Maroko merupakan alternatif destinasi wisata buat kamu yang ingin merasakan fusion antara budaya Eropa dengan Timur Tengah. Negara ini berada di antara Algeria dan Spanyol serta Portugal. Demografi tersebut, wisata Maroko menyajikan berbagai perpaduan budaya, mulai dari bahasa, lokasi bersejarah, hingga kuliner khasnya. Cukup populer sebagai negara tujuan turis mancanegara, tersedia berbagai fasilitas yang bisa kamu manfaatkan selama berada di Maroko. Agar persiapan liburan kamu semakin maksimal, simak panduan wisata maroko komplit berikut ini.

Bahasa yang Digunakan di Maroko

Ada dua bahasa resmi yang digunakan oleh Maroko, Arab dan Amazigh. Bagi kamu yang beragama Muslim, mungkin sudah paham salam dan istilah-istilah sederhana untuk berinteraksi dengan warga sekitar. Warga Maroko juga sebagian besar bisa berkomunikasi dalam bahasa Perancis. Sementara bahasa Spanyol bisa kamu dengar digunakan oleh warga Maroko di bagian utara dan selatan.

Traveling Merzouga

Meski tidak lebih banyak dari warga yang mampu berbahasa Perancis dan Spanyol, beberapa warga Maroko mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris, terutama yang tinggal di Marrakech.

Mata Uang dan Penukaran Uang di Maroko

Mata uang resmi Maroko adalah Dirham. 1 Dirham setara dengan Rp 1.464. Kamu hanya bisa menukarkan uang Dirham cash setelah sampai di Maroko. Itu pun dengan beberapa mata uang tertentu saja; Euro, USD, dan Poundsterling. Jadi, sebelum terbang ke Maroko, tukarkan uang Rupiah kamu ke USD terlebih dahulu. Jangan lupa simpan bon penukaran agar sisa uang Dirham yang tidak terpakai bisa kamu tukarkan kembali.

Kamu bisa melakukan penukaran uang di bank yang ada di bandara. Beberapa hotel besar juga menyediakan fasilitas penukaran uang di resepsionisnya. Biar gak kena charge lokal, usahakan menukarkan uang di bank Postemaroc yang biasanya lokasinya dekat kantor pos.

Transportasi Wisata di Maroko

Wisata Maroko memiliki berbagai fasilitas transportasi yang aman dan nyaman. Beberapa transportasi juga telah terintegrasi dengan manajemen secara digital. Berikut beberapa alternatif kendaraan umum di Maroko yang bisa kamu gunakan.

  • Kereta: Kereta merupakan salah satu pilihan transportasi paling praktis dan populer bagi turis. Kamu bisa melihat jadwal dan memesan tiket kereta Maroko di website ONCF. Rute kereta satu ini juga berpusat pada kota-kota besar di Maroko dengan spot-spot wisata populer.
  • Bus Kota: Mungkin bukan alternatif terbaik, namun tersedia juga transportasi antar kota di Maroko yang bisa kamu manfaatkan. Bus Maroko masih cukup konvensional dan tidak menawarkan kenyaman maksimal seperti kereta atau taksi. Bus juga memiliki tarif yang relatif murah.
  • Bus CTM: Salah satu perusahaan transportasi bus swasta terbaik di Maroko adalah CTM. Kamu juga bisa melihat jadwal dan memesan tiket secara online jika menggunakan jasa bus satu ini. Perjalanan juga relatif cepat dan aman.
  • Sewa Mobil: Jika berada di kota-kota besar seperti Casablanca, Marrakesh, atau Agadir, menyewa mobil merupakan salah satu alternatif kendaraan yang sering digunakan oleh turis. Kamu bisa menyewa mobil dengan tarif 500 Dirham per hari hingga 3000 Dirham per minggu. Belum termasuk sopir 400 Dirham per hari.

Kamu bisa cek juga  Itinerary Traveling di Maroko Wajib Contek dari saya!

Traveling Aja Dulu Book Olivia Purba

Akses WiFi dan Sim Card di Maroko

Akses WiFi gratis bisa kamu dapatkan di berbagai lokasi umum seperti hotel, restoran, cafe, dan tempat wisata populer di kota-kota besar. Warnet juga sangat mudah kamu temukan di Maroko, bahkan di kota-kota kecil sekalipun, tarifnya pun cukup terjangkau.

