Destinasi wisata Bulgaria kini tak hanya sekadar pegunungan.  Negara  Balkan ini juga jadi pusat dari 10 objek peninggalan sejarah yang dilindungi UNESCO, mulai dari Taman Nasional Pirin, Rila Monastery, Gereja Boyana, Madara Rider, hingga Thracian Tomb of Kazanlak. Selain itu, masih banyak lagi destinasi menarik lain yang bisa kamu kunjungi di negara ini.

Jika mengulas sedikit mengenai Bulgaria, negeri yang terletak di Eropa Tenggara ini memang tidak sepopuler negara-negara tetangganya. Wilayahnya yang kecil serta ekonominya yang jauh tertinggal membuat negara ini baru bisa populer beberapa tahun belakangan. Meski demikian, memilih lokasi ini untuk wisata di tahun ini bisa dikatakan pilihan yang tepat.

Pasalnya, di samping banyaknya objek wisata yang menarik dikunjungi, Bulgaria jadi wilayah dengan biaya liburan terjangkau. Terlebih jika dibandingkan dengan negara-negara pusat berlibur yang ada di semenanjung Eropa. Jika kamu tertarik mengunjungi negara ini, tetapi belum tahu cara memulai rencananya, biarkan panduan wisata Bulgaria memandumu.

Bahasa yang Dipakai Masyarakat Bulgaria

Sebelum berencana pergi ke Bulgaria, kamu disarankan untuk mempelajari sedikit banyak kosa kata bahasa yang digunakan masyarakatnya. Hal ini dikarenakan, sebagian besar masyarakat masih menggunakan bahasa resmi yang berlaku di negaranya, yakni Bulgaria. Untuk diketahui, salah satu bahasa paling sulit dipelajari masyarakat dunia ini memiliki kemiripan dengan bahasa Slavik Selatan.

Adapun yang dimaksud dengan bahasa tersebut antara lain bahasa Rusia, Makedonia, hingga Serbia. Selain itu, bahasa Ukraina, Kroasia, hingga Slovenia juga memiliki keterkaitan dengan bahasa Bulgaria. Jadi, jika kamu berniat mengelilingi Eropa Tenggara, mempelajari bahasa dan aksara masyarakat di sini akan jadi satu keuntungan.

Meski demikian adanya, beberapa masyarakat juga ada yang memahami bahasa Inggris. Namun, totalnya sangat sedikit dengan kemampuan terbilang kecil. Jikapun ada yang mahir bahasa Inggris, orang-orang tersebut merupakan turis dan biasanya hanya terdapat di kota-kota wisata Bulgaria. Seperti Sofia, Plovdiv, Blansko, hingga Varna.

bansko nature

Saya berpose di salah satu jembatan di Bansko, Bulgaria

Mata Uang di Bulgaria

Setelah tahu mengenai bahasanya, kamu perlu mempersiapkan mata uang resmi yang berlaku di Bulgaria. Pasalnya, rata-rata pihak akomodasi dan tempat-tempat jual beli barang tidak menerima mata uang selain yang berlaku di negara ini. Adapun mata uang resmi Bulgaria adalah Lev Bulgaria (kode: BGN)  yang nilainya setara dengan 0.56 USD.

Sebagai informasi, mata uang ini bisa kamu dapatkan dengan melakukan penukaran di tempat-tempat terpercaya. Seperti di bandara, hotel, hingga restoran-restoran besar. Namun, cara paling aman untuk mendapatkannya adalah mengunjungi bank yang ada di negaramu sebelum berangkat ke Bulgaria.

Jika enggan menukar uang sebab tujuan wisatamu bukan hanya Bulgaria, tak ada salahnya menggunakan credit card untuk bertransaksi. Adapun tips wisata Bulgaria ini dianjurkan guna meminimalisir risiko kehilangan uang cash saat kamu berada di tempat-tempat ramai ataupun sepi. Sebab pada dasarnya, risiko ini bakal selalu ada di mana pun kamu berada.

Kartu Identitas, Visa, dan Paspor

Wisatawan dari negara yang tidak memiliki kebijakan bebas masuk Bulgaria memerlukan paspor dan visa untuk bepergian ke negara ini. Sebagai informasi, Republik Bulgaria bukan termasuk wilayah Schengen meski posisinya ada di Uni Eropa. Jadi, kamu tak bisa memakai visa Schengen untuk masuk ke wilayah ini. Namun, jika memiliki visa Schengen Multiple Entry, visa Bulgaria tidak perlu dibuat karena kamu bisa stay secara gratis selama 90 hari.

