Berada di Benua Afrika, Maroko mencakup wilayah daratan hingga 446.300 km persegi dan air 250 km persegi. Wilayahnya tersebut membuatnya menjadi negara terbesar ke 58 di dunia yang total luasnya mencapai 446.300 km persegi.  Negara yang merdeka setelah mendapat kedaulatan dari Perancis pada 1666 ini memiliki mata uang Dirham Maroko (MAD). Dengan alam yang beargam mulai dari tepi pantai dan gurun pasir, gimana ya itinerary Maroko yang bisa jadi tips liburanmu? Simak dulu yuk tipsku.

Berkemah Di Tengah Gurun, Wajib Masuk List Perjalananmu

Medina adalah sebutan bagi kawasan kota tua dan bersejarah di Maroko. Tempat-tempat ini wajib kamu kunjungi saat berada di Maroko, karena suasananya yang menunjukkan sisi unik dari Maroko. Tapi, perjalananmu tidak akan lengkap rasanya tanpa melakukan hal yang satu ini, yup! Apalagi kalau bukan berkemah di tengah padang pasirnya yang sunyi dan tenang pada malam hari.

Traveling Aja Dulu Book Olivia Purba

Salah satu tempat paling populer untuk melakukan aktifitas ini adalah Scarabeo Camp di Agafay yang membutuhkan waktu satu jam perjalanan di luar Maroko. Bukan sekedar berkemah, karena ada pemandangan spektakuler yang menjadi suguhannya. Bayangkan saja, di tengah gurun yang tandus, kamu bisa melihat pemandangan indah dari Pegunungan Atlas dari kejauhan. Sedangkan kalau kamu mau menengok ke atas langit, taburan bintang-bintang siap membuatmu tersihir.

Kamu bisa booking Trip ini di Klook melalui link ini!

Gurun Pasir Maroko

Gurun Pasir Maroko

Kuliner Khas Maroko Yang Wajib Banget Kamu Cicipi

Kefta dan coucous yang dihidangkan bersama daging dan sayuran rebus adalah masakan lokal yang tidak boleh kamu lewatkan. Kefta adalah pastry yang dilapisi almond manis dan susu, sedangkan coucous adalah hidangan yang berasal dari gandum mentah, bentuk hidangan ini sangat mirip dengan semolina yang merupakan zat tepung dan biji gandum.

Coucous biasanya disajikan sebagai makanan pendamping nasi atau kentang. Tapi kalau kamu ingin berburu kuliner manis, ikuti saja Kelas Patisserie Maroko selama tiga jam. Di sini, kamu akan diajak berkunjung ke berbagai souk untuk membeli langsung bahan-bahan kue, sesudahnya tentu akan diajarkan bagaimana cara membuat kue-kue khas Maroko.

makanan maroko

Makanan Maroko memang enak, wajib coba!

Itinerary Maroko Wajib Untukmu, Yaitu Bersantai Di Little Marrakesh

Kota Taroudant di Maroko menawarkan tempat peristirahatan yang nyaman bagi para pelancong yang datang. Selain tempat peristirahatan, kota ini juga memiliki beberapa kawasan di pusa kota yang menjadi bagian tersibuk di negara ini. Letaknya di Lembah Souss yang tidak jauh dari Kota Agadir, kota ini mendapat julukan ‘Littel Marakesh’ yang memiliki tembok pembatas kota yang terpelihara dengan baik serta pasarnya yang penuh warna.

Karena kota ini memiliki wisatawan yang lebih sedikit dibanding dengan kota-kota lainnya di Maroko, jadi kamu tidak akan terlalu kesulitan untuk menjelajahinya. Cara menarik untuk mengeksplore kota ini selain berjalan kaki adalah dengan bersepeda atau menunggang kuda.

little marrakesh

Jangan lupa beli piring piring warna warni ini untuk oleh-oleh

Itinerary Maroko Berjumpa Dengan Burung Langka

Walaupun Maroko tidak punya banyak spot untuk menyaksikan kehidupan satwa liar, tapi ada salah satu jenis burung langka yang bisa kamu saksikan. Hal ini karena Maroko terletak di jalur imigrasi berbagai spesies burung dari Eropa ke Afrika pada bulan-bulan tertentu saat suhu mulai dingin.

Kalau ingin melihat pemandangan ini, datang saja ke Oualidia yang berada di Pantai Atlantik, dimana kamu bisa melihat sekumpulan flamingi, spoonbill dan kuntul. Atau jika mau pergi jauh ke Selatan, dekat dengan kota Agadir, ada sebuah tempat bernama Taman Nasional Souss-Massa yang menjadi rumah bagi berbagai jenis spesies burung, termasuk ibis botak utara yang terancam punah. Kalau kamu ingin melihat berbagai spesies burung langka dan cantik tersebut, datang saja saat musim semi atau musim gugur.

bird maroko

Pertama kali liat burung Ostrich ya di Maroko

Selain daftar diatas, kamu juga bisa tambahi itineararymu dengan 5 destinasi wajib Maroko ini. Sebagai salah satu tujuan wisata murah di dunia, biaya hidup di Maroko termasuk rendah, sehingga memungkinkan kamu untuk mendapat banyak pilihan hotel bertarif murah. Sarana transportasi seperti bus dan kereta api pun siap melayanimu untuk berwisata ke seluruh penjuru negeri dengan harga terjangkau.

Untuk alternatif trip lainnya di Moroko, klik di sini untuk liat daftar lengkap di Klook! Sttt…  banyak diskonnya lho!

Klook.com
Eits, sebelum berangkat kamu wajib simak 8 fakta menarik tentang Maroko yang aku tulis dari pengalamanku tinggal disinis selama 3 minggu. Cek juga update kehidupanku di Maroko di Instagramku

Kamu punya itinerary Maroko lainnya? Share di kolom komentar di bawah ini ya.

Terakhir, jangan lupa tonton video di bawah soal pengalamanku tinggal di Maroko selama 3 minggu, subsribe ya!