Sebagian besar orang tentu punya keinginan untuk meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Bisa belajar di kampus impian juga merupakan hal yang banyak diidam-idamkan oleh pelajar saat ini. Kalau kamu ingin mendapatkan kesempatan belajar di kampus impian, kamu bisa cek beberapa tips masuk kampus impian berikut ini yang tentu bisa berguna jika kamu terapkan mulai dari sekarang.

1. Tunjukkan Minat dan Ketertarikan

Sebelum kamu bisa mendaftar atau coba mengikuti tes masuk suatu kampus tentunya kamu harus mengetahui kampus tersebut terlebih dahulu. Tunjukkan bahwa kamu punya minat yang tinggi dan ketertarikan untuk belajar di kampus tersebut. Kamu bisa memulainya dengan sering mengunjungi kampus tersebut atau melakukan campus tour sesekali. Dengan begitu kamu bisa mengenal lingkungan kampus dengan lebih baik sebelum bisa belajar di dalamnya.

2. Daftar Lebih Awal di Kampus Impian

Jika kamu memiliki impian untuk belajar di suatu kampus terutama kampus swasta, kamu bisa mendaftar lebih awal. Kamu juga bisa memilih tiga kampus untuk mendaftar karena kebanyakan 94% pelajar bisa mendapatkan salah satu kesempatan dari ketiga kampus yang menjadi tujuan mereka. Dengan begitu kesempatan untuk belajar di kampus impian lebih besar dibandingkan dengan hanya mendaftar hanya pada satu kampus. Tips masuk kampus impian ini bisa kamu gunakan tapi pastikan kalau kamu memiliki kesempatan tersebut. Saya sendiri sempat mendaftar di kampus UGM dan UI dan berutungnya di terima dikeduanya. Namun akhirnya saya memutuskan di UI karena saya lebih suka jurusan Hubungan Internasional di kampus UI.

kampus impian

3. Fokus Nilai Akademis Demi Kampus Impian

Kamu tidak akan bisa mendapatkan kesempatan belajar di kampus impian jika kamu tidak memiliki nilai yang bagus. Untuk itu, kamu harus benar-benar fokus pada kemampuan akademis selama sekolah karena hal ini bisa membantumu mendapatkan kampus impian. Jika kampus tujuanmu menerapkan tes masuk ada baiknya jika kamu mempelajari materi tes dan berlatih terus menerus agar bisa lolos tes tersebut.

Belajar jauh-jauh hari tentu menjadi solusi bagi kamu yang ingin mendapatkan hasil tes yang diinginkan. Sekarang ini kamu bisa mudah mendapatkan bantuan dengan aplikasi belajar. Salah satu aplikasi belajar online rekomendasi saya adalah dari Ruangguru.ย  Salah satu layanan Ruangguru yakni Ruangbelajar mampu memutus jarak, ruang, dan waktu untuk memudahkan kamu mengakses pengetahuan yang lebih dalam memahami beragam mata pelajaran yang telah terbukti bisa meningkatkan nilai akademis.

kampus impian 2

4. Ikut Ekstrakurikuler

Mengikuti kegiatan ekstrakurikuler ternyata bisa membantumu mendapatkan kampus impian. Jika kamu ingin mengikuti suatu ekstrakurikuler, pastikan kamu tidak hanya sekedar ikut-ikutan tapi benar-benar mendalaminya. Dengan memiliki prestasi di luar bidang akademis, kamu bisa mendapatkan kesempatan yang lebih besar diterima di kampus tersebut karena biasanya lembaga pendidikan saat ini lebih suka seseorang yang ahli di bidang tertentu dibandingkan seseorang yang generalis.

5. Minta Rekomendasi Guru

Kamu juga bisa meminta bantuan guru untuk membantumu masuk dan mendapatkan kampus impian. Jika perlu mintalah surat rekomendasi dari guru di tempat kamu belajar sebelumnya. Sebelum meminta rekomendasi dari guru pastikan kamu memintanya dengan baik dan jika guru setuju maka lampirkan juga prestasi yang pernah kamu raih. Dengan begitu guru juga bisa ikut memvalidasi bahwa kamu pernah mendapatkan prestasi sesuai dengan apa yang kamu tuliskan pada lampiran. Cek contoh surat rekomendasi untuk beasiswa yang membuat saya berhasil mendapatkan beasiswa di luar negeri.

6.Cek Media Sosial

Saat ini internet dan sosial media memegang peranan yang cukup penting bagi seseorang termaksud di dunia pendidikan. Sebelum mendaftar di kampus impian ada baiknya kalau kamu mengecek akun media sosial yang kamu miliki dan hapus postingan jika terdapat sesuatu yang yang tidak semestinya. Pihak kampus bisa jadi menilai kepribadianmu atau melihat seperti apa kamu berdasarkan akun media sosial yang kamu miliki. Saat mengirim email ada baiknya juga jika kamu menggunakan email yang profesional dengan namamu dan bukan lainnya. Kamu juga bisa mendapatkan berbagai informasi tentang kampus impianmu dari akun media sosial resmi kampus tersebut.

kuliah dengan beasiswa

7. Jangan Menyerah Kejar Kampus Impian

Terkadang untuk masuk ke suatu kampus kamu perlu melewati beberapa tahapan dan seleksi. Apabila kamu belum lulus suatu seleksi jangan dulu menyerah karena bisa jadi kamu ada dalam waitlist kampus tersebut. Tetap tunjukkan ketertarikanmu pada kamus tersebut dan jika ada kesempatan lain untuk mendaftar atau seleksi lainnya kamu bisa mengikutinya dengan lebih baik. Intinya jangan dulu menyerah Jika kamu belum lolos seleksi terutama jika seleksi baru dilakukan di awal.

Mendapatkan kampus impian memang tidak semudah membalikkan telapak tangan tetapi bukan berarti tidak mungkin. Dengan berusaha secara maksimal kamu bisa mendapatkan apa yang kamu inginkan dan jika belum berhasil kamu bisa mencobanya lagi.

Konsultasi Traveling Aja Dulu Olivia