Sebaliknya, jika kamu tidak memiliki kartu identitas ataupun visa Schengen Multiple Entry maka pengajuan visa bisa dilakukan ke kementerian. Namun sebelum itu, sebaiknya ketahui mengenai kebijakan visa Bulgaria di negaramu guna mengetahui apakah surat tersebut perlu dibuat atau sebaliknya.

Selain itu, ketahui juga beberapa tipe visa yang bisa dikeluarkan pemerintah negara ini. Untuk diketahui, ada tiga tipe visa Bulgaria, yaitu visa A,  visa C, dan visa D. Yang dimaksud dengan visa  A adalah surat yang bisa kamu pakai untuk transit bandara. Sementara itu, visa C dapat digunakan untuk wisatawan yang ingin berlibur dan visa D adalah surat tinggal jangka panjang.

Jika hanya berencana tinggal sementara sebagai wisatawan, kamu bisa mengajukan pembuatan visa C dengan biaya mulai dari 35 Euro hingga 60 Euro. Sebagai informasi, biaya paling rendah tadi berlaku untuk pembuatan visa C anak-anak usia 6 tahun sampai 12 tahun. Namun, perlu diketahui bahwa biaya ini mungkin berubah sewaktu-waktu. Kalau kamu masih bingung proses pembuatan visa, kamu bisa konsultasi ke aku di link di bawah

Konsultasi Traveling Aja Dulu Olivia

SIM Card di Bulgaria

Untuk memastikan smartphone-mu tetap terhubung ke internet selama perjalanan wisata Bulgaria berlangsung, terdapat beberapa alternatif yang bisa dilakukan. Namun, opsi paling bagus adalah menggunakan SIM card khusus Bugaria. Untuk diketahui, ada tiga operator layanan SIM card paling direkomendasikan untuk turis. Di antaranya adalah A1 Bulgaria, Telenor, dan Vivacom.

Kartu SIM tadi bisa kamu dapatkan saat sampai di Bandara Sofia. Namun, pastikan menyiapkan paspor sebelum mendatangi pusat penyedia kartu SIM. Selain itu, jangan lupa untuk menyiapkan smartphone dengan IMEI yang terdaftar dan tidak terkunci jaringan selulernya. Untuk alternatif lain yang lebih mudah, kamu bisa memilih eSIM dari operator seluler tadi.

Mengenal Budaya Masyarakat Bulgaria

Rila National Park

Bulgaria adalah negara dengan penduduk yang sangat ramah terhadap semua orang, termasuk turis. Wilayah ini dihuni oleh warga asli suku Bulgaria yang merupakan campuran dari bangsa Slavia dan bangsa Bulgar. Kedua bangsa tersebut telah mendiami wilayah ini sejak tahun 500 SM dan 600 SM. Sementara itu, budaya yang berkembang di sini merupakan campuran dari bangsa Yunani dan Turki.

Di Bulgaria, ada cukup banyak kebiasaan tradisional yang masih lestari. Oleh karena itu, bukan hal sulit untuk kamu menemukan pertunjukan musik dan tarian khas Bulgaria. Jika menginginkan makanan khas negara ini, kamu juga bisa menemukannya dengan mudah. Satu lagi yang perlu diketahui, banyak fakta unik mengenai kebiasaan masyarakat yang mungkin tidak kamu mengerti.

Contohnya, bahasa non-verbal masyarakat yang kerap mengangguk untuk mengatakan tidak. Sementara itu, gerak tubuh untuk mengatakan iya adalah menggeleng. Selain itu, masyarakat Bulgaria rata-rata menyanjung tinggi adab dan kesopanan. Namun, hal ini akan sulit ditemukan saat kamu berada di Pantai Sunny sebab lokasi tersebut dihuni banyak turis asing yang bisa dikatakan bad.

Destinasi Wisata Bulgaria yang Patut Dikunjungi

Jika kamu sudah pernah mendengar desas-desus mengenai banyaknya keonaran di Pantai Sunny, sebaiknya hindari niat berkunjung ke wilayah tersebut. Bulgaria masih memiliki banyak tempat wisata yang jauh lebih baik dan menarik dibandingkan pantai tadi. Adapun beberapa destinasi wisata Bulgaria terbaik yang sebaiknya kamu kunjungi bisa dilihat di bawah ini.

