Berlokasi di antara Lithuania dan Estonia, wisata Latvia masih menjadi destinasi yang underrated di Eropa. Masih masuk dalam kawasan negara-negara Baltik, memang Latvia pun menyajikan keindahan alam dan kuliner yang tak jauh berbeda dengan negara-negara tetangganya. Padahal ada banyak keindahan alam dan warisan bersejarah yang tersembunyi di Latvia.

Liburan di negara ini juga termasuk salah satu yang budgetnya murah dan aman. Mulai dari keindahan hutan yang masih tersebar di pinggiran kota, kawasan pantai baltik yang indah, hingga panorama arsitektur gothic hingga baroque yang otentik. Jika kamu sedang liburan di negara Baltik, bisa coba mengagendakan kunjungan ke Latvia. Berikut panduan lengkap wisata Latvia yang patut kamu simak!

Bahasa yang Digunakan di Latvia

Ada tiga bahasa yang populer di Latvia, bahasa lokal Latvia (Lettish), bahasa Rusia, dan Inggris. Dibandingkan dengan negara Baltik lainnya, penggunakan bahasa Inggris di negara ini termasuk rendah, namun penduduk di Riga banyak menggunakan bahasa Inggris.. 

Pemandangan Riga Latvia yang saya am bil dari Raddison blu

Mata Uang dan Penukaran Uang di Latvia

Mata uang yang berlaku di Latvia sekarang adalah euro, euro yang sama dengan negara-negara Eropa di sekitarnya. Latvia juga sudah mulai beralih mengandalkan berbagai pembayaran cashless, jadi kamu bisa memanfaatkan international e-wallet.

Traveling Aja Dulu Book Olivia Purba

Pilihan Transportasi di Latvia

Transportasi pastinya merupakan fasilitas esensial dalam menelusuri keindahan negara Latvia. Jika singgah di Riga, kamu bisa menemukan cukup banyak transportasi umum. Namun, transportasi umum sangat terbatas di kota-kota lainnya, terutama area side-country yang sepi. Berikut informasi transportasi wisata Latvia.

  • Bus: Bus bisa menjadi pilihan transportasi antar kota terbaik saat berlibur di Latvia. Tarifnya kurang lebih 10 euro untuk semua tujuan kota di Latvia. 
  • Kereta: Kereta merupakan transportasi umum yang bisa kamu andalkan selagi keliling Riga hingga perjalanan menuju luar kota. Beberapa lokasi wisata di Riga yang dekat dengan akses kereta adalah Gauja National Park, Jurmala, dan Daugavpils. Tarif kereta di Latvia paling mahal adalah 20 euro, bisa lebih murah tergantung tujuan. 
  • Taksi: Taksi di Latvia bisa dibilang cukup mahal. Dimulai dari 2 euro, dan bertambah 0.70 euro setiap 1 km. Bukan pilihan utama, namun bisa kamu manfaatkan saat mendesak.
  • Rental Mobil: Mobil memang bisa menjadi alternatif kendaraan fleksibel jika ingin keliling Latvia. Tarifnya juga relatif murah, sekitar 25 euro per hari dan bisa lebih rendah untuk durasi sewa berhari-hari. Namun, kawasan Latvia merupakan salah satu yang terjal dan berbahaya untuk pengendara amatir. 

Sim Card dan Akses Wifi di Latvia

Ada banyak sim card prabayar yang bisa kamu beli di bandara, pusat perbelanjaan, hingga vending machine di Latvia. Adapun beberapa provider sim card yang populer di Latvia adalah LMT, ZZ, dan Bite. Latvia juga termasuk salah satu negara di Eropa dengan akses internet tercepat. Banyak lokasi umum seperti penginapan dan kafe, dan lainnya yang menyediakan akses wifi gratis. 

Akomodasi

Sewaktu di Riga, saya tinggal di dua akomodasi berbeda yang dua duanya rekomen banget. Pertama adalah Blue Bird Riga Hotel yang lokasinya pas di tengah kota. Pemandangannya bagus banget menghadap ke pusat kota dan kamar saya ada di lantai 5 sehingga duduk di kamar aja rasanya betah banget. Kemana mana tinggal jalan kaki termaksud shopping, ke restoran, cafe dan tempat wisata utama. Tempatnya juga bersih dan interiornya sweet banget.

Blue Bird Riga Hotel Old Town

Saya juga sempat menginap di Cinnamon Sallly Hostel di Riga selama sehari. Hostel ini juga sangat rekomend. Cozy dan friendly! Kalau kamu traveling sendiri dan mencari teman kamu bisa tinggal di sini. Hostelnya juga terjangkau saya sewa Rp.250 ribu per malam untuk kamar dormitory. Asiknya lagi di pagi hari sarapannya gratis dan lumayan lengkap termaksud waffle, buah, kopi dan roti.

