Kamu mungkin masih merasa asing dengan negara yang satu ini. Ya, Georgia adalah salah satu negara Eurasia yang terletak di Wilayah Kaukasus yang berada di antara Asia dan Eropa. Georgia berbatasan dengan lima negara lain di sekitarnya sehingga menjadikannya landlocked country. Di utara, Georgia berbatasan dengan Rusia kemudian ada Armenia dan Azerbaijan di sepanjang perbatasan tenggara Georgia. Georgia berbatasan dengan Turki di bagian selatan sementara tepi barat Georgia merupakan tepian laut Hitam. Meski begitu wisata Georgia tidak kalah dengan wisata negara lainnya.

Kamu bisa menemukan begitu banyak hal luar biasa untuk dilakukan di Georgia. Tbilisi, ibukota Georgia, punya semua yang wisatawan cari dari biaya atau harga terjangkau hingga masyarakat dan budayanya yang ramah.  Pilihan transportasi di Georgia juga sangat baik dan murah. Kamu juga bisa menjumpai pegunungan yang luar biasa, resort tepi laut, kehidupan kota yang semarak, serta makanan dan minuman yang pastinya lezat.

Wisata Georgia

Bahasa yang Digunakan di Georgia

Masyarakat lokal menggunakan bahasa Georgia, salah satu bahasa tertua di dunia sebagai bahasa resmi. Bahasa Georgia sendiri adalah bahasa Kartvelian yang pengucapannya punya banyak dialek dan punya sistem hurufnya sendiri yakni aksara Mkhedruli.

Setidaknya 83% dari 5 juta penduduknya atau 3,9 juta warga menggunakan bahasa ini. Banyak juga penduduk Georgia yang berbicara bahasa Rusia. Mengingat Georgia adalah bagian dari Uni Soviet dan baru menjadi negara merdeka pada tahun 1991. Lalu bagaimana dengan bahasa Inggris? 

Meskipun penduduk Georgia tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari, jumlah penutur bahasa Inggris di Georgia semakin meningkat dalam dua dekade terakhir. Meskipun begitu ada baiknya kamu mengetahui sedikit bahasa Georgia jika ingin berkunjung ke negara ini. Mempelajari beberapa kata dalam bahasa Georgia tidak hanya bisa membantu kamu berinteraksi dengan penduduk setempat, tetapi juga cara yang bagus untuk menunjukkan rasa hormat lada mereka. 

Mata Uang dan Penukaran Uang di Georgia

Penulis, Olivia di salah satu monastry di Georgia.

Lari adalah mata uang resmi di Georgia dengan kode ISO atau simbol GEL. Saat ini, nilai tukar paling populer adalah GEL untuk USD, kemudian oleh EURO, Lira Turki, Pound sterling, dan Rubel Rusia. Oleh sebab itu ada baiknya kamu melakukan pertukaran uang di Indonesia dengan mata uang tersebut,

Nantinya kamu bisa menukarnya dengan mata uang Georgia di bank. Namun, sebaiknya kamu cari titik pertukaran di jalan-jalan utama kota. Misalnya, jalan A. Kazbegi di distrik Saburtalo yang memiliki banyak tempat penukaran mata uang, dan tarifnya selalu lebih baik daripada di bank. Kamu juga bisa mengunjungi jalan G. Akhvlediani, di dekat Metro Rustaveli. Tempat pertukaran uang ini memiliki nilai tukar yang wajar jika kamu mencari yang lebih dekat ke pusat kota. Untuk melihat nilai tukar resmi mata uang Georgia terhadap mata uang asing, kamu bisa mengeceknya di situs resmi Bank Nasional Georgia.

Perlu kamu ingat bahwa Lari adalah satu-satunya alat pembayaran yang sah di seluruh wilayah Georgia. Beberapa wilayah seperti Tbilisi dan kota-kota lain, hotel, pasar, restoran, dan toko juga menerima pembayaran  dengan kartu debit dan kredit. Meskipun demikian, kamu sebaiknya tetap membawa uang tunai saat bepergian melintasi Georgia, terutama jika mengunjungi daerah terpencil di mana mungkin tidak ada layanan perbankan dan ATM. 

