Mediterania adalah kawasan yang cukup populer dengan keindahannya. Kalau kamu ingin mengunjungi negara Mediterania yang terjangkau dengan pemandangan desa abad pertengahan hingga pegunungan Alvin dan kota berpasir yang indah, Bosnia dan Herzegovina bisa jadi pilihan yang tepat. Bosnia dan Herzegovina adalah sebuah negara Eropa yang terletak di Semenanjung Balkan.

Dulunya negara ini adalah bagian dari Yugoslavia tetapi kemudian memperoleh kemerdekaan pada tahun 1992. Kalau kamu ingin tahu lebih jauh tentang Bosnia dan Herzegovina agar kunjunganmu lebih terencana, kamu bisa cek panduannya berikut ini!

Wisata Bosnia

Bahasa yang digunakan di Bosnia

Bosnia dan Herzegovina kaya akan keragaman budaya dan sejarah. Dengan banyaknya pengaruh politik dan agama, lebih banyak kata-kata asli Slavia yang penduduk gunakan setiap hari, bahkan pada zaman modern seperti sekarang. Negara ini punya tiga bahasa resmi yakni Bosnia, Kroasia dan Serbia atau bahasa Serbo-Kroasia. Dengan sedikit perbedaan kosakata bahasa ini tertulis dalam Aksara Cyrillic dan Latin. Rambu-rambu jalan, terutama pada Republika Srpska, tertulis dalam huruf Sirilik, oleh karena itu sebaiknya kamu punya kwisaamus bahasa Serbia-Inggris dengan buku kosakata ungkapan.

Banyak penduduk setempat berbicara bahasa Inggris dengan baik, terutama generasi muda dan sebagian penduduknya juga tahu bahasa Jerman. Meskipun demikian ada baiknya kamu tetap mempelajari frasa dasar bahasa Bosnia untuk sekedar memberi tahu pengemudi taksi ke mana harus pergi, bertransaksi jual beli dan menanyakan arah.

Mata Uang dan Penukaran Uang di Bosnia

Mengingat negara ini adalah pecahan Yugoslavia masa lampau, ada tiga wilayah berbeda dengan masing-masing Presiden namun tetap bertindak sebagai satu negara dan memiliki satu mata uang. Bosnia dan Herzegovina memiliki mata uang resmi yakni Bosnia Mark atau Konvertibilna Marka (KM).

Kamu mungkin akan kesulitan menukar mata uang Mark di luar Bosnia. Tapi jangan khawatir karena kamu tetap bisa menukar uang di pusat penukaran uang, bank serta ATM setiap kota di Bosnia. Pusat penukaran dan bank mungkin meminta bukti identitas berupa paspor atau kartu identitas seperti ktp.

Kalau kamu mengunjungi Bosnia dan Herzegovina, sebaiknya membawa Euro jika memungkinkan karena Euro punya nilai tukar tetap.Kartu kredit umumnya bisa kamu gunakan di hotel dan restoran ternama. ATM dapat kamu temukan dengan mudah dan tersedia di kota-kota besar. Setelah selesai perjalanan dan akan kembali sebaiknya kamu menukarkan sisa uang Mark jangan kamu punya karena kamu mungkin akan kesulitan menukarnya jika sudah sampai di tanah air.

Akomodasi Wisata Bosnia

Akomodasi Bosnia

 

Ada banyak hostel di Sarajevo dan Mostar dengan tempat tidur model asrama seharga sekitar €12, serta kamar pribadi di dua kota ini, meskipun jarang tersedia di tempat lain. Jika tidak menginap di hotel, akomodasi hotel masih cukup murah di Bosnia-Herzegovina dengan kisaran harga €25–35. Selain menginap di hotel dan hotel kamu juga bisa menginap di guest houses atau pansiona yang tersedia di beberapa kota, meskipun jumlahnya tidak sebanyak di negara-negara tetangga. 

