Terletak di jantung Balkan, Serbia adalah neģara tujuan wisata dengan sejarah, pemandangan yang mengesankan, dan kota-kota yang menawarkan kehidupan malam yang terkenal di dunia. Kamu mungkin belum tahu jika Serbia adalah negara yang terkurung daratan yang terletak di Balkan tengah. Bagi mereka yang mungkin belum pernah mengunjungi wilayah tersebut, perjalanan Balkan akan jadi pengalaman unik di Eropa Timur. 

Berita baiknya, negara ini relatif terpencil yang berarti kamu dapat menikmati wisata Serbia yang luar biasa dan otentik tanpa keramaian yang biasanya kamu temukan di tujuan negara Eropa populer lainnya.

Wisata Serbia

Bahasa yang digunakan di Serbia

Masyarakat Serbia berbicara dalam bahasa Serbia sebagai bahasa nasional dalam kehidupan sehari-hari. Bahasa Serbia terdengar seperti bahasa kuno yang mendapat pengaruh dari bahasa Italia, Turki, dan bahasa Slavia lainnya. Bahasa ini kerap menjadi salah satu bahasa terindah yang unik di dunia. 

Serbia menggunakan alfabet Cyrillic serta yang Latin. Banyak rambu jalan dan jadwal bus dan kereta api hanya dalam bahasa Cyrillic, jadi ada baiknya untuk dapat memecahkan kode setidaknya beberapa huruf pertama dari sebuah kata. Bahasa Serbia, seperti bahasa Bosnia, sangat erat hubungannya dengan bahasa Kroasia. Jika kamu mengunjungi wisata Serbia, sebaiknya pelajari beberapa frasa bahasa Serbia sebelum perjalanan. Upaya kecilmu untuk mempelajari bahasa Serbia tentu akan membuat  masyarakat di sana  menjadi lebih menghargai dan kamu bisa mendapatkan pengalaman yang lebih berharga. 

Mata Uang dan Penukaran Uang di Serbia

Wisata Serbia

Mata uang resmi Serbia adalah Dinar atau RSD. Mungkin hal terpenting terkait pembayaran di Serbia adalah kamu tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar. Karena hampir setiap tempat baik hotel, toko, restoran, kafe, pom bensin. Hampir semua ATM menerima kartu bank internasional. Penukaran mata uang di Beograd termasuk di Bandara Beograd menerima Pound, Dolar AS, dan Euro. 

Bank dan money exchange di Indonesia umumnya tidak menukar Dinar. Oleh sebab itu sebaiknya kamu tukarkan Rupiah ke dalam Dolar maupun Euro sebelum menukarkannya di Serbia. Kamu juga harus menukar Dinar yang masih tersisa dan tidak kamu inginkan sebelum meninggalkan wisata Serbia. Pastikan kamu menukar uang melalui bank atau kantor tukar resmi dan bukan melalui pedagang kaki lima. 

Akomodasi Wisata Serbia

Kamu tak perlu bingung soal akomodasi jika melakukan kunjungan wisata Serbia. Akomodasi Serbia terbilang fantastis terutama bagi mereka yang mencari penginapan murah. Ada banyak hostel yang tersebar luas di seluruh Serbia. Kamu bisa temukan hostel dengan tempat tidur asrama seharga 10–15 Euro per malam). 

Favoritku kalau lagi traveling ke luar negeri  pesan hotel via Booking.com karena pilihannya banyak dan ada pilihan gratis pembatalan kalau berubah pikiran 🙂

Selain itu, kamu juga bisa menemukan hotel terjangkau di kota-kota besar dengan biaya sekitar sekitar 40 Euro. Kamar dalam rumah penduduk atau sobe lebih jarang tersedia daripada di Kroasia dan Bosnia-Herzegovina. Tetapi kamu juga bisa menginap dalam apartmani yakni kamar atau suite berperabotan individu tersedia, dengan kamar ganda dengan harga mulai dari sekitar 40 Euro.

Pilihan Transportasi

Transportasi Serbia

Ada banyak pilihan transportasi Serbia tetapi kami merekomendasikan untuk menyewa kendaraan segera setelah mendarat di Serbia. Meskipun demikian, kamu juga dapat melakukan perjalanan melintasi negara melalui berbagai pilihan, termasuk udara, bus, dan kereta api. 

