Republik Armenia adalah salah satu negara paling kuno di dunia yang membuat negara ini banyak menarik perhatian pelancong. Armenia adalah negara pegunungan yang terkurung daratan di Eurasia antara Laut Hitam dan Laut Kaspia, yang terletak di Kaukasus Selatan. Negara ini berbatasan dengan Turki di barat, Georgia di utara, Azerbaijan di timur, dan Iran di selatan. Negara ini memiliki ibukota yakni Yerevan yang usianya lebih tua daripada kota Roma. Pastinya wisata Armenia akan sangat berkesan jika kamu tertarik.

Kamu bisa melihat pemandangan pegunungan, budaya kuno, dan mencoba masakan unik saat berkunjung ke negara pecahan Soviet ini. Dari menikmati perjalanan kereta gantung terpanjang di dunia melalui ngarai Vorota hingga mengagumi beberapa biara tertua di dunia, ada banyak alasan mengapa kamu harus singgah di negara ini.

Warga Armenia

Bahasa yang Digunakan di Armenia

Bahasa resmi di Armenia adalah bahasa Armenia tetapi bukan berarti penduduknya tidak dapat berbicara dalam bahasa lain. Masyarakat Armenia kerap membantu wisatawan dengan bahasa Inggris dan juga Rusia. Meski demikian kemungkinan besar mereka yang tinggal di desa atau daerah terpencil tidak dapat berbahasa Inggris maupun bahasa Rusia terutama orang tua. Karena hubungan Armenia dan Prancis yang dekat, banyak juga bahasa Aremia yang di adopsi dari Prancis misalnya terima kasih (mersi).

Untuk menghindari salah komunikasi, kamu harus mempelajari beberapa kata dan frasa bahasa Armenia sebelum mengunjungi Armenia. Bahasa Armenia sebenarnya tidak akan terlalu sulit untuk dipelajari tetapi akan membutuhkan waktu dan kesabaran. Kalau kamu tidak mau repot, kamu bisa bawa saja kamus bahasa Inggris-Armenia atau gunakan gadgetmu.

Cobalah untuk mempelajari beberapa kata seperti halo (barev). Penduduk setempat akan sangat menghargai usahamu untuk berbicara dalam bahasa mereka. Orang-orang Armenia sangat ramah dan akan berusaha sekuat tenaga untuk membantu kalau kamu butuh bantuan, bahkan ketika mereka tidak berbicara sepatah kata pun dalam bahasa Inggris.

Mata Uang dan Penukaran Uang di Armenia

Uang Armenia

Mata uang resmi di Armenia adalah Dram dengan simbol AMD. Perlu kamu ketahui bahwa menukarkan mata uang asing tidak mendapat izin hukum Armenia kecuali dolar dan euro. Jadi sebaiknya kamu siapkan uang tunai dalam mata uang tersebut. Ada banyak bank dan kantor penukaran mata uang, yang berlokasi di kota-kota besar dan kecil di Armenia. Meskipun banyak toko-toko menerima pembayaran dengan kartu, tapi untuk toko kecil dan jajanan pinggir jalan, kamu tetap perlu menggunakan uang cash untuk transaksi.

Kalau kamu merencanakan perjalanan jauh, misalnya ke pegunungan atau desa terpencil, sebaiknya kamu mengurus penukaran mata uang terlebih dahulu. Ada baiknya juga kamu menukar uang kertas dari mata uang lokal ke dalam denominasi yang lebih kecil, karena di daerah terpencil kamu tidak bisa berbelanja dengan menggunakan uang bernominal besar.

Traveling Aja Dulu Book Olivia Purba

Sebelum melakukan penukaran kamu bisa mengecek situs nilai penukaran Dram di internet. Salah satu situs web yang paling terpercaya adalah www.rate.am, di mana kamu tidak hanya dapat melacak nilai tukar harian di Armenia tetapi juga menggunakan konverter online. Situs web ini menyediakan nilai tukar mata uang tidak hanya untuk mata uang global dan umum tetapi juga untuk mata uang yang cukup langka seperti pound Inggris, franc Swiss, yen Tiongkok, lari Georgia. Situs ini juga bisa memberikan informasi di mana bank atau kantor tukar terdekat. Kamu bisa menukarkan uang saat tiba di bandara internasional tetapi sebaiknya jangan menukar dalam jumlah besar. Hindari juga menukar uang pada seseorang atau tempat yang tidak terpercaya seperti jalanan agar tidak tertipu.