Kamu juga bisa membeli SIM Card agar tetap bisa menggunakan telepon genggam kamu untuk berkomunikasi sekaligus mendapatkan akses internet. Jaringan 3G dan 4G merupakan jaringan internet yang bisa digunakan di Maroko saat ini. Beberapa provider lokal Maroko yang bisa kamu beli di antaranya; Maroc Telecom, INWI, Meditel, dan Wana. Maroc Telecom merupakan rekomendasi terbaik dengan sinyal dan akses paling kuat serta cepat, namun memiliki harga paling mahal. Kamu bisa membeli Sim card di berbagai counter kecil di jalan.

Salju Maroko

Akomodasi

Penginapan termasuk hotel di Maroko tergolong murah, berkualitas baik, dan biasanya cukup mudah kamu temukan. Kamu bisa memilih penginapan berdasarkan fasilitas dan waktu menginap. Di musim dingin, satu hal yang perlu kamu cek dalam rincian fasilitas hotel adalah pemanas karena udara bisa sangat dingin di malam hari. Ada beberapa jenis penginapan yang bisa kamu temukan di Maroko, berikut diantaranya!

Ada dua kategori utama hotel di Maroko yakni hotel tanpa klasifikasi (non-classé)dan hotel berkelas. Hotel tanpa klasifikasi atau bintang biasanya berada di bagian kota yang lebih tua dan hampir selalu menjadi pilihan akomodasi termurah seperti di Medina. Meski begitu hotel ini biasanya tampak kotor dan berada di daerah yang kumuh atau di dalam gang. Meskipun demikian kamu tetap dapat menemukan hotel yang cukup bersih. Akomodasi Wisata Maroko

Sementara itu, hotel berkelas kemungkinan besar dapat kamu temukan di Ville Nouvelle yang merupakan kawasan “baru” atau administratif. Jenis penginapan ini menawarkan standar kenyamanan Hotel bergaya Barat dan kebanyakan berbintang empat. Perlu kamu pastikan sebelum memilih penginapan apa yang ditawarkan dalam hotel tersebut termasuk tipe pemanas dan penerangan.

Hotel standar biasanya mematok harga yang cukup murah dan memiliki fasilitas yang cukup baik seperti jaringan hotel Ibis. Terkadang hotel bintang 5 memiliki gedung dan fasilitas yang cukup bersejarah contohnya adalah Hôtel la Mamounia di Marrakesh dan Palais Jama di Fez. Meski demikian karena kamu bisa menemukan pelayanan hotel yang tidak memuaskan dan staf yang kurang terlatih jika kamu tidak cermat memilih.

Kamu harus ada akomodasi yang sudah kamu booking juga selama di Maroko karena akan petugas akan menanyakannya di bandara. Jadi pastikan kamu sudah booking akomodasi. Favorit saya adalah via Booking.com

Pilihan Akomodasi Maroko

1.Hivernage Hotel & Spa

Akomodasi Maroko

Hivernage Hotel & Spa adalah hotel yang berlokasi di kota Medina dan dekat dengan pasar-pasar di Marrakech. Setiap kamar hotel ini dilengkapi dengan TV satelit dan akses internet Wi-Fi gratis. Hotel ini juga punya teras panorama yang menghadap ke Bab Jdid, salah satu dari 9 gerbang kota, Taman Agdal, dan puncak Atlas.

Selain menginap di kamar yang nyaman, para tamu juga bisa bersantai di spa hotel atau menikmati sauna, dan hot tub. Restoran hotel La Table du Marche menyajikan masakan lezat yang dibuat dengan produk lokal. Kamu juga bisa bersantap di teras outdoor restoran yang punya tatanan indah. Klik disini untuk booking!

2. Riad NayaNour 

Akomodasi Maroko

Terletak 600 meter dari pusat Marrakech dan Le Jardin Secret, Riad NayaNour menawarkan akomodasi kamar ber-AC lengkap dengan teras, kolam renang indoor, dan bar. Di restoran hotel, kamu bisa menikmati masakan Afrika yang mungkin belum pernah kamu coba. Unit-unit di akomodasi ini memiliki pintu masuk pribadi dan kedap suara sehingga kamu bisa menikmati suasana yang tenang.  

Tempat-tempat menarik yang populer di dekat Riad NayaNour termasuk Museum Mouassine, Djemaa El Fna, dan Masjid Koutoubia. Kamu bisa mencapai akomodasi ini dengan berkendara 5km dari Bandara Marrakech-Menara. Klik disini untuk booking!

