Banyak  yang mengira bahwa pusat pemerintahan Australia berada di kota Sydney atau Melbourne, padahal nyatanya ibukota Australia adalah Canberra. Meski tidak seramai kedua kota yang jadi tetangganya, Canberra juga punya beragam hal menarik yang bisa jadi alasan untuk traveling atau melanjutkan studi di salah satu universitas terbaiknya. Ini 5 tempat traveling di Canberra rekomendasiku.

Kamu yang tertarik dengan ilmu publik atau pemerintahan bisa ikuti program beasiswa pemerintah Australia yang diadakan melalui program Australian Award seperti saya.  Kalau mau tanya-tanya pengalaman beasiswa saya silahkan klik disini ya!  Lantas, selain kuliah apa saja kegiatan yang bisa kamu lakukan di Canberra? Yuk simak ulasan saya traveling di Canberra!

Traveling Aja Dulu Book Olivia Purba

1. Kota Unik dengan Pemandangan Asri

Mungkin kamu akan berpikir bahwa ibukota selalu dipenuhi dengan gedung pencakar langit dan keramaian. Berbeda dengan ibukota pada umumnya seperti Jakarta, Canberra yang memang diatur sebagai pusat pemerintahan jauh dari kesan ramai. Suasana kota masih sangat asri, udaranya sejuk dan pemandangannya menawan.

Tak heran jika kota ini tergolong sepi karena jumlah penduduknya hanya mencapai 400.000 jiwa dan kehidupan malamnya tidak segemerlap dua kota tetangga yakni Sydney dan Melbourne.

Ibukota Australia Canberra

Beberapa pertokoan, pusat perbelanjaan dan restoran juga sepakat tutup pukul 10 malam, hanya Mc Donalds saja yang bisa kamu temukan setelah jam tersebut. Tentunya karena tak terlalu ramai, kamu bahkan bisa melihat bintang bersinar terang di langit ketika malam.

visit canberra

Pemandangan asri di Lake Burley Griffin Canberra

2. Sepeda Primadona Transportasi Traveling di Canberra

Keunikan lainnya dari kota ini adalah kegiatan bersepeda yang jadi primadona masyarakatnya. Karena sebagian besar wilayah kota masih merupakan spot alam yang asri, penduduk lebih suka mengelilingi kota atau bepergian dengan menggunakan sepeda, apalagi kota ini juga tidak terlalu luas. Banyaknya pengendara sepeda tentu membuat pemerintahnya memberlakukan peraturan untuk para pengendara seperti mematuhi rambu lalu lintas, menggunakan helm, berhenti pada zebra cross dan lainnya.

Salah satu spot bersepeda yang paling digemari di Canberra adalah Lake Burley Griffin yang punya panjang trek sekitar 28 kilometer. Pinggiran danau ini cukup luas dan punya barisan pepohonan rindang, dari kejauhan kamu juga bisa melihat deretan pegunungan di sekitar kawasan Canberra.

Sepeda di Canberra

3. Ikut Kegiatan Outdoor yang Seru di Canberra

Selain bersepeda, penduduk kota Canberra juga biasa melakukan aktivitas outdoor lainnya seperti trekking, hiking, dan jogging saat akhir pekan. Jika ingin menjajal sensasi trekking atau hiking, kamu bisa mengunjungi Black Mountain yang di atasnya terdapat Telstra Tower, semacam tower yang terpasang di atas gunung untuk bisa berfoto dan melihat perkampungan sekitar. Lantas kamu juga bisa datang ke Mount Stromlo Observatory, semacam Teropong Bosscha yang ada di Bandung untuk mengamati benda-benda langit saat malam hari, seru kan?

War Memorial Canberra

Selain hiking atau trekking, kegiatan lain yang bisa kamu lakukan di sini adalah mengunjungi tempat bersejarah seperti War Memorial Museum atau National Gallery of Australia. Kemudian kamu bisa sambangi stasiun darat untuk luar angkasa Canberra Deep Space Communication Complex, dan area yang dipenuhi dengan berbagai tumbuhan yakni Australian National Botanic Garden. Saat musim dingin, sempatkan bermain salju dan ski di kawasan pegunungan Blue Mountain atau Snowy Mountain yang jaraknya hanya 3 jam dari kota Canberra.

4. Traveling di Canberra Banyak Festival Kerennya!

Karena Canberra tidak memiliki banyak tempat hiburan seperti mall atau tempat hiburan lainnya, penduduk Canberra lebih suka bersosialiasi dengan mengadakan festival di kotanya. Beberapa festival yang sering diadakan di antaranya Enlighten Canberra, Multicultural Festival, Flower Festival, Travel Festival, Baloon Day, dan banyak lagi.

Terkadang juga kedutaan besar dari negara lain yang suka membuat berbagai macam festival, seperti Indonesia yang mengadakan  Indonesian Festival, atau Jepang yang mengadakan Canberra Nara Festival. Perlu kamu ketahui bahwa Canberra sendiri adalah Sister city dari kota Nara yang ada di Jepang.

5. Bebas Polusi Udara dan Minim Kendaraan Bermotor

Jika kamu ingin traveling ke kota yang asri, sepi dan bebas polusi, Canberra adalah jawabannya. Tidak banyak kendaraan yang lalu lalang di sini sehingga udaranya tetap segar dan terjaga. Hal ini tentu jarang bisa ditemukan di kota besar terutama di ibukota suatu negara. Karena tidak banyak kendaraan yang ada di kota ini termasuk transportasi umum, ada baiknya jika kamu memiliki kendaraan pribadi jika ingin menetap misalnya sepeda. Bus umum yang ada di sana biasanya akan lewat setiap interval 20 hingga 40 menit, jadi jika tidak ingin repot pergi ke suatu tempat ada baiknya miliki kendaraan sendiri ya!

Itulah beberapa alasan untuk traveling ke kota Canberra. Saya sendiri sempat tinggal di kota ini selama 3 tahun dan untuk kuliah di The Australian National University (ANU) yang merupakan universitas terbaik di Australia.

Untuk kamu yang ingin ke Australia dan belum memiliki visa, baca tulisan pengalamanku apply visa Australia ini dan tonton ceritaku apply visa Australia secara online (yang keluar dalam waktu 5 hari) di video di bawah ini. Jangan lupa subscribe ya!