Buat kamu yang berencana traveling ke Argentina dalam waktu dekat, ada kabar bagus nih! Sesuai dengan informasi dari KBRI, per Februari 2019,  paspor Indonesia bisa masuk ke Argentina melalui fasilitasi electronic travel authorisation/ETA. Tapi ada syaratnya lho, kamu harus punya visa turis Amerika Serikat atau Visa Schengen yang masih berlaku setidaknya 3 bulan. Yuk simak pengalamanku untuk apply e-visa Argentina dengan fasilitas ETA ini.

Kalau kamu mau urus sendiri visa Argentina, berikut prosesnya yang harus di lakukan satu per satu. Dokumen dan data harus lengkap ya kalau gak lengkap, bisa di tolak dan dananya gak kembali.

Untuk prosesnya seperti di bawah ini:

Lakukan Pembayaran Visa Online Argentina

Pertama masuk ke situs migraciones Argentina http://www.migraciones.gov.ar/ave/index.htm. Situsnya memakai Bahasa Spanyol tapi bisa kamu ganti settingannya ke Bahasa Inggris.

visa argentina 3

Setelah itu, kamu bisa memilih kotak yang kiri ‘Ingrese Aqui Para Abonar La Tasa Respectiva’ yang artinya ‘Masuk Ke sini Untuk Pembayaran’. Memang untuk memproses aplikasi ETA kamu harus melakukan pembayaran terlebih dahulu. Setelah itu kamu bisa memilih kolom ETA (atau AVE dalam singkatan spanyol).

visa 13

Ketika di klik, akan muncul kolom formulir yang wajib kamu isi seperti ini.

visa argentina 9

Setelah mengisi data yang diminta, kamu akan digiring ke bagian pembayaran. Biaya yang dikenakan adalah sebesar US $50. Kamu bisa melakukan pembayaran dengan kartu kredit.

formulir 5

Isi Formulir ETA Argentina

Setelah transaksi sukses, kamu akan dikirimkan bukti pembayaran via email. Bukti ini harus kamu print pada saat masuk ke Argentina. Meskipun demikian, bukti pembayaran ini bukan jaminan untuk bisa masuk ke Argentina lho karena kamu tetap harus mendapatkan persetujuan untuk ETA.

visa argentina 10

Pembayaran selesai, kamu kembali lagi ke halaman awal Migrociones Argentina sambil memilih kolom yang kanan ‘Ingrese Aqui Para Completar La Solicitud’. Kamu bisa melanjutkan proses dengan memasukan nomor paspor dan transaction ID yang ada di bukti pembayaran yang dikirimkan ke email sebelumnya.

formulir 4

Setelah itu kamu bisa mengisi informasi yang diminta yakni personal data, scan paspor dan itinerary selama di Argentina. Perlu di perhatikan bahwa kamu wajib mengunggah semua halaman paspor kamu dan juga paspor lama (terutama yang ada visa turis US dan visa Schengen C yang masih berlaku) agar memudahkan petugas untuk mengecek stiker visa dan cap imigrasi yang ada. Disarankan scan dengan ukuran pixel yang besar (300dpi).

Selain memiliki Visa turis B2 US atau Visa Schengen C, paspor kamu juga harus valid setidaknya 6 bulan setelah ETA Anda berakhir. Selain itu, paspor kamu harus memiliki setidaknya satu halaman kosong untuk distempel pada saat tiba di Argentina.

Dokumen yang di butuhkan untuk ETA Argentina:

  • Scan paspor yang valid setidaknya 6 bulan (dan paspor lama) mulai dari cover awal hingga cover akhir dan halaman 1-48.
  • Scan paspor lama, terutama yang ada stempel visa Schengen dan visa US
  • Keterangan penerbangan masuk dan penerbangan keluar. Kamu bisa pesan dummy tiket (tiket sementara) di situs https://www.dummyticket.com/ dengan harga murah, in case visa nya gak di approve.
  • Informasi tempat tinggal yang bisa di booking via Booking.com (gratis pembatalan, kalau visa kamu gak di terima atau rencananya batal).

Ingat: Kamu harus scan semua halaman dari paspor kamu, termaksud sampu belakang dan sampul depan. Hasil scan harus dengan resolusi 300dpi dalam bentuk pdf dan di compress jadi sizenya di bawah 5 MB.

formulir 2

Terkait dengan itinerary, kamu perlu memasukan informasi tanggal kedatangan, no pesawat, nama pesawat, tanggal keluar, no pesawat, nama pesawat dan tempat yang ingin kamu kunjungi di Argentina.

formulir 3

 

Uniknya beberapa opsi dari pertanyaan masih dalam Bahasa Spanyol, jadi selalui sesuai kamus atau Google translate terutama bila kamu tidak paham Bahasa Spanyol.

Kamu juga harus memasukkan secara lengkap dimana kamu tinggal selama di Argentina!

Saran saya pesan via Booking.com saja karena  ada pilihan pembatalan gratis! Jaga jaga kalau (amit amit) visanya gak berhasil.

Cek di bawah ini untuk liat list harga hotel di Argentina!



Booking.com

Lama Proses ETA Argentina

Setelah mengisi semua data yang di perlukan, status aplikasi kamu akan berubah menjadi ‘review’.

Dari keterangan website resmi, dibutuhkan waktu sekitar 16 hari untuk memproses aplikasi ini. Namun dari forum TripAdvisor yang saya cek, kebayakan lamaran memakan proses waktu sekitar 5 minggu. Untuk itu kamu harus mempersiapkan dari jauh hari.

syarat visa

Kabar baiknya ETA ini berlaku hingga 3 bulan (90 hari) sejak di keluarkan dan bisa digunakan untuk multiple entry lho! Selain itu apply visa ini jauh lebih praktis ketimbang jauh jauh ke Kedutaan dengan biaya yang juga jauh lebih murah.

Visa saya juga keluar setelah pas 30 hari menunggu! Deg-degan juga takut gak berhasil.

Kalau kamu ada pertanyaan terkait visa Argentina, jangan lupa tinggalkan di kolom komentar ya! Selamat bersenang-senang di negara asal tarian tango ini.

Pengurusan Visa Online Argentina

Sebagai alternatif kalau kamu gak mau ribet ngurus dokumen dan mengisi semua informasi yang di butuhkan yang lumayan panjang, kamu bisa gunakan jasa Ivisa Argentina, prosesnya cuma 10 hari lho!

Visa Argentina Paspor Indonesia

Klik link Ivisa untuk akses ke situsnya

Ps. Check tempat-tempat yang saya kunjungi Traveling di Argentina di video di bawah, jangan lupa subscribe ya!