Berbeda dengan di Indonesia, bekerja sambil kuliah adalah hal yang wajar di temui di Australia. Hal ini di karenakan biaya hidup di Australia yang relative mahal sehingga kamu harus bekerja untuk bisa men-cover biaya tersebut. Kerja part time juga sangat di sarankan untuk mengisi waktu libur kuliah di Australia terutama pada saat liburan musim panas selama 3 bulan.

Dengan kerja part time di Australia, kamu bisa menambah pundi-pundi tabungan yang bisa kamu gunakan menambah uang jajan sehari-hari, menambah pengalaman kerja, atau bisa juga menambah tabungan untuk investasi dan traveling. Kalau kamu bingung harus melakukan pekerjaan apa selama di luar negeri, kamu bisa simak beberapa referensinya berikut! Psst.. hampir semua kerja part time di bawah ini sudah aku cobain lho!

1. Housekeeping

Pekerjaan pertama yang bisa kamu coba adalah housekeeping, dari sitilahnya saja kamu pasti sudah tahu kalau tugasnya adalah membersihkan kamar hotel. Tantangan menjadi houskeeping adalah kita hanya diberi waktu singkat untuk membersihkan kamar yang akan ditempati, misalnya satu kamar kecil diberi waktu 15 menit. Kalau kamu membersihkan kamar lebih dari waktu yang ditentukan, kamu tidak akan diberi gaji. Jadi, kalau kamu pandai bersih-bersih dan cekatan, kamu bisa pilih pekerjaan yang satu ini. Awal waktu aku kerja housekeeping, rasanya 1 jam satu kamar pun tidak selesai, hadeh.. Tapi lama kelamaan bisa bersihkan kamar sesuai target.

2. Bartender

Kalau kamu suka atmosfer di bar, kamu juga bisa bekerja paruh waktu sebagai bartender. Meski terlihat mudah, untuk menjadi seorang bartender, kamu harus menjalani pelatihan terlebih dahulu untuk mendapatkan sertifikat yakni Responsible Service of Alcohol (RSA). Sertifikat ini membuktikan bahwa kamu dapat mengidentifikasi tingkat kemabukan seseorang, karena seperti yang kita ketahui, seorang bartender tidak boleh menuangkan minuman lagi pada seseorang yang sudah mabuk berat. Tertarik untuk mencoba?

Bartender Australia

Kerjaam sampingan jadi bartender di Australia

3. Mystery Shopper

Pekerjaan yang satu ini cukup mudah dan juga menarik untuk dilakukan. Apa itu Mystery Shopper? Seperti judulnya, kita akan menjadi pengamat atau surveyor yang menilai kualitas suatu toko. Caranya, kamu akan disuruh untuk berpura-pura menjadi konsumen di suatu toko untuk mengecek kualitas produknya, kebersihan, kenyamanan dan berkomunikasi dengan pelayan maupun pekerja di toko terseut untuk mengetahui seberapa besar mereka memahami toko dan produk yang dijual.

Mystery Shopper

Pura-pura mau beli barang elektronik ceritanya πŸ™‚

4. Waitres Restoran

Kalau kamu punya minat di bidang kuliner, kamu bisa coba bekerja paruh waktu di restoran dengan menjadi koki, pelayan maupun tukang bersih-bersih alias cleaning service. Selain mendapatkan gaji dan pengalaman bekerja di restoran, kadang kamu juga bisa mendapatkan makan gratis ketika sedang break. Lumayan kan kalau kamu bisa menghemat biaya makan siang atau makan malam dan bisa menikmati hidangan restoran secara gratis?

5. Guru Bahasa Indonesia

Pekerjaan part time yang satu ini biasanya juga merupakan bagian dari program volunteer atau sukarela yang diadakan oleh Kedubes Indonesia di luar negeri. Kamu bisa mengikuti program ini jika tertarik mengajarkan bahasa Indonesia di sekolah umum. Meski judulnya volunteer, biasanya kamu juga akan tetap mendapat upah dari sekolah atau tempat kamu mengajar. Pengalamanku pribadi, aku di tempat kan di SD yang lokasinya lumayan jauh dari rumah. Untunya waktu itu aku punya mobil pribadi second hand yang murah meriah, jadi memudahkan transportasiku.

6. Auction Attendee

Tipe perkerjaan yang satu ini pasti akan cocok dengan kamu yang pandai merayu, berjiwa sosial dan lihai di bidang marketing. Ya, Auction Attendee punya tugas yang mengharuskan seseorang membujuk orang lain untuk membeli barang lelang di berbagai event ama atau charityΒ  yang hasil keuntungannya akan disumbangkan ke yayasan untuk tujuan sosial.

Auction Attendee

Auction Attendee in Canberra 2016

7. Waiter Function

Tipe pekerjaan yang satu ini juga bisa kamu lakoni jik aingin mencari penghasilan tambahan selama kuliah di luar negeri. Tak sulit untuk menjalani pekerjaan sebagai seorang waiter karena kamu hanya perlu menjalankan tugas sebagai penyaji makanan dan minuman untuk para tamu di restoran bintang lima baik di acara pernikahan, kelulusan,atau acara gala dinner.

8. Merchandiser

Menjadi merchandiser juga relatif mudah dilakukan kalau kamu ingin menjadi pekerja paruh waktu di luar negeri. Merchandiser sendiri adalah mereka yang bekerja menawarkan produk minuman di restoran, bar,atau di supermarket seperti SPG di Indonesia. Asyiknya, tak hanya mendapat upah, kita juga bisa pulang-membawa minuman sampple gratis. Lumayan kan untuk berhemat?

Cari kerja di Australia

Kuliah dan kerja di Australia

9. Resepsionis

Tipe pekerjaan resepsionis juga menjadi salah satu pekerjaan yang banyak dilakukan mahasiswa di luar negeri. Hanya saja untuk menjadi seorang resepsionis kamu harus banyak harus belajar sistem booking dan juga harus bisa multitasking agar tak kerepotan selama bekerja. Jenis pekerjaan ini bisa ditemukan di penginapan, di kantor dan tempat lainnya yang membutuhkan resepsionis di meja depan atau front desk.

10. Baby Sitter

Nasyarakat di luar negeri banyak yang tetap membertahankan kariernya dan sibuk bekerja setelah menikah dan memiliki anak, baik pria maupun wanita. Kondisi tersebut malah bisa menguntungkan untuk kamu yang ingin kuliah sambil kerja. Kamu bisa mengambil pekerjaan sebagai Baby Sitter yang tugasnya merawat anak-anak yang ditinggal kedua orangtuanya selama bekerja. Ini pekerjaan yang saya lakukan di sela sela jeda kuliah yang satu dengan yang lainnya.

Demikian beberapa kerja part time yang bisa kamu lakukan selama kuliah di luar negeri. Penghasilan yang didapat juga bervariasi tergantung tempat kamu bekerja dan jenis pekerjaan yang kamu lakukan. Biasanya pekerja paruh waktu dibayar 15-35 dollar per bulannya. Lumayan kan?

Dengan gaji segitu, aku bahkan bisa beli apartemen selama tinggal di Australia lho!

Meskipun terdengar gampang, ternyata kuliah di Australia gak segampang yang dikira. Simak suka dukaku kuliah sambil kerja di luar negeri di link ini.