Akomodasi Wisata Armenia

Ada sejumlah penginapan berupa hostel di Armenia dan kebanyakan berada di ibu kota, Yerevan. Harga sewa hostel tersebut bergantung pada jumlah tempat tidur di dalam kamar. Kamu bisa menyiapkan sejumlah dana sekitar 5000 hingga 15.000 dram per malamnya. Fasilitas standar termasuk Wi-Fi dan tempat tidur. Sarapan gratis dan dapur bersama juga bisa kamu temui meskipun tidak semua hostel memilikinya. Selain hostel ada juga airbnb meskipun pilihannya masih terbatas. Kamu juga bisa menyewa rumah pribadi atau apartemen dengan biaya rata-rata 25.000 dram per malam.

Favoritku kalau lagi traveling ke luar negeri  pesan hotel via Booking.com karena pilihannya banyak dan ada pilihan gratis pembatalan kalau berubah pikiran 🙂

Pilihan Transportasi untuk Wisata Armenia

Wisata Armenia

Transportasi publik di armenia bukanlah pilihan transportasi terbaik. Situs web transportasi umum tidak memiliki terjemahan dalam bahasa Inggris, jadi jauh lebih baik untuk meminta bantuan petugas hostel untuk menggunakan bus lokal dan antarkota.

Di kota-kota besar, kamu bisa pergi dengan mudah dari satu ke tempat ke tempat yang lain dengan berjalan kaki. Yerevan sendiri memiliki lima rute bus troli dengan biaya perjalanan sekitar 50 dram. Ada juga kereta bawah tanah dengan satu jalur dan sepuluh stasiun dan juga bus umum. Tarif sekali jalan di bus dan kereta bawah tanah sekitar 100 dram. Saat tiba di Bandara Internasional Zvartnots, kamu bisa mencapai pusat kota Yerevan dengan bus atau taksi. Aerotaxi adalah taksi bandara resmi tetapi perlu kamu ketahui bahwa pengemudi sering kali tidak menyalakan argo. Oleh sebab itu negosiasikan harga terlebih dahulu sekitar 3000 dram. Berikut adalah pilihan transportasi yang bisa kamu gunakan jika ingin berkeliling Armenia.

  • Bus – Transportasi antar kota di Armenia terbaik adalah bus dan minibus (Marshrutka). Bus antarkota relatif murah tetapi menavigasi stasiun bus bisa jadi hal yang rumit karena petugas atau keterangan tidak menggunakan bahasa Inggris secara luas. Mintalah bantuan pada petugas hotel atau penginapan kalau ingin menggunakan bus dan tanyalah juga halte terdekat.
  • Kereta – Ada kereta harian yang menghubungkan kota-kota di armenia seperti Yerevan ke Gyumri (3 jam), Yeraskh (1,5 jam), Araks (1 jam), Ararat (1 jam), dan Hrazdan (1,5 jam). Pada bulan-bulan musim panas, jalur Hrazdan bisa mencapai hingga Danau Sevan. Tiket sekali jalan adalah 3.500-12.500 dram. Ada dua jenis kereta yang bisa kamu temui yakni kereta lambat peninggalan soviet dan kereta modern dengan fasilitas yang lebih baik tapi tentunya lebih mahal
  • Online Taxi – Alternative lainnya adalah dengan taxi online yang selalu menawarkan harga yang lebih baik dari taxi di jalan. Kamu bisa download aplikasi Yandex atau InDriver. Traveling di tengah kota dengan durasi 10-20 menit biasanya menghabiskan biaya sekitar 1.000 dram.

Mode Transportasi Wisata Armenia Lainnya

Selain bus dan kereta ada juga beberapa transportasi lainnya yang bisa kamu gunakan saat berwisata di negara ini.

  • Pesawat – Kalau kamu ingin mempersingkat perjalanan dari kota ke kota diri armenia kamu memang bisa menggunakan pesawat tetapi tentu tidak lebih hemat. Misalnya saja tiket penerbangan dari Gyumri ke Yerevan bisa kamu beli dengan harga sekitar 95.000 dram. Jadi sebaiknya lakukan penerbangan apabila kamu benar-benar punya budget lebih.
  • Sewa Mobil – Mengemudi jelas merupakan cara paling nyaman untuk berkeliling Armenia. Sewa mobil terkadang bisa lebih murah yakni sekitar 12.000 dram per hari, dan semakin lama kamu menyewanya, harganya akan semakin murah. Jangan juga untuk mendapatkan izin mengemudi internasional jika kamu ingin menyewa kendaraan di luar negeri termasuk di Armenia.
  • Menumpang – Menumpang atau hitchhiking sangat umum di Armenia, dan kamu tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan tumpangan. Kamu bisa cek Hitchwiki yang merupakan situs web terbaik untuk info dan tips menumpang di Armenia,

Sim Card dan Akses Wifi di Armenia

Olivia di Armenia

Penulis, Olivia berpose dengan latar belakang Gunung Ararat (simbol Armenia) di Yerevan September 2022

Memiliki kartu sim di armenia adalah kebutuhan penting. Kalau kamu punya kartu sim Armenia, kamu tidak hanya terhubung dengan keluarga dan teman-teman, tetapi juga memungkinkanmu melakukan banyak kegiatan. Seperti saat harus mengecek Google map, mengetahui jam buka restoran atau hal-hal lain seputar tips perjalanan di armenia yang hanya ada dengan bantuan internet .

