Saat kebanyakan orang Indonesia memilih Singapura, Malaysia, dan Thailand untuk liburan ke luar negeri, sekarang saatnya untuk mempertimbangkan negara-negara lain untuk dijelajahi. Pernah tertarik untuk traveling Β Maroko? Setidaknya sekali seumur hidup kamu mesti datang ke negera ini untuk liburan. Tahu tidak ada hal menarik dari negara jajahan Perancis di Afrika Utara ini, yaitu bebas visa selama 3 bulan bagi warga Indonesia loh! Masih belum tertarik juga? Coba lihat dulu nih, gimana kerennya 5 destinasi wisata di Maroko berikut ini.

Siap-siap Dibuat Takjub Oleh Reruntuhan Era Romawi, Volubilis

Ternyata Maroko pernah menjadi bagian dari Kekaisaran Romawi loh! Di negera ini ada beberapa tempat yang menjadi saksi bisu kejayaan era Romawi. Salah staunya adalah Volubilis yang bentuknya mirip dengan Colloseum dan Roman Forum di Roma, Italia. Dulunya, tempat ini adalah pusat pemerintahan administratif provinsi Mauretania Tingitania yang termasuk ke dalam salah satu wilayah Roman Afrika.

Walaupun hanya reruntuhan, namun siapapun yang menyaksikannya pasti akan dibuat takjub. Bahkan saking kerennya dan kaya akan nilai sejarah, Volubilis masuk ke dalam daftar Situs Warisan Budaya UNESCO pada tahun 1997. Kalau kamu datang pada bulan Juni, bukan saja pemandangan cantik dengan reruntuhan kuno yang dapat disaksikan. Karena setiap tahun tempat ini menjadi lokasi dilangsungkannya Fes Festival of Sacred World Music.

Volubilis Maroko

Wisata Religi Di Masjid Hasan II

Casablanca di Maroko tentu beda ya dengan Kasablanka di Jakarta. Kota pelabuhan super indah ini dipenuhi oleh kafe-kafe bergaya Perancis yang membuatmu merasa seperti di Eropa. Nah, di tengah-tengah bangunan mewah dan modern, berdirilah sebuah bangunan masjid bernama Hasan II yang megah.

Belum afdhol rasanya kalau traveling Maroko tapi tidak mampir ke sini. Katanya, Masjid Hasan II ini adalah masjid terbesar ke dua di dunia setelah Masjidil Haram di Kota Mekah loh. Masjid ini selesai dibangun pada tahun 1993, yang dekorasi relief dinding, mozaic, hingga hiasan lantainya dibuat langusng oleh 10.000 seniman dari Maroko dan sekitarnya.

Mesjid Al Hasan Maroko

Mesjid ini berada di depan tepi pantai sangat indah saat sunset

Penasaran Dengan Padang Pasir? Yuk Mampir Ke Merzouga

Kalau penasaran gimana rasanya menunggang unta di tengah Gurun Sahara, wajib banget nihbuat mampir ke tempat ini. Di desa terpencil yang tidak banyak dihuni oleh penduduk ini, kamu bisa melihat sebagian Gurun Sahara yang merupakan gurun paling luas di dunia.

Bukan itu saja, di sini kamu juga bisa menemukan kumpulan gunung pasir tertinggi di Maroko. Salah satunya adalah Erg Chebbi yang pernah dijadikan latar film The Mummy, Sahara, dan Sex and The City 2. Bukan saja menjelajahi gurun pasir, biasanya paket tour ke Merzouga sudah termasuk juga dengan penginapan semalam di tenda tradisional.

Maroko Merