Ada yang mau  berkunjung ke Amerika Serikat untuk urusan wisata? Kalau iya, berarti kamu perlu visa turis Amerika. Visa turis sendiri adalah visa non-imigran untuk izin tinggal sementara, dan memungkin kamu untuk berkunjung ke Amerika Serikat untuk melakukan bisnis, mengunjungi keluarga, atau berlibur, maupun melakukan perawatan medis.  Nah bagaimana ya cara membuat visa turis Amerika Serikat? Apa saja yang harus dipersiapkan? Simak artikelnya di bawah ini.

visa amerikaSyarat Membuat Visa Turis Amerika Serikat 

Agar berhasil mendapatkan visa turis Amerika, ada beberapa persiapan yang harus kamu perhatikan. Mulai dari persiapan permohonan, pengisian aplikasi permohonan, hingga biaya administrasi dan wawancara. Berikut ini penjelasan singkat dan beberapa hal yang wajib kamu siapkan sebelum membuat visa Amerika  (B1/B2).

1. Pengajuan Permohonan

Pertama kamu harus mengisi formulir aplikasi visa Amerika, yaitu DS-160 untuk melakukan pendaftaran permohonan dan pengisian aplikasi visa.

2. Pembayaran Biaya Visa

Harga visa berbeda tergantung dengan jenisnya, biaya visa yang kamu bayarkan akan hangus jika permohonan ditolak oleh konsuler. Untuk pembuatan visa US B1/B2 adalah US$ 160.

3. Membuat Janji Wawancara

Setelah melakukan pembayaran, langkah selanjutnya adalah membuat perjanjian waktu untuk melakukan wawancara di kedutaan maupun konsulat terdekat dengan tempat tinggalmu. Pada akhir sesi wawancara inilah kamu bisa mengetahui apakah visamu ditolak atau disetujui.

4. Hadir Pada Wawancara

kamu bisa kunjungi Kedutaan atau Konsuler Amerika Serikat di tanggal dan waktu wawancara yang telah di tetapkan Jangan lupa membawa semua dokumen yang diminta pada saat wawancara.

Wawancara visa untuk sekarang hanya bisa di lakukan di dua lokasi ini:

Kedutaan Besar Amerika Serikat Jakarta berlokasi di alamat berikut:
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 3 – 5
Jakarta 10110, Indonesia
Telepon: +62-21-5083-1000

Website Kedutaan Besar Amerika Serikat, Jakarta

Konsulat Jenderal Amerika Serikat Surabaya berlokasi di alamat berikut:
Jl. Citra Raya Niaga No. 2
Surabaya 60217, Indonesia
Telepon: +62-31-297-5300

Setelah pengajuan visa disetujui, kamu dapat memiliki fasilitas Multiply entry atau masuk berulang ke Amerika Serikat menggunakan visa yang sama dengan masa berlaku selama 5 tahun. Tetapi pada kasus tertentu ada juga visa yang memiliki masa berlaku 6 bulan, 12 bulan, 2 tahun maupun 5 tahun. Semua tergantung dari keputusan konsuler yang memberikan masa berlaku. Saya sendiri sempat apply untuk visa turis B1/B2 Amerika waktu saya tinggal di Bogota, Kolombia dan syukurnya dapat 5 tahun.

Saat kamu memiliki visa turis dan masuk ke wilayah Amerika, umumnya petugas imigrasi Bandara akan memberi izin tinggal selama 1 hingga 6 bulan yang terhitung dari tanggal kedatanganmu ke Amerika.

Stanford University

Saya berkunjung ke Stanford University di California tahun 2016 lalu

Penjelasan Visa Amerika Serikat B1 / B2

Visa B1 : Secara umum, visa ini dimohonkan oleh mereka yang berkunjung dengan tujuan berbisnis, menghadiri konferensi bisnis profesional, maupun melakukan kontrak bisnis dan negosiasi.

Visa B2: Sedangkan Visa B2 dimohonkan untuk tujuan berwisata, berkunjung ke kerabat, atau melakukan perawatan medis.

Nah sudah tahu kan apa itu Visa B1 dan B2? Sekarang saatnya untuk berkemas dan merencakanan perjalananmu ke US. Agar liburan tanpa hambatan di negara orang, ada baiknya kalau kamu membuat dulu daftar tempat maupun akomodasi yang akan digunakan selama berada di Amerika.

Cek juga syarat visa Kanada untuk yang ingin selonjoran ke negara tetangga, mumpung dekat!

Happy holiday!