Taiwan atau Republik Tiongkok adalah salah satu destinasi wisata populer di Asia. Meskipun dekat dengan China, Taiwan punya budaya sendiri yang lumayan berbeda lho! Beragam jenis tour bisa dilakukan di negara ini terutama wisata sejarah, kuliner dan shopping. Asiknya lagi ada beberapa trik yang kamu bisa lakukan untuk bisa dapatkan visanya gratis! Simak tipsku berikut ini!

Meski sering terdengar bahwa mengajukan visa Taiwan cukup sulit, nyatanya proses pengajuan visa Taiwan tidak begitu rumit. Perlu diketahui bahwa sesuai kebijakan yang berlaku sejak 1 January 2016 akan sangat mudah mendapatkan visa Taiwan jika kamu sedang memegang visa dari beberapa negara seperti Amerika Serikat, Kanada, Inggris (UK), Australia, Selandia Baru, Jepang atau visa Schengen uni Eropa yang masih berlaku. Jika kamu memiliki visa negara tersebut, kamu bisa mengajukan visa Taiwan secara online atau E-visa tanpa buaya sepeserpun alias gratis!

Kamu juga bisa cek artikel lain di blog ini untuk pembuatan visa Amerika Serikat, Eropa (visa Schengen), Korea SelatanJepangChinaAustraliaNew ZealandInggrisKanada, Rusia,  TurkiDubaiIrlandiaYordaniaArgentinaTaiwan.

Street market di malam hari Taipei 2016

Street market di malam hari Taipei 2016

Tidak semua negara mendapatkan kebijakan tersebut , Taiwan hanya memberikan kemudahan ini khusus untuk 23 negara saja dan salah satu diantaranya adalah Indonesia. Jadi beruntunglah kalau kamu warga negara Indonesia yang ingin berkunjung ke Taiwan.

Apa Perbedaan eVisa dengan Visa Biasa Taiwan?

Perbedaan paling mendasar eVisa atau visa elektronik dengan Visa biasa adalah eVisa bisa didapatkan secara online tanpa harus datang ke kedutaan secara langsung untuk mendapatkan visa dan kamu bisa melakukan seluruh prosesnya secara online melalui internet.

Kamu bisa mengunjungi situs imigrasi pemerintah Taiwan https://niaspeedy.immigration.gov.tw/nia_southeast/  dan mengisi data yang diperlukan,  jika sudah mengisi formulir, kamu bisa mencetak dokumen tersebut untuk mendapatkan ROC Travel Authorization Certificate (TAC).

Kalau mau di bantu untuk mengisi dokumen, kamu bisa gunakan jasa Ivisa Taiwan, prosesnya cuma 1 hari aja lho!

visa Taiwan paspor Indonesia

Klik link IVisa untuk akses ke situsnya

Untuk bisa masuk ke Taiwan, kamu harus membawa dokumen ini  bersama dengan salah satu visa dari negara yang telah disebutkan di atas untuk ditunjukkan pada petugas imigrasi.

visa taiwan

Contoh Travel Authorization dari Tawain

Selain dokumen tersebut, kamu juga harus menyiapkan lampiran tiket pulang kembali ke Indonesia, karena jika tidak memilikinya, petugas imigrasi Taiwan kerap tidak mengizinkanmu untuk masuk.

Taiwan di Malam Hari

Taiwan di Malam Hari 2016

Jenis Visa Taiwan

Negara Taiwan sendiri memiliki delapan jenis visa tergantung jenis kebutuhan visa antara lain:

  1. Wisata, mengunjungi kerabat, kunjungan sosial (kode P)
  2. Bisnis (kode B)
  3. Bekerja jangka pendek termasuk profesional dan entertain (kode A)
  4. Pelatihan karyawan atau magang (kode FT)
  5. Menghadiri seminari internasional atau pameran (kode IM)
  6. Pemuka agama dan pelayanan agama (kode R)
  7. Belajar bahasa dan sekolah agama (kode FR)
  8. Pengobatan Medis (kode M)

Cara Mengajukan Visa Taiwan

Lantas bagaimana jika kamu tidak memiliki salah satu dari visa negara yang mendapatkan keistimewaan diatas? Tenang, kamu masih bisa mengajukan visa secara fisik dengan mengikuti tata cara berikut ini!

