Ada yang mau  berkunjung ke Amerika Serikat untuk urusan wisata? Kalau iya, berarti kamu perlu visa turis Amerika. Visa turis sendiri adalah visa non-imigran untuk izin tinggal sementara, dan memungkin kamu untuk berkunjung ke Amerika Serikat untuk melakukan bisnis, mengunjungi keluarga, atau berlibur, maupun melakukan perawatan medis.  Nah bagaimana ya cara membuat visa turis Amerika Serikat? Apa saja yang harus dipersiapkan? Simak pengalamanku ya!

visa amerika

Persiapan Dokumen Visa Amerika

Sebelum apply visa, kamu harus mempersiapkan berbapa dokumen di bawah biar prosesnya lancar:

  • Paspor minimal 6 bulan masa berlaku
  • Paspor lama, karena petugasnya ingin melihat negara mana yang pernah kamu kunjungi
  • KTP dan KK (kalau bisa yang sudah di terjemahkan ke bahasa Inggris)
  • Rekening koran selama 3 bulan terakhir (sebagai bukti bahwa kamu memiliki dana selama masa liburanmu di Amerika)
  • Ijazah
  • Akta kelahiran (kalau bisa yang sudah di terjemahkan bahasa Inggris)
  • Pas foto ukuran 5cm x 5cm. (Kamu harus cari tempat foto yang khusus dan biasa untuk buat visa Amerika).
  • Itinerary perjalanan di Amerika
  • Undangan dari penyelenggara bila untuk kepentingan seminar dan konferensi.
  • Bukti bookingan tiket pesawat pulang pergi. Biar gak rugi kalau visa kamu gak di approve, kamu bisa pesan dummy tiket (tiket sementara) di situs https://www.dummyticket.com/ dengan harga murah.
  • Bukti bookingan akomodasi.  Biar gak rugi pesan via booking.com karena ada fitur gratis pembatalan (jaga-jaga kalau visanya di tolak)
  • Surat keterangan sedang bekerja yang bisa di minta dari HR
  • Slip gaji yang bisa di minta dari HR juga
  • Travel insurance, untuk berjaga-jaga.

Syarat Membuat Visa Turis Amerika 

Agar berhasil mendapatkan visa turis Amerika, ada beberapa persiapan yang harus kamu perhatikan. Mulai dari persiapan permohonan, pengisian aplikasi permohonan, hingga biaya administrasi dan wawancara. Berikut ini penjelasan singkat dan beberapa hal yang wajib kamu siapkan sebelum membuat visa Amerika  (B1/B2).

1. Pengajuan Permohonan

Pertama kamu harus mengisi formulir aplikasi visa Amerika, yaitu DS-160 untuk melakukan pendaftaran permohonan dan pengisian aplikasi visa.

2. Pembayaran Biaya Visa

Harga visa berbeda tergantung dengan jenisnya, biaya visa yang kamu bayarkan akan hangus jika permohonan ditolak oleh konsuler. Untuk pembuatan visa US B1/B2 adalah US$ 160.

3. Membuat Janji Wawancara

Setelah melakukan pembayaran, langkah selanjutnya adalah membuat perjanjian waktu untuk melakukan wawancara di kedutaan maupun konsulat terdekat dengan tempat tinggalmu. Pada akhir sesi wawancara inilah kamu bisa mengetahui apakah visamu ditolak atau disetujui.

4. Hadir Pada Wawancara

kamu bisa kunjungi Kedutaan atau Konsuler Amerika Serikat di tanggal dan waktu wawancara yang telah di tetapkan Jangan lupa membawa semua dokumen yang diminta pada saat wawancara.

Wawancara visa untuk sekarang hanya bisa di lakukan di dua lokasi ini:

Kedutaan Besar Amerika Serikat Jakarta berlokasi di alamat berikut:
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 3 – 5
Jakarta 10110, Indonesia
Telepon: +62-21-5083-1000

Website Kedutaan Besar Amerika Serikat, Jakarta

Konsulat Jenderal Amerika Serikat Surabaya berlokasi di alamat berikut:
Jl. Citra Raya Niaga No. 2
Surabaya 60217, Indonesia
Telepon: +62-31-297-5300

Tips Wawancara Visa Amerika

  • Pastikan hadir awal dan akan di cek terlebih dahulu di resepsionis mengenai janji wawancara kamu.
  • Jangan memotret dan menelepon pada saat antri atau di dalam gedung kedutaan.
  • Terdapat dua sesi: sesi pemeriksaan dokumen dan sesi wawancara.
  • Pada saat pemeriksaan dokumen, kamu akan di minta menyerahkan paspor dan foto sesuai dengan ketentuan. Ada kemungkinan kamu akan di minta dokumen lain dilengkapi.
  • Setelah selesai melengkapi dokumen, kamu akan di minta untuk scan sidik jari.
  • Pada saat wawancara kamu akan dipancing beberapa pertanyaan untuk mengetahui apakah kamu benar benar berniat sebagai turis atau apakah kamu berniat menjadi imigran gelap. Please guys kalau mau keluar negeri kerjanya yang legal ya.
  • Kamu akan di berikan kertas tanda apabila visa disetujui atau tidak setelah wawancara. Bila disetujui kertanya berwaran putih dan bila tidak maka kertasnya berwarna pink.
San Francisco Amerika

Di depan pier San Francisco Amerika tahun 2016

Setelah pengajuan visa disetujui, kamu dapat memiliki fasilitas Multiply entry atau masuk berulang ke Amerika Serikat menggunakan visa yang sama dengan masa berlaku selama 5 tahun. Tetapi pada kasus tertentu ada juga visa yang memiliki masa berlaku 6 bulan, 12 bulan, 2 tahun maupun 5 tahun.

Semua tergantung dari keputusan konsuler yang memberikan masa berlaku. Saya sendiri sempat apply untuk visa turis B1/B2 Amerika waktu saya tinggal di Bogota, Kolombia dan syukurnya dapat 5 tahun.

Saat kamu memiliki visa turis dan masuk ke wilayah Amerika, umumnya petugas imigrasi Bandara akan memberi izin tinggal selama 1 hingga 6 bulan yang terhitung dari tanggal kedatanganmu ke Amerika.

Stanford University

Saya berkunjung ke Stanford University di California tahun 2016 lalu

Klook.com

Penjelasan Visa Amerika Serikat B1 / B2

Visa B1 : Secara umum, visa ini dimohonkan oleh mereka yang berkunjung dengan tujuan berbisnis, menghadiri konferensi bisnis profesional, maupun melakukan kontrak bisnis dan negosiasi.

Visa B2: Sedangkan Visa B2 dimohonkan untuk tujuan berwisata, berkunjung ke kerabat, atau melakukan perawatan medis.

Meskipun begitu visa B1/B2 ini dikeluarkan dalam stiker yang sama. Agar liburan tanpa hambatan di negara orang, ada baiknya kalau kamu membuat dulu daftar tempat maupun akomodasi yang akan digunakan selama berada di Amerika. Kira-kira tempat mana kah yang ingin kamu kunjungi di Amerika? Sharing di komen ya!
Booking.com

Cek juga syarat visa Kanada untuk yang ingin selonjoran ke negara tetangga, mumpung dekat!

Happy holiday!