1. Rose Valley

Jika kamu berencana pergi ke Bulgaria pada bulan Mei hingga Juni, jangan lupa menyempatkan diri untuk mengunjungi Rose Valley. Lembah dengan perkebunan bunga ros yang dikenal juga dengan nama Rozova Dolina ini sudah sangat populer sejak Bulgaria mulai dilirik banyak wisatawan. tempat ini juga dikenal sebagai penghasil minyak ros terbesar di dunia.

Jika kamu berkesempatan mengunjungi perkebunan yang ada di selatan Pegunungan Balkan ini, jangan lupa untuk membeli buah tangan juga. Biasanya turis akan membeli minyak mawar yang dipercaya bisa menjadikan kulit lebih sehat. Kamu juga bisa memanfaatkannya sebagai pengharum badan ataupun ruangan.

2. Belogradchik Rocks

Tempat Wisata Bulgaria

Belogradchik Rocks tak kalah populer dari Rose Valley. Sebagaimana namanya, destinasi ini memang tempatnya bebatuan-bebatuan unik berada. Salah satu yang paling menarik adalah batu terbesar dengan panjang mencapai 30 kilometer dan lebar 300 meter. Selain menampilkan view bebatuan, di sini juga ada padang rumput hingga sungai yang menjadikan atmosfer terasa lebih segar.

3. Rila Monastery

Rila Monastry Traveling Aja Dulu

Rila Monastery adalah biarlah terbesar di Bulgaria dengan luas area mencapai 8.800 meter persegi. Berlokasi di jantung Gunung Rila, destinasi wisata Bulgaria ini merupakan salah satu situs warisan dunia yang terdaftar di UNESCO sejak 1983. Di sini kamu bisa menemukan banyak sekali peninggalan masyarakat kuno, contohnya adalah koin, manuskrip, tongkat, dan lain-lain.

Selain itu, kamu juga akan disuguhi pemandangan alam yang begitu memesona. Bukan itu saja, arsitektur bangunan biara ini juga tampak terkesan menarik untuk disaksikan lebih lama. Mulai dari interiornya, desain kubah, hingga tiang-tiang dengan gaya kuno yang mengisi tiap sudut bangunan ini.

4. Thracian Tomb of Kazanlak

Thracian Tomb of Kazanlak adalah makam kuno yang ditemukan oleh para tentara bangsa ini. Sebelum ditemukan, makam ini dulunya tertutup oleh gundukan tanah dan rumput. Meski begitu, struktur makamnya yang sangat bagus ditambah arsitektur uniknya menjadikan makam ini mampu berdiri hingga saat ini. Berdasarkan informasinya, objek ini diperkirakan dibangun pada abad ke-4.

5. Pirin National Park

Pirin National Park juga termasuk destinasi wisata di Bulgaria yang dilindungi UNESCO. Taman ini menawarkan pemandangan alam yang bakal menyejukkan setiap pasang mata yang melihatnya. Sangat cocok dijadikan lokasi hiking. Dengan sungai biru, pegunungan hijau, ditambah bebatuan yang hampir berwarna putih menjadikan lokasi ini makin terkesan elok dipandang.

bansko nature pirin

Hiking di sekitar Taman Nasional Pirin

6. Tsarevets

Objek wisata Bulgaria ini tak hanya populer di kalangan wisatawan, tetapi termasuk lokasi penting juga. Pasalnya, objek ini memiliki sejarah yang sangat panjang dan bagian dari terbentuknya Bulgaria. Dibangun tepat di luas area 4872 meter persegi, Tsarevets menampilkan bangunan kuno berupa benteng dan istana yang masih berdiri kokoh.

7. Nessebar

Destinasi Bulgaria

Nessebar adalah nama kota yang terletak di selatan Black Sea. Di sini, kamu bisa melihat banyak gereja yang terdaftar di UNESCO. Contohnya adalah Gereja Baptis St Ivan yang sudah populer sejak lama. Selain itu, ada juga Gereja St Stefan yang dibangun pada abad ke-10. Gereja-gereja ini menampilkan arsitektur khas Bulgaria lawas.