1. Persiapan dokumen

Tak berbeda jauh dengan membuat visa ke negara lain, kamu harus mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan untuk mengurus visa. Dokumen yang perlu dipesrsiapkan antara lain:

  • Paspor dengan masa berlaku minimal 6 bulan (untuk single entry) dan 12 bulan (untuk multiple entry)
  • Fotokopi paspor, dengan halaman depan yang memuat identitas
  • Fotokopi rekening tabungan selama 3 bulan terakhir
  • Fotokopi kartu keluarga
  • Fotokopi KTP 
  • Dua lembar pas foto terbaru ukuran 4×4 dengan latar belakang warna putih
  • Surat keterangan kerja dari perusahaan. Cek contoh surat sponsor visa di sini.
  • Surat keterangan kampus  untuk pelajar dan mahasiswa

2. Pengisian formulir online

Setelah dokumen di atas telah siap, kamu bisa mengunjungi situs www.taiwanvisagov.com/ untuk mulai mengajukan permohonan visa Taiwan. Kunjungi situs tersebut dan dapatkan formulir aplikasi visa yang bisa kamu isi. Pastikan kamu memilih jenis visa yang tepat. Apabila kamu berencana untuk hanya melakukan kunjungan atau wisata, kamu bisa memilih jenis visa umum atau General Visa Application. Setidaknya kamu harus mengisi formulir sepanjang empat halaman mengenai biodata diri hingga informasi lain yang dibutuhkan.

National Chiang Kai-shek Memorial 2016

Beberapa informasi yang muncul di dalam form tersebut antara lain :

Jenis Visa yang Kamu Pilih

Kamu mesti menjelaskan jenis atau tipe visa apa yang kamu butuhkan. Jika kamu tinggal di wilayah Indonesia, pilih Taipei Economic and Trade Office in Indonesia sebagai lokasi pengajuan visa Taiwan kamu. Setelah itu baru kamu bisa memilih jenis visa sesuai kebutuhan. Kamu bisa pilih visa single entry jika hanya berencana untuk pergi berlibur satu kali ke Taiwan dan tak lebih dari 30 hari tapi jika kamu ingin berkali-kali pergi ke Taiwan, kamu bisa memilih visa Multiple Entry.

Informasi Aplikan

Di bagian formulir yang satu ini, kamu harus mengisi semua pertanyaan yang menyangkut informasi pribadimu seperti nama lengkap dan nama panggilan, nomor identitas, tempat dan tanggal lahir, nama orangtua, pekerjaan, alamat tempat tinggal dan kantor, serta nomor kontak  dan email yang bisa dihubungi.

Paspor Aplikan

Sama seperti aplikasi visa lainnya, kamu harus melengkapi data sesuai dengan data pribadi yang tertera di paspormu di bagian ini. Pastikan semua data diisi dengan tepat dan benar, ya!

Rencana Perjalanan

Setelah mengisi biodata dan paspor, kamu juga harus mengisi empat kolom dalam bagian Journey of Taiwan dimana kamu bisa mengisinya dengan rencana perjalanan kamu ke Taiwan serta tempat-tempat yang akan kamu kunjungi. Di sini kamu juga harus memberikan informasi keberangkatan, perjalanan selama di Taiwan dan kapan kamu akan pulang ke Indonesia.

Kamu bisa pesan paket tour kamu dengan Klook (banyak diskonnya lho!)