Armenia dikenal sebagai penyedia layanan jaringan seluler termurah dan tarifnya juga jauh lebih murah daripada di Eropa. Secara keseluruhan, ada tiga operator seluler di Armenia dengan total lebih dari 3,5 juta pengguna yakni VIVA MTS, Team Telecom Armenia dan Ucom. Ketiganya menawarkan layanan dan cakupan yang sangat baik. Kamu bisa membeli kartu sim di salah satu dari banyak pusat layanan di Armenia termasuk di jalanan kota besar dan pusat perbelanjaan. Wifi sendiri bisa kamu akses di beberapa lokasi publik seperti hotel, restoran, cafe dan lainnya. Kalau kamu di Yerevan hanya 1-2 hari saja (seperti penulis), kamu tidak terlalu butuh kartu SIM, bisa bergantung pada wifi saja.

Alternatifnya, kamu bisa beli kartu SIM International murah di link shopee ini yang bisa kamu pakai selama 30 hari di Turki dan negara Eropa lainnya. Paling cocok pakai paket ini kalau lagi traveling keliling Eropa. 

Rekomendasi Tempat Wisata Armenia TerpopulerTempat wisata Armenia

Armenia adalah rumah bagi biara-biara indah yang tak terhitung jumlahnya dan bisa kamu temukan di daerah-daerah dengan keindahan alam yang luar biasa. Selain itu ada banyak tempat wisata dan daerah yang menarik untuk kamu kunjungi di negara dengan banyak budaya kuno ini. Kamu bisa cek tempat-tempat wisata Armenia terbaik untuk dikunjungi berikut!

  • Yerevan. Kota terbesar di Armenia, ibu kota Yerevan adalah tempat yang bagus untuk mulai menjelajahi Armenia. Kamu bisa mengunjungi bangunan-bangunan bersejarah di kota ini termasuk Republic Square dan monumen kota kemenangan Soviet dalam Perang Dunia Kedua. Kamu juga bisa mengunjungi memorial Genosida Armenia untuk melihat masa lalu bangsa ini. Tempat lain yang bisa kamu kunjungi adalah Pasar loak Vernissage dan bkue mosque Biru, yang merupakan satu-satunya masjid di seluruh negeri. Kamu juga bisa mengunjungi serta Dunia Bawah Tanah Luar Biasa Levon, yang merupakan salah satu atraksi paling unik di Eropa.
  • Lake Sevan. Lake Sevan atau danau Sevan, berada di jantung Armenia. Danau ini adalah danau terbesar di Armenia itu dan tempat yang indah untuk dikunjungi selama selama berada di Armenia. Danau ini punya beberapa biara yang menakjubkan seperti Biara Sevanavank di sekelilingnya. Selain menikmati pemandangan kamu juga bisa coba selancar angin yang merupakan salah satu kegiatan rekreasi yang tersedia di danau ini. Ada banyak restoran yang menyajikan hidangan laut di sekitar danau, kalau kamu suka berwisata kuliner.
  • Dilijan National Park. Armenia punya empat taman nasional dan taman nasional Dilijan mungkin adalah taman yang paling indah. Taman yang ada sejak tahun 2002 ini terkenal dengan sumber mata air mineral, serta monumen alamnya. Banyak bangunan bersejarah Armenia yang bisa kamu kunjungi di halaman taman, seperti Biara Haghartsin, Biara Goshavank dan Jukhtak Vank, serta Biara Matosavank dan gereja Akhnabat.

Tempat Wisata Armenia Lainnya

Wisata Armenia

Jika punya banyak waktu tinggal di Armenia kamu juga bisa datang berkeliling dan mengunjungi tempat-tempat menawan seperti tempat wisata Armenia berikut.

