Estonia terletak di sebelah Finlandia dan terpisah karena Laut Baltik, Estonia merupakan salah satu negara di Eropa Utara yang mulai banyak memiliki peminat karena destinasi wisatanya. Negara ini menyajikan panorama kota yang masih kental dengan nuansa medieval, namun sudah sangat modern dengan berbagai fasilitas yang serba elektronik dan online.  Liburan wisata Estonia juga salah satu destinasi yang murah jika dibandingkan dengan negara Eropa lainnya.

Tiket pesawat ke Estonia termasuk salah satu yang termurah. Kamu bisa menikmati kehidupan malam di Tallinn yang semarak, atau menikmati keindahan alam yang tersebar di 1.500 pulau Estonia. Mulai dari padang hijau, area hutan asri yang aman, gereja tua yang menawan, hingga berbagai kastil kuno dengan nilai sejarah. Kemudian ada banyak lokasi indah di negara ini yang bisa kamu kunjungi tanpa tiket alias gratis.

Bahasa yang Digunakan di Estonia

Estonia memiliki bahasa sendiri, namun kamu bisa menemukan banyak orang berbicara dalam bahasa Eropa lainnya. Setidaknya tiga bahasa yang paling dominan di negara ini adalah bahasa Inggris, Rusia, dan Jerman. Jika pergi ke pasar lokal atau kota tua, kecil kemungkinan pedagang di sana berbicara dalam bahasa Inggris. Namun tidak akan terlalu mempengaruhi komunikasi karena semua adalah label harganya dan kamu tinggal menunjuk ingin beli apa. Sulitnya mungkin kamu jadi tidak bisa tawar-menawar. 

Untuk penginapan di Tallinn, sudah ada banyak yang menggunakan bahasa Inggris. Begitu juga institusi penting dan fasilitas utama seperti bandara. Semuanya informasi seputar akomodasi dan jadwal transportasi juga bisa kamu temukan secara online dalam bahasa Inggris. 

Mata Uang dan Penukaran Uang di Estonia

Mata uang yang berlaku di Estonia adalah euro, jenis yang sama berlakunya di negara-negara Eropa sekitarnya. Estonia juga menjadi salah satu negara di Eropa yang sudah menerima pembayaran dengan dompet elektronik. Jadi kamu bisa menggunakan menukarkan uang melalui akun dompet elektronik internasional saja agar lebih praktis. Hampir semua tempat seperti tiket transportasi, supermarket, dan restoran menerima pembayaran elektronik, terutama di ibu kota dan kota-kota sekitarnya. Dengan begitu, kegiatan transaksi selama wisata Estonia kamu jadi lebih praktis. 

Pilihan Transportasi di Estonia

Ada banyak alternatif transportasi yang bisa kamu temukan di Tallinn. Semuanya juga memiliki jadwal keberangkatan yang bisa kamu pantau secara online. Kamu juga bisa membeli Smartcard, semacam kartu dengan saldo yang bisa digunakan untuk naik berbagai kendaraan umum dalam kota. Berikut beberapa pilihan transportasi di Estonia.

  • Kereta: Kereta di Estonia merupakan salah satu yang terbaik untuk perjalan antar kota, dekat maupun jauh. Kereta di Estonia juga terkenal murah dan cepat, serta banyak juga yang menyediakan akses wifi gratis. Harga tiket kereta mulai dari 8 euro hingga 15 euro, tergantung rute dan dari durasi perjalanan. 
  • Bus: Memiliki range harga tiket yang cukup sama dengan kereta, bus juga bisa menjadi  transportasi alternatif. Meski kereta memang lebih cepat, bus punya lebih banyak jadwal setiap harinya buat kamu yang tak sempat beli tiket kereta. 
  • Rental Mobil: Tarif rental mobil di Estonia sekitar 35 euro per hari. Kamu cuma wajib memiliki IDP (International Driving Permit) jika menyewa tanpa supir. 

Traveling Aja Dulu Book Olivia Purba

Sim Card dan Akses Wifi di Estonia

Kamu pasti memulai liburan di Tallinn, dan hampir semua informasi di kota ini sangat mengandalkan platform online. Memastikan akses komunikasi dan internet sudah pasti yang esensial. Kamu bisa membeli sim card prabayar di bandara, kios handphone (semacam kios pulsa umum), hingga mall di dalam kota. Beberapa provider yang terkenal di Estonia di antaranya, Elisa, Tele2, dan Telia. Sementara itu, kamu juga bisa menemukan akses wifi gratis di Estonia terutama di tempat umum. 

Akomodasi

Draper Startup House Tallin Estonia

Sewaktu saya di Tallin saya stay di hostel yang letaknya pas di tengah kota, namanya Draper Startup House. Tempatnya di kota tua dan bisa jalan kaki ke hampir semua objek wisata di Tallin jadi gak perlu sewa Uber atau transportasi lainnya. Dekat dengan tempat shopping, grocery dan restaurant juga. Harganya juga ga terlalu mahal, waktu itu saya sewa Rp.200.000 per malam di kamar dormitory. Kondisi depan hostelnya seperti di gambar di atas, seperti rumah tua aja, gak terlalu keliatan seperti penginapan.

