. Sediakan paspor asli dan fotocopy
  3. Pas foto ukuran 4,5 cm x 3,5 cm
  4. Fotocopy KK dan KTP, usahakan untuk di terjemahkan
  5. Surat keterangan kerja dari kantor maupun perusahaan tempat pemohon bekerja
  6. SIUP dan NPWP jika kamu memiliki perusahaan sendiri
  7. Surat rekomendasi dari kerabat maupun teman di Australia. Pemberi surat rekomendasi ini bisa dari kerabat di Indonesia, maupun penduduk lokal atau kerabat yang tinggal di Australia, dibuktikan dengan surat keterangan status kependudukan. Cek contoh surat sponsor visa di sini.
  8. Surat undangan penyelenggara. Bila kamu ke Australia untuk urusan bisnis, conference  atau seminar.
  9. Rekening koran atau cetak buku tabungan tiga bulan terakhir, sebagai bukti keuangan dan jaminan selama tinggal di Australia.
  10. Bukti penerbangan pulang pergi.  Kamu bisa pesan dummy tiket (tiket sementara) di situs https://www.dummyticket.com/ dengan harga murah, in case visa nya gak di approve.
  11. Itinerary perjalanan selama di Australia. Kamu bisa pesan tiket perjalanan kamu via Booking.com (gratis pembatalan lho)


Booking.com

traveling ke sydneyCara Membuat Visa Australia

Setelah kamu mengumpulkan syarat apa saja yang dibutuhkan, sekarang saatnya untuk menyimak bagaimana cara membuat visa Australia tersebut.

1. Siapkan seluruh persyaratan dokumen

Bagi kamu yang berdomisili di Jakarta, bawalah persyaratan yang di minta ke Australia Visa Application Centre atau AVAC di Indonesia.

Alamat di Jakarta

Kuningan City 2nd Floor, No L2-19.

Jl. Prof. Dr. Satrio, Kav C18, Setiabudi, Kuningan, Jakarta, 12940.Kuningan City Lt.2,

Setiabudi, Kuningan, Jakarta.

Alamat di Bali:

Benoa Square 3rd Floor, No. 7-9.3/A,

Jl. Bypass I Gusti Ngurah Rai, No. 21A, Kedonganan, Kuta, Bali, Indonesia.

Jam buka adalah 8.30 hingga 16.00 di hari Senin sampai Jumat.

2. Pembayaran Visa Australia

Jika semua syarat pembuatan visa tersebut sudah diserahkan ke AVAC, selanjutnya kamu akan diarahkan untuk melakukan pembayaran administrasi. Perubahan biaya visa biasanya dilakukan dua kali dalam satu tahun pada bulan Januari dan Juli. Setelah selesai melakukan pembayaran, kamu tinggal menunggu kabar setelah proses aplikasi oleh Kedutaan Australia kelar. Biaya pembuatan adalah AUD 145 yang dibayarkan dalam mata uang rupiah, ditambah VPS Free 165.000 rupiah.

3. Menerima Visa Elektronik

Australia menggunakan visa elektronik yang terhubung ke Electronic Travel Authority System (ETAS). Jadi, ketika kamu berkunjung ke Australia bisa langsung terdeteksi tanpa harus melakukan pengecekan secara manual. Artinya visa kamu gak di tempel di pasport. Supaya aman ada baiknya kamu print ETAS tadi sebelum berangkat ke Australia untuk bisa di tunjukkan ke petugas border controller nya.

visa australia

Setelah berhasil mendapatkan visa, sekarang saatnya untuk terbang ke Negeri Kanguru. Jangan lupa untuk mempersiapkan barang-barang kebutuhan travelingmu sebelum melakukan perjalanan ke Australia. Simak juga, Tips isi koper saat traveling di artikel ini.

Yang berencana ke Australia, sharing itinerarinya di komen dong!

Kalau yang ingin apply visa secara online, juga bisa lho sekarang. Simak di video Youtube di bawah ini pengalamanku apply visa Australia yang granted dalam 2 hari aja. Jangan lupa subscribe ya! Happy Traveling!