Akomodasi selama Wisata Georgia

Georgia punya berbagai pilihan akomodasi terutama di ibukota Tbilisi. Kamu bisa menemukan hotel, air bnb, dan juga guesthouse. Booking.com adalah platform akomodasj yang paling nyaman dan bisa kamu gunakan di Georgia. Kamu bisa menggunakan platform ini untuk menemukan wisma tamu atau guest house keluarga, apartemen pribadi, hostel, dan hotel di seluruh negeri

Favoritku kalau lagi traveling ke luar negeri  pesan hotel via Booking.com karena pilihannya banyak dan ada pilihan gratis pembatalan kalau berubah pikiran 🙂

Guesthouse atau wisma tamu sejauh ini adalah jenis akomodasi paling populer di pedesaan Georgia. Saat kamu menginap di guesthouse, kamu aka  menghabiskan malam di rumah keluarga. Konsep ini sebenarnya agak mirip dengan homestay. Jika kamu memilih menginap di Wisma tamu kamu bisa mencicipi makanan rumahan dan minuman buatan rumah khas Georgia. Selain itu keluarga tuan rumah juga bisa membantu merencanakan perjalanan dan memberikan apa saja yang kamu perlukan termasuk untuk menelepon restoran setempat maupun membantu mendapatkan taksi maupun tempat duduk di marshrutka. 

Pilihan Transportasi Georgia

Transportasi Georgia

Transportasi umum di Georgia khususnya Tbilisi sangat terjangkau. Ada banyak mode transportasi yang bisa kamu akses dengan mudah saat wisata Georgia seperti berikut ini!

  • Taksi. Taksi adalah kendaraan yang bisa kamu temui dengan mudah dan banyak tersedia di jalanan. Kamu bisa langsung memanggil taksi di jalan atau memesannya lewat aplikasi. Georgia tidak punya aplikasi Uber atau Lyft yang populer di banyak negara tetapi kamu tetap bisa memesan taksi lewat aplikasi. Bolt adalah aplikasi taksi yang paling populer di Georgia dan bisa kamu gunakan di Tbilisi serta kota-kota besar lainnya. Alternatifnya kamu bisa gunakan Yandex. Dengan menggunakan aplikasi kamu bisa memperkirakan biaya perjalanan serta menghindari penipuan atau kecurangan dari pengemudi. Saat baru tiba di bandara sebaiknya kamu mencoba memesan taksi lewat aplikasi ini ketimbang menggunakan taksi yang menunggu di depan bandara karena tarifnya bisa lebih mahal. Untuk biayanya sendiri mulai dari 4 lari atau 1,48 usd dan tarif bergantung pada lalu lintas, jarak dan jam sibuk.
  • Minibus. Minibus ini adalah semacam angkutan umum atau angkot untuk penduduk setempat yang disebut Marshrutka. Biasanya kendaraan berwarna biru dan banyak kamu temukan di Tbilisi. Minibus ini punya nomor di kaca depan yang menunjukkan rute tertentu dan bisa kamu lihat pada halte bus. Harga per perjalanan atau satu rute adalah 1 GEL atau sekitar 0,37 USD. Kalau kamu berencana untuk tinggal selama beberapa hari, kamu bisa mendapatkan kartu perjalanan atau Travel card dan Metro Money di stasiun metro manapun hanya dengan membayar sekitar 2 GEL (0,74 USD). Metro money adalah kartu yang berlaku satu kali perjalanan selama 90 menit sementara travel card bisa kamu isi ulang dan gunakan berkali-kali. 

Transportasi Wisata Georgia Lainnya

Selain taksi dan kereta yang paling banyak digunakan di Georgia ada juga mode transportasi lainnya yakni sebagai berikut!

  • Bus. Bus di Tbilisi berwarna biru dan hijau Tbilisi memiliki rutenya sendiri, dan mirip dengan marshrutka, biaya perjalanannya adalah 1 GEL. Kamu dapat membayar perjalanan Anda dengan Metro Money atau Travel Card. Kamu bisa mengecek nomor dan rute bus di Google Maps agar perjalanan lebih mudah khususnya saat berada di Tbilisi.
  • Kereta. Kereta atau Metro adalah sarana transportasi umum tercepat di Tbilisi dengan sekitar 22 stasiun. Sayangnya, kereta bawah tanah ini tidak mencakup semua distrik di Tbilisi. Jadi Mungkin kamu harus berjalan sedikit atau berganti mode kendaraan dengan Marshrutka atau bis jika daerah yang kamu tuju tidak terjangkau kereta. Biaya perjalanan menggunakan kereta metro adalah 1 GEL, dan seperti transportasi umum lainnya di Tbilisi, kamu perlu Metro Money atau Travel Card untuk naik kendaraan ini.
  • Rental mobil. Kalau kamu ingin menyetir sendiri, kamu juga bisa menyewa mobil. Meskipun ada banyak perusahaan persewaan mobil, baik lokal maupun internasional,sebaiknya kamu pilih persewaan lokal. Rental mobil lokal biasanya lebih mudah digunakan dan harga sewanya relatif lebih murah. Perlu kamu ingat bahwa kamu harus selalu membawa SIM, dan mengencangkan sabuk pengaman karena lalu lintas di Tbilisi cukup kacau dan ramai.  

