Turki merupakan negara dengan percampuran budaya Eropa dan Timur Tengah dengan pesona yang khas. Ada berbagai tempat wisata ikonik dengan kegiatan seru yang bisa kamu telusuri selama tujuh hari di Turki. Mulai dari wisata bersejarah, kegiatan outdoor, hingga wisata gaya hidup dengan aneka kuliner dan tempat belanja menarik.  Berikut adalah itinerary Turki selama seminggu, informasi satu ini akan cocok buat kamu yang menginginkan liburan cepat dengan estimasi budget dan rekomendasi agenda wisata esensial di Istanbul dan Cappadocia.

Hari Pertama: Kedatangan di Istanbul, Kuliner di Food Hall dan Mencicipi Kebab Terbaik di Turki

Sebagian besar penerbangan internasional idealnya mendarat di Bandara Istanbul (İstanbul Havalimani). Kamu bisa booking kamar hotel dengan penawaran harga cukup ideal dan standar di Hotel Uyan Istanbul. Untuk hari pertama, kita santai dulu saja keliling area kota sekitar hotel. Setelah menempuh perjalanan sekitar 17 jam penerbangan, kamu pastinya lelah dan lapar. Gunakan hari pertama untuk jalan-jalan santai di kota sambil berwisata kuliner.

Ada dua spot makanan terbaik di Istanbul yang bisa kamu kunjungi. Pertama, cicipi salah satu kebab terbaik Istanbul di Turgu Kebab, jaraknya hanya 3 menit jalan dari Hotel Uyan. Kemudian lanjutkan wisata kuliner ke Food Hall, semacam food court di pusat kota. Dalam perjalanan menuju Food Hall, kamu bisa melihat pemandangan kota dan melewati Jembatan Galata.

Food Hall menyediakan aneka jenis makanan, snack, dan minuman di tempat yang nyaman, jadi kamu bisa sambil nongkrong selama yang kamu mau. Tak hanya makanan khas Turki, tersedia pula aneka makanan mancanegara.

Cappadocia Wisata Turki

Hari Ke-2: Wisata Sejarah Paket Hemat dengan Istanbul Museum Pass

Memasuki hari kedua, agenda kamu akan mulai padat dengan berbagai kunjungan ke spot-spot bersejarah di Istanbul, Turki. Membeli Istanbul Museum Pass bisa menjadi pilihan untuk menghemat HTM untuk berkunjung ke berbagai situs bersejarah esensial di Istanbul.

Dengan menggunakan Istanbul Museum Pass, kamu akan terbebas dari HTM di lokasi-lokasi berikutnya, jadi tidak perlu menghabiskan waktu untuk mengantri. Kartu ini memiliki masa berlaku selama 5 hari semenjak hari pembelian, dengan total 10 lokasi yang bisa kamu kunjungi. Agar tidak rugi, setidaknya kamu harus bisa mengunjungi 4 spot wisata di Turki.

Kamu bisa membeli Istanbul Museum Pass di loket Topkapi Palace Museum, kemudian langsung mulai penelusuran dari lokasi tersebut. Kemudian lanjutkan kunjungan ke Masjid Hagia Sophia yang masih satu kompleks dengan Istana Topkapi. Lalu ke Archeology Museum Istanbul, Blue Mosque, dan spot terakhir adalah Grand Palace Mosaic Museum Dengan begini kamu sudah mengunjungi 5 lokasi wisata dan menjamin keuntungan menggunakan Istanbul Museum Pass.

Traveling Aja Dulu Book Olivia Purba

Hari Ke-3: Itinerary Turki Museum Fethiye, Istana Yildiz, Benteng Rumeli Hisari

Masih memanfaatkan Istanbul Museum Pass, mulai wisata hari kedua kamu di Chora Church Museum, kemudian dilanjutkan ke Fethiye Museum. Kamu bisa melihat situs jejak agama Orthodox Yunani yang sekarang sudah menjadi museum. Meski dari luar terlihat seperti bangunan tua yang usang, pada bagian dalam Chora Church kamu bisa melihat interior kuno mosaic yang artistik, begitu pula di Fethiye Museum dengan bangunan yang lebih megah.

Lanjutkan petualangan bersejarah kamu ke Galata Mevlevihanesi, Yildiz  Palace, kemudian diakhiri di Benteng Rumeli Hisari. Yildiz Palace merupakan salah satu tempat wisata terpopuler di Turki, karena meninggalkan sejarah Kerajaan Ottoman yang paling terkenal dari Turki. Jika kamu sempat mengunjungi 5 tempat wisata Turki ini, masa Istanbul Museum Pass-mu sudah terpakai secara maksimal hanya dalam 2 hari.

Galata Mevlevihanesi Itinerary Turki

Hari Ke-4: Itinerary Turki  Terbang Cappadocia, Menginap di Cappadocia Cave Hotel

Setelah puas menjelajahi jejak budaya, agama, dan sejarah di Istanbul secara maksimal, kini saatnya kamu bertolak ke Cappadocia. Cappadocia terkenal dengan wisata balon udara dan berbagai lokasi lembahnya yang bagai di planet lain, sungguh salah satu pemandangan terunik dan ekstraterestrial di dunia. Wisata ke Cappadocia jangan sampai terlupakan dalam itinerary Turki jika kamu punya waktu lebih dari 3 hari untuk berlibur di negara ini.

