Untuk agenda liburan seru dengan banyak pilihan, Taiwan bisa menjadi negara yang menyenangkan sebagai destinasi wisata kamu berikutnya! Ada banyak lokasi wisata Taiwan yang bisa kamu kunjungi, mulai dari situs bersejarah yang otentik, hingga pusat hiburan modern yang gemerlap. Merencanakan kunjungan pertama ke Taiwan bisa cukup hectic karena banyak pilihan itenary dan minimnya informasi fasilitas dan berbagai kebutuhan untuk perjalanan kamu. Makanya saya buat panduan wisata Taiwan ini biar memudahkan kamu traveling di Taiwan.

Bahasa yang Digunakan di Taiwan

Bahasa resmi Taiwan adalah Mandarin. Mayoritas penduduk Taiwan juga secara umum berkomunikasi dalam bahasa Mandarin. Namun, di era modern ini, generasi muda di Taiwan juga mampu berbahasa Inggris meski tidak dalam persentase yang tinggi. Namun, untuk tempat wisata populer dan fasilitas seperti hotel dan restoran high-class pasti memiliki keterangan dalam bahasa Inggris untuk membantu turis mancanegara seperti kamu. Jika ingin belanja di pasar tradisional, kamu setidaknya harus bisa beberapa bahasa umum Mandarin agar bisa bertanya atau menawar.

Pemandangan Wisata Traveling Taiwan

Mata Uang dan Penukaran Uang di Taiwan

Mata uang resmi Taiwan adalah New Taiwan Dollar (TWD). 100 TWDΒ  setara dengan Rp 47.684. Jika kamu memiliki akun Mega Bank, penukaran bisa dilakukan dengan penarikan biasa di ATM yang tersedia di lokasi-lokasi umum di Taiwan. Alternatif lain menukarkan uang adalah dengan menggunakan jasa di Bank of Taiwan (BOT) yang bisa kamu temukan di Taipei Taoyuan Airport. Kamu akan dikenakan tarif penukaran sebesar 30 TWD dengan waktu transaksi yang termasuk cepat.

Traveling Aja Dulu Book Olivia Purba

Transportasi di Taiwan

Ada berbagai alternatif transportasi yang bisa kamu gunakan saat sedang berkunjung ke Taiwan. Baik transportasi umum, hingga sewa kendaraan pribadi. Berikut berbagai informasi seputar transportasi untuk mendukung mobilitas kamu selama di Taiwan.

  • Kereta: tersedia dua jenis kereta yang bisa kamu naiki di Taiwan; kereta biasa dan kereta cepat. Keduanya beroperasi selama 7 jam dalam sehari. Kereta cepat memiliki berbagai rute jarak panjang antar kota, sementara kereta api biasa bisa kamu gunakan untuk mobilitas dalam kota ke lokasi-lokasi tertentu. Kamu bisa melihat jadwal kereta di Taiwan melalui aplikasi yang bisa di download secara gratis.
  • Taiwan High Speed Rail (THSR): Semakin cepat mobilitas kamu, semakin banyak waktu yang bisa kamu habiskan untuk berbagai aktivitas selama di Taiwan. Satu lagi alternatif kereta di Taiwan adalah THSR. Kereta satu ini serupa dengan kereta cepat yang ada di Jepang, Shinkansen. Kamu bisa menempuh perjalanan antar kota dalam waktu 1 setengah jam saja dengan THSR. Kereta ini beroperasi dari jam 6 pagi hingga 12 malam.
  • MRT: Untuk mobilitasmu di area Taipei, MRT bisa menjadi pilihan yang tepat. MRT di Taipei memiliki 5 jalur utama dan 2 jalur tambahan yang menjakau lokasi-lokasi krusial di Taipei. Alternatif transportasi satu ini juga termasuk yang nyaman dan cepat.
  • Menyewa Mobil atau Motor: Jika kamu membutuhkan kendaraan pribadi, kamu bisa menyewa mobil atau motor melalui agen yang tersedia di bandara atau hotel. Namun, untuk bisa membawa kendaraan ini sendiri, kamu harus memiliki SIM internasional. Jika tidak, menyewa motor dengan sopir bisa menjadi alternatif untuk menjangkau tempat wisata tertentu.
  • Sewa Sepeda: Tersedia pula persewaan sepeda buat kamu yang hendak berkeliling kota atau pantai di Taiwan.

Wisata Taiwan

Akses Internet dan Sim Card di Taiwan

Untuk akses internet selama liburan di Taiwan, kamu bisa mengandalkan fasilitas Wi-Fi gratis di beberapa lokasi umum seperti bandara, hotel, mall, hingga tempat makan. Namun, untuk akses WiFi yang aman dan lebih fleksibel, kamu bisa menyewa pocket WiFi yang ada di bandara atau bisa kamu pesan secara online dari beberapa situs layanan travel di Indonesia.