Kamu juga dapat menyewa taksi di dalam kota dengan menggunakan Taksi Naxis, yang bekerja mirip dengan Uber. Hebatnya, kamu dapat memesan tumpangan di hampir semua platform elektronik, termasuk Twitter! Pengemudi taksi biasanya dapat berbicara bahasa Inggris dengan baik. Kamu dapat menggunakan kartu debit dan kredit untuk pembayarannya. 

Kereta api. Jika kamu tiba di Beograd dan bepergian dengan kereta api, pergilah ke Beograd Centar, tempat sebagian besar kereta domestik dan internasional melintas. 

Bus kota. Kamu akan kesulitan menemukan bus kota umum di kota kecil. Namun, biayanya kurang dari satu dolar di Beograd untuk naik angkutan umum. 

Sewa mobil. Menyewa mobil di Serbia adalah pilihan yang paling kami rekomendasikan dan kamu hanya perlu membayar biaya sebesar $7 per hari. Dengan biaya yang murah kamu sudah bisa berkeliling Beograd dan tempat-tempat lain di Serbia.

Sim Card dan Akses Wifi di Serbia

Memiliki kartu SIM lokal di Serbia akan membantumu tetap terhubung dan menghemat uang. Serbia bukan bagian dari negara-negara Uni Eropa jadi aturan baru tentang roaming dan tarif Internet tidak berlaku di sini. Banyak pengguna ponsel mengalami  “kejutan tagihan” karena menggunakan ponsel dan internet saat berlibur di Serbia. Periksa panggilan roaming operator dan kecepatan transfer data sebelum datang ke Serbia. Alternatifnya, kamu bisa beli kartu SIM International murah di link shopee ini yang bisa kamu pakai selama 30 hari di Turki dan Eropa. 

Kalau kamu sedang travelling di Serbia dan memerlukan nomor telepon lokal untuk internet dan panggilan, kamu punya dua solusi yakni menyewa ponsel dengan kartu sim prabayar atau membeli kartu sim prabayar. Agar lebih mudah kamu bisa menyewa ponsel lokal atau membeli kartu sim prabayar di Beograd. Kamu tidak perlu kartu id atau paspor maupun memiliki alamat di Serbia jika menyewa ponsel dengan kartu SIM lokal. Tarif sewa ponsel berkisar antara 20 hingga 60 Euro tergantung jenis ponsel yang kamu sewa. 

Traveling Serbia via Darat

Bulan Oktober lalu saya traveling dari Bosnia ke Serbia via darat dan asiknya bebas visa!

Ada tiga jaringan seluler yang berkualitas di Serbia yakni  MTS Telekom, Telenor, dan VIP Mobile. Berbagai reseller juga menawarkan layanan, menggunakan salah satu dari tiga jaringan di atas. Kamu bisa pilih salah satu dari tiga provider yang direkomendasikan di atas. Kalau kamu hanya butuh internet solusinya kamu bisa menyewa WI-FI Mobile Hotspot atau mengakses internet gratis yang tersedia di hotel, restoran, kafe dan fasilitas umum lainnya.

Baca juga : Panduan Wisata Armenia

Rekomendasi Tempat Wisata Serbia Populer

Wisata Serbia

Meskipun Serbia mungkin bukan pilihan tujuan pertama wisatawan saat mengunjungi daerah Balkan, ada cukup banyak tempat wisata menarik Serbia untuk dikunjungi. Kamu bisa berkunjung di beberapa kota dan tempat wisata dengan pemandangan indah serta melihat bangunan-bangunan yang menawan.

Beograd

Beograd, ibu kota Serbia dan kota terbesar, dulunya bukanlah kota yang indah seperti sekarang ini. Terletak di pertemuan sungai Danube dan Sava, Beograd memiliki masa lalu yang kelam. Beograd menjadi rebutan dalam 115 perang dan mengalami kebakaran sebanyak 44 kali. Saat ini, ibukota Serbia lebih damai dan dapat menyelenggarakan berbagai acara mulai dari pameran buku hingga festival musik, film, dan bir. Benteng Belgrade adalah situs bersejarah kota yang paling terkenal dengan museum dan gerejanya. Benteng ini juga merupakan tempat yang bagus untuk melihat sungai dan kota itu sendiri. Kamu juga bisa mengunjungi berbagai museum seperti Museum Nasional, dengan lebih dari 400.000 pameran, dan Museum Nikola Tesla, dengan ribuan barang dan dokumen pribadi sang penemu.