3. Dar Rhizlane, Palais Table d’hôtes & SPA

Dikelilingi taman besar dengan kolam renang outdoor, Hôtel Dar Rhizlane bisa jadi pilihan tempat menginap lainnya saat kamu berwisata di Maroko. Terletak di L’Hivernage, Marrakesh, 2 km dari Jamaâ El Fna Square, akomodasi ini punya fasilitas spa yang populer. Setiap kamar ber-AC didesain dengan dekorasi khas Maroko dilengkapi dengan teras dengan pemandangan taman. Semua unit juga punya akses Wi-Fi gratis, TV layar datar dengan saluran satelit, dan kamar mandi pribadi.

Restoran hotel ini punya hidangan khas Maroko dan internasional yang disajikan di ruang makan tradisional atau di teras di samping kolam renang. Para tamu juga bisa berpartisipasi dalam lokakarya tentang cara membuat masakan lokal. Hôtel Dar Rhizlane menghadap Menara Gardens, dan jaraknya hanya 3 km dari Agdal Gardens. Klik disini untuk booking!

4. Hotel Sahrai 

Hotel Maroko

Hotel Sahrai yang berlokasi di kota Fès menawarkan berbagai fasilitas seperti kolam renang outdoor, taman, spa, dan pusat kesehatan, hotel ini bisa dicapai dengan 10 menit berkendara dari Medina tua. Semua kamarnya berukuran besar menyediakan AC dan TV layar datar dengan saluran satelit untuk para tamu. Beberapa suite punya teras dan area tempat duduk. Kamar mandi pribadinya juga dilengkapi dengan bathtub. Kamu bisa menikmati hidangan lokal dan internasional di restoran hotel atau minum minuman yang disediakan di bar atap. Bandara terdekat adalah bandara Saïss yang berjarak 13 km dari Hotel Sahrai. Layanan antar-jemput dapat diatur berdasarkan permintaan. Klik disini untuk booking!

5. Hotel & Spa Dar Bensouda 

Hotel Maroko

Dar Bensouda terletak di pusat kota Fès, hanya 15 menit berjalan kaki dari Batha Square. Kamar-kamar di Dar Bensouda menggabungkan arsitektur tradisional istana asli dengan kenyamanan modern. Kamar dan suite disusun di sekitar halaman yang dihiasi air mancur. Semua ruangannya ber-AC dan memiliki kamar mandi pribadi sementara kamar suite dilengkapi bak mandi dan ruang duduk. Saat menginap disini, kamu juga bisa bersantai di tradisional Maroko atau di teras atas yang menghadap ke Pegunungan Atlas. Para tamu juga memiliki akses ke hamam riad, di mana tersedia perawatan kecantikan dan pijat. Klik disini untuk booking!

6. DAR LYS

Resor Maroko

Terletak di kota Fès, 2 km dari Istana Kerajaan Dar El Makhzen, DAR LYS menyediakan akomodasi dengan kolam renang outdoor musiman, tempat parkir pribadi gratis, taman, dan teras. Hotel bintang 5 ini juga punya fasilitas pusat bisnis dan layanan resepsionis 24 jam, antar-jemput bandara, layanan kamar, dan Wi-Fi gratis.

Semua kamarnya dilengkapi AC, lemari pakaian, mesin kopi, minibar, brankas, TV layar datar, patio, dan kamar mandi pribadi dengan shower. Sarapan ala carte tersedia setiap hari di akomodasi. Kamu juga bisa bersantap di restoran hotel yang menyajikan masakan Mediterania, Maroko, dan internasional. Tempat-tempat menarik yang populer di dekat hotel termasuk Batha Square, Medersa Bouanania, dan Bab Bou Jeloud Fes. Kamu bisa mencapai hotel ini dari bandara terdekat, Bandara Fès–Saïs, yang jaraknya 17 km dari DAR LYS. Klik disini untuk booking!

7. Marina Bay

Hotel wisata Maroko

Marina Bay adalah akomodasi tepi pantai yang terletak di Tangier. Hotel ini punya fasilitas yang cukup lengkap termasuk kolam renang luar ruangan. Setiap kamar Hotel Marina Bay memiliki kamar mandi pribadi, AC dan TV satelit. Restoran hotel Marina Bay menyajikan masakan tradisional Maroko dan internasional. Para tamu  juga dapat menikmati koktail di bar lounge. Ketika menginap di Marina Bay, kamu bisa mengakses Central Tangier dalam beberapa menit berjalan kaki. Museum Forbes dan Museum Seni Maroko juga tak jauh dari akomodasi yang satu ini. Klik disini untuk booking!