Favoritku kalau lagi traveling ke luar negeri  pesan hotel via Booking.com karena pilihannya banyak dan ada pilihan gratis pembatalan kalau berubah pikiran 🙂

Kalau kamu suka berkemah, ada beberapa tempat perkemahan yang tersebar di sekitar Bosnia, sebagian besar dengan fasilitas yang memadai dan bisa kamu akses di camping.info/bosnia-herzegovina. Sebaiknya kamu tidak berkemah di alam liar tanpa mengetahui kondisi sekitar karena kemungkinan adanya ranjau yang masih tertanam dan tidak meledak selama perang bisa sangat membahayakan. 

Pilihan Transportasi Wisata Bosnia

Transportasi Bosnia

Ada beberapa pilihan transportasi wisata Bosnia yang bisa kamu pilih jika berkunjung ke negara ini. Berikut adalah beberapa jenis transportasi yang bisa kamu manfaatkan dan ketahui baik-baik kekurangan dan kelebihannya.

Taksi – Kota-kota di Bosnia dan Herzegovina punya pelayanan taksi yang memadai,  tetapi berhati-hatilah agar tidak menjadi korban penipuan, terutama saat menumpang taksi dari bandara atau stasiun kereta api. Sebaiknya kamu gunakan maps supaya kamu  dapat memastikan bahwa supir membawamu ke tempat tujuan dengan rute yang tepat. Hal ini berguna untuk menghindari ongkos taksi yang terlalu mahal.

Bus dan trem– Jaringan trem bisa kamu andalkan saat berada di pusat kota Sarajevo, sehingga perjalanan bisa lebih mudah. Jalur bus perusahaan swasta kecil biasanya melakukan perjalanan ke kota-kota terdekat. Sebaiknya kamu membeli tiket pulang pergi dari perusahaan yang sama agar lebih mudah.

Kereta – Banyaknya masyarakat Bosnia yang memerlukan jaringan kereta api membuat layanan transportasi satu ini mulai memperluas cakupannya.  Banyak jalur yang masih dalam proses pembangunan kembali dari kerusakan akibat perang di masa lalu. Meskipun pelayanan dengan kereta api masih sangat jarang dan perjalanannya lambat, kamu tetap bisa mendapatkan keuntungan. Banyak rute dengan pemandangan yang indah bisa kamu lewati antara Mostar dan Sarajevo. Perjalanan reguler juga tersedia dari Sarajevo ke Banja Luka dan dari Tuzla ke Banja Luka.

Traveling Aja Dulu Book Olivia Purba

Transportasi Lainnya di Bosnia

Taksi air – Kamu bisa menemukan feri diantara Neum dan kota-kota tetangga di Laut Adriatik. Danau dan sungai pedalaman memungkinan kamu untuk melakukan perjalanan dengan perahu antar kota meskipun banyak layanan pribadi. Penduduk setempat yang ramah akan dengan senang hati membantu  meskipun transportasi umum masih merupakan pilihan teraman.

Sewa mobil – Menyewa mobil sangat mungkin kamu lakukan di Bosnia, tetapi jangan berharap lalu lintas lancar dan berkendara akan menyenangkan, terutama di dalam kota. Perusahaan persewaan mobil besar seperti Europcar dan Budget hadir di Bosnia. Ada juga penyedia lokal di Mostar, Banja Luka, dan Sarajevo, termasuk CITO Car Rental dan Adriatic rent-a-car.

Mengemudi sendiri adalah cara yang cocok untuk menjelajahi negara, terutama kalau kamu ingin bepergian tempat yang lebih terpencil. Meski demikian, medan pegunungan bisa sulit ternavigasi, dan pompa bensin akan sulit kamu temukan. Ada ancaman ranjau darat yang cukup berbahaya, terutama pada jalur pedesaan, jadi yang terbaik adalah tidak mengembara jauh dari jalan beraspal.

Sim Card dan Akses Wifi di Bosnia

Akses data seluler tersedia pada sebagian besar wilayah dengan harga yang sangat terjangkau. BH Telecom adalah pilihan terbaik karena memiliki cakupan yang luas  seluruh Bosnia & Herzegovina. Kamu bisa membeli sim card dan isi ulang sesuai jumlah data atau waktu yang kamu butuhkan di kios tersedia. Ada beberapa pilihan paket yang bisa kamu beli termasuk data dan suara maupun hanya data saja. Pemilik kios biasanya akan menjelaskan hal tersebut.  

