Berlibur ke Jepang adalah salah satu impian bagi para pecinta travelling. Selain terkenal karena bunga sakuranya yang cantik dan kota yang yang gemerlap, Jepang juga terkenal akan kulinernya yang lezat dan mendunia. Kalau kamu berencana untuk berwisata atau mengunjungi Jepang tentu kamu harus mengetahui cara membuat visa Jepang terlebih dahulu.

Tak perlu repot lagi sekarang kamu bisa membuat visa sendiri tanpa bantuan agen ataupun pihak lain. Untuk lebih jelasnya kamu bisa simak penjelasan mengenai visa Jepang dan tata cara pembuatannya berikut ini.

Tokyo from Above Taken 2016

Tokyo from Above Taken 2016

Pengertian Visa

Sebelum mengetahui cara membuat visa untuk mengunjungi negara Jepang kamu harus mengerti apa sebenarnya yang dimaksud dengan Visa. Visa adalah rekomendasi yang pemerintah berikan kepada warga asing untuk dapat masuk kedalam suatu negara termasuk Jepang. Seseorang bisa memperoleh visa atau izin masuk ke Jepang atas keputusan pihak imigrasi Jepang. Berikut adalah tiga langkah yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan visa Jepang.

Perlu kamu ketahui bahwa ada keuntungan tersendiri bagi pemegang paspor elektronik atau e-paspor Indonesia karena mereka bisa mendapatkan kebijakan bebas visa atau Visa waiver untuk masuk ke Jepang.

Kebijakan ini sudah berlaku sejak tanggal 1 Desember 2014 dan namun memiliki batasan dengan aturan tertentu seperti masa berlaku bebas visa yang lamanya hingga 3 tahun atau bergantung pada durasi atau masa berlaku e paspor tersebut.

Selain itu, dengan visa waiver, kamu bisa tinggal di Jepang maksimal hanya selama 15 hari setelah mendapatkan stiker bebas visa dari kedutaan Jepang.

Kamu juga bisa cek artikel lain di blog ini untuk pembuatan visa Amerika Serikat, Eropa (visa Schengen), Korea SelatanJepangChinaAustralia, New Zeland, Inggris, KanadaRusia, TurkiDubaiIrlandiaYordania, Taiwan.

Bebas Visa Jepang

Cara Membuat Visa Jepang

Untuk mendapatkan visa maka kamu harus mengetahui beberapa langkah yang kamu lakukan. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah:

1. Ketahui Tipe Visa

Hal yang pertama kali harus kamu lakukan untuk mendapatkan visa Jepang adalah mengetahui tipe visa yang akan kamu ajukan. Ada empat tipe visa yang biasa kamu ajukan untuk masuk ke negara Jepang diantaranya adalah

Visa kunjungan sementara

Visa kunjungan sementara bisa kamu peroleh untuk kamu yang ingin mengadakan perjalanan singkat atau mengunjungi sanak saudara yang berada di Jepang atau sekedar hiburan maupun melakukan perjalanan bisnis. Tipe visa ini berlaku selama 90 hari lamanya.

Visa Khusus (Studi / Pekerjaan / Pelatihan / Tinggal dalam jangka waktu tertentu

Kalau kamu ingin melakukan kunjungan lebih dari 90 hari untuk suatu tujuan seperti pelajar ataupun sekolah, bekerja, mengikuti pelatihan atau hanya sekedar tinggal dalam jangka waktu yang lebih lama kamu bisa mengajukan visa jenis khusus.

Visa Transit

Tak jarang jika seseorang yang harus transit di negara Jepang dalam suatu penerbangan internasional menuju negara lain. Jika penerbangan yang kamu pilih ke negara tujuan mengharuskan kamu transit di negara Jepang maka kamu bisa mendapatkan visa transit yang berlaku hingga 15 hari.

Visa Masuk Tunggal

Jika kamu akan berlibur atau melakukan kunjungan di negara Jepang secara berkelompok atau melalui agen tur maka kamu bisa mendapatkan visa masuk tunggal. untuk mendapatkan jenis bisa ini semuanya sudah diatur oleh agen perjalanan resmi yang sudah ditunjuk.

