Keindahan alam dan berbagai tempat wisata menarik memang menjadi daya tarik tersendiri yang dimiliki oleh Irlandia. Yang mau berangkat, wajib simak syarat dan cara membuat visa Irlandia ini (biayanya gratis lho). Simak yuk tips dan triknya di bawah ini.

Hal Yang Harus Dicermati Sebelum Membuat Visa Irlandia

  1. Visa Irlndia berbeda dengan visa UK atau Britania Raya, kadang banyak orang yang salah menganggap bahwa ke Irlandia bisa menggunakan visa UK, padahal sebenarnya tidak. Kenapa? Karena Irlandia bukan bagian negara-negara Britania Raya.
  2. Irlandia berbeda dengan Irlandia Utara yang merupakan bagian dari Britania Raya. Republik Irlandia beribukota di Dublin, sedangkan Irlandia Utara memiliki ibukota Belfast. Britania Raya atau Kerajaan Inggris sendiri memiliki empat wilayah, yaitu Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara. Walaupun Irlandia dan Irlandia Utara berada pada satu pulau yang sama, namun Republik Irlandia memiliki kedudukan terpisah sebagai satu negara sendiri.
  3. Karena Irlandia dan Irlandia Utara berada pada satu pulau yang sama, kamu mempunyai kesempatan untuk melintasi kedua perbatasan kedua negara tersebut tanpa menggunakan visa ketika menggunakan jalur darat. Asyik kan?

visa irlandiaSyarat Membuat Visa Irlandia

Sebelum mengajukan visa Irlandia, ada baiknya jika kamu mengirim e-mail ke jakartaem@dfa.ie terlebih dahulu untuk meminta persyaratan terbaru yang dibutuhkan untuk membuat visa. Setelah mengirim e-mail tersebut, kamu akan mendapat balasan dari kedutaan Irlandia yang memiliki lampiran dua buah dokumen yang dapat menjadi acuan dalam mengajukan visa.

Dokumen pertama berupa checklist yang harus disiapkan dan dokumen ke dua yang merupakan template undertaking latter yang harus kamu lengkapi dan tandatangani sebagai tanda persetujuan kalau kamu tidak akan menyalahgunakan izin kunjungan.

Form pengisian aplikasi visa Irlandia bisa kamu dapatkan di situs https://www.visas.inis.gov.ie/AVATS/OnlineHome.aspx .

Di halaman pertama akan muncul pertanyaan seperti di bawah. Sebaiknya kamu jawab dengan jujur mengenai tujuan perjalanan kamu ke Irlandia. Jika kamu baru pertama kali berkunjung ke Irlandia, maka kamu harus mengisi Single Entry. Sedangkan jika sudah pernah berkunjung ke Irlandia setidaknya dua kali dan keduanya disetujui, kamu bisa mengisi pada form Multi Entry.

Visa Irlandia

Di halaman kedua akan ada pertanyaan data diri seperti di bawah:

Visa Irlandia

Di halam ketiga, ada pertanyaan mengenai rencana lama tinggal dan pertanyaan pribadi lainnnya yang di butuhkan oleh pihak kedutaan.

Visa Irlandia 3

 

Terakhir, jangan lupa print bukti pengisan aplikasi kamu online untuk di serahkan pada saat wawancara.

Visa Irlandia

Hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengisi dan melengkapi berbagai dokumen dan kelengkapan yang dibutuhkan sesuai dengan checklist yang telah dikirimkan oleh pihak kedutaan.

Adapun dokumen yang dibutuhkan untuk Visa Irlandia:

