Pandemi yang sudah berlangsung  lebih satu tahun ini memaksa kita untuk berada di satu tempat dan menunda sementara kegiatan traveling. Tapi bukan berarti kamu harus berhenti berlibur. Salah satu alternatif liburan yang cocok pada masa pandemi ini adalah staycation alias mencoba tempat akomodasi baru. Yuk simak pengalaman staycation ku di Bali di Masa Pandemi. 

1. Padma Ubud

 

Mumpung tinggal di Bali dan sedang banyaknya hotel yang diskon akibat dampak Corona, saya pun tidak mau menyia nyiakan kesempatan staycation di hotel mewah di Bali, yang kalau di hari biasa mungkin bakal ogah untuk menghabiskan dana segitu. 

Di dalam resort, ada beberapa aktivitas gratis yang bisa dilakukan yang buat kamu gak bosan seperti yoga, mini golf, panahan, tour agroforestry, memancing, animal feeding, tur keliling desa sekitar hingga belajar menanam beras (kalau yang ini sih bule yang suka ya).

Saya sendiri mencoba aktivitas panahan dan golf yang memang gak gampang di dapatkan di area lain di Bali. Selain itu saya juga habiskan banyak waktu berenang dan berendam di jacucci outdoornya. 

Kalau udah ke Padma Ubud, gak bakal mau beranjak ke tempat lain. Selain karena liburannya sangat lengkap, jarak dari hotel ke pusat kota Ubud ternyata cukup jauh. Buat mager!

Book Padma Ubud disini

Harga Promo: Rp.1.500.000 (December 2020 sudah termasuk sarapan)

Alamat:  Padma Resort Ubud Banjar Carik, Desa, Puhu, Payangan, Kabupaten Gianyar, Bali 80572

Padma ubud staycation bali

Memanah adalah aktivitas favorit saya di Padma Ubud

 

2. The Sloth Bali

 

Selagi menunggu rumah saya di Bali rampung, saya sempat tinggal di sini di bulan Desember 2020 selama satu bulan dengan biaya 6 juta per bulan termasuk listrik. 

Sloth Bali mengusung tema Scandinavian sehingga interiornya banyak berwarna putih dan warna natural. Kamarnya bermodel mezzanine di mana di ruang bawah ada toilet, mini living room dan dapur sementara di atas khusus untuk tempat ttravidur. 

Lokasinya berada di salah satu area paling hipster di Canggu yakni di Batu Mejan artinya cafe, restoran dan tempat nongkrong bisa kamu kunjungi dengan berjalan kaki. Di bagian depan penginapan ini juga terdapat restauran yang bernama sama dengan hidangan vegan tapi tetap tasty. 

Book Sloth Canggu disini

Alamat Jl. Pantai Batu Mejan No.90A, Canggu, Kec. Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali 80351

http://travelingajadulu.com/buku

Memang di dapur yang serba putih minimalis ala Scandinavia

 

 

3. Askara Canggu Townhouse

 

Saya tinggal di sini di bulan Januari 2021 selama satu bulan dengan biaya 4 juta per bulan di luar listrik. Mirip dengan The Sloth, Askara Canggu juga memiliki konsep townhouse dengan dekorasi modern minimalis. Saya tinggal di kamar standard selama sebulan masih dalam rangka menunggu rumah yang baru kami beli di Bali siap ditempati.

Askara Canggu lokasinya berada cukup central di Berawa, artinya ada banyak cafe, restaurant juga yang bisa didatangi dengan berjalan kaki. Selain itu juga sangat dekat dengan Fins Recreation Club.   Yang unik dari tempat ini meskipun berada di Berawa yang cukup padat, namun suasana sangat alami karena dibangun berdempetan dengan sungai plus banyak pepohonan dan tanaman hias yang rindang menghiasi area akomodasi. 

Book Askara Canggu disini

Alamat: Jalan Pantai Berawa Gang Kunti No.6 Canggu, Tibubeneng, Kec. Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali 80361

askara canggu staycation bali

Kolam renang di Askara canggu tepat di samping sungai

 

4. Eastin Ashta Canggu

 

Easthin Ashta ini lokasinya sangat dekat ke pantai, tapi alasan saya menginap disini adalah karena rumah sedang berisik berisiknya dalam masa renovasi di bulan Januari 2021 lalu.

Style hotel yang masih tergolong baru berdiri ini modern elegan dengan kolam renang yang cukup besar pula. Fasilitas juga lengkap termasuk tempat gym, restoran dan yang paling penting langsung menghadap ke pantai. Beruntungnya kamar saya berada di lantai paling atas yakni lantai 5 sehingga saya bisa langsung menatap ke laut dari kamar.

