Nijmegen merupakan kota tertua di Belanda yang berada dekat dengan perbatasan Jerman. Selain terkenal sebagai kota tujuan pelajar dari berbagai belahan dunia, wisata Nijmegen merupakan portal untuk kamu mengalami era Romawi. Pada 2005 lalu, kota ini telah merayakan 2.000 tahun keberadaan mereka. Selain populer sebagai situs bersejarah, Nijmegen punya panorama alam yang menawan, kuliner lokal yang unik, hingga kehidupan malam ala orang Eropa di bar dan cafe setempat. Berikut informasi lengkap seputar panduan wisata Nijmegen yang patut kamu simak. 

Bahasa yang Digunakan di Nijmegen

Nijmegen merupakan salah satu kota di Belanda, oleh karena itu bahasa Belanda merupakan bahasa lokal yang digunakan. Namun, tingkat penggunaan bahasa Inggris di negara ini termasuk yang paling tinggi di Eropa, termasuk di kota Nijmegen sendiri. Tak perlu khawatir ketika liburan di wisata Nijmegen, hampir semua fasilitas dan tempat umum memiliki keterangan dengan bahasa Inggris. Begitu pula penduduk lokal di negara ini juga hampir semuanya bisa berkomunikasi dalam bahasa Inggris.

Nijmegen De Waagh Olivia

Saya berpose di Nijmegen De Waagh sekitar Grote Markt, jejeran toko outdoor tertua di Belanda.

Mata Uang dan Penukaran Uang di Nijmegen

Mata uang yang berlaku di Nijmegen, Belanda adalah euro. Metode pembayaran yang paling populer di Nijmegen adalah menggunakan kartu kredit/debit, Visa dan MasterCard berlaku di Belanda. Kamu juga bisa memanfaatkan e-wallet untuk penukaran uang yang lebih praktis. Namun, jika kamu membutuhkan uang cash, kamu bisa menukarkan uang di GWK Travelex Office yang tersebar di kota-kota besar di Belanda dan Bandara Schiphol.

Pilihan Transportasi di Nijmegen

  • Transportasi umum di Belanda merupakan salah satu yang efisien untuk para turis. Untuk menuju Nijmegen, kamu bisa menggunakan kendaraan umum dari Amsterdam, dengan durasi perjalanan kurang lebih 1 setengah jam. 
  • Agar bisa menggunakan semua kendaraan umum di Nijmegen, kamu membutuhkan kartu OV-chipkaart yang bisa diisi saldo. OV-chipkaart digunakan untuk menaiki tram, metro, bus, dan kereta. 
  • Rental Mobil: Tarif rental mobil di Nijmegen cukup mahal, bisa mencapai 30 euro per hari. Namun, mungkin kamu tidak perlu menyewa mobil karena transportasi umum di Nijmegen sudah menyediakan fasilitas yang terbaik. 
  • Rental Sepeda: Sepeda merupakan kendaraan santai yang populer di Belanda, termasuk Nijmegen. Tarif sewanya sekitar 10 sampai 15 euro per hari (bisa lebih murah).

Sim Card dan Akses Wifi di Nijmegen

Ada banyak pilihan lokasi untuk mendapatkan sim card di Belanda, yang juga berlaku di Nijmegen. Mulai dari bandara, kios khusus handphone, hingga supermarket. Namun jika kamu membelinya di bandara, harganya bisa lebih mahal dari tempat lainnya. Salah satu provider lokal yang bisa kamu beli adalah Traveltomtom. Traveltomtom terkenal akan jaringan 5G-nya dan pilihan paketnya. Sementara akses internet di Nijmegen merupakan salah satu yang terbaik di Belanda. Kamu juga bisa menemukan akses wifi gratis di beberapa tempat umum. 

Rekomendasi Tempat Wisata di Nijmegen Terpopuler

Wisata Nijmegen menghadirkan pengalaman menuju era Romawi di setiap sudut kotanya. Mulai dari alun-alun kota, landmark kuno, dan berbagai pusat perbelanjaan ikoniknya. Keindahan alam Nijmegen juga menjadi daya tarik tersendiri yang patut kamu telusuri. Berikut beberapa tempat wisata Nijmegen yang patut kamu masukan dalam agenda kunjungan. 

  • De Gelderse Poort: Spot satu ini merupakan lokasi sempurna untuk melihat sisi terindah dari Sungai Waal, sungai besar ikonik di Nijmegen. Ada banyak aktivitas outdoor seru yang bisa kamu lakukan di spot alam ini, mulai dari berjalan santai, bersepeda, dan memancing. Meski tak jauh dari kota, kamu juga bisa menemukan hewan liar seperti berang-berang dan luwak di sekitar sungai. Tak jauh dari situs alam, kamu juga bisa menemukan cafe lokal dan restoran sebagai tempat istirahat. 
  • Wijchen Castle: Ada banyak kastil tua yang bisa kamu temukan di Nijmegen, Wijchen Castle merupakan yang terbaik dan patut kamu kunjungi. Masih terjaga kondisinya, pengunjung bisa datang ke kastil tua ini meskipun sudah mengalami renovasi. Kamu bisa napak tilas kisah Emilia Nassau dan anak perempuannya yang merawat kastil ini, melihat museum arkeologi, hingga menelusuri informasi sejarah. Jangan lewatkan juga kesempatan menyaksikan keindahan taman di area kastil yang masih terawat keindahannya. 

Wisata Lain yang Tak Boleh Kamu Lewatkan

  • Valkhof Park: Satu lagi spot indah yang tak jauh dari Sungai Waal adalah Taman Valkhof. Lokasi ini merupakan salah satu landmark ikonik di wisata Nijmegen karena terdapat runtuhan kapel Saint Nicholas. Taman satu ini memiliki suasana yang cukup tenang dan sedikit suram. Bagi hari hingga siang mendekati sore bisa menjadi waktu paling sempurna untuk mengapresiasi keindahan taman ini. 
  • MuZIEum: Ada banyak museum bersejarah dan museum bertema unik yang bisa kamu temukan Nijmegen. Namun, MuZIEum merupakan museum yang paling direkomendasikan. MuZIEum menjadi pusat edukasi dan pengalaman untuk memahami kaum tuna netra. Mengunjungi museum ini, pemandu akan menutup matamu dan kamu akan menjalani berbagai aktivitas yang menggambarkan pengalaman menjadi orang tanpa indera penglihatan. 
  • Lange Hezelstraat: Lokasi ini merupakan jalanan dan pusat perbelanjaan tertua di Belanda yang ikonik. Lange Hezelstraat bisa menjadi spot bersantai dengan berbagai toko vintage, cafe lokal, dan restoran khas Belanda yang sudah berdiri lama. Sekalipun tak punya niatan untuk borong belanjaan banyak, mengunjungi jalanan bersejarah di Nijmegen ini sayang jika kamu lewatkan.

Makanan Khas Nijmegen yang Wajib Dicoba

Bagel and Benas Nijmegen

Bagel and Benas Nijmegen, salah satu cafe fav saya.

Makanan khas Nijmegen tak jauh berbeda dengan makanan yang populer di ibu kota maupun kota-kota lainnya di Belanda. Makanan Belanda identik menggunakan bahan keju, serta lebih populer dengan aneka pastry-nya. Berikut beberapa makanan khas Nijmegen yang bisa dengan mudah kamu temukan di area street food hingga restoran lokal. 

  • Poffertjes: Pancake khas Belanda satu ini merupakan salah satu menu yang paling terkenal di setiap perayaan. Poffertjes merupakan mini-pancake yang diberi taburan gula halus atau butter yang meleleh. Beberapa variasi modern biasanya diberi krim, beri, hingga rum. Poffertjes mudah bisa kamu temukan di kawasan street food di Nijmegen.
  • Oliebol: Satu lagi snack manis mini yang populer khas Belanda yang bisa kamu temukan di Nijmegen adalah Oliebol. Semacam kue bola-bola mini dengan isian kismis atau beri. 
  • Patatje oorlog: Kentang goreng selalu menjadi snack pilihan saat berada di lokasi wisata. Patatje merupakan kentang goreng khas Belanda. Kentang goreng ini bisa kamu nikmati dengan aneka pilihan saus. Mulai dari mayonnaise, cincang bawang bombai, saus kacang yang mirip dengan sate, sambal olek, kecap, hingga pilihan saus sambal yang pedas.
  • Broodje haring: Belanda juga punya sandwich khas yaitu broodje haring. Sesuai dengan namanya, bintang utama roti lapis ini adalah ikan haring mentah yang segar dan sudah mengandung garam, dipadukan dengan acar, selada, dan bawang cincang. Biasanya penduduk mengkonsumsi sandwich ini dalam keadaan dingin. 
  • Kibbeling: Kibbeling merupakan jajanan semacam gorengan dengan bahan utama ikan. Ikan goreng ini memiliki ukuran kecil sekali lahap. Bisa menjadi pendamping minuman, hingga dimakan bersama kentang goreng atau salad. 

Itu tadi berbagai informasi seputar wisata Nijmegen di Belanda. Kota tertua ini jelas menjadi salah satu destinasi esensial yang sayang jika kamu lewatkan apabila sedang berlibur di Belanda. Semoga panduan ini bermanfaat dan selamat berlibur!

Traveling Aja Dulu Book Olivia Purba