Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang banyak digunakan dalam dunia pendidikan sebagai bahasa pengantar. Sebagian kampus atau sekolah saat ini sudah menerapkan bahasa Inggris disamping bahasa Indonesia. Tidak hanya itu, bahasa Inggris juga bisa menunjang performa akademis dan membantu kamu mendapatkan beasiswa masuk perguruan tinggi atau beasiswa lainnya. Berikut informasi pentinginya menguasai bahasa Inggris untuk beasiswa dan melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi dari saya.

Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam studi 

Saat ini bahasa Inggris memiliki peranan yang penting dalam dunia profesional atau dunia kerja. Mau tidak mau seseorang harus memiliki kemampuan ini untuk bisa belajar dan menjalankan suatu profesi secara maksimal. Jika kamu ingin mendapatkan beasiswa di negara tertentu tentunya kemampuan Bahasa Inggris haruslah maksimal. Bahasa Inggris banyak menjadi bahasa pengantar di sekolah maupun kampus tidak hanya di luar negeri tetapi juga di Indonesia.

Banyak literatur menggunakan bahasa Inggris dan tentu kemampuan bahasa Inggris akan sangat berguna dalam dunia akademis tersebut. Itulah alasan lainnya mengapa banyak kampus yang menerapkan bahasa Inggris sebagai salah satu persyaratan dalam beasiswa.

kuliah di Australia

Asiknya kuliah di Canberra, bisa sering ketemu dengan Pak Dubes 🙂

Bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi dengan lingkungan sekitar

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang paling banyak memiliki penutur setelah bahasa Mandarin. Bahasa Inggris juga menjadi bahasa resmi di 53 negara di dunia serta menjadi bahasa kedua di banyak negara. Dengan begitu, bahasa Inggris tentunya tidak hanya bisa menunjang pembelajaran saja tetapi juga bisa membantu kamu untuk berkomunikasi apabila kamu belajar di luar negeri khususnya di negara yang menerapkan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi.

Dengan menguasai bahasa Inggris kamu bisa berkomunikasi dengan lingkungan di sekitar. Kamu juga bisa mendapatkan teman dengan mudah terutama jika kamu melanjutkan studi ke luar negeri. Tak hanya berkomunikasi dengan lingkungan sekitar, kamu juga bisa berkomunikasi dengan pengguna internet yang kini jumlahnya nyaris 600 juta jiwa untuk saling mengenal dan mendapatkan berbagai informasi.

Bahasa Inggris sebagai persyaratan untuk beasiswa ke jenjang yang lebih tinggi

Menguasai bahasa Inggris  juga menjadi hal yang wajib jika kamu ingin mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi seperti post graduate. Saat ini ada banyak kampus dan jurusan yang menawarkan beasiswa lanjutan kepada mahasiswa atau pelajar baik untuk belajar di dalam negeri maupun di luar negeri.

Salah satu persyaratan yang biasa diterapkan adalah kemampuan berbahasa Inggris yang baik yang ditunjukkan dengan sertifikat TOEFL maupun IELTS. Kebanyakan kampus memiliki standar tertentu untuk kemampuan bahasa Inggris misalnya minimal skor TOEFL 550 dan IELTS 6.0. Dengan memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik, kamu bisa punya kesempatan yang lebih besar untuk diterima di kampus ternama di seluruh dunia.

Pengalaman saya pribadi saat mendapatkan beasiswa S2 di Australia, saya harus belajar IELTS mati-matian guna mendapatkan IELTS min score 6.5. Dengan harga test yang lumayan mahal, saya waktu itu gak mau rugi bila harus ulang test lagi untuk mendapatkan score yang diinginkan. Untungnya pada saat test score IELTS saya mencukupi dan berhasil berangkat kuliah ke Australia.

Belajar di The Australian National University

TOEFL atau IELTS

Sebelum mengisi formulir beasiswa pastikan kamu mengetahui persyaratan apa saja yang ada dalam formulir tersebut. Jika bahasa Inggris menjadi salah satu persyaratan maka kamu harus mengetahui terlebih dahulu sertifikat apa yang dibutuhkan untuk memenuhi persyaratan tersebut dan berapa skor minimal yang dibutuhkan. Saat ini jenis sertifikat yang sering di pakai adalah IELTS dan TOEFL. Jika beasiswa yang kamu inginkan tidak menyebutkan persyaratan bahasa Inggris secara rinci, kamu bisa menambahkan kemampuan bahasa Inggris ke dalam kolom skill dan melampirkan sertifikat kemampuan bahasa Inggris yang kamu miliki.

bahasa inggris untuk beasiswa

Dengan menguasai bahasa Inggris, kesempatan mendapatkan beasiswa tentu lebih besar. Kamu bisa memilih kampus mana saja yang kamu inginkan tentunya dengan didukung prestasi yang kamu miliki. Meski begitu, jika saat ini kamu belum memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik, kamu masih punya waktu untuk belajar. Salah satu cara yang murah dan gampang adalah dengan Kursus bahasa inggris online di English Academy

Ada beberapa kelebihan English Academy: pengajar professional berstandar internasional, kurikulum internasional, harga terjangkau dan memberikan Toefl iBT preparation. Selain itu, karena belajarnya online, artinya kamu bisa mengakses kurikulumnya kapan aja dan dimana aja. Asyik banget kan? Yuk buruan belajar bahasa Inggris di English Academy.

Konsultasi Traveling Aja Dulu Olivia