Book Eastin Ashta disini

Harga: Rp.500.000 (Januari 2021 belum termasuk sarapan)

Alamat : Jl. Munduk Catu No.8, Canggu, Kec. Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali 80361

Eastin Astha Staycation Canggu

Traveling Aja Dulu Book Olivia Purba

 

5. Tjampuhan Spa Resort

 

Sebenarnya Tjampuhan Spa Resort adalah tempat langganan saya untuk spa dan sauna di Ubud. Lokasinya tepat di tepi sungai Tjampuhan dengan pemandangan semi outdoor yang hijau. Yang saya suka dari tempat ini adalah Jacuzzi mata air panas / dingin yang di buat dengan pahatan batu mitos khas Hindu Bali.

Hotel Tjampuhan ini telah berdiri dari 1928. Jauh sebelum Bali seterkenal sekarang, banyak artis dan seniman internasional yang menginap di sini. Salah satunya adalah Walter Spies yang merupakan artis pelukis berkebangsaan jerman yang tinggal di Hotel Tajmpuhan di masa Hindia Belanda.

Pada saat kita menginap di Tjampuhan Resort, beruntungnya kita di berikan menginap di rumah Walter Spies yang dilestarikan. Walaupun rumah tua tapi rumah ini dimodifikasi dengan elemen modern termasuk ada AC, TV dan lantai yang ditambahkan keramik. Rumah dua lantai ini terletak di bukit yang menatap kolam teratai. Menginap di Tjampuhan terasa banget bedanya  karena unsur alam dan sejarahnya kental menyatu dengan akomodasi ini.  Salah satu my personal favorite staycation di Bali.

Book Tjampuhan Spa disini

Harga: 550.000 (April 2021 belum termasuk sarapan)

Alamat: Jl. Raya Campuhan, Sayan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571

Tjampuhan Hotel Staycation Bali

Berpose di rumah Walter Spies

 

6. Possible Cliff House

 

Untuk bisa mencapai akomodasi ini sebenarnya perjuangan banget karena lokasinya ada di pantai Bingin. Artinya kita harus turun tebing curam dulu selama beberapa menit dan motor di parkir agak jauh. Makanya jangan sampai barang barang ketinggalan di motor ya kalau berencana menginap disini karena itu yang terjadi pada saya, ketinggalan sikat gigi sehingga harus mendaki naik turun lagi ke atas tebing. 

Dekorasi tempat ini sangat kental dengan tema coastal termasuk warna putih yang mencolok di campur warna turquoise dan beberapa ornamen coastal seperti serabut pohon kelapa serta pigura bertema laut seperti selancar dan ombak. Begitu bangun tidur, saya langsung disambut dengan suara deru ombak yang membuat saya ingin nyebur berenang ke laut. 

Tamu-tamu yang datang ke sini utamanya juga ingin berselancar. Saya sendiri cukup senang dengan duduk duduk atau mandi di  pantai. Tempat ini cocok untuk mendapatkan suasana laut yang kental dan untuk bersantai karena lokasi restoran atau hiburan lain cukup jauh.

Book Possible Inn disini

Harga: Rp 585.000 (deluxe room belum termasuk sarapan)

Alamat: Jalan Pantai Bingin, Uluwatu, 80364, Indonesia

Possible Inn Styacation Bali

Pemandangan pantai yang indah tepat di depan Possible Inn

 

7. Bliss Ubud Spa Resort

 

Kalau jenuh dengan hiruk pikuk di Canggu, terkadang kita menyempatkan weekend getaway ke Ubud yang memang lebih dingin dan lebih tenang dibanding area Canggu, Pererenan dan Seminyak.

Minggu lalu, kita akhirnya memilih akomodasi staycation Bali last minute pada saat kita sudah berada di Ubud. Ternyata gak salah pilih! Meskipun lokasi Bliss Ubud agak jauh dari pusat kota, namun suasananya sangat indah. Terdapat pemandangan sawah yang merupakan bagian dari resort tersebut. Ada pula kolam yang mentap langsung ke sawah. Di malam hari terdapat lampu-lampu indah yang membuat suasana di resort terkesan romantis. 

Ruangan yang saya huni cukup luas dan memiliki balkon yang langsung menghadap ke sawah. Semua amenities terawat dengan baik. Yang saya suka juga showernya yang deras dan bathup di kamar mandi yang bersih dan cukup luas. Untuk budget yang kita rogoh, fasilitas dan suasana di Bliss Ubud worth it banget!

Book Bliss Resort Ubud disini

Price : Rp.250.000 (Deluxe Garden Room Mei 2021 belum termasuk sarapan)

Alamat: Jalan Raya Sanggingan, Kedewatan, Ubud, Kedewatan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80561

Ubud Bliss apa Staycation

Untukku pribadi, penting banget cari suasana yang berbeda pada saat staycation di Bali. Makanya aku berpindah dari Canggu, Ubud sampai ke Uluwatu. Kira-kira kemana ini lokasi idaman staycation kamu di Bali?

Konsultasi Traveling Aja Dulu Olivia