Medan merupakan kota terbesar di Indonesia dengan potensi wisata yang tak kalah besar dari destinasi wisata di pulau Jawa maupun Bali. Kota yang berlokasi di pulau Sumatera Utara ini tak hanya memiliki banyak masjid dengan nilai sejarah perkembangan agama Muslim yang dominan, namun juga berbagai situs yang memancarkan berbagai corak budaya. Mulai corak budaya Eropa, Tionghoa, hingga corak agama Katolik.

Liburan di luar pulau Jawa biasanya lebih populer dengan agenda wisata alam dan penjelajahan outdoor. Liburan di Medan kamu juga bisa menikmati wisata jelajah kota hingga wisata kuliner yang wajib kamu coba. Berikut panduan lengkap wisata di Medan yang perlu kamu ketahui.

Pilihan Transportasi Medan dari Bandara Kualanamu

Jika kamu berangkat dari luar pulau Sumatera, kemungkinan besar kamu memesan tiket pesawat dengan tujuan Bandara Kualanamu. Bandara Kualanamu merupakan bandara Internasional di Sumatera yang berlokasi di Medan. Sesampainya di bandara, ada beberapa pilihan transportasi yang bisa kamu manfaatkan.

1. Kereta Bandara Kualanamu

Fasilitas kereta cepat Bandara Kualanamu merupakan layanan transportasi yang disediakan oleh Railink. Tersedia berbagai rute yang bisa kamu ambil, baik dari bandara menuju lokasi tertentu di kota, maupun dari kota menuju bandara. Kereta cepat ini bisa menjadi pilihan transportasi yang efisien. Kamu bisa memesan tiket kereta Bandara Kualanamu dengan tarif Rp 100.000. Harga sesuai dengan fasilitas yang bersih, cepat, dan praktis.

2. Bus 24 Jam

Pilihan transportasi berikutnya adalah bus yang beroperasi selama 24 jam. Ada berbagai pilihan bus dengan berbagai rute tujuan. Range harga bus dari Bandara Kualanamu menuju kota mulai dari Rp 15.000 hingga Rp 55.000. Berikut informasi jenis bus dan rute bus Medan dari bandara.

  • ALMASAR: Kabanjahe
  • ALS: Binjai, Gagak Hitam
  • DAMRI: Amplas Carrefour Stabat
  • NICE TRANS: Milenium ICT
  • PARADEP: T. Tinggi, P. Siantar Perbaungan, Rampah K. Pon

3. Taxi

Untuk pilihan transportasi yang lebih pribadi dan fleksibel, kamu bisa naik taxi yang siap 24 jam di parkiran bandara. Tarif taxi di Medan sekitar Rp 5.000 per kilometer-nya, ditambah tarif buka pintu sekitar Rp 7.000 hingga Rp 7.500. Adapun berbagai jenis taxi yang bisa kamu naiki diantaranya; ABADI, Blue Bird, KOKAPURA, MATRA, NICE TRANS, dan PUSKOPAU. Setiap jenis taxi memiliki area rute yang sama, yaitu seputar kota Medan, selisih tarif dari setiap agen taxi juga relatif beda sedikit.

Traveling Aja Dulu Book Olivia Purba

Transportasi Umum Ber Wisata di Kota Medan

 Ada berbanyak pilihan transportasi umum menarik yang bisa kamu naiki dalam rangkaian wisata Medan kamu. Tergantung agenda kamu untuk keliling kota santai atau lebih memprioritaskan sampai ke tujuan dengan cepat. Berikut beberapa rekomendasi transportasi umum tradisional maupun kekinian di Medan.

  • Sudako: Merupakan singkatan dari Sumatera Daihatsu Company, kendaraan umum satu ini merupakan salah satu angkutan umum khas Medan dengan warna kuning dan sistem pengeras suara yang keras mengalunkan musik. Kendaraan ini memiliki model semi terbuka, jadi sangat cocok kamu naiki jika sedang ingin melihat sekeliling kota Medan selama perjalanan.
  • Bentor: Untuk pilihan kendaraan umum yang ekonomis, kamu bisa memanggil bentor di pinggir jalan. Bentor satu ini dijalankan dengan mesin sepeda motor, dengan keranda khusus penumpang di sebelah kiri pengemudi. Tarif bentor di Medan sekitar Rp 10.000 hingga Rp 25.000, tergantung jarak tempuh dan keahlian kamu dalam menawar harga.
  • Bus: Jika sedang memprioritaskan kecepatan dan fasilitas transportasi yang modern, kamu selalu bisa naik bus atau minibus.
  • Go-Cak: Pilihan kendaraan satu ini merupakan ojek online pertama di Medan. Cara kerjanya juga sama seperti Go-Jek dengan memesan secara online. Namun Go-Cak memiliki ciri khas sendiri dengan pengemudi yang menggunakan jaket hitam kuning dan kendaraan bentor yang teduh. Dengan begini kamu bisa mencoba kendaraan umum Medan dengan sistem pemesan yang efisien.

Rekomendasi Tempat Wisata di Medan Terbaik

Ada banyak lokasi wisata Medan yang menarik untuk dikunjungi. Kali ini kamu akan mendapatkan rekomendasi berbagi lokasi wisata sejarah serta budaya yang eye catchy dan pastinya insta-worthy. Berikut berbagai rekomendasi tempat wisata di Medan terbaik.