Internet telah berkembang sejak tahun 2009 dan mencakup area yang lebih luas dari sebelumnya, serta koneksi yang cukup baik. Sebagian besar hostel dan hotel punya fasilitas internet atau wi-fi gratis, begitu juga tempat pabrik lainnya seperti restoran maupun kafe yang bisa kamu manfaatkan.

Rekomendasi Tempat Wisata Bosnia Populer

Wisata Bosnia

Ada banyak tempat wisata Bosnia yang bisa kamu kunjungi dan cukup mudah aksesnya. Berikut adalah tempat wisata Bosnia populer yang wajib kamu sambangi Jika kamu berlibur atau berkunjung di negara ini.

Sarajevo 

Ibu kota negara dan salah satu kota paling menarik di Eropa. Mengunjungi sarajevo adalah suatu keharusan kalau kamu mengunjungi Bosnia dan Herzegovina! Dengan beberapa menit berjalan kaki, kamu akan menemukan katedral Katolik, katedral Ortodoks, masjid, dan sinagog. Untuk kota sederhana, Sarajevo sudah terlalu sering berada di pusat sejarah yang bergejolak: dimana Perang Dunia Pertama bergejolak pertama kali. Sarajevo juga merupakan tuan rumah Olimpiade Musim Dingin 1984, yang saat itu terjadi pengepungan terpanjang dalam sejarah modern. Selain punya bangunan-bangunan bersejarah Sarajevo juga punya pemandangan matahari terbenam yang indah.

Saya berpose di depan tempat kejadian Frans Ferdinand tertembak di Sarajevo

Mostar

Mostar adalah legenda dan mungkin kota paling terkenal di Bosnia dan Herzegovina. Sebagian besar dari kita telah melihat gambar jembatan tua Ottoman yang tergantung di atas perairan sungai Neretva yang berwarna pirus. Sayangnya Mostar juga merupakan tempat terjadinya perang yang kejam dan jembatan yang terkenal, sudah ada sejak abad ke-16, hancur pada 9 November 1993. Jembatan Tua dan lingkungan sekitarnya yang indah berhasil masuk dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2005. Tempat terbaik untuk mengagumi daerah ini adalah dari menara Masjid Koskin-Mehmed Pasha. Kalau kamu ingin pengalaman yang lebih mendebarkan kamu bisa mendakinya. 

Air Terjun Kravica 

Air terjun Ini adalah salah satu landmark alam paling indah di Bosnia dan Herzegovina. Tempat wisata Bosnia ini terletak dekat perbatasan dengan Kroasia dan tidak jauh dari Mostar. Air Terjun Kravica adalah atraksi populer dan liburan musim panas bagi turis dan penduduk lokal. Segera setelah kamu melihat tempat itu, kamu akan mengerti mengapa area ini sangat menakjubkan dan banyak mendapat perhatian pengunjung. Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seperti berenang, bersantai, dan hanya menikmati pemandangan. Ada bar dan restoran di tempat itu sehingga kamu tidak perlu khawatir kalau kamu merasa lapar.

Tempat Wisata Bosnia Populer Lainnya

Wisata Bosnia

Trebinje

Kota ini adalah hidden gem yang terletak tidak jauh dari Dubrovnik, Trebinje adalah kota yang menyenangkan untuk kamu kunjungi. Dengan populasi sekitar lebih dari 30.000, tidak ada yang terburu-buru dan kamu dapat menghabiskan waktu yang menyenangkan meskipun hanya berjalan sekitar kota tua. Kamu bisa menikmati pemandangan bangunan dengan arsitektur Ottoman atau bersantai di salah satu kafe di bawah bayangan pohon-pohon Trebinje yang terkenal. Untuk pemandangan terbaik kota, pergilah ke biara Nova Gracanica yang terletak padabbukit yang menawarkan panorama Trebinje dan sekitarnya yang pastinya mempesona.

Taman Nasional Una

Taman Nasional Una adalah salah satu dari tiga taman nasional di Bosnia-Herzegovina. Bermula pada tahun 2008, taman nasional Una merupakan salah satu atraksi alam terkemuka di negara ini. Daerah ini punya sungai yang jernih, hutan purba dan formasi karst, Taman Nasional Una, juga punya beragam satwa liar yang luar biasa. Selain semua kekayaan alam ini, ada juga sisi budaya-historis yang menarik dari Taman Nasional Una dari situs arkeologi hingga bangunan keagamaan. Satu tempat yang bagus di taman ini adalah Martin Brod, yang terletak di pertemuan Sungai Una dan Unac. 