8. La Maison de Tanger

Resor Maroko

Terletak di pusat kota Tangier, hotel ini hanya berjarak 2 km dari pantai dan 10 km dari Bandara Tangier. Akomodasi ini menawarkan fasilitas seperti kolam renang luar ruangan dengan pemandangan Teluk Tangier. Dengan dekorasi neo-Maroko, kamar dan suite di La Maison de Tanger dilengkapi dengan AC dan TV, serta akses internet Wi-Fi gratis. Sarapan disajikan setiap hari dan tamu dapat menikmati hidangan tradisional Maroko maupun hidangan yang mereka pesan di ruang makan yang mengarah ke taman. Selama menginap, para tamu dapat bersantai di lounge yang elegan atau di teras saat cuaca bagus. Klik disini untuk booking!

9. Suite Azur Hotel 

Hotel wisata Maroko

Suite Azur Hotel adalah akomodasi yang berlokasi di pusat Essaouira, distrik old Medina, 700 meter dari Plage d’Essaouira. Akomodasi ini menawarkan fasilitas seperti kolam renang outdoor, lounge bersama, teras, resepsionis 24 jam, antar-jemput bandara, layanan kamar, dan Wi-Fi gratis. Setiap kamarnya dilengkapi lemari pakaian, TV layar datar, kamar mandi pribadi, dan brankas. Sementara kamar-kamar tertentu punya teras dan yang lainnya juga menyediakan pemandangan kota bagi para tamu.

Sarapan ala Maroko, kontinental, atau vegetarian dapat dinikmati di restoran Suite Azur Hotel. Selain itu, daerah sekitar hotel ini populer untuk bersepeda. Kamu bisa mencapai hotel ini dari bandara terdekat, bandara Essaouira Mogador yang jaraknya 17 km dari Suite Azur Hotel. Klik disini untuk booking!

10. Villa Quieta

Villa Maroko

Villa Quieta juga bisa jadi pilihan jika kamu menginap di daerah Essaouira. Villa ini punya kamar-kamar yang lengkap dengan kamar mandi pribadi. Akomodasi ini juga memiliki sebuah kolam renang outdoor serta menawarkan pengiriman bahan makanan yang bisa di masak di dapur villa.  Kamu bisa bermain golf di lapangan yang letaknya tak jauh dari villa maupun melakukan aktivitas lain seperti selancar angin, bersepeda, dan memancing. Bandara terdekat adalah Bandara Essaouira Mogador, yang jaraknya 13 km dari Villa Quieta. Klik disini untuk booking!

Visa Maroko

Beruntungnya sebagai WNI kita adalah satu satu negara yang mendapat pengecualian untuk visa paspor.  Ada sekitar lebih dari 100 negara yang  wajib untuk apply visa Maroko untuk bisa berkunjung.

Sekarang ini apply visa maroko bisa kamu lakukan secara online tanpa berkunjung ke Kedutaan dan 100% elektronik. Nantinya petugas akan scan paspor dan mengecek apakah sudah memiliki visa Maroko atau belum. Kamu juga bisa konsultasi langsung ke aku mengenai syarat tips traveling ke Maroko, tempat wisata dan syarat visa dengan klik link di bawah.

Konsultasi Traveling Aja Dulu Olivia

Rekomendasi Tempat Wisata di Maroko

Ada berbagai lokasi bersejarah yang megah, taman, hingga situs alam dengan pemandangan menakjubkan yang patut masuk dalam itenary wisata Maroko kamu. Berikut beberapa spot wisata paling populer.

