Trip planner atau perencanaan perjalanan merupakan agenda persiapan yang perlu dilakukan sebelum melakukan sebuah perjalanan, khususnya pada perjalanan yang bersifat liburan (traveling). Kamu bisa melakukan perencanaan liburan sendiri dengan kemudahan akses informasi masa kini. Untuk alternatif yang lebih praktis dan memudahkan kamu yang baru pertama kali liburan ke tujuan tertentu, bisa menggunakan jasa trip planner professional.

Baik membuat perencanaan traveling maupun menggunakan jasa khusus, kamu tetap harus paham apa saja persiapan yang perlu diperhatikan dalam mempersiapkan liburan impian yang sempurna.

Apa Saja yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menggunakan Jasa Trip Planner?

Agar rencana liburan kamu sempurna dan lebih mudah dipersiapkan, ada beberapa poin penting yang bisa kamu jadikan patokan. Berikut beberapa hal penting yang wajib ada dalam perencanaan perjalanan kamu.

1. Lokasi Wisata yang Hendak Dikunjungi

Merencanakan berbagai agenda menyenangkan dan lokasi seru yang ingin kamu kunjungi merupakan hal pertama yang bisa dilakukan. Langkah pertama ini bagai membuat gambaran kasar dan mewujudkan liburan impianmu menjadi nyata. Mulai dari menentukan tujuan kota, pula, atau negara tertentu, hingga berbagai spot wisata yang ingin kamu kunjungi. Kamu bebas membuat daftar tempat wisata yang kamu ingin kunjungi sebanyak mungkin. Hal ini dapat menghindari kemungkinan kamu melewatkan agenda terbaik yang bisa terjadi dalam liburan.

Dari pilihan berbagai lokasi secara random ini, kamu bisa memilah-milah lokasi mana yang dekat satu sama lain dan menciptakan rute yang efektif. Kemudian memilih penginapan paling tepat, hingga tracking bandara atau stasiun kendaraan umum yang paling sempurna.

2. Memilih Musim dan Waktu Perjalanan

Sesuaikan waktu perjalanan kamu dengan budget dan waktu yang tersedia. Menentukan berapa hari kamu ingin berlibur akan mempengaruhi agenda jalan-jalan dan booking penginapan. Jangan lupa memperhatikan musim saat sedang merencanakan liburan. Untuk rencana liburan ke luar negeri, musim akan menentukan festival hingga jadwal buka sebuat spot wisata. Misalnya saya traveling ke Eropa hampir selalu di bulan Desember karena disitulah saya punya banyak waktu cuti 🙂

Trip planner italia

3. Akomodasi

Berikutnya kamu baru bisa mencari akomodasi atau  penginapan. Kamu bisa memilih penginapan terjangkau agar lebih hemat, atau mengutamakan lokasi penginapan yang ideal untuk ke berbagai lokasi esensial serta akses transportasi mudah.

4. Ticket dan Dokumen Identitas

Ticket merupakan hal paling esensial yang perlu kamu persiapkan jauh hari sebelum liburan atau traveling. Banyak promo dan diskon tiket juga bisa kamu manfaatkan dengan mencari tiket dengan tanggal berangkat yang masih jauh, terutama untuk tiket pesawat. Sekarang kamu juga sudah bisa mencari ketersediaan tiket pada maskapai atau agen transportasi tertentu melalui website resmi mereka.

Untuk alternatif yang lebih praktis, kamu bisa melihat di aplikasi atau website khusus booking tiket dengan filter ketersedian yang bisa diatur sesuai dengan kebutuhan kamu. Buat kamu yang hendak melakukan trip ke luar negeri, mempersiapkan dokumen penting seperti passport, visa, dan asuransi perjalanan harus menjadi prioritas.

trip planner

Keuntungan Merencanakan Trip dengan Jasa Trip Planner

Merencanakan perjalanan secara nyata, bukan hanya di angan-angan, rasanya sudah menjadi salah satu kewajiban sebelum melaksanakan trip baik liburan dalam negeri dan luar negeri. Berikut berbagai keuntungan menggunakan jasa trip planner.

1. Memaksimalkan Waktu Liburan yang Tersedia

Liburan tidak berlangsung selamanya, bukan? Dengan membuat perencanaan liburan secara detail dan penuh perhitungan, kamu akan memiliki agenda yang pasti selama liburan dan tidak menyia-nyiakan waktu kosong kamu.