Untuk lebih meningkatkan hubungan persahabatan antara Jepang dan Indonesia, mulai 20 November 2014, warga negara Indonesia yang mengunjungi Jepang untuk tujuan Tour Grup yang diselenggarakan oleh agen perjalanan lokal yang telah ditunjuk oleh Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, dapat mengajukan permohonan untuk kunjungan singkat untuk entri tunggal dengan persyaratan dokumen yang lebih ringan. Dengan berlakunya sistem ini, aplikan tidak perlu lagi melampirkan dokumen yang menunjukkan kapasitas ekonomi (bukti keuangan).

Kamu bisa juga liat detailnya di videoku di bawah, jangan lupa di subscribe ya!

Free Visa

Bagi kamu yang punya e-paspor, kamu bisa masuk ke Jepang gratis lho! Syaratnya kamu harus daftarkan dulu di Kedutaan atau Konjen Jepang di Jakarta, Surabaya, Bali atau Medan. Dengan visa waiver ini kamu bisa stay di Jepang hingga 15 hari. Detailnya bisa kamu baca di tulisanku ini ya.

Temple di Kyoto Jan 2017

Temple di Kyoto Jan 2017

Setelah mengetahui tipe visa yang akan kamu peroleh maka selanjutnya kamu bisa mengajukan permohonan visa ke kedutaan Jepang dengan cara berikut ini

Traveling Aja Dulu Book Olivia Purba

2. Langkah Pengajuan Visa Jepang

Ada dua cara untuk mengajukan visa Jepang yakni pengajuan dengan janji temu dan datang langsung ke kedutaan besar. Berikut langkah mengajukan Visa Jepang yang bisa kamu ketahui:

Langkah 1 :

Dapatkan informasi yang kamu butuhkan dengan mengunjungi situs resmi http://www.vfsglobal.com/japan/indonesia/English/index.html atau hubungi nomor Layanan Informasi +62 21 30418715 maupun email pertanyaan ke info.japanid@vfshelpline.com.

Kamu juga bisa mendapatkan informasi dengan mengunjungi pusat informasi di Pusat Aplikasi Visa Jepang (JVAC) alias Agen yang ditugaskan oleh Kedubes Jepang. Konsultasi mengenai visa atau reservasi melalui telepon dapat dilakukan dengan menghubungi alamat e-mail atau nomor telepon berikut.

Japan Visa Application Center (JVAC)
Kuningan City 2nd floor Unit L2-09, Jakarta
Tel: +62-21-50957964
E-mail: info.japanid@vfshelpline.com

Sebagai informasi saat ini Kedutaan Besar Jepang di Jakart sudah tidak melayani pembuatan visa kecuali untuk layanan pendaftaran bebas visa bagi pemilik paspor elektronik, pengurusan visa diplomatik, pengurusan visa dinas, pengurusan transfer visa dari paspor lama ke paspor baru dan penerbitan visa untuk kejadian darurat kemanusiaan

visa jepangLangkah 2 :

Persiapkan Dokumen yang di butuhkan:

  1. Paspor yang masih berlaku setidaknya 6 bulan
  2. Pas Foto terbaru. Foto berwarna dengan latar belakang polos ukuran 4,5 cm x 4,5 cm. Serta diambil melihat lurus ke depan dan wajah terlihat jelas. Tak perlu bingung mencari tempat foto jika kamu ingin mendapatkan foto terbaru karena fasilitas foto tersedia di JVAC dengan biaya tambahan.
  3. Fotokopi KTP
  4. Fotokopi kartu mahasiswa/kartu pelajar (jika ada)
  5. Bukti keuangan (rekening koran atau buku tabungan 3 bulan terakhir)
  6. Surat keterangan kerja bila sedang bekerja
  7. Surat undangan dari keluarga/teman bila untuk keperluan kunjungan. Cek contoh surat sponsor visa di sini.
  8. Tiket pesawat pulang pergi. Pesan dummy tiket di https://www.dummyticket.com/
  9. Jadwal perjalanan atau itinerary yang menjelaskan rincian hal yang kamu lakukan setiap harinya selama di Jepang.
  10. Penginapan/akomodasi selama di Jepang. Bisa kamu booking via Booking.com (gratis biaya pembatalan lho dan pilihannya banyak!)

Booking.com

Jangan lupa sebelum berangkat, siapkan kartu SIM khusus Jepang yang bisa kamu beli online dari Indonesia di link Shopee ini.

