Siapa sih yang tak ingin mengunjungi negara yang satu ini? Ya Korea Selatan adalah salah satu negara destinasi wisata di Asia yang banyak diminati. Tidak hanya dikenal dengan tempat-tempatnya yang menakjubkan Korea juga terkenal karena demam K-pop yang melanda di Indonesia. Saya sendiri sempat berkunjung ke Korea Selatan tahun 2015 lalu, dan dari pengalaman saya pembuatan visa Korea tidak terlalu ribet. Yuk simak cara dan biayanya di sini!

Jenis Visa Korea

Setidaknya ada tiga tipe visa yang biasa diajukan kedutaan besar Korea di antaranya adalah visa wisata, bisnis dan kerja. Proses pengajuan dan lama durasi tinggal berbeda untuk setiap jenis visa yang diterbitkan. Berikut adalah beberapa kode visa yang diberikan oleh pemerintah Korea Selatan:

  • Kode visa untuk diplomat dan staff maupun pejabat pemerintahan dari negara lain; (Kode A)
  • Kode visa untuk turis negara-negara tertentu (Kode B)
  • Kode visa untuk mereka yang melakukan kunjungan keperluan tertentu dalam jangka pendek (kode C)
  • Kode visa diberikan untuk mereka yang bermaksud untuk belajar,  mencari kerja, magang, jurnalis, misionaris, supervisor perusahaan, hingga investor  (kode D)
  • Kode visa E bagi tenaga ahli seperti professor, guru, instruktur teknik, konsultan profesional, entertainer, hingga kru atau awak kapal; (Kode E)
  • Kode visa bagi yang mereka yang ingin mengunjungi sanak saudaranya di korea,
  • Kode visa untuk keperluan lain diberi kode G dan kode H untuk kunjungan kerja dan liburan kerja.
Gate di Seoul 2015

Gate di Seoul 2015

Cara Membuat Visa Korea Selatan

Saat ini pengajuan visa Korea bisa dilakukan dengan cara online maupun datang langsung ke Korea Visa Application Center (KVAC) yang berada di lantai 5, Mall Lotte Shopping Avenue, Kuningan, Jakarta. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang proses pembuatan visa, kamu bisa cek langkahnya berikut ini!

1. Persiapan Dokumen

Sebelum mengajukan visa Korea selatan tentunya kamu harus mengetahui terlebih dahulu berbagai informasi yang terkait dengan proses pengajuan visa diantaranya persyaratan dokumen yang diperlukan untuk pembuatan Visa Korea. Dokumen adalah hal penting yang perlu kamu persiapkan karena merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan pembuatan Visa Korea. Kalau dokumennya tidak lengkap atau kurang, visa kamu bisa terancam di tolak lho!

Berikut adalah dokumen yang harus kamu persiapkan untuk mengajukan Visa Korea:

  • Paspor Asli dan Fotokopi Paspor (halaman identitas beserta visa/cap negara-negara yang telah dikunjungi)
  • Formulir Aplikasi Visa yang dilengkapi dengan satu lembar foto dan ditempel pada kolom foto. Download disini
  • Kartu Keluarga atau Dokumen yang dapat membuktikan hubungan kekeluargaan
  • Surat Keterangan Kerja dan SIUP dari tempat kerja jika kamu bekerja di suatu tempat atau perusahaan
  • SIUP  kalau kamu punya usaha
  • Surat Keterangan Mahasiswa/Pelajar untuk yang masih bersekolah
  • Fotokopi Bukti Keuangan baik rekening koran tabungan maupun slip gaji terakhir
  • Rekening koran tabungan 3 bulan terakhir dan surat referensi bank.
  • Slip gaji atau bukti tunjangan jika sudah pensiun
  • Surat Pajak Tahunan (SPT PPH-21) yang dikeluarkan oleh Dirjen Pajak RI (opsional)
  • Surat Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang dikeluarkan oleh Dirjen Pajak RI (opsional)

Jika kamu menggunakan layanan pengajuan visa secara online kamu bisa mengunduh form aplikasi visa di https://overseas.mofa.go.kr/. Isi formulir tersebut dengan benar dan sesuai data yang kamu miliki.

2. Penyerahan Dokumen Visa Korea

Setelah mengisi formulir, kamu bisa mengumpulkannya bersama dengan dokumen lain.  Serahkan formulir aplikasi yang telah diisi lengkap beserta dokumen lainnya ke Korea Visa Application Center (KVAC) yang berada di lantai 5, Mall Lotte Shopping Avenue, Kuningan, Jakarta.

Perlu kamu ketahui bahwa mulai 2 Mei 2019, Kedutaan Besar Korea Selatan sudah tidak melayani pembuatan visa. Meski begitu di KVAC ada 12 loket yang disediakan untuk pengajuan visa dan jumlah ini lebih banyak dibanding loket yang ada di kedutaan besar yang hanya berjumlah lima loket.