  • Noravank. Biara adalah salah satu ciri khas Armenia dan biara di Noravank adalah salah satu yang paling indah. Tebing tipis berwarna merah bata melindungi biara yang berasal dari abad ke-13. Noravank terkenal dengan gereja Astvatsatsin yang diyakini diselamatkan oleh Tuhan sendiri ketika Armenia ditaklukkan oleh bangsa Mongol ratusan tahun yang lalu. Kalau kamu hanya ingin mengunjungi satu biara selama di Armenia, Noravank adalan pilihan terbaik.
  • Gyumri. Kota terbesar kedua di Armenia, Gyumri layak kamu kunjungi jika kamu singgah di negara ini. Tempat terbaik untuk menikmati pemandangan Gyumri adalah dari Benteng Hitam di bukit yang menghadap ke kota. Banyak institusi budaya terpenting Armenia berada di Gyumri, seperti Museum Kehidupan Sosial Dzitoghtsyan dan Arsitektur Nasional Gyumri, serta Museum Rumah Suster Aslamazyan dan Museum Rumah Sergey Merkurov. Distrik Bersejarah Kumayri adalah area tertua di Gyumri, dengan seribu bangunan kuno bisa kamu temukan di sini
  • Tsaghkadzor. Kalau kamu suka pemandangan gunung bersalju kamu bisa datang ke tempat yang satu ini. Tsaghkadzor adalah pusat olahraga musim dingin dan resourski terbaik di Armenia. Aktivitas ski di Tsaghkadzor adalah yang termurah dan paling terjangkau di Eropa. Selain bermain ski, kamu juga bisa menemukan hotel dan resor terbaik serta Komplek biara Kecharis yang sudah ada sejak awal abad ke-11.
  • Dvin. Kota ini salah satu kota tertua di Armenia. Dvin adalah ibu kota Armenia pada abad pertengahan. Sebuah benteng yang dibangun pada abad keenam sebelum masehi juga terletak di Dvin. Kamu juga bisa menikmati pemandangan yang lebih modern di kota ini, seperti Gereja St. Harutyun yang dibangun pada tahun 2000. Dvin jua punya puing-puing bangunan bersejarah yang banyak diteliti para arkeolog.

Makanan Khas Armenia

Makanan Armenia

Soal kuliner, Armenia punya berbagai hidangan yang menarik, bervariasi dan lezat. Beberapa makanan khas Armenia juga populer di negara lainnya. Berikut adalah kuliner khas yang wajib kamu cicipi saat wisata Armenia!

  • Khorovats. Khorovats adakah shawarma atau kebab versi Armenia. Hidangan ini terbuat dari daging domba, sapi atau daging lainnya yang disajikan dengam rempah, salad sayuran serta dibungkus dengan roti pita. Kamu bisa menjumpai dengan ini di berbagai sudut kota, jalanan maupun restoran.
  • Manti. Sekilas hidangan ini mirip dumpling atau pangsit, Ya, manti adalah dumpling khas Armenia yang terbuat dari campuran daging dan disajikan dengan saus tomat dan yogurt serta campuran bawang putih.
  • Dolma. Dolma adalah hidangan yang terbuat dari campuran daging cincang, bawang, nasi, dan berbagai rempah-rempah. Semua bahan dibungkus dengan daun anggur dan merupakam makanan pokok di Mediterania timur.
  • Lahmajun. Lahmajun ini adalah pizzanya masyarakat Armenia dan sangat poouler. Hidangan ini terbuat dari adonan berbentuk bulat dan tipis. Adonan kemudian diberi topping daging sapi cincang tumis, bawang cincang halus, bawang putih, dan tomat kemudian dipanggang. Kamu bisa menikmatilah lahmajun dengan potongan daun mint dan perasan jeruk.
  • Kyufta. Kyufta adakah “bakso” khas Armenia. Hidangan ini terbuat dari daging cincang yang dibumbui dan dicampur dengan gandum dan bawang yang ditumbuk. Kyufta direbus dalam kaldu ayam dan biasanya diiris sebelum disajikan dengan perasan jus lemon.
  • Gata. Gata adalah kue manis seperti roti yang terbuat dari tepung dan banyak telur. Kue eksotis nan manis ini adalah pendamping sempurna untuk secangkir surj, sejenis kopi lokal yang kental dan gelap.

Orang Armenia sangat menghargai turis yang tertarik dengan budaya mereka, termasuk makanan. Jangan lagu untuk menanyakan berbagai hal tentang rekomendasi makanan yang lezat pada penduduk setempat.

Jangan Ragu untuk Coba Wisata Armenia

Meskipun mengunjungi Armenia adalah salah satu hal yang belum terlalu populer di Indonesia, kamu bisa melirik negara yang satu ini untuk berlibur. Warga Armenia terkenal sangat ramah dan kamu tidak perlu mengkhawatirkan keamanan saat berkunjung ke negara satu ini. Selamat berlibur dan jangan lupa praktekkan liburan yang ramah lingkungan.