Traveling Aja Dulu Book Olivia Purba

Sim Card dan Akses Wifi di Georgia

Kartu sim Atau Sim card menjadi kebutuhan yang cukup penting jika kamu berada di Georgia dan akan menggunakan aplikasi taksi untuk bepergian. Tidak perlu risau soal internet atau komunikasi saat berada di Georgia. Saat ini ada tiga perusahaan penyedia jasa seluler di Georgia: Magti, Geocell by Silknet, dan Beeline. Semuanya memiliki jaringan 4G dan jangkauan yang baik di seluruh negeri. Magti memiliki jangkauan seluler dan internet terbaik dengan jaringan 4G berkecepatan tinggi meskipun memiliki tarif yang mahal, kemudian ada juga Geocell oleh Silknet. 

Beeline adalah penyedia layanan dengan jangkauan terburuk, dan kadang sulit sinyal di Tbilisi atau kota-kota besar lainnya. Kamu bisa mengunjungi pusat layanan sim card yang ada di pusat kota maupun di pusat perbelanjaan seperti Galleria 

Gimana kalau kamu belum dapat sim card? Jangan khawatir kalau kamu belum atau tidak ingin membeli kartu SIM, hampir semua hotel, hostel, Airbnb, restoran, dan kafe di kota-kota besar memiliki Wi-Fi gratis yang bisa kamu akses dengan mudah.

Alternatifnya, kamu bisa beli kartu SIM International murah di link shopee ini yang bisa kamu pakai selama 30 hari di Turki dan negara Eropa lainnya. 

Baca juga : Panduan Wisata Latvia

Rekomendasi Tempat Wisata Georgia Terpopuler 

Tempat wisata Georgia

Ada banyak destinasi wisata Georgia menarik yang bisa kamu kunjungi dan berikut adalah beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi.

  • Tbilisi. Tbilisi jelas menjadi kota pertama untuk dikunjungi di Georgia. Hampir setiap turis yang bepergian ke Georgia akan mengunjungi Tbilisi. Kamu bisa melihat kota tua menawan yang terletak di sisi tebing dengan pemandangan yang menakjubkan. Tbilisi juga menawarkan pilihan bersantap kelas satu dengan harga terjangkau, kehidupan malam, akomodasi berkualitas, dan berbabai situs bersejarah yang luar biasa. Bahkan kamu juga bisa naik kereta gantung yang akan melintasi Sungai Kura untuk melihat pemandangan Tbilisi Tua dan mengunjungi Benteng Narikala dari abad pertengahan.
  • Ushguli. Ushguli adalah kumpulan desa-desa kecil di wilayah pegunungan Kaukasus yang berada di Svaneti. Ushguli adalah salah satu tempat paling luar biasa untuk kamu kunjungi tidak hanya di Georgia tetapi di seluruh Eropa. Kamu bisa menyaksikan banyak menara pengawas kuno yang menjaga pintu masuk ke Situs Warisan Dunia UNESCO surealis yang juga punya oleh pegunungan nan megah.
  • Batumi. Bisa dibilang Batumi adalah seperti perpaduan Singapura dengan Atlantic City, Kota ini menawarkan arsitektur modern yang luar biasa. Kamu bisa mengunjungi Batumi garden yang merupakan kebun raya yang sangat besar dan indah. Selain itu kawasan ini juga punya banyak pantai berkerikil hitam yang punya pemandangan indah dan bisa kamu nikmati saat berkunjung.
  • Kakheti. Tahukah kamu bahwa masyarakat Georgia adalah orang pertama yang menemukan minuman anggur atau wine. Hampir setiap keluarga menyimpan anggur di ruang bawah tanah mereka. Tidak heran jika wilayah Kakheti di Georgia menjadi populer karena wilayah ini terkenal punya anggur terbaik dengan harga yang terjangkau. Kalau kamu bukan pecinta wine, kamu masih bisa menikmati pemandangan indah serta mengunjungi kompleks biara David Gareja abad ke-6. Gereja ini adalah salah satu tempat paling populer untuk dikunjungi di Georgia.