Mencari lokasi liburan dan aktivitas seru tanpa perencanaan bisa memakan waktu beberapa jam sendiri, terbuang sudah waktu yang bisa digunakan untuk perjalanan ke lokasi tertentu. Agenda trip kamu bisa berjalan dengan lebih cepat, padat, dan berarti dengan panduan yang telah kamu buat dengan bantuan jasa trip planner.

2. Persiapan Budget yang Lebih Hemat dan Terkontrol

Dalam perencanaan trip, kamu pasti akan mendapatkan informasi seputar harga tiket transportasi, tarif akomodasi, hingga tiket ke lokasi wisata, dan biaya makan. Seperti memecahkan rumus matematika, kamu bisa melakukan berbagai perhitungan yang memungkinkan untuk menekan budget trip. Mulai dari memilih alternatif penginapan murah, hingga memilih jadwal tiket tertentu yang menyediakan promo. Masih banyak pertimbangan budget yang bisa kamu kontrol dari awal dengan membuat perencanaan perjalanan yang matang . Dengan begitu, dijamin kamu tidak bakal bangkrut setelah liburan!

3. Menghindari Berbagai Kemungkinan Terburuk Saat Trip

Menghadapi masalah atau kendala sekecil apapun bisa merusak mood saat liburan. Dengan memiliki rencana perjalanan, kamu bisa meminimalisir dan menghindari berbagai kemungkinan terburuk yang bisa terjadi. Mulai dari kendala akomodasi, dokumen atau barang penting yang tertinggal, hingga kemungkinan pengeluaran yang melewati budget liburan. Memiliki liburan yang bebas hambatan pastinya akan membuat kamu bisa santai semaksimal mungkin selama liburan.

4. Jaga Budget dengan Trip Planner

Hemat mungkin menjadi salah satu prioritas ketika kamu sedang merencanakan trip. Namun, pastikan juga budget ekstra untuk jaga-jaga kamu masukan dalam perencanaan perjalanan. Dengan menggunakan jasa trip planner, kamu bisa memastikan bahwa budget yang kamu sesuai dengan pengeluaran pada saat liburan. Plus ada cadangan ‘dana darurat’ liburan untuk jaga-jaga kejadian yang tidak terduga. Dengan perencanaan matang, budget bukan lagi hal yang perlu di pusingkan pada saat liburan.

trip planner

Temukan Jasa Trip Planner Berkualitas di Fastwork

Fastwork merupakan website dimana kamu bisa menemukan jasa freelance professional terpercaya. Salah satunya jasa trip planner berpengalaman, baik agensi tour khusus, hingga jasa trip planner private yang lebih personal.

Ada berbagai manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan jasa perencanaan trip di Fastwork, diantaranya;

  • Kredibilitas dan kualitas jasa perencanaan yang bisa langsung dilihat melalui rating freelancer atau agensi.
  • Penawaran harga terjangkau untuk perencanaan trip detail dan maksimal.
  • Menemukan jasa perencanaan perjalanan private yang memberikan pelayan konsultasi terbaik. Kamu jadi bisa berdiskusi dengan freelancer yang kamu hire dengan leluasa untuk merencanakan liburan impian.
  • Tersedia banyak pilihan jasa perencanaan trip untuk liburan dalam negeri maupun luar negeri.
  • Hemat diongkos sekaligus waktu persiapan liburan.

trip planner

Menggunakan jasa perencanaan trip dari Fastwork akan sangat membantu terutama buat kamu yang sibuk dan tak terbiasa mengurus keperluan perjalanan. Terutama buat kamu yang hendak liburan di lokasi baru.

Serahkan perencanaan di tangan ahlinya. Kamu tinggal menerima perencanaan dalam bentuk itinerary komplit untuk memastikan kamu tidak melewatkan hal seru yang bisa dilakukan di lokasi wisata tertentu. Perencanaan yang dibuat juga lengkap dengan estimasi budget, bisa disesuaikan dengan budget yang sudah kamu sediakan.

Secara mudah, kamu hanya perlu memberikan gambaran kasar tentang rencana liburanmu pada planner yang sudah deal dengan kamu di Fastwork. Dari situ, planner akan memberikan rincian informasi yang lebih detail, bahkan memberikan saran tambahan agar liburan lebih sempurna. Setiap planner perjalanan memiliki profile dan portfolio yang bisa kamu lihat sebelum deal, pastikan untuk memilih freelancer yang memiliki pengalaman tentang rencana liburan kamu.

Tunggu apalagi? Segera rencanakan liburan impian sempurna kamu dengan menggunakan jasa trip planner terpercaya dari Fastwork (https://fastwork.id/travelling).