1. Istana Maimun

Salah satu istana dengan ragam corak budaya beragam di Medan yang patut kamu kunjungi adalah Istana Maimun. Sekilas istana ini memiliki corak arsitektur yang Islami, namun istana ini memiliki banyak referensi dari budaya Melayu, India, Spanyol, dan Italia terselip dalam setiap sudut bangunannya. Istana Maimun bisa dibilang sebagai salah satu istana terindah yang berdiri di Indonesia.

Istana Maimun Wisata Medan

Cobain Baju Putri Melayu di Istana Maimun Medan

2. Wisata Medan Tjong A Fie Mansion

Tjong A Fie Mansion merupakan rumah mewah milik saudagar berdarah Tionghoa yang sudah berdiri sejak tahun 1900. Bangunan yang masih terjaga keindahan klasiknya ini akhirnya dibuka untuk kalangan umum sebagai museum pada tahun 2019, masih dikelola oleh keluarga keturunan Tjong A Fie. Rumah yang memiliki 35 ruangan ini didesain dengan menggabungkan interior gaya oriental dengan Melayu, terinspirasi dari Cheong Fatt Tze Mansion di Malaysia.

Tjong A Fie Museum

3. Gedung London Sumatera (Lonsum)

Gedung London Sumatera atau Lonsum bisa menjadi spot foto outdoor yang memberikan estetika ala Eropa tempo dulu. Gedung bersejarah berwarna putih ini dibangun oleh perusahaan Inggris, Harrisons & Crosfield (H&C) pada tahun 1906.

Dengan total 5 lantai, bangunan ini merupakan bangunan modern pertama di Medan dengan lift. Akhir pekan menjadi waktu paling ideal untuk mengunjungi lokasi ini, karena pada saat weekend pasti akan ramai karena bangunan ini masih berfungsi sebagai gedung perkantoran.

4. Wisata Medan Kesawan Square

Sudah jauh-jauh mengunjungi Lonsum, kamu memang hanya bisa menikmati keindahan gedung dari luar. Untuk duduk santai dan beristirahat, kamu bisa mengunjungi Kesawan Square. Lokasi ini semacam jalan khusus berdirinya sederet cafe dengan sajian menu beragam.

Tersedia area duduk outdoor dengan tandu dan latar gedung-gedung tua di kota Medan. Sensasinya serupa dengan cafe-cafe outdoor di Eropa jika nongkrong di lokasi ini.

5. Masjid Raya Medan

Buat kamu yang ingin napak tilas masjid di Medan, jangan sampai melewatkan Masjid Raya Medan. Masjid ini merupakan masjid dengan arsitektur termegah dan terindah di Medan. Telah berdiri sejak tahun 1909, rumah ibadah satu ini masih berdiri kokoh dengan atmosfer sejuk yang dipancarkannya.

Gedung masjid memadukan dua warna dingin yaitu biru dan putih, dengan taman dan kolam buatan yang asri. Masjid dengan gedung segi delapan ini memiliki adaptasi arsitektur dari budaya Timur tengah, Spanyol, dan India.

Penginapan Wisata di Medan

Kalau singgah ke Medan, nginap saja di apartemenku  Sky View Apartemen Medan yang berada di area Setia Budi Medan. Selain lokasinya dekat dengan berbagai tempat wisata seperti Graha Maria Annai Velangkanni, Ringroad City Mall, Manhattan Time Square, dan pusat perbelanjaan lainnya, pemadangannya juga menatap sawah. Nginap disini gak terasa seperti  berada di tengah kota Medan karena viewnya masih asri dan rindang.

View Sky View Apartemen Medan

View ari Sky View Apartemen Medan

Fasilitasnya juga lengkap, termaksud keamanan 24 jam, parkiran gratis dan kolam renang di rooftop! Seru banget kan? Untung nginap di sini juga sangat bersahabat hanya Rp.200.000 ribu per hari (minimun sewa 1 minggu).

Skyview Apartment

Kamu bisa pesan apartemenku ini via Airbnb ya! Klik link ini untuk dapatkan diskon untuk pengalaman pertamamu menginap di apartemenku via Airbnb.

Ana Velangkani Medan

Saya berpose di Graha Maria Annai Velangkanni Medan

Tempat Makan Kuliner Khas Wisata Medan Terenak

1. Mie Gomak Mak Sari

Alamat: Jl. Sisingamangaraja No.117, Harjoasri II.

 

Mie Gomak Medan

2. Warung Asli Lontong Medan

Alamat: Jl. Sisingamangaraja No.6, Harjosari II.

3. Asan Saksang Goreng

Alamat: Jl. Wahidin, Pandau Hulu I, Medan Area

4. Soto Kesawan

Alamat: Jl. Ahmad Yani, Kesawan

5. Mie Aceh Titi Bobrok

Alamat: Jl, Setia Budi No. 17 D, Sei Sikambing B

Mie Medan

Itu tadi informasi panduan wisata Medan paling komplit untuk memastikan kamu tidak melewatkan masakan kuliner terenak khas Medan dan tempat wisata unik selama berlibur di Medan.