Tempat Wisata Georgia Lainnya yang Menarik

Wisata Georgia

Cek juga beberapa tempat wisata berikut yang kamu sedang berwisata di negara yang satu ini.

  • Ananuri. Sekitar 70 kilometer di utara Tbilisi terletak kompleks kastil Ananuri yang luar biasa indah. Tempat ini adalah tujuan yang tidak boleh kamu lewatkan jika berkunjung ke Georgia. Struktur kastil ini tidak berubah sejak abad ke-17 dan telah bertahan dari banyak serangan selama berabad-abad. Pemandangan kastil sendiri sangat kontras dengan Sungai Aragvi yang ada di depannya.
  • Cave city. Hanya satu jam dari Tbilisi, kamu bisa menemukan tempat menarik lain di Georgia yakni gua di Uplistsikhe. Daerah ini merupakan salah satu komplek pemukiman tertua di Georgia.  Kawasan yang dijuluki kota gua Uplistsikhe ini adalah ibu kota kerajaan kuno Kartli, dimana orang-orang Kristen dan pagan hidup bersama.
  • Tusheti. Tusheti juga menjadi salah satu kawasan populer yang banyak dibicarakan oleh para turis. Taman nasional Tusheti berada di wilayah pegunungan yang sangat terpencil dan tertutup hampir sepanjang tahun. Segelintir penjaga perbatasan mendiami kawasan pegunungan ini. Kalau kamu berkunjung di musim panas, kamu bisa menjumpai penggembala Georgia membawa domba mereka untuk tinggal sementara.

Makanan Khas yang Wajib Dicicipi saat Wisata Georgia

Makanan khas Georgia

Tak lengkap rasanya kalau kamu melakukan wisata Georgia tanpa mencicipi hidangan khasnya. Kalau kamu bingung harus mencicipi apa, kamu bisa coba beberapa hidangan berikut.

  • Khinkali. Khinkali adalah pangsit rebus daging ala Georgia yang biasanya ada di pesta makan malam atau supras. Pangsit ini biasanya punya isian daging mentah kemudian daging tersebut akan menghasilkan sup kental saat perebusan. 
  • Khachapuri. Roti lembut berisi keju ini adalah hidangan nasional negara Georgia. Ada berbagai versi roti ini tergantung pada daerah asal. Seperti khachapuri adjaruli yang terbuka diisi dengan keju dan rempah-rempah, dan dihiasi dengan telur di atasnya. Orang Georgia biasanya menyajikan khachapuri untuk sarapan atau menikmatinya saat makan siang.
  • Churchkhela. Churchkhela adalah permen kental berwarna-warni yang terbuat dari konsentrat jus buah anggur biasanya digantung di jendela etalase. Permen ini sering disalahartikan turis sebagai sosis karena bentuknya yang mirip.
  • Ajapsandali. Hidangan mirip ratatouille dari Perancis ini terbuat dari terong yang ditumis dengan daging, rempah dan sayuran lainnya. 
  • Mchadi. Mcadi adalah roti jagung khas Georgia yang digoreng atau dipanggang. Mcadi berasal dari Georgia Barat di mana biasanya dimakan sebagai pengganti roti. 
  • Lobio. Lobio adalah hidangan populer yang dibuat dengan kacang merah dan biasanya dimakan dengan mchadi dan sayuran berbumbu. Lobio sendiri dalam bahasa Georgia berarti ‘kacang’. 
  • Wine. Kalau kamu penggemar minuman anggur kamu juga harus cicipi wine asli Georgia. Beberapa jenis premium wine yang bisa kamu coba diantaranya adalah Kindzmarauli, Chelti, Akhasheni, Tsinandali, Khvantchkara, Krakhuna dan lainnya.

Bepergian ke Georgia Pasca Covid

Sejak 15 Juni 2022, Georgia telah mencabut pembatasan perjalanan COVID bagi setiap warga negara asing yang ingin bepergian ke Georgia melalui udara, darat, atau laut. Kamu tidak lagi wajib menunjukkan sertifikat vaksinasi COVID atau hasil tes negatif PCR. Masker juga tidak wajib kamu gunakan  kecuali rumah sakit dan klinik. Untuk informasi terbaru, kamu selalu dapat memeriksa situs web resmi Kementerian Luar Negeri Georgia.

Terlepas dari itu semua, tempat wisata Georgia menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa mengetahui waktu terbaik untuk mengunjunginya agar mendapatkan pengalaman terbaik.