Athena merupakan ibukota dari negara Yunani, salah satu lokasi wisata di wilayah Mediterania yang populer. Athena merupakan jantung Yunani yang menyimpan berbagai keindahan dan sejarah dari abad ke-5, salah satu peradaban tertua di dunia. Ada berbagai tempat khas yang bisa kamu nikmati di Athena, mulai dari berbagai situs sejarah hingga hiburan untuk melepas penat. Athena bisa juga menjadi lokasi yang tenang dan romantis untuk bulan madu maupun liburan dengan teman atau keluarga yang menyenangkan. Saya sendiri sudah dua kali traveling di Athena dan dua-duanya dengan menggunakan promo penerbangan Scoot Air yang murah meriah. Terakhir ke Athena Desember 2019 dapat promo Rp.2, 5 juta dari Singapore ke Athena. Hasilnya malah ketagihan ingin berkunjung lagi ke sana.

Berikut berbagai tempat wisata di Athena yang bisa kamu kunjungi!

1. Acropolis of Athens

acropolis athens

Merencanakan traveling di Athena akan terasa kurang maksimal tanpa mengunjungi berbagai lokasi bersejarahnya.

Banyak situs bersejarah yang menawan bisa anda temukan di Athena, namun Acropolis of Athens merupakan landmark kuno termegah di Yunani. Lokasi semacam kuil bagi kepercayaan lama penduduk Yunani untuk menyembah dewa dewi mereka. Acropolis of Athens merupakan kuil untuk menyembah Dewi Athena.

Reruntuhan kuil ini berada di bukit tertinggi di kota Athens. Tak hanya menikmati agungan kuil yang masih cukup utuh, kita juga bisa mendapatkan spot terbaik untuk melihat indahnya kota Athena dari ketinggian ini.

Pada malam hari, Acropolis of Athens juga bisa terlihat dari kejauhan dengan pencahayaan lampu yang dramatis dan artistik. Tempat ini merupakan lokasi yang sayang sekali jika anda lewatkan dalam kunjungan ke salah satu kota tertua di dunia satu ini.

2. Acropolis Museum

acroplos museum

Ada banyak reruntuhan di Athena yang mungkin tidak bisa anda kunjungi semuanya. Jika anda tertarik dengan sejarah di Yunani khususnya tentang arkeologi reruntuhan kuil kuno di Athena, kamu bisa mengunjungi Acropolis Museum. Museum ini memiliki desain yang minimalis dan modern, namun menyimpan berbagai informasi tentang penelitian reruntuhan kuno di Athena.

Museum ini tak hanya tampak megah di luar, di dalam museum anda akan dibuat terpukau dengan keindahan yang ditampilkan. Alih-alih sekedar museum sejarah, Acropolis Museum akan membuat kita berada di sebuah galeri seni yang artistik. Kamu bisa melihat berbagai artefak dan berbagai patung kuno hasil galian penelitian arkeologi di Athena.

Setiap objek diatur dengan display yang didesain dengan artistik dan tidak akan membuat kita bosan menelusuri setiap bagian dari museum megah ini. Kita juga bisa melihat langsung situs galian penelitian yang otentik dibawah museum melalui balkon modern.

3. Pemukiman Plaka

plaka athena

Ingin jalan-jalan santai dengan suasana kuno Kota Athena? Kunjungi pemukiman Plaka yang berlokasi di “bayangan” Acropolis of Athens. Lokasi ini merupakan lokasi pemukiman kuno di jalan berbukit kota Athena. Lokasi ini memiliki keindahan otentik yang indah dengan warna-warna bunga dan tanaman warga lokal Atena, berpadu dengan rumah-rumah dan sederet toko dari bebatuan.

Kamu bisa berjalan santai di lokasi ini dan mendapatkan foto-foto liburan yang natural. Jika lapar, ada banyak pilihan restoran maupun cafe kecil yang hangat untuk anda kunjungi selagi beristirahat. Jangan lupa juga membeli souvenir di toko-toko yang ada di Plaka. Kamu bisa menemukan perhiasan dan pakaian di butik-butik kecil produksi lokal.

4. National Garden Athens  National Garden Athens

National Garden merupakan paru-paru hijau dari kota Athena yang menampilkan keindahan kompleks tanaman terbesar di Athens. Taman ini merupakan bagi 7.000 pepohonan dan 40.000 tanaman lainnya, terdiri dari 519 spesies tumbuhan. 102 jenis diantaranya merupakan tanaman asli Yunani seperti; pohon Judas, oleanders, pohon carob, dan masih banyak lagi.

Taman ini juga memiliki 6 danau dimana kawan bebek berenang dan memberikan “kehidupan” di taman nasional ini. Jalan-jalan di dalam area National Garden yang hijau dan sejuk bisa menjadi acar jalan-jalan santai yang menyegarkan pikiran dan tubuh. Kamu pasti akan menemukan banyak spot foto sebagai kenang-kenangan liburan di Yunani.

Itu tadi beberapa lokasi traveling di Athena yang  wajib di kunjungi saat berlibur ke Yunani. Untuk destinasi Eropa yang lainnya, kamu bisa liat di link ini.