8. Perperikon

Lokasi objek wisata Bulgaria ini tak jauh dari Ibu Kota Sofia, perkiraan jaraknya hanya 10 kilometer saja. Di sini, kamu bisa menikmati pemandangan alam dari bangunan komplek arkeolog. Untuk diketahui, Perperikon sendiri adalah kawasan suci yang dipercaya jadi tempat para dewa. Mengingat hal itu, pastikan untuk berlaku dengan baik saat ada di sini.

Wisata Bulgaria: Icip-Icip Makanan Khas yang Wajib Kamu Coba

Tak hanya menarik karena memiliki banyak destinasi, Bulgaria juga dikenal akan banyaknya kuliner yang enak di lidah. Selain madu dan yoghurt yang sudah mendunia, ada juga beberapa makanan tradisional lainnya yang wajib turis coba. Adapun beberapa kuliner yang dimaksud adalah sebagai berikut.

  • Banitsa. Memiliki bentuk melingkar dengan varian yang sangat banyak, banitsa adalah sejenis roti yang biasanya dijadikan makanan pendamping. Kuliner tradisional ini sangat mudah ditemukan di berbagai tempat makan yang ada di Bulgaria. Adapun beberapa variasi rasa Banitsa di antaranya, isian pai labu, pai kubis, bawang, daging, dan masih banyak lagi.
  • Tarator. Ini adalah sejenis sup dengan isian mentimun. Meski termasuk jenis sup, tarator biasanya hanya tersedia pada musim panas saja. Hal ini dikarenakan, tarator mampu memberikan efek sejuk pada badan. Adapun hal yang menjadikan efek tersebut ada ialah bahan-bahannya yang terdiri dari mentimun, yoghurt, dan sejumlah rempah-rempah lainnya.
  • Phatatnik. Berasal dari kawasan Rhodope, makanan khas ini sangat identik dengan rasa kentang dan keju. Saat ini, Phatatnik biasanya dibuat dengan cara direbus, dipanggang, ataupun digoreng. Sementara itu, penyajiannya biasanya dilengkapi lembaran roti, keju, putih telur, bawang, dan rempah-rempah lainnya.
  • Hotchpotch. Terdiri dari potongan daging berbentuk dadu, kentang, terong, kacang hijau, okra, bawang bombay, wortel, tomat, hingga kacang polong. Selain itu, kuliner ini biasanya dilengkapi dengan bumbu yang terdiri dari garam. merica, dan peterseli. Dengan perpaduan bahan-bahan tersebut, kuliner ini sangat pas disantap bersama nasi hangat.
  • Moussaka. Kuliner ini terkenal tak hanya di Bulgaria, tetapi di Yunani juga. Namun, moussaka khas Bulgaria terbuat dari daging babi dan kentang. Sementara itu, Yunani menggunakan daging sapi dan terong sebagai bahan utamanya. Meski berbeda, kuliner yang biasa disajikan dengan saus tomat ini sama-sama sehat sebab menggunakan banyak rempah-rempah.

Cara Sampai ke Lokasi Wisata Bulgaria

 

Transportasi Bulgaria

Untuk sampai di Bulgaria, kamu bisa menaiki beberapa alternatif transportasi yang tersedia di negaramu. Mulai dari menggunakan pesawat, bus, kereta api, hingga mobil. Meski bisa menggunakan rupa-rupa moda transportasi, pastikan untuk tetap melakukan persiapan seperti membawa kartu identitas, visa, dan paspor sebelum perjalanan dimulai.

Menaiki Transportasi Jalur Udara

Alternatif pertama untuk sampai di Bulgaria adalah dengan menaiki pesawat. Di negaramu, kamu bisa memesan tiket maskapai yang dapat melayani penerbangan ke Bandara Internasional Sofia. Perlu diketahui, kebijakan mengenai biaya hingga jalur yang dilalui maskapai untuk sampai ke Bulgaria sangat tergantung pada tiap-tiap bandara.

Jadi, jika kamu ingin mengetahui apakah maskapai melayani penerbangan langsung ke Sofia atau perlu transit dulu, sebaiknya cari informasinya lebih dulu. Kamu bisa menggunakan internet sebagai media mencari informasi untuk gambaran atau langsung menghubungi pihak bandara agar mendapatkan penjelasan lebih detail dan jelas.

Menaiki Transportasi Jalur Darat

Road Trip Bulgaria

Sebagai informasi, layanan transportasi jalur darat untuk sampai ke Sofia bisa ditemukan di negara-negara yang berbatasan langsung dengan Bulgaria. Contohnya, Turki, Macedonia, dan Yunani. Jika kamu berasal dari sini atau sudah liburan di wilayah tadi dan ingin berlibur ke Bulgaria, menaiki transportasi darat adalah opsi terbaik. Sebab, kamu bisa menikmati pemandangan alam secara lebih dekat.