Klook.com

Kontak Di Taiwan

Apabila kamu memiliki keluarga, rekan atau pihak yang akan menyambutmu di Taiwan, kamu juga harus menyertakan kontak atau nomor yang bisa dihubungi di bagian ini. Kalau kamu tidak memiliki teman atau saudara di sana, kamu bisa mencantumkan nomor hotelmu yang sudah kamu booking.

Kamu bisa booking hotel di Taiwan melalui Booking.com (banyak pilihannya dan ada fasilitas gratis pembatalan lho!)


Booking.com

Di bagian lain kamu juga bisa mengisi informasi detail apabila kamu menikah atau memiliki pasangan dengan kewarganegaraan Taiwan.

Selain pertanyaan di atas, ada sekitar 11 pertanyaan lain dalam bagian declaration yang juga harus kamu jawan dengan jujur. Tak perlu khawatir karena 8 diantara pertanyaan tersebut memiliki opsi jawaban pertanyaan tersebut hanya Ya, atau Tidak.

Jika sudah selesai mengisi semua pertanyaan, kamu bisa mengklik submit kemudian Agree pada halaman Acknowledgement. Jangan lupa untuk mencetak formuliraplikasi visa yang sudah kamu isi dan gabungkan dengan dokumen lainnya sebelum diserahkan ke pihak yang ditunjuk kedutaan Taiwan.

Ternyata di Taiwan banyak arena yang hijau juga – Taiwan 2016

  1. Menyerahkan Berkas Dokumen

Setelah semua dokumen telah lengkap kamu bisa datang dan menyerahkan dokumen tersebut di Taipei Economic and Trade Office (TETO) untuk pengajuan visa Taiwan secara fisik

Karena sebenarnya Taiwan tidak memiliki kedutaan besar yang ada di Indonesia, pengajuan visa Taiwan saat ini bisa dilakukan dan diserahkan Kantor Dagang Taiwan (TETO) yang berada di Gedung Artha Graha Lantai 12, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta.

Kamu bisa datang pada hari Senin sampai Jumat, mulai pukul 08.30 hingga 11.30 WIB. Tak perlu bingung, kamu bisa mendatangi langsung loket yang tersedia dan menyerahkan semua berkas yang telah disiapkan sebelumnya.

Traveling Aja Dulu Book Olivia Purba

  1. Pembayaran visa

Setelah menyerahkan dokumen, selanjutnya kamu perlu melakukan pembayaran di loket lain yang juga tersedia di gedung TETO. Adapun biaya yang dibebankan untuk pengajuan visa adalah Rp 650,000 untuk visa Single Entry dan Rp 1,300,000 untuk visa Multiple Entry. Setelah melakukan pembayaran, kamu harus kembali ke loket dimana kamu menyerahkan berkas dikumen untuk memberikan tanda bukti pembayaran.

Selanjutnya petugas di loket tersebut akan mengembalikan tanda bukti pembayaran bersamaan dnegan nomor yang berfungsi sebagai tanda penerimaan aplikasi sekaligus yang nantinya akan digunakan saat pengambilan visa.tak perlu menunggu lama, waktu proses visa Taiwan tergolong cepat dan hanya membutuhkan tiga hari kerja.

Makan Taiwanese Food di Taipei

Makan Taiwanese Food di Taipei dengan orang lokal 2016

  1. Pengambilan visa Taiwan

Jika kamu sudah menerima notifikasi bahwa visa telah disetujui, kamu bisa mengunjungi kembali kantor TETO dengan membawa nomor yang kamu terima disaat pengajuan visa. Kamu bisa mengambilnmya secara langsung di loket yang tersedia.

Nah, sekarang kamu sudah tahu cara membuat visa untuk kunjungan ke negara Taiwan bukan? Tidak begitu sulit, kamu hanya perlu mempersiapkan semua dokumen yang diperlukan dan menunggu visa disetujui. Jangan lupa juga untuk mempersiapkan perjalan ke Taiwan dengan baik agar kunjunganmu lebih berkesan.

Selamat Berlibur di Taiwan

Selamat Berlibur di Taiwan