Beberapa destinasi negara di Eropa yang populer dikunjungi oleh orang Indonesia sebut saja adalah Belanda, Perancis, Jerman, Italia, dan Spanyol. Untuk pergi ke negara-negara tersebut, kamu membutuhkan visa schengen. Tak hanya negara-negara tersebut, ada sekitar 26 negara di Eropa yang bisa kamu kunjungi dengan visa schengen, lho. Namun ada juga lho beberapa negara Eropa yang masih jarang dijadikan destinasi wisata oleh orang Indonesia tapi tidak kalah cantik dengan negara yang mainstream di kunjungi di Eropa. Berikut listnya:

1. Estonia

Estonia merupakan negara kecil yang terletak di sebelah Utara Eropa, dekat dengan Laut Baltic. Buat kamu yang ingin merasa nuansa Eropa klasik yang masih menyatu dengan alam, negara ini bisa menjadi tempat liburan santai yang menyenangkan. Banyak situs alam di Estonia yang masih alami berdampingan dengan pemukiman yang terus dibangun.

Di Estonia kamu bisa berkunjung ke pantai, hutan, danau, melakukan berbagai kegiatan outdoor tanpa menempuh perjalanan yang jauh dari kota. Meskipun dingin, estonia punya Christmas market yang seru banget di bulan Desember.

Estonia Winter

2. Finlandia

Sudah berada di Estonia, ini artinya kamu sudah cukup dekat dengan Finlandia. Kamu hanya perlu menyebrangi Laut Baltic untuk sampai ke kota Helsinki, ibukota Finlandia. Negara dengan pesona Eropa klasik satu ini memiliki berbagai situs abad ke-18 dalam bentuk kastil dan gereja dengan arsitektur megah.

Waktu paling tepat untuk mengunjungi Finlandia adalah bulan Mei hingga Agustus. Cuaca musim panas yang ramah dan berbagai festival banyak diselenggarakan pada bulan ini. Mulai dari Helsinki Festival hingga The Flow Festival. Keduanya merupakan festival seni dengan berbagai konser musik jazz dan band-band indie.

Helsinki di malam hari

Helsinki (ibu kota Finlandia) di malam hari

3. Austria

Satu lagi negara di Eropa yang terkenal dengan arsitektur kuno klasik yang menawan, Austria. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan di negara ini untuk liburan yang santai. Kunjungi Wina, ibukota Austria dengan berbagai tempat wisata yang romantis. Berjalan santai di taman bunga Schonbrunn Palace, hingga bermain di taman bermain Prater dan menikmati sunset dalam bianglala.

Apa kamu penggemar musik klasik? Jangan lewatkan kesempatan mengunjungi kota kelahiran maestro Mozart di Salzburg. Tepatnya di Getreidegasse di mana kamu juga bisa belanja. Kota ini masuk dalam salah satu wilayah perbatasan Jerman. Kamu juga bisa sekalian pergi ke Jerman dengan visa schengen-mu.

Negara di Eropa Austria 2014

Austria 2014 (foto saya ambil sewaktu selesai mengahdiri conference)

4. Slovenia

Bagi kamu yang menyukai kegiatan outdoor, negara Slovenia memiliki banyak situs wisata alam yang menakjubkan terpopuler di Pusat Eropa. Salah satu lokasi alam yang terkenal di negara ini adalah Gua Postojna. Kamu bisa menikmati keindahan gua ini dengan kereta maupun jalan kaki dengan area jalan kaki yang nyaman dan aman.

Buat kamu yang hobi mendaki gunung, kamu bisa melakukan perjalanan hiking di Via Dinarica. Area perbukitan satu ini menyambungkan negara-negara yang ada di Eropa, mulai dari Slovenia, Kroasia, Serbia, Bosnia, Herzegovina, Montenegro, Kosovo, dan Albania.

Pemandangan alam yang indah di Lake Bled Slovenia

Pemandangan alam yang indah di Lake Bled Slovenia

5. Slovakia

Berikutnya adalah negara yang masih masuk dalam Pusat Eropa yang dikelilingi oleh negara-negara besar.Β  Bratislava, ibu kota Slovakia, hanya sekitar satu jam perjalanan dari Vienna, ibu kota Australia. Jadi kalau kamu sudah di Vienna, jangan lupa sekalian melintir ke negara sebelah. Ada banyak kastil kuno di Slovakia yang bisa kamu kunjungi.Β  Mulai dari kastil Bratislava, Devin, dan Spis. Untuk mendapatkan pemandangan perbukitan yang menakjubkan, kamu bisa berkunjung ke Gunung Tatra untuk melakukan berbagai kegiatan outdoor seru.

Brastivala Castle

Brastivala Castle

Itu tadi beberapa negara anti mainstream dengan pesona alam Eropa kuno yang bisa kamu kunjungi dengan visa Schengen. Untuk yang belum punya visa, nonton video aku ini gimana aku bisa dapat visa Schengen lima tahun!

Selamat berkeliling Eropa!

Traveling Aja Dulu Book Olivia Purba