Negara yang berada di Timur Tengah ini memang menarik untuk dijadikan tempat traveling. Apalagi, di dalamnya juga terdapat situs-situs bersejarah yang beberapa di antaranya bahkan masuk sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Bukan hanya gurun, di negara ini, kamu bisa sekaligus menjelajahi pegunungan dan kawasan bersalju. Nah, sebelum melakukan penerbangan ke Yordania, berikut ini ada cara membuat visa Yordania yang harus banget kamu simak. Biar gak lama-lama, yuk deh langsung baca sampai tuntas.

Kamu juga bisa cek artikel lain di blog ini untuk pembuatan visa Amerika Serikat, Eropa (visa Schengen), Korea SelatanJepangChinaAustralia, New Zeland, Inggris, KanadaRusia, TurkiDubaiIrlandiaYordaniaArgentinaTaiwan.

Yordania adalah salah satu negara yang memberlakukan gratis visa kunjungan bagi turis Indonesia. Visa on arrival ini bisa didapatkan ketika kamu tiba di Bandara Queen Ailia di Amman. Biaya untuk visa on arrival (VOA) Yordania adalah sebesar 40 Jordanian Dinnar atau setara dengan Rp.770.000 dan valid untuk single stay selama satu bulan.

visa jordan

Saya traveling di Jordan sendiri awal Januari 2020

Visa Yordania via Jordan Pass

Alternatif dari membayar VOA Yordania adalah membeli paket Jordan Pass sebelum keberangkatanmu. Jordan pass adalah paket yang di keluarkan oleh Ministry of Tourism and Antiquities dari Pemerintah Yordania untuk mengakomodi kebutuhan turis yang berkunjung dalam jangka waktu singkat. Membeli salah satu paket Jordan Pass artinya kamu bisa mendapatkan visa on Arrival plus akses masuk ke berbagai situs wisata yang di kelola oleh pemerintah. Syarat agar visa on arrival nya berlaku dengan Jordan Pass, kamu harus tinggal setidaknya 3 malam di negara ini.

Jordan Pass tersedia dalam tiga kategori yang bisa dipilih sesuai dengan jumlah hari dan jenis kunjunganmu. Biar lebih jelas, di bawah ini ada beberapa paket Jordan Pass yang bisa kamu simak sebelum menentukan pilihan.

  1. Jordan Wanderer, adalah visa kunjungan selama 1 hari ke Petra yang bisa kantongi dengan harga 70 JD (99 USD). Dengan menggunakan visa ini kamu bisa masuk gratis ke lebih dari 50 objek wisata di Yordania. Bukan hanya itu, kamu juga bisa mengunduh brosur digital secara gratis.
  2. Jordan Explorer, fasilitas yang ditawarkan tidak jauh berbeda dengan Jordan Wanderer. Bedanya Jordan Pass jenis ini bisa kamu dapatkan dengan membayar biaya 75 JD (106 USD) dan 2 hari kunjungan berturut-turut ke Petra.
  3. Jordan Expert, dengan membayar 80 JD (113 USD) kamu bisa menjelajahi Petra selama 3 hari berturut-turut. Selebihnya, fasilitas yang ditawarkan sama dengan jenis Jordan Pass sebelumnya.

Kalau kamu ingin tinggal lebih dari 1 bulan, kamu juga bisa  membuat visa Yordania di Kedutaan Besar Yordania yang berada di Jakarta. Kamu bisa memilih untuk visa single entry atau pun multiple entry.

Biaya pembuatan visa seperti di lansir dari situs Kedutaan Yordania adalah sbagai berikut:

*   Single Entry/one month           :  Rp. 1,125,000

*  Double Entry/three months      :  Rp. 1,625,000

*  Multiple Entry/six months       :  Rp. 3,125,000

Persyaratan Visa Jordan Yang Harus Kamu Ketahui

  1. Paspor, selain visa dokumen penting lainnya yang wajib kamu bawa adalah paspor. Bukan saja untuk perjalanan ke luar negeri, saat mengurus visa pun kamu membutuhkan dokumen yang satu ini. Saat membuat visa Yordania, setidaknya paspor milikmu harus memiliki masa berlaku lebih dari 6 bulan sejak tanggal kedatangan.
  2. Pas foto 4 x 6 sebanyak 4 lembar, pastikan fotomu tercetak dengan jelas ya.
  3. Formulir online, selain paspor ada juga formulir pendaftaran atau pengajuan pembuatan visa. Karena sekarang sudah jamannya internet, cara mendapatkan formulir ini pun jadi lebih gampang. Kamu hanya perlu membuka website kedutaan besar Yordania dan mengisi formulir pengajuan visa.
  4. Akomodasi. Kalau yang ini gak wajib cuma kadang suka di tanya sama petugas imigirasi Jordan sebelum rela stempel pasport. Kamu bisa mengakalinya dengan pesan akomodasi yang gratis cancelation via situs Booking dot com. Klik di sini untuk liat daftar akomodasi di Jordan via Booking.com



Booking.com

Formulir Visa Jordan Yang Wajib Diisi

Saat mengisi formulir pastikan kalau kamu sudah mengisinya dengan benar dan sesuai dengan fakta, agar tidak menimbulkan permasalahan nantinya. Usahakan untuk mengisi semua kolom pertanyaan tanpa ada satu pun yang terlewat.

  1. Bukti keuangan, dengan mencantumkan bukti keuangan ini, kamu bisa lebih meyakinkan Kedubes bahwa kamu memiliki biaya yang cukup untuk melakukan perjalanan di Yordania. Bukti keuangan bisa berupa slip gaji atau fotokopi buku tabungan.
  2. Surat Keterangan Kerja, kalau kamu datang ke Yordania karena ada urusan pekerjaan, jangan lupa untuk menyertakan surat keterangan kerja dari perusaahaan agar pembuatan visa lebih mudah. Kamu masih sekolah atau kuliah? Sertakan juga surat keterangan sekolah dalam pembuatan visa Yordania. Cek contoh surat sponsor visa di sini.

Kenapa surat keterangan ini penting?

Wisatawan usia produktif apalagi anak muda, termasuk ke dalam kategori rentan jadi ilegal. Takutnya, wisatawan muda ini akan tetap tinggal di negara tujuan, walaupun visa yang dimiliki sudah habis masa berlakunya. Jadi yang kemarin cuma ingin plesiran, malah punya tujuan lain yang akhir-akhirnya berujung pada masalah ekonomi. Mencari kerja dan kehidupan yang layak, tentu bukan tujuan yang sebenarnya saat visa diberikan, karena visa kerja tentu berbeda dengan visa liburan.

Jordan Flag

Kalau kamu ingin traveling ke Yordania tanpa membayar visa, kamu bisa masuk ke Yordania via King Hussein International Airport di kota Aqaba. Kalau kamu masuk ke Yordania melalui airport ini dan keluar melalui airport yang sama, kamu tidak perlu membayar visa turis.

Hal ini karena wilayah Aqaba memberlakukan bebas pajak untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. Cara lain supaya bebas visa turis ke Yordania adalah dengan berkunjung serombongan minimal 5 orang melalui travel agent tertentu.

Kalau kamu punya daftar tempat atau hal menarik apa saja yang bisa dilakukan saat traveling di Yordania, bagi yuk di kolom komentar!  Simak juga daftar tempat wisata di Jordan yang aku saranin.

Perjalananku ke Yordania awal 2020 lalu ada di channel Youtubeku, jangan lupa subscribe ya!