Sementara itu, Rumania memiliki dua opsi transportasi darat yang bisa dipilih, yaitu bus dan taxi. Untuk diketahui, jarak dari Bucharest, Rumania ke Sofia hanya sekitar 400 meter. Jadi, biaya transport-nya bisa dikatakan murah. Yaitu, Rp390 ribuan untuk menaiki bus atau  Rp5 jutaan saat menaiki taxi. Jika menggunakan opsi ini, Anda bisa sampai ke Sofia dalam waktu kurang lebih 75 menit saja.

Jika ingin menaiki transportasi darat dari Istanbul, Turki ke Sofia, jarak yang harus ditempuh adalah 556 km. Adapun lamanya perjalanan dengan menggunakan transportasi bus rata-rata sekitar 8 jam. Namun, jika ingin menggunakan moda transportasi ini, Anda perlu memesan tiketnya sejak jauh-jauh hari.

Traveling Aja Dulu Book Olivia Purba

Sementara itu, transportasi darat dari Athena, Yunani ke Sofia harus menempuh perjalanan sejauh 510 km. Untuk waktu tempuhnya sendiri kira-kira 12 jam 30 menit. Namun, jika lalu lintasnya sedang lancar dan tidak ada kendala apa pun, Anda bisa sampai ke Sofia dengan bus hanya dalam waktu kurang lebih 11 jam. Adapun biaya untuk satu tiket bus ini, paling murah adalah Rp800 ribuan.

Bagi Anda yang sudah berlibur di Macedonia, terdapat tiga opsi transportasi darat untuk sampai ke Sofia yang jaraknya hanya 333 km saja. Misalnya, menggunakan bus dengan biaya mulai dari Rp200 ribuan dan perjalanan selama ± 3 jam. Kemudian taxi biayanya mulai dari Rp450 ribuan dan perjalanan selama ± 2 jam saja. Sementara itu, kereta api akan menempuh perjalanan selama ± 4 jam untuk sampai ke Sofia dan biayanya mulai Rp160 ribuan.

Menaiki Transportasi Jalur Laut

Transportasi Bulgaria

Jika ingin menikmati pemandangan laut selama perjalanan ke Sofia, kamu bisa menaiki transportasi jalur laut. Namun, layanan ini hanya bisa ditemukan di wilayah Turki dan juga Ukraina saja. Jika berencana melakukan perjalanan dengan menggunakan transportasi ini, kamu bisa memesan karcis tujuan pelabuhan Burgas atau Varna.

Hotel Wisata Bulgaria Terbaik untuk Wisatawan

Sudah tahu informasi seputar bahasa, budaya, hingga destinasi wisata Bulgaria serta cara sampai ke negaranya, selanjutnya adalah tentang akomodasi. Saat kamu berlibur, tentu akan butuh tempat tepat untuk istirahat. Kamu bisa memilih salah satu dari rekomendasi hotel terbaik di bawah ini. Apa saja itu?

1. Sofia Balkan Palace, Sofia

Akomodasi Bulgaria

Lokasi hotel Sofia Balkan Palace sangat strategis, tepatnya di sebelah Stasiun Bawah Tanah Serdika. Di hotel bintang lima ini, kamu bisa menikmati tempat tidur dengan suasana fancy, pemandangan yang menakjubkan, serta layanan yang ramah. Menariknya lagi, tiap sudut bangunan ini tampak menarik berkat arsitektur bangunannya yang klasik. Klik disini untuk booking!

2. Plovdiv City Center Hotel, Plovdiv

Direkomendasikan untuk turis yang akan menjelajah destinasi wisata Bulgaria di Plovdiv. Hotel yang berdiri di area tak jauh dari Roman Theatre ini sangat cocok dipesan. Di sini, kamu bisa dengan mudah mencapai lokasi wisata, seperti Plovdiv Plaza hingga Museum Etnografi. Adapun fasilitas yang tersedia di sini di antaranya, TV layar datar, AC, shower, hingga pengering rambut. Klik disini untuk booking!

3. Tsarevets Design and Spa, Veliko Tarnovo

Akomodasi Bulgaria

Hotel ini hanya berjarak 10 meter dari Benteng Tsarevets. Jika kamu berniat menjelajah objek wisata populer tadi, hotel yang dulunya merupakan istana para raja Veliko Tarnovo ini bisa dipesan. Bangunan dengan arsitektur khas Eropa dapat kamu rasakan suasananya di sini. Selain itu, fasilitas modern seperti spa dan gym juga tersedia di sini. Jadi, semua bisa didapatkan saat tinggal di hotel ini. Klik disini untuk booking!

4. Grand Hotel Millenium, Sofia

Hotel Bulgaria

Jika kamu ingin menikmati akomodasi dengan ruangan yang terkesan luas, Grand Hotel Millenium yang terletak di sofia bisa dipesan. Dibandingkan dengan rekomendasi hotel di Sofia sebelumnya, akomodasi ini memiliki tampilan yang lebih modern. Selain itu, pemandangan taman, gunung, hingga bukit wilayah Sofia tampak terkesan lebih estetik dilihat melalui jendela kamar berukuran besar. Klik disini untuk booking!

5. Secrets Sunny Beach, Pantai Sunny

Hotel Bulgaria

Tak bisa dimungkiri jika Sunny Beach selalu jadi lokasi terbaik untuk berlibur di Bulgaria. Pasalnya, ada cukup banyak destinasi dan hotel mewah di kawasan ini. Salah satunya adalah hotel Secrets Sunny Beach yang terletak 3,4 kilometer dari Aqua Park. Di sini, terdapat fasilitas kolam renang berjumlah dua dan pemandangan tepi pantai. Klik disini untuk booking!

6. Sea Sense Boutique Hotel & Wellness, Sozopol City

Hotel Bulgaria

Salah satu hotel paling populer di kawasan wisata Bulgaria, yakni Sozopol City ini menawarkan akomodasi dengan kolam renang musiman. Lokasinya hanya 300 meter dari Pantai Harmanite, 50 meter dari Bamboo Beach, dan 900 meter dari Kavitasi Beach. Jika kamu menginap di sini, fasilitas yang bisa didapatkan terdiri dari kamar dengan pemandangan laut yang menawan. Klik disini untuk booking!

7. Adeo Hotel, Ruse

Adeo Hotel adalah hotel bintang tiga dengan harga terjangkau. Meski demikian, fasilitas yang tersedia sudah cukup lengkap, terdiri dari pusat kebugaran, lounge, hingga tempat makan dengan menu kontinental. Untuk diketahui, lokasi wisata Bulgaria ini hanya berjarak 1,3 kilometer dari Renaissance Park sehingga pas bagi kamu yang ingin berlibur ke taman tersebut. Klik disini untuk booking!

8. Jagerhov Hotel, Plovdiv

Penginapan Bulgaria

Kurang dari 1 meter dari Plaza Plavdiv, Hotel Jagerhov bisa kamu temukan. Di sini, kamu bisa merasakan nuansa istirahat yang sangat nyaman dengan fasilitas AC, televisi, hingga layanan kamar. Berbeda dari properti-properti sebelumnya, views yang bisa kamu saksikan setiap saat di sini adalah pemandangan Kota Plavdiv yang menarik. Klik disini untuk booking!

Itu dia informasi mengenai panduan wisata Bulgaria yang dapat kamu jadikan bahan pengetahuan jika suatu waktu berencana liburan ke negara ini. Semoga informasinya bermanfaat.

Informasi Berguna!

  • Untuk penginapan di luar negeri, aku saranin pesan via Booking.com, selain  pilihannya banyak mulai dari yang termurah hingga terlengkap, ada opsi untuk pembatalan gratis juga! Ini berguna banget kalau pesawata dan visa kamu bermasalah.
  • Kalau nyari tiket pesawa murah, aku selalu pakai di Skyscanner, karena gampang ketemu pilihan pesawat paling murah dan paling cepat sampai tujuan.
  • Kalau masih belum ketemu tiket pesawatnya tapi butuh jaminan pesawat untuk visa, kamu bisa pesan tiket sementara dengan harga murah di situs Dummy Tiket.
  • Dan kalau semuanya udah OK, pesawat, hotel dan visa, kamu ready berangkat, bisa pesan koper ukuran paling pas di pesawat di link Shopee ini.
  • Kalau terbantu sama konten di atas, boleh juga nih kasih jajan ke Olivia untuk apresiasi sharingnya 🙂