Turki memang negara yang seru di jelajahi, mulai dari kekayaan budayanya, makanannya yang enak dan letaknya yang strategis di antara benua Asia dan Eropa. Banyak teman-teman saya yang berlibur dengan tujuan wisata utamanya adalah kota-kota wisata di turki seperti Istanbul, Ankara dan Izmir.  Namun ada pula yang berwisata ke Turki karena kebetulan dalam perjalanan transit dari Indonesia ke Eropa (seperti yang pernah saya coba juga). Tapi.. untuk berkunjung ke Turki, kamu perlu visa lho! Ini dia 3 cara mendapatkan visa Turki sesuai pengalamanku.

Kamu juga bisa cek artikel lain di blog ini untuk pembuatan visa Amerika Serikat, Eropa (visa Schengen), Korea SelatanJepangChinaAustraliaNew ZealandInggrisKanada, Rusia, Turki, Dubai, Irlandia, Yordania, Argentina, Taiwan.

1. Cara Membuat e-Visa Turki

Nah ini sebenarnya cara yang paling gampang untuk mendapatkan visa Turki, caranya pun gampang. Kamu tidak perlu repot-repot datang kedutaan, hanya mengisi informasi yang di minta secara online dan mencantumkan dokumen yang diminta secara online juga. Selain hemat waktu, hemat dana juga karena biayanya yang lebih murah di banding apply visa Turki di kedutaan.

Diantara semua jenis visa Turki yang bisa Anda buat, e-Visa merupakan salah satu yang paling kami rekomendasikan. Karena proses pembuatannya yang cukup simpel, Anda tidak perlu repot-repot datang ke kedutaan besar dan tentu saja dalam waktu yang jauh lebih singkat.

Adapun dokumen yang perlu kamu persiapkan saat apply visa ini hanya dua:

  1. Paspor valid yang berlaku setidaknya 6 bulan setelah tanggal keluar dari Turki. Yang belum punya paspor, cek cara buat paspor online ini.
  2. Kartu kredit atau kartu debit logo Visa, Master Card atau Union Pay yang bisa dilakukan dalam transaksi internasional. Kartu ini diperlukan untuk pembayaran e-visa Turki secara online.

Hal yang perlu kamu lakukan adalah pertama masuk ke situs resmi pemerintah turki untuk visa turki https://www.evisa.gov.tr/. Selanjutnya kamu tinggal masukkan negara asalmu (Indonesia) dan jenis paspor.

visa turki formulir

Setelah itu, kamu wajib mengisi informasi yang diminta yakni data diri, nomor paspor, tanggal kedatangan kamu, email dan lain sebagainnya. Setelah konfirmasi, kamu akan di bawa ke halaman pembayaran. Kamu tinggal membayar dengan kartu yang kamu miliki. Biaya untuk visa Turki online adalah sebesar 35 dollar (ditambah sedikit biaya transaksi kartu).

visa turki formulir online

E-visa Turki ini memiliki masa beraku 180 hari dan lama tinggal di Turki setiap kali kedatangan adalah 30 hari. Jangan sampai overstay ya guys!

Ini cara yang dulu saya lakukan juga untuk kunjungan ke turki di tahun 2016. Karena waktu itu saya terbang dari Australia ke London untuk acara konferensi, via Singapura dan Turki  menggunakan jasa Turkish Airline. Asiknya menggunakan Turkish Airline, saya dapat gratis tur satu harian di Istanbul lho dari maskapai ini! Lengkap dengan bus, pemandu wisata, sarapan dan makan siang yang enak!

Hagia Sofia Turki

2. Cara Membuat VOA Turki

Kalau mau yang lebih praktis lagi, kamu bisa apply visa pada saat kedatanganmu di Turki dengan Visa on Arrival (VOA).

Begitu tiba di Bandara Internasional Attaturk Istanbul, kamu tinggal datangi signboard yang mengarahkan kamu ke counter untuk memproses VOA. Kamu juga wajib memiliki dana cash sejumlah US $35 untuk pembayaran VOA. Ngomongin soal dana cash, cek juga tipsku 8 Cara Mengelola Uang Supaya Hemat di Luar Negeri.

Berbeda dengan e-visa Turki, memakai servis VOA artinya kamu memiliki berkas visa di paspor kamu.Visa akan di stempel di halaman kosong di di paspor dengan masa berlaku selama 30 hari. Saran saya buat kamu yang rencana ingin mondar-mandir di Turki, mending apply e-visa Turki saja karena bisa di pakai mutiple entry. Gunakan altenatif VOA apabila kunjungan kamu memang dadakan.

3. Cara Membuat Visa Turki via Agen Perjalanan (Travel Agent)

Selain kedua cara di atas, kamu juga bisa mengurus visa melalui agen perjalanan. Kelebihannya adalah kamu tidak perlu repot untuk mengisi formulir online atau mencari kantor VOA saat tiba di Turki. Kamu cukup menyerahkan dokumen ke agen perjalanan untuk memproses dokumen kamu. Biasanya cara ini dilakukan kalau memang kamu berencana untuk berlibur ke Turki bersama rombongan tur.

Beberapa dokumen yang perlu kamu siapkan untuk pengurusan visa oleh trael agen:

  1. Paspor yang masih valid setidaknya 6 bulan setelah penerbangan keluar dari Turki. Yang belum punya paspor, cek cara buat paspor online ini.
  2. Rekening koran bank dengan deskripsi transaksi keuangan dalam 3 bulan kebelakang.
  3. Fotokopi KTP terbaru
  4. Fotokopi akte kelahiran terbaru
  5. Fotokopi Kartu Keluarga terbaru

Sebenarnya ke lima dokumen di atas merupakan dokumen umum yang diminta pada saat pengurusan visa lainnya. Oleh karenanya, kalau kamu mau sering-sering berpergian ke luar negeri, selalu siapkan dokumen di atas ya!

Pengalaman saya traveling ke Turki sangat menyenangkan, terutama nyobain uniknya suasana pasar tradisional di Turki, dessert nya yang enak banget dan Blue Mosque Hagia Sofia yang luar biasa cantiknya. Tadi nya saya sudah berencana untuk berkunjung lagi bulan Mei 2020 ini, namun karena Corona sepertinya saya harus menunda keberangkatan saya.

Khusus untuk paduan wisata di Turki, kamu bisa cek di sini ya!

Kalau kamu, kira-kira tempat mana kah yang ingin kamu kunjungi di Turki? Share di komentar ya!

Traveling Aja Dulu Book Olivia Purba