  • Bahia Palace: Istana Bahia merupakan situs bersejarah yang berdiri sejak abad ke-19 di Marrakech. Lokasi ini memiliki bangunan istana dengan corak Maroko yang masih dipertahankan kekokohannya. Ada banyak pelataran istana luas yang bisa kamu jadikan spot foto keren.
  • Jardin Majorelle: Masih di Marrakech, Jardin Majorelle merupakan spot taman hias dengan desain yang memadukan antara budaya Maroko dan Perancis. Selain melihat taman yang indah dan asri, jangan lupa kunjungi Art Museum Yves Saint Laurent yang artistik.
  • Grand Cascade D’akchour: Lokasi berikut ini merupakan spot alam dengan pemandangan air terjun, gua, dan tebing yang tiada duanya. Grand Cascade D’akchour merupakan spot alam bagai oase di Maroko yang didominasi dengan gurun pasir.
  • Ouzoud Falls: Satu lagi spot alam terindah di Maroko yang patut kamu kunjungi adalah Air terjun Ouzoud. Air terjun ini berlokasi di sebelah utara Marrakech.
  • Hassan II Mosque: Salah satu masjid paling terkenal di Maroko adalah masjid Hassan II Mosque yang berlokasi di Casablanca. Masjid ini memiliki bangunan dengan desain art deco kuno yang masih terjaga keindahannya. Pelatarannya pun sangat luas dan lega, memberikan kesan kompleks masjid yang megah.
  • Todra River: Todra River merupakan “Grand Canyon” ala Maroko yang menyuguhkan pemandangan lembah bertebing yang menakjubkan. Kamu bisa menyewa mobil dan menelusuri rute yang meliuk-liuk, disarankan menyewa sopir agar kamu bisa menikmati situs alam satu ini secara maksimal.

Selain tempat di atas, saya juga menulis lengkap 5 Destinasi wisata lainnya yang wajib kamu kunjungi!

Makanan Maroko

Kuliner Khas Wisata Maroko yang Wajib Dicoba

Ada berbagai kuliner ala Timur Tengah yang bisa kamu coba saat sedang berlibur di Maroko. Makanan Maroko didominasi dengan aneka roti dan sup yang lezat. Berikut beberapa makanan khas Maroko.

  • Aneka Roti Maroko: Ada berbagai jenis roti Maroko yang bisa kamu coba. Beberapa bisa kamu nikmati sebagai kudapan dengan madu dan keju kambing, ada juga roti yang menjadi makanan pokok. Macam-macam roti khas Maroko di antaranya, Khobz, Harsha, Baghrir, dan Rghaif.
  • Couscous: Hidangan satu ini merupakan salah satu yang paling populer dari Maroko. Sebuah pasta yang direbus dengan daging dan sayuran. Hidangan ini bisa kamu nikmati dengan kismis atau semangkung buttermilk.
  • Zaalouk: Maroko juga memiliki salad khas bernama Zaalouk. Hidangan ini olah dari bahan-bahan sehat seperti terong, paprika, bawang putih, dengan pelengkap jintan dan bubuk cabai. Dijamin mantap karena cita rasa pedasnya.
  • B’stilla: Maroko juga memiliki hidangan pie tradisional, B’stilla. Pie khas Maroko ini dibungkus dengan adonan yang tipis dengan isian daging merpati dan telur. Dilengkapi dengan bumbu kaya rempah-rempah seperti ketumbar, kunyit, dan kayu manis.

makanan maroko

Itu tadi panduan komplit wisata Maroko yang patut kamu ketahui. Andalkan persiapan dan perencanaan yang matang sebelum berkunjung ke negara ini. Pengalaman saya, Maroko ada miripnya dengan Indonesia, terkadang ada penjual yang berusaha menipu supaya kamu membayar lebih, jadi kamu tetap berwaspada ya!

Untuk visa kamu tidak perlu kwatir karena paspor Indonesia bebas visa di Maroko selama 3 bulan. Cek juga 8 Fakta Menarik Soal Traveling di Maroko 2020 dari pengalaman saya traveling di Maroko bulan Januari 2020 selama 3 minggu.

Simak juga perjalanan saya keliling dunia gratis di Youtube, jangan lupa subscribe ya!

Informasi Berguna!

  • Untuk penginapan di luar negeri, aku saranin pesan via Booking.com, selain  pilihannya banyak mulai dari yang termurah hingga terlengkap, ada opsi untuk pembatalan gratis juga! Ini berguna banget kalau pesawata dan visa kamu bermasalah.
  • Kalau nyari tiket pesawa murah, aku selalu pakai di Skyscanner, karena gampang ketemu pilihan pesawat paling murah dan paling cepat sampai tujuan.
  • Kalau masih belum ketemu tiket pesawatnya tapi butuh jaminan pesawat untuk visa, kamu bisa pesan tiket sementara dengan harga murah di situs Dummy Tiket.
  • Dan kalau semuanya udah OK, pesawat, hotel dan visa, kamu ready berangkat, bisa pesan koper ukuran paling pas di pesawat di link Shopee.
  • Kalau terbantu sama konten di atas, boleh juga nih kasih jajan ke Olivia untuk apresiasi sharingnya 🙂