  • Formulir aplikasi visa diisi online melalui situs https://www.visas.inis.gov.ie/
  • Surat Aplikasi (Application Letter) yang intinya menjelaskan kenapa ingin berkunjung Irlandia sambil mencantumkan tanggal ketibaan dan keberangkatan. Di surat juga tuliskan janji/komitmen bahwa kita akan mematuhi persyaratan visa, tidak menjadi beban bagi Irlandia, dan meninggalkan negara ini sebelum masa berlaku imigrasi habis. Formatnya bisa kamu download disini.
  • Surat Referensi dari Irlandia (Reference Letter from Ireland), bisa didapatkan dari Kedubes Irlandia dengan cara mengirim permintaan lewat surel. Nanti tinggal lengkapi format suratnya dengan mengisi nama, nomor paspor, dan tanda tangan kita.
  • Asuransi perjalanan yang mencakup seluruh hari perjalanan di Irlandia. Kebetulan aku pakai asuransi perjalanan tahunan jadi bisa mencakup perjalanan di Irlandia ini juga.
  • Surat Keterangan Bekerja/Referensi Kantor, penting untuk membuktikan bahwa kita memiliki pekerjaan di Indonesia dan menjamin akan kembali ke tanah air setelah pelesir ke Irlandia. Karena saya punya usaha sendiri, saya tidak melampirkan ini. Saya melampirkan bukti kepemilikan apartemen/rumah yang saya sewakan untuk menegaskan bahwa saya akan kembali ke Indonesia.
  • Slip gaji selama 3 (tiga) bulan terakhir. Karena saya punya usaha sendiri, saya tidak melampirkan ini.
  • Surat Referensi Bank, dibuat di bank tempat kita membuka rekening.
  • Rekening koran selama 3 (tiga) bulan terakhir. Karena aku pakai Bank BCA, bianya per lembar Rp.2500,-  yang langsung di debet dari rekening, karena BCA tidak menerima tunai.
  • Bukti pesan akomodasi untuk setiap hari selama ada di Irlandia.
  • Bukti pembelian/pemesanan tiket pesawat, mulai dari meninggalkan Indonesia hingga kembali lagi. Karena saya traveling keliling dunia selama 6 bulan, saya tunjukkan semua tiket saya sampai 3 bulan ke depan sampai stafnya puyeng karena kebayakan. Hehe… Supaya gak rugi kalau visa kamu gak di approve, kamu bisa pesan dummy tiket (tiket sementara) di situs https://www.dummyticket.com/ dengan harga murah.
  • Itinerary alias jadwal perjalanan. Mau ke mana saja selama di Irlandia, tinggal dimana, apa saja aktivitasnya.
  • Fotokopi Kartu Keluarga -kalau tidak dalam Bahasa Inggris harus diterjemahkan oleh sworn translator 
  • Fotokopi Akta Kelahiran – kalau tidak dalam Bahasa Inggris harus diterjemahkan oleh sworn translator 
  • Pasfoto ukuran 3.5 x 4.5 cm berlatar putih dengan zoom 80% (serupa visa Schengen)
  • Paspor yang valid sekarang dan paspor lama agar kedutaan bisa mengecek.

Khusus untuk akomodasi, kalau kamu gak mau rugi, wajib pesan akomodasi via Booking.com karena  ada pilihan pembatalan gratis! Jaga jaga kalau (amit amit) visanya gak berhasil.

Saya sendiri selama di Irlandia stay di Hotel Generator Dublin, karena lokasinya di central, ada cafe/restaurannya di bawah, dan tempatnya baru.

Temple Bar Dublin

Hotel Generator Dublin tempat saya tinggal tidak jauh dari The Temple Bar yang iconic

Cek di bawah untuk liat harga dan booking hotel di Irlandia!



Booking.com

 

Wawancara Visa Irlandia

Setelah mengumpulkan semua dokumen tersebut, kamu perlu membuat janji ke kantor Kedutaan Irlandia untuk menyerahkan seluruh dokumen yang diminta dan melakukan wawancara sesuai dengan janji temu yang telah dibuat sebelumnya.

Untuk membuat janji temu tersebut hanya bisa dilakukan pada hari dan jam kerja ya, yaitu dari jam 09.00 hingga 12.30 dan 14.00 sampai 16.00. Pada saat wawancara, saya di beritahu bahwa dokumen saya masih belum lengkap. Kartu Keluarga dan Akte Kelahiran saya perlu di terjemahkan tersumpah Bahasa Inggris.

Namun saya di beritahu bahwa saya tidak perlu kembali lagi ke Kedutaan karena saya tinggal di luar kota. Staf kedutaan telah memfotokopi dan menstempel fotokopi paspor saya sehingga saya tidak perlu mengirimkan paspor saya untuk verifikasi ulang. Saya hanya perlu mengirimkan seluruh dokumen yang di minta beserta dokumen yang belum lengkap via pos.

Proses pembuatan visa saya menghabiskan waktu 1 bulan lebih. Saya harus menghubungi Kedutaan Irlandia via telepon (Tel: +62 21 280 94300)  beberapa kali untuk menanyakan update visa saya.

Waktu pengambilan paspor hanya dari jam 14.00 sampai 16.00.

Saat pengambilan visa, jangan lupa untuk membawa paspor, karena visanya nantinya akan ditempelkan di paspor.

visa irlandia paspor indonesia

Nanti hasilnya kayak gini.

Alamat Kedutaan Irlandia

Alamat kedutaan Irlandia berada di gedung WTC 1, jl. Sudirman lt. 13 Jakarta. kabar baiknya khusus pemegang paspor Indonesia, Kedutaan Irlandia membebaskan semua biaya administrasi pengajuan visa. Dengan kata lain, biayanya gratis. Wow tunggu apa lagi! Cek juga tempat tempat seru yang bisa kamu kunjungi di Irlandia.

Klook.com