Ambil penerbangan dari Istanbul ke Cappadocia yang memakan waktu kurang lebih 1 setengah jam. Ada banyak hotel gua (cave hotel) yang bisa kamu singgahi selama berada di Cappadocia. Pilihan penginapan gua ini menjadi salah satu pengalaman yang sangat menarik dan sayang jika kamu lewatkan saat berkunjung ke Cappadocia. Ada berbagai pilihan hotel gua, dari yang terjangkau, hingga yang paling mewah dan megah.

Cappadocia Caves Hotel

Untuk pilihan penginapan terjangkau, direkomendasikan untuk booking di Cappadocia Caves Hotel. Hotel ini memang cukup jauh dari lokasi wisata pusat di Cappadocia, memakan sekitar 40 menit perjalanan. Namun hotel di sekitar area wisata lembah dan balon udara biasanya memiliki tarif yang sangat tinggi.

Untuk hari pertama di Cappadocia, kamu bisa bersantai di hotel dan menikmati sensai beristirahat dan menelusuri hotel gua yang jarang-jarang kamu temui. Sekedar bersantai di kamar, jalan-jalan di area outdoor, hingga menikmati pemandangan Cappadocia dengan balon udara di rooftop.

Hari Ke-5:Itinerary Turki Balon Udara di Cappadocia

Hari ini waktunya kamu menikmati wisata balon udara dan lembah Cappadocia yang telah dinanti-nanti! Ada banyak paket tour atau hanya paket naik balon udara yang bisa kamu booking. Kamu juga harus booking dari jauh hari, bisa sebelum bertolak ke Turki atau sesampainya di Istanbul pada hari pertama. Semakin dekat kamu memesan paket wisata balon udara dengan tanggal berkunjung, harganya bisa semakin mahal, apalagi jika bayar on the spot di menit-menit terakhir.

Direkomendasikan untuk memesan paket wisata balon udara di Royal Balloon Tour. Agensi wisata balon udara satu ini memiliki pelayanan terbaik dengan penawaran paket yang jelas. Waktu ideal untuk menaiki balon udara adalah di pagi hari. Royal Balloon Tour menyediakan fasilitas penjemputan dari hotel, sarapan pagi sebelum naik balon udara, kemudian rute terbang paling sempurna untuk melihat spot-spot indah di langit Cappadocia selama kurang lebih 3 jam. Sebagian besar pemandangan lembah-lembah berbatu yang menakjubkan.

Diperkirakan keseluruhan tour berakhir mendekati jam makan siang. Sisa hari bisa kamu nikmati dengan makan siang dan keliling kota di area Old Cappadocia.

hot-air-ballooning-Fairy Chimney

Hari Ke-6: Pigeon Valley, Uchisar Castle, Fairy Chimney

Sebelum kembali ke Istanbul di hari berikutnya, maksimalkan hari terakhir kamu di Cappadocia dengan napak tilas berbagai lembah terindah di Turki. Mulai perjalananmu di Uchisar Castle, kemudian dilanjutkan ke Fairy Chimney, dan Pigeon Valley. Ada banyak lembah yang bisa kamu temukan di Cappadocia, namun tiga lokasi ini ‘lah yang paling esensial dan wajib kamu prioritaskan dalam itinerary Turki kamu. Jika masih kuat, kamu bisa tambahkan Devrent atau Imaginary Valley dalam agenda kunjunganmu.

Pigeon Valley Itinerary Turkey

Hari Ke-7: Kembali ke Istanbul, Kembali Pulang

Usahakan mengambil penerbangan pagi kembali ke Istanbul. Selama menunggu pesawat untuk kembali ke Jakarta, kamu masih punya waktu berkeliling kota Istanbul. Ada banyak restoran terenak yang bisa kamu kunjungi untuk makan sebelum menempuh penerbangan jauh.

Itu tadi informasi itinerary Turki selama seminggu keliling Istanbul dan Cappadocia yang bisa kamu andalkan untuk pengalaman liburan maksimal. Khusus untuk visa Turki, kamu bisa cek artikel ini dan untuk bahasa, transport, makanan, kamu bisa cek artikel paduan lengkap wisata Turki ini.

Informasi Biaya Esensial Itinerary Turki 7 Hari (per orang)

  • Tiket Pesawat Jakarta – Istanbul (PP)                    Rp. 15.000.000
  • Tiket Pesawat Istanbul – Cappadocia (PP)            Rp. 360.985
  • Tarif Menginap di Hotel Uyan                                 Rp. 524.089 (per malam)
  • Tarif Menginap di Cappadocia Caves Hotel         Rp. 393.000 (per malam)
  • Istanbul Museum Pass                                              Rp. 581.976
  • Paket Royal Balloon Tour                                         Rp. 1.746.759
  • Sewa Mobil di Cappadocia                                       Rp 515.926 (per hari)

Note: Harga bisa berubah setiap waktu, waktu booking kamu juga memungkinkan untuk mendapatkan penawaran harga lebih murah.

Kalau gak mau ribet, kamu bisa ikutan tur ke Turki bareng saya. Tunggu update selanjutnya ya!

Konsultasi Traveling Aja Dulu Olivia