Rekomendasi Tempat Wisata di Estonia Terpopuler

Puncak keramaian wisata Estonia adalah pada musim panas pada bulan Juni sampai Agustus. Ada ada banyak festival yang semakin meramaikan suasana di kota. Kalau ingin liburan yang lebih tenang, kamu bisa datang pada awal musim gugur sekitar akhir Augustus. Pada akhir tahun, seperti negara-negara Eropa lainnya, kota-kota akan dihiasi dekorasi natal dan pasar malam dadakan. Berikut rekomendasi wisata Estonia yang menyajikan banyak pilihan. 

  • Wisata Sejarah di Tallinn: Sebagai ibu kota Estonia, ada banyak landmark dan museum bersejarah yang bisa kamu temukan di kota ini. Mulai dari Open-Air Museum, National Museum, hingga KGB Museum. Jalan-jalan di kawasan Town Hall saja juga sudah seru. Di malam hari, Tallinn berubah menjadi semarak dengan klub malam dan bar yang terkenal dengan harga minuman yang murah. 
  • Lahemaa National Park: Masih di Tallinn, nikmati keindahan alam Estonia di Lahemaa National Park, sekitar 1 jam dari pusat kota menuju timur. Lokasi ini terkenal sebagai lokasi refreshing penduduk kota yang dekat dan gratis. Kamu hiking sambil melihat keindahan hutan dan ekosistem binatang liar di area tersebut, namun dijamin aman. 

Wisata Populer Lainnya di Estonia

  • Kota Tua Vanalinn: Vanalinn merupakan kawasan kota tua di Tallinn yang mendapatkan status World Heritage dari UNESCO. Kawasan ini punya arsitektur tua dengan bangunan batu kuno dan gaya gothic abad ke-13 hingga ke-16. Setiap sudut kota tua ini bisa jadi spot berfoto yang khas wisata Estonia. Ada juga banyak restoran lokal, cafe, hingga bar yang bisa jadi tempat hang out keren. 
  • Pesona Alam Saaremaa: Saaremaa merupakan salah satu pulau paling populer yang bisa kamu kunjungi jika ingin keluar dari Tallinn atau mainland. Lokasi ini terkenal dengan keindahan alamnya dan kastil Kuressaare dari abad ke-16. Menginjakkan kaki ke pulau ini akan membuat kamu merasa kembali ke masa medieval. Bersepeda keliling pulau Saaremaa merupakan salah satu alternatif kegiatan yang bisa kamu coba. 
  • Teluk Parnu: Kamu bisa mengagendakan kunjungan ke Parnu jika ingin menikmati musim panas di kawasan pantai. Kawasan ini berlokasi 1 jam dari Tallinn menuju Teluk Parnu. Ada banyak villa dan penginapan khas Estonia di sini dari abad ke-19 yang belum diubah sama sekali. Parnu bisa menjadi alternatif lain jika kamu sedang ingin menikmati ketenangan di kawasan dengan teluk dan sungai Parnu yang terkenal akan keasriannya. 
Lennusadam Seaplane Harbour

Saya berpose di Lennusadam Seaplane Harbour

Makanan Khas Estonia yang Wajib Dicoba

Ada banyak area wisata kuliner atau street food yang bisa kamu temukan di Tallinn, Estonia. Mulai dari Baltic Station Market hingga lokasi food truck di Bueno Gourmet. Sebetulnya wisata kuliner di Estonia dominan dengan makanan-makanan Rusia hingga aneka snack Amerika seperti burger bahkan taco juga bisa kamu temukan saat kulineran di Estonia. Untuk mendapatkan makanan yang benar-benar lokal, catat beberapa nama makanan khas Estonia berikut. 

  • Sprat Sandwich: Sprat merupakan ikan yang paling banyak di Laut Baltik, membuat ikan ini menjadi bahan dasar khas dari negara-negara di sekitarnya. Di Estonia, ikan sprat tersaji sebagai sandwich. Sprat sandwich khas Estonia ini terbuat dari roti hitam khas Estonia juga, dengan telur rebus, serta saus tambahan.  Kamu bisa menemukan hidangan ini di restoran maupun street food ketika sedang wisata Estonia.
  • Mulgipuder: Mulgipuder merupakan hidangan sederhana khas Estonia. Terbuat dari kentang, menir, dan butter, biasanya dihidangkan dengan lauk pendamping seperti bacon Makan Mulgipuder sebagai sarapan dijamin kenyang.  
  • Kama: Salah satu hidangan khas yang hanya bisa kamu temukan di Estonia adalah Kama. Makanan ini sekilas terlihat seperti oatmeal, namun terbuat dari berbagai jenis gandum yang lebih variatif. Hidangan ini mengandung buttermilk dan aneka beri. Cocok jika kamu santap sebagai kudapan yang manis atau menu sarapan yang lezat. 
  • Vastlakukkel: Vastlakukkel merupakan roti khas Estonia yang terbuat dari gandum dengan cream sebagai isian. Ada juga yang menghidangkannya dengan taburan gula serbuk. Dulunya, roti ini hanya ada saat festival atau hari liburan spesial, namun kini kamu bisa membeli Vastlakukkel di toko roti setempat setiap saat. 

Wisata Estonia cocok sebagai tujuan berlibur bersama keluarga di musim liburan akhir tahun, destinasi bulan madu, atau sekedar solo traveling yang aman. Itu tadi berbagai panduan lengkap wisata di Estonia. Selamat berlibur!