Langkah 3:

Unduh dan lengkapi Formulir Aplikasi serta buat pemesanan janji temu selanjutnya unduh juga  formulir aplikasi kemudian buat janji temu secara online dan jangan lupa untuk mencetak surat konfirmasi. Kamu bisa simpan surat konfirmasi di telepon selular. Setelah membuat janji temu jadwal untuk layanan janji temu akan dapat diakses dalam waktu dekat.Kamu bisa cek website resmi kedutaan besar Jepang di Indonesia untuk mendapatkan keterangan dan formulir lebih jelasnya.  

Langkah 4:

Siapkan dokumen pendukung yang diperlukan.

Contoh Itinerary Jepang

Contoh Itinerary Jepang

Kalau kamu masih bingung cara apply visa Jepang dan itinerary di Jepang, kamu bisa konsultasi ke aku.

Konsultasi Traveling Aja Dulu Olivia

Kunjungi situs untuk mengetahui dokumen yang dibutuhkan berdasarkan tujuan perjalanan. Durasi pemrosesan visa dapat bervariasi dan akan lebih lama jika dokumen aplikan tidak lengkap, atau jika diminta untuk mengirimkan dokumen tambahan, atau Kedutaan harus mengajukan pertanyaan ke Kementerian Luar Negeri di Tokyo. Tidak semua visa bisa disetujui meskipun semua dokumen yang diperlukan telah diajukan. Selain itu, untuk mengetahui biaya visa kamu bisa mengeceknya pada halaman biaya visa.

Pada prinsipnya pengajuan permohonan visa dilakukan oleh Pemohon langsung di loket visa. Namun, bagi yang memiliki kondisi seperti tercantum di bawah ini, pengajuan permohonan visa oleh grup atau perusahaan dapat diwakilkan (oleh staf dari kantor tempat pemohon bekerja dan/ atau keluarga):

Staf dari kantor pemohon bekerja dan/atau keluarga yang datang sebagai perwakilan harus melampirkan :

Biaya Pengajuan Visa Jepang

Tentunya untuk mengajukan visa kamu harus membayar Biaya Visa dan biaya proses aplikasi yang berlaku. Kamu harus membayar biaya hanya dalam rupiah. Adapun biayanya adalah sebagai berikut:

visa jepang

Pengajuan E-Visa Jepang

Warga negara/orang asing yang ingin melakukan perjalanan wisata ke Jepang dalam jangka waktu pendek dapat mengajukan permohonan visa secara online dan menerima visa elektronik (eVISA) melalui sistem eVISA JAPAN. Mulai tanggal 26 April 2024, sistem eVISA JEPANG tersedia untuk warga negara/orang yang tinggal di beberapa negara termasuk Australia, Brasil, Kanada, Singapura, Taiwan, Uni Emirat Arab, Inggris, dan Amerika Serikat.

Warga negara Indonesia yang tinggal di negara/wilayah di mana JAPAN eVISA tersedia juga dapat mengajukan permohonan visa secara online, jika mereka tidak memiliki “pendaftaran bebas visa” (segel atau dalam bentuk elektronik). Semua informasi dan pendaftaran bisa di cek di website eVisa. Biaya eVisa yang perlu dipersiapkan dan bisa dibayar secara online adalah sebesar 3000 yen.

Jika eVISA berhasil diterbitkan melalui JAPAN eVISA, kamu tidak akan memiliki stiker visa di paspor. Kamu nantinya akan diminta untuk menampilkan “pemberitahuan penerbitan visa” di perangkat yang kamu miliki seperti  ponsel cerdas, tablet) saat check-in di bandara. Bentuk lain (misalnya PDF, tangkapan layar) tidak akan diterima.

Informasi Berguna!

  • Untuk penginapan di luar negeri, aku saranin pesan via Booking.com, selain  pilihannya banyak mulai dari yang termurah hingga terlengkap, ada opsi untuk pembatalan gratis juga! Ini berguna banget kalau pesawata dan visa kamu bermasalah.
  • Kalau nyari tiket pesawa murah, aku selalu pakai di Skyscanner, karena gampang ketemu pilihan pesawat paling murah dan paling cepat sampai tujuan.
  • Kalau masih belum ketemu tiket pesawatnya tapi butuh jaminan pesawat untuk visa, kamu bisa pesan tiket sementara dengan harga murah di situs Dummy Tiket.
  • Dan kalau semuanya udah OK, pesawat, hotel dan visa, kamu ready berangkat, bisa pesan koper ukuran paling pas di pesawat di link Shopee.