Dua dokumen penting ini sangat diperlukan ketika kamu ingin berpergian ke luar negeri. Bagi orang yang terbiasa plesiran ke luar negeri, mungkin sudah tidak asing lagi dengan kedua dokumen tersebut. Tapi bagaimana dengan orang awam, atau yang belum pernah pergi ke luar negeri? Tentu mereka pasti akan bertanya-tanya, apasih beda paspor dan visa?

Kedua dokumen penting tersebut memiliki fungsi yang berbeda, nah, berikut ini penjelasan mengenai perbedaan visa dan paspor yang perlu untuk diketahui.

Beda Pasor dan Visa

Dikeluarkan Oleh Institusi Yang Berbeda

Paspor adalah dokumen yang dikeluarkan oleh isntitusi resmi negara sebagai tanda identitas warga negara saat berada di negara asing. Lebih gampangnya, paspor adalah KTP yang berlaku di negara lain. Paspor di Indonesia dikeluarkan oleh lembaga imigrasi. Kamu bisa cek cara membuat paspor secara online disini.

Sedangkan visa adalah dokumen yang digunakan sebagai tanda izin memasuki suatu negara. Visa tersebut dikeluarkan oleh kedutaan negara yang akan dituju. Kalau kamu ingin berkunjung ke suatu negara tapi tidak memiliki visa, siap-siap deh kena sanksinya. Kamu juga bisa dideportasi karena dianggap ilegal.

Traveling ke Turki With Olivia

Memiliki Fungsi Yang Berbeda

Karena kedua dokumen ini tidak sama, maka kegunaannya pun berbeda. Paspor digunakan sebagai tanda sah kepemilikan kewarganegaraan, sedangkan visa bisa dikatakan sebagai surat izin bahwa negara yang akan dikunjungi menerima dan aman. Paspor ini bisa dimiliki oleh semua warga negara, namun berbeda dengan visa yang belum tentu dimiliki oleh semua orang. Karena setiap negara memiliki regulasi dan hak prerogratid untuk menolak pemohon.

Beda paspor dan visa

Siap siap ketemu teman baru dengan paspor dan visa ditangan!

Jenis Paspor Dan Visa

Kedua dokumen penting ini sama-sama memiliki jenis yang berbeda, perbedaan jenis paspor dan visa tersebut menentukan masa berlakunya. Nah, berikut ini jenis paspor yang berlaku di Indonesia.

  1. (Paspor Hijau) paspor biasa, digunakan oleh masyarakat umum yang ingin berkunjung ke suatu negara
  2. (Paspor biru) paspor dinas, digunakan oleh pejabat atau konsultan pemerintah yang melakukan perjalanan dinas ke luar negeri
  3. Paspor diplomatik yang digunakan untuk perjalanan diplomatik.

Paspor memiliki masa berlaku 5 tahun dan bisa dicabut kepemilikannya tanpa pemberitahuan. Jika ingin memperpanjang masa berlaku paspor, kamu bisa datang langsung ke pihak imigrasi dan melakukan perpanjangan sesuai dengna syarat dan ketentuan yang berlaku. Cek di sini untuk informasi lebih lanjut http://www.imigrasi.go.id/

Visa juga memiliki beberapa jenis tergantung dengan tujuan kedatangan ke negara tersebut. Berikut ini ada beberapa jenis visa.

  1. Short-stay visa, diperuntukkan bagi para turis yang memiliki masa berlaku 15-30 hari yang dibuktikan dengan tiket pesawat pergi-pulang yang sudah dipesan sebelumnya
  2. Student visa, diperuntukkan kepada para pelajar asing dan berlaku hingga masa studi berakhir
  3. Temporary-worker visa, digunakan oleh para pekerja asing yang berkomitmen kembali ke negara asal sesudah masa kerja berakhir. Dan jika melebihi masa berlaku, maka akan dideportasi atau dipulangkan ke negara asal.
visa nepal

Visa nantinya di tempel atau di stempel di paspor kamu seperti paspor saya ini

Bentuk Dan Biaya Pembuatan Yang Berbeda

Beda paspor dan visa berikutnya yaitu, paspor memiliki isi berupa data diri, tanda tangan, dan halaman kosong yang digunakan untuk catatan perjalanan ke luar negeri. Jumlah halaman tersebut berkisar 24 sampai 48 halaman. Kalau kamu sering bepergian ke luar negeri, sebaiknya pilih saja yang 48 halaman karena halaman kosong inilah yang nanti akan diisi oleh stempel visa. Proses pembuatan visa itu berbeda-beda tergantung negara yang kamu tuju, bisa di cek di sini untuk detailnya.

Temple Kyoto 2017

Liburan udah di ujung mata dengan paspor dan visa nih guys!

Jumlah halaman paspor juga menentukan besaran biaya pembuatannya loh, tentu paspor dengan halaman 48  lebih mahal jika dibandingkan dengan 24 halaman. Sedangkan visa menyesuaikan aturan undang-undang imigrasi dari masing-masing negara. Visa biasanya berbentuk stempel atau stiker yang di cantumkan di paspor kamu, namun ada juga yang bentuk elektronik (yang harus kamu print untuk di tunjukkan ke petugas imigrasi negara yang kamu kunjungi).

Kamu juga bisa cek artikel lain di blog ini untuk pembuatan visa Amerika Serikat, Eropa (visa Schengen), Korea SelatanJepangChinaAustraliaNew ZealandInggrisKanada, Rusia,  TurkiDubaiIrlandiaYordaniaArgentinaTaiwan.

Dari beberapa perbedaan di atas bias disimpulkan bahwa paspor bisa dibuat tanpa visa, tapi visa tidak bisa dibuat tanpa memiliki paspor. Sekarang kamu lebih tahu kan beda paspor dan visa? Jadi jangan bingung atau bahkan keliru apalagi sampai menggagalkan rencana travellingmu.

Traveling Aja Dulu Book Olivia Purba