Ngarai Tara 

Salah satu ngarai terpanjang dan terdalam di dunia, Tara Canyon adalah Situs Warisan Dunia UNESCO dan harus kamu kunjungi Jika kamu adalah seorang pecinta alam. Bagian akhir ngarai membentuk perbatasan antara Bosnia dan Herzegovina dan Montenegro. Karena lokasi dan kedalaman ngarai, cara terbaik untuk menikmati ngarai adalah dari air, dengan berarung jeram di Sungai Tara. Sungai Tara memotong ngarai dan merupakan tujuan populer untuk arung jeram di bulan-bulan musim panas. Musim arung jeram berlangsung dari April hingga Oktober, dengan aliran air tertinggi antara April dan Juni untuk para pencari petualangan ekstrem. Waktu terbaik untuk keluarga adalah antara Juli dan September ketika permukaan air dan arusnya lambat.

Makanan Khas Bosnia dan Herzegovina

Kuliner Bosnia

 

Makanan tradisional Bosnia punya kesamaan dengan masakan Turki dan Mediterania, karena negara ini pernah menjadi bagian pemerintahan Ottoman. selama 400 tahun. Berikut adalah beberapa hidangan lezat yang wajib kamu coba jika berkunjung di Bosnia dan Herzegovina..

  • Cevapi. Cevapi adalah kebab kecil berbentuk lonjong dari daging domba dan sapi yang tersaji dalam somun atau roti pita Bosnia dengan bawang mentah. Penduduk setempat biasa menjadikan Cevapi sebagai makan siang, makan malam, atau sebagai camilan. 
  • Burek. Burek berasal dari Turki yang mempengaruhi Balkan oleh Ottoman yang merupakan kue kering dengan isian daging, keju, atau bayam. Hampir setiap toko roti Bosnia ini menjual camilan ini, yang terkadang dijual satuan atau dalam berat. 
  • Klepe. Klepe adalah sejenis pangsit isi daging cincang versi Bosnia. Terbuat dari adonan yang diisi daging dan keju kemudian dikukus untuk mendapatkan tekstur lembut. Makanan ini biasa disajikan dengan saus yogurt atau bawang putih. 
  • Dolma. Dolma adalah makanan lain yang bisa kamu cicipi saat berada di Bosnia. Makanan ini terbuat dari sayuran yang diisi dengan daging atau nasi dan juga bumbu. Dolma disajikan hangat-hangat dengan saus lemon atau saus bawang putih dan yogurt. 
  • Bosanski Lonaci. Bisa dibilang kalau Bosanski Lonaci adalah salah satu hidangan nasional. Hidangan ini adalah daging dan sayuran yang berlapis-lapis dan direbus dalam waktu yang cukup lama. Meski hanya direbus makanan ini tetap punya rasa yang lezat terutama dari kaldunya yang gurih. 
  • Tufahija. Kalau kamu penggemar makanan manis kamu wajib cicipi makanan penutup yang satu ini. Diperkenalkan oleh kekaisaran Ottoman, Tufahija adalah apel yang direbus dengan gula dan diisi dengan penari serta disajikan bersama sirup dan krim kocok dalam gelas besar. Masyarakat setempat biasa menikmati tufahija saat minum kopi. 

Itulah beberapa makanan yang bisa kamu coba jika berkunjung ke Bosnia dan Herzegovina. Jangan lupa mempersiapkan segala sesuatu sebelum memulai perjalanan ke negara ini. Selain ancaman ranjau di kawasan liar, travelling ke Bosnia & Herzegovina juga rawan penipuan dan pencopetan. Aksi penipuan atau pencopetan tersebut biasanya paling umum terjadi saat berada di transportasi umum atau di kawasan publik yang ramai . Pastikan kamu selalu menjaga barang-barangmu dan siapkan uang cash hanya untuk hari itu. Selamat berpetualang!