KVAC buka mulai pukul 9.00 WIB dan melayani pengajuan visa hingga pukul15.00 WIB. Lama proses pembuatan  kurang lebih 5 Hari Kerja atau bisa lebih jika dokumen yang diberikan kurang lengkap. Selama proses pembuatan Visa Korea, Paspor yang digunakan untuk pengajuan tidak boleh dipinjam untuk kepentingan yang lain.

 

Membuat Rice Cake di Desa Hanok 2015

Membuat Rice Cake di Desa Hanok 2015

3. Membayar Biaya Visa

Saat mengajukan visa, kamu juga harus mempersiapkan biaya yang digunakan untuk penerbitan visa korea. Beriku adalah biaya yang kamu butuhkan untuk membuat visa korea dan jumlahnya berbeda-beda tergantung jenis visa yang kamu ajukan.

  • Single Visa (untuk kunjungan dibawah 90 hari) : IDR 560.000
  • Single Visa (untuk kunjungan diatas 90 hari) : IDR 840.000
  • Multiple Visa (untuk kunjungan berkali – kali berlaku untuk 3 tahun) : IDR 1.260.000
  • Double Visa (untuk 2 kali masuk dan Berlaku untuk 6 bulan) : IDR 980.000

Multiple visa hanya bisa diajukan oleh mereka yang sudah pernah mengunjungi Korea Selatan minimal 2x atau memiliki visa Amerika Serikat. Jadi kalau kamu baru pertama kali ke Korea Selatan sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu jenis visa yang kamu pilih ya!

Perlu kamu ketahui, biaya yang kamu keluarkan untuk membayar visa tidak dapat dikembalikan apabila dibatalkan proses pengajuannya atau visa ditolak oleh pihak Kedutaan besar Korea Selatan.

Setelah kamu membayar, kamu akan mendapatkan materai untuk ditempel pada formulir visa yang sudah kamu unduh dan isi sebelumnya dan kamu akan diarahkan ke bagian penyerahan dokumen serta pendaftaran. Jangan lupa untuk membawa kartu identitas atau KTP yang diperlukan untuk pengecekan awal.

4. Tunggu Hasil Pengajuan Visa dan Penerimaan

Setelah pengajuan visa selesai, kamu bisa pulang ke rumah dan menunggu hasil aplikasi visa yang kamu ajukan. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, lama proses membuat visa Korea Selatan minimal enam (6) hari kerja yang dihitung satu hari setelah hari penyerahan dokumen di KVAC. Jika dokumen dianggap belum lengkap dan pihak kedutaan membutuhkan wawancara, maka proses pengajuan bisa lebih lama dari yang ditentukan.

Untuk mengecek apakah visa disetujui maupun ditolak, kamu bisa mengeceknya secara berkala memalui website https://www.visa.go.kr/ dengan mengisi menu yang dibutuhkan. Jika kamu menemukan bahwa status visamu approved berarti  pengajuan diterima dan kamu sudah bisa mengambil paspor setelah enam hari kerja yang ditentukan.

Selain melalui website, KVAC juga menyediakan layanan SMS sebanyak tiga kali kepada aplikan untuk mengetahui status penyerahan visa. SMS pertama berisi penerimaan dokumen di KVAC, SMS kedua yang menandakan pemeriksaan oleh pihak Kedubes serta SMS ketiga yang berisi pemberitahuan persiapan pengambilan Visa yang telah disetujui.

4. Pengambilan Paspor dan Visa

Setelah dinyatakan diterima, kamu bisa melakukan pengambilan paspor dan visa Korea Selatan yang telah disetujui di KVAC pada jam yang telah ditentukan yakni mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 16.00.

Jangan lupa juga untuk membawa tanda terima yang kamu peroleh saat melakukan pengajuan visa dengan meletakkannya pada keranjang yang disediakan. Kamu tinggal duduk manis dan menunggu namamu dipangggil dan visa sudah bisa kamu terima.

 

Penjaga Gate di Desa Hanok Korea 2015

Waktu traveling di Korea, aku stay di The Plaza Hotel Seoul! Tempat nya asik banget, dekat ke pusat perbelanjaan Namdaemun and Myeongdong (bisa jalan kaki), dekat subway, ada kolam renang yang gede banget di rooftop dan free gym juga! Semuanya juga serba modern, kayak mau geser gorden pakai tombol yang dekat telepon. Dan yang paling aku suka, tempat tidurnya empuk banget!

The Plaza Hotel Seoul

Ini kamarku waktu stay di Seoul sharing sama seorang teman. Klik disini untuk liat hotelnya The Plaza Hotel Seoul

 

Untuk kamu yang traveling ke Korea Selatan, jangan lupa juga singgah ke Jepang kalau ada waktu. Sekali mendaki, dua tiga pulau terlampau. Lihat cara apply visa Jepang di sini.