Untuk membeli Sim Card Taiwan, ada banyak provider yang bisa kamu dapatkan di bandara. Beberapa merk Sim Card yang bisa kamu beli di antaranya; Chunghwa Telecom, Taiwan Mobile, Far EasTone, dan T Star.

travel Taiwan 101 Building

Rekomendasi Tempat Wisata di Taiwan

Tempat wisata Taiwan didominasi oleh berbagai situs bersejarah yang megah dan artistik. Berikut beberapa rekomendasi tempat wisata di Taiwan paling populer.

  • National Palace Museum: Museum yang berdiri megah satu ini merupakan museum terbesar yang menyimpan ribuan barang peninggalan kekaisaran Cina. Ada lebih dari 600.000 barang yang berharga seperti guci, patung, artefak, dan berbagai barang antik lainnya yang masih dijaga bentuk aslinya. Setiap barang dipajang di sebuah display yang dramatis dan cantik, setiap lorong dalam museum juga luas untuk ditelusuri dengan nyaman. Kamu juga bisa menyewa audio guide dalam berbagai bahasa untuk memberikan informasi dari berbagai benda yang ada dalam museum ini.
  • Jiufen: Kamu mungkin ini menyediakan waktu khusus untuk singgah di distrik Jiufen. Distrik satu ini memiliki pemukiman yang masih mempertahankan bentuk asli Cina kuno dengan gang-gang sempit namun tertata rapi dengan ornamen merah yang khas. Tersedia pusat perbelanjaan tradisional dan kuliner khas Taiwan yang patut kamu telusuri. Jika memiliki waktu lebih, tersedia pula penginapan sebagai tempat istirahat. Jiufen akan tampak semakin indah pada malam hari.
  • Yangmingshan National Park: Untuk menikmati keindahan alam Taiwan, kamu wajib berkunjung ke Yangmingshan National Park. Lokasi ini terkenal dengan hamparan bunga lili putih yang menawan, dengan latar belakang pemandangan bukit dan gunung Datun. Lokasi ini juga memiliki kolam pemandian air hangat dan jalur hiking buat kamu yang menyukai kegiatan outdoor.
  • Taipei 101: Lokasi satu ini merupakan pusat lifestyle dan leisure di Taiwan yang wajib kamu kunjungi. Terdapat mall dengan banyak butik merk baju ternama, restoran terbaik, dan pastinya memandangan kota Taiwan yang berkelas dan elegan. Untuk melihat keindahan kota, kamu bisa naik ke menara Taipei 101 dengan lift super cepat. Jika kamu berkunjung pada Tahun Baru, rayakan malam pergantian tahun di spot ini untuk melihat pertunjukan kembang api yang spektakuler.

Wisata Taiwan Street Food

Kuliner Khas Wisata Taiwan yang Patut Dicoba

Tak perlu khawatir untuk salah masuk ke restoran yang tidak halal, kamu selalu bisa mengakses informasi restoran halal yang ada di Taiwan. Jumlahnya pun tak sedikit, didominasi dengan restoran Cina dan India. Ada berbagai makanan khas Taiwan yang patut kamu coba. Berikut rekomendasinya.

  • Oyster Omelette: Makanan satu ini terbuat dari kocokan telur yang dicampur dengan tiram dan sayur-sayuran. Kemudian goreng seperti telur dadar atau omelette. Biasanya dimakan dengan saus pedas yang mantap.
  • Tahu Busuk: Mungkin namanya bikin kamu merasa jijik, namun, hidangan satu ini memiliki rasa yang lezat dan mantap dan layak konsumsi, kok. Tahu yang disajikan memang memiliki aroma yang tajam karena difermentasi dengan waktu yang lebih lama dari tahu normal. Ada pilihan tahu busuk kuah atau tahu busuk goreng dengan aroma yang tidak terlalu tajam.
  • Hotpot: Hotpot bisa menjadi menu makan malam bersama keluarga yang hangat saat berada di Taiwan. Makanan ini beruba pot dengan berbagai sayuran dan daging yang digodok dengan kaldu lezat.
  • Sichuan: Makanan semacam dumpling satu ini merupakan salah satu menu yang wajib kamu coba juga. Berisi daging (yang bisa dipesan sesuai selera) dibungkus dengan adonan seperti pangsit dengan tekstur lembut.

Itu panduan lengkap wisata Taiwan yang patut kamu ketahui. Sebagai salah satu negara maju di Asia, Taiwan memiliki tourist centre dan berbagai fasilitas yang akan mendukung waktu singgahmu selama di negara tersebut. Tak ketinggalan pula berbagai hiburan dan tempat wisata yang menyajikan pesona oriental masing-masing.

Saya sendiri sempat ke Taiwan di tahun 2017 yang lalu. Saya menggunakan visa online yang bisa di dapat kalau kamu memilik visa dari negara tertentu. Kamu bisa cek cara mendapatkan visa Taiwan di artikel ini ya!

Simak juga perjalanan saya keliling dunia gratis di Youtube, jangan lupa subscribe ya!