Rekomendasi Tempat Wisata di Latvia Terpopuler

Blackheads Riga

Saya berpose di depan iconic Blackheads Riga

Ada banyak tempat wisata Latvia yang sayang jika kamu lewatkan. Mulai dari penelusuran berbagai situs bersejarah, melakukan kegiatan outdoor di lokasi wisata alam, atau sekadar bersantai di kawasan perkotaan yang masih kental dengan nuansa medieval. Berikut beberapa tempat wisata di Latvia paling populer. 

  • Riga: Riga memiliki banyak alasan untuk menjadi ibu kota Latvia. Kota ini terkenal dengan arsitektur bergaya gothic, baroque, dan romantic. Mulai dari gereja tua, town square, dan landmark bersejarah lainnya. Ada lebih dari 800 bangunan Art Nouveau, museum, hingga central market yang terkenal di kawasan Baltik. 
  • Rundale Palace & Museum: Ada banyak kastil populer di Latvia, salah satu yang terbesar dan terkenal adalah Istana Rundale. Istana tersebut dibangun oleh Francesco Rastrelli, arsitek yang juga membangun St.Petersburg’s Hermitage. Istana Palace merupakan istana megah yang memiliki taman bunga mawar dengan landscape tak kalah menawan mengelilingi kawasan istana tersebut.. 
  • Gauja National Park: Taman nasional satu ini bisa menjadi lokasi one-stop untuk mengalami pesona alam Latvia. Mulai dari hiking hingga caving di gua yang usianya lebih dari 10.000 tahun. Ada banyak kegiatan outdoor seru yang bisa kamu lakukan di kawasan Gauja National Park tanpa biaya tiket masuk. 
  • Jurmala: Latvia juga memiliki kawasan liburan pantai di Jurmala, hanya berjarak sekitar 20 menit dari pusat kota Riga. Kamu bisa menginap di resort hingga menikmati spa lumpur yang unik. Jurmala juga memiliki kehidupan malam yang semarak dengan cafe dan bar terbaik. 
  • Latgale: Ini liburan dengan vibe side-country yang tenang khas Eropa, kamu bisa berlibur ke Latgale. Latgale juga terkenal sebagai Land of Blue Lakes, karena ada banyak danau indah di lokasi ini. Penjelajahan di Latgale akan lebih maksimal dengan mobil pribadi (rental) karena transportasi umumnya yang terbatas. 

Makanan Khas Latvia

Makanan khas Latvia pada dasarnya tidak berbeda dengan negara-negara baltik lainnya. Kamu akan menemukan roti gandum hitam, ikan asap, dan aneka olahan kentang. Masakan tradisionalnya juga banyak menggunakan daging babi. Bagi kamu yang tidak bisa mengkonsumsi daging babi, kamu sebaiknya bertanya dulu sebelum memesan. Berikut beberapa rekomendasi kuliner selama menikmati wisata Latvia.

Central Market Riga

  • Sup Beetroot: Meski penampilannya tidak biasa, kamu mungkin tidak mau melewatkan kesempatan untuk mencicipi sup beetroot ketika berkunjung ke Latvia. Sup ini terbuat dari bit, kefir, mentimun, rempah-rempah, dan telur godok sebagai tambahan. Banyak sup khas Latvia yang tersaji dalam keadaan dingin, salah satunya adalah sup beetroot. 
  • Pancake Kentang: Kamu pastinya sudah tidak asing lagi dengan pancake, cobain pancake kentang khas Latvia. Terbuat dari kentang yang ditumbuk, garam, merica, dan minyak. Kemudian digoreng dengan bentuk mini pancake sekali lahap. Kamu juga bisa menemukan pancake kentang di restoran mewah dihidangkan bersama caviar. 
  • Kotletes: Kotletes merupakan hidangan daging cincang yang digoreng bulat-bulat seperti patty. Hidangan ini biasanya terbuat dari aneka daging seperti babi, ayam, hingga daging sapi, serta ikan. Daging tersebut kemudian dicampur dengan bawang dan bumbu-bumbu lainnya. Biasanya dihidangkan dengan kentang dan saus jamur. 
  • Bread Soup: Kalau sup yang satu ini rasanya manis. Sup roti merupakan hidangan penutup dengan cita rasa manis. Terbuat dari gandum hitam, buah-buahan kering, dan krim kocok. 
  • Rupjmaizes Kārtojums: Latvia juga punya parfait, lho. Parfait khas Latvia terbuat dari bahan dasar khas yaitu roti gandum hitam. Kemudian disusun dalam glas saji tinggi dengan krim, aneka beri, dark coklat, dan kayu manis yang dihidangkan dalam keadaan dingin. 

Wisata Latvia bisa kamu pilih sebagai destinasi liburan healing bersama keluarga maupun solo traveling. Budgetnya relatif murah dan negaranya memiliki vibe yang tenang dan sejuk. Itu tadi berbagai panduan wisata di Latvia, selamat berlibur!