Novi Sad

Novi Sad adalah kota cantik yang terletak di tepi Sungai Danube. Sungai ini punya tepian yang sangat cantik menyerupai pantai. Kota yang sudah ada sejak akhir abad ke-17 ini merupakan kota muda Menurut standar Eropa dan merupakan kota terbesar kedua di Serbia. Dengan suasana santai, kamu bisa menjumpai banyak orang di taman. Kota ini juga kerap menjadi tuan rumah festival musik Exit tahunan setiap bulan Juli di sebuah benteng tua Petrovaradin. Ada beberapa bangunan terkenal termasuk bangunan yang terletak di alun-alun utama. Beberapa bangunan tersebut adalah Dvorac Dundjerski, sebuah kastil tua yang terpelihara dengan baik, dan Gereja Martir Agung St. George, sebuah gereja ortodoks Serbia.

Sirogojno

Sirogojno adalah desa pegunungan kecil yang indah di sisi Gunung Zlatibor. Daya tarik utamanya adalah “desa etnis” atau museum terbuka, yang mencakup lima hektar luas tanah. Masyarakat Serbia menyimpan artefak otentik dan potongan-potongan kehidupan yang tersisa dari abad ke-19 pada seluruh wilayah Zlatibor di Serbia. 

Masyarakat Sirogojno membangun rumah-rumah Desa Tua dengan kayu gelondongan. Mengunjungi Desa tua sirogojno akan membuatmu merasa berada di masa lalu. Kalau kamu ingin menginap, ada sebuah penginapan di Old Village Sirogojno, dan ini adalah pilihan paling hemat dengan harga $19 per orang per malam.

Tempat Wisata Serbia Populer Lainnya

Wisata Serbia

Palić

Terletak di tepi perbatasan Hungaria di sebelah utara negara Palić adalah kota kecil di Distrik Subotica yang terkenal dengan danau dan spa-nya. Kota ini memiliki mayoritas etnis Hongaria dengan sekitar 8.000 penduduk. Palić terkenal dengan festival film musim panas Eropa tahunan. Kamu juga bisa mengunjungi destinasi lainnya yakni danau Palić yang punya banyak cerita. 

Menurut legenda, Danau Palić terbuat dari air mata Shepperd Pavle setelah kehilangan kawanannya, itulah sebabnya airnya sangat asin. Karena Danau Palić menjadi tujuan musim panas yang populer bagi wisatawan domestik dan internasional, kota ini memiliki lebih dari 450 wisma dan bahkan hotel bintang 5 dalam hal akomodasi. Jadi jangan ragu untuk singgah ke Palic jika kamu mengunjungi Serbia.

Prijepolje

Berada di sudut barat daya, dekat Sirogojno dan Drvengrad di wilayah Zlatibor di Serbia, terletak kota kecil Prijepolje. Jaraknya sekitar 180 mil dari Beograd, hampir sama dari Niš. Melihat lokasinya kota ini berada pada posisi yang sempurna jika kamu menempuh perjalanan dari satu kota ke kota lainnya. Kalau kamu tertarik dengan monumen bersejarah dan keagamaan, serta gua-gua yang menakutkan, kamu pasti akan suka berada Prijepolje.

Kota ini punya 13.000 penduduk, meskipun nantinya kamu akan bertanya-tanya saat melintasinya karena suasana sangat tenang, Sebagian besar kota ini punya kawasan hutan dengan pantai yang indah sepanjang Sungai Lim. Kamu bisa mengunjungi pantai yang cukup populer dan juga melakukan aktivitas hiking di kota ini. 

Kunjungi Juga Tempat Wisata Serbia Berikut!

Kapaonik National Park

Kopaonik adalah gunung tertinggi dan menjadi taman nasional pada tahun 1981 di Serbia. Punya pemandangan yang indah, taman ini adalah rumah bagi resor ski utama Serbia, dengan 25 lift yang dapat menangani 32.000 pemain ski per jam. Salju biasanya turun bulan November hingga Mei. Tidak hanya indah di musim dingin, Kapaonik  adalah tempat yang bagus untuk mendaki di musim panas, dengan beragam flora dan fauna. Gunung ini juga terkenal dengan kekayaan mineralnya, dengan emas, perak, besi dan seng yang ditambang di masa lalu. Kamu juga bisa menyaksikan formasi batuan yang unik, sumber air panas; geyser dan air terjun di Taman Nasional ini. 

Traveling Aja Dulu Book Olivia Purba

Devil’s Town

Tempat ini bukanlah kota hantu atau kota yang terabaikan tetapi merupakan salah satu formasi batuan paling megah yang terbentuk akibat erosi. Devil’s Town mendapatkan namanya dari bentuk batuan yang aneh. Legenda lokal mengatakan batu-batu itu adalah anggota dari pesta pernikahan yang dikutuk menjadi batu oleh iblis. 

Saat berkunjung kamu bisa menemukan air yang sangat asam, atau Djavolja voda, atau air iblis. Air ini turut berkontribusi pada fenomena geologis devil’s town. Terletak di Serbia selatan, devil’s town punya dari lebih dari 200 formasi batuan unik yang menjulang di atas lanskap, yang tersebar pada dua lembah di lereng Gunung Radan di Serbia selatan. 

Makanan Khas Serbia

Kuliner Serbia

Kamu juga wajib mencicipi makanan Serbia yang enak saat berkunjung. Hidangan di Serbia terlihat mirip dengan hidangan dari negara Balkan lainnya. Hal ini karena hidangan Serbia punya pengaruh negara Slavia, mediterania dan Turki. Selain enak harga makanan Serbia cukup bervariasi dan harganya murah. Cocok untuk kamu yang ingin traveling on budget. Berikut adalah jenis makanan yang wajib kamu coba jika berkunjung ke Serbia.

  • Gibanica. Gibanica adalah hidangan sederhana seperti kue pie yang ada saat sarapan. Kamu akan menemukan versi manis dan gurih dalam perjalanan di Serbia. Ada banyak versi hidangan satu ini termasuk pie dengan isian telur dan keju serta daun bawang kentang dan jamur.
  • Burek. Burek adalah salah satu hidangan Balkan tertua yang berasal dari Kekaisaran Ottoman. Kue Ini adalah pie punya isian daging, keju, kentang, dan bayam. Orang Serbia menyukai pie dan Burek adalah makanan pokok sarapan yang populer serta jadi obat lokal yang populer setelah mabuk.
  • Ajvar. Ajvar adalah olesan paprika merah yang dipanggang dan dihaluskan. Biasanya dinikmati di atas sepotong roti tebal dan dimakan sebagai lauk atau makanan pembuka. Beberapa orang Serbia juga memakannya saat sarapan dan bisa disantap dengan hidangan lain seperti daging barbekyu, kubis, dan banyak hidangan lainnya.
  • Kajmak. Bisa dibilang jika kalimat adalah keju oles khas masyarakat Serbia yang dibuat dari susu sapi. Olesan ini banyak disukai karena punya rasa yang creamy dan tekstur yang kental. Masyarakat Serbia biasa mengkonsumsi kajmak mak saat sarapan atau sebagai pendamping makanan lainnya.
  • Cevapcici. Masyarakat Serbia sangat menyukai daging barbekyu. Cevapcici terbuat dari campuran daging babi dan daging sapi cincang yang lezat. Daging digulung menjadi sosis lalu dipanggang dan disajikan dalam lepinja, yang merupakan sejenis roti pipih yang hangat dan lezat. 
  • Djuvec adalah casserole daging dan sayuran, kaya rasa dan sangat mengenyangkan. Banyak orang Serbia menambahkan nasi ke dalam casserole, dan hidangan ini biasanya disajikan saat makan siang atau makan malam.

Mengunjungi Serbia bisa memberikan pengalaman yang menakjubkan meskipun negara ini jarang dilirik oleh wisatawan Indonesia. Pastikan kamu mempersiapkan perjalanan dan mengetahui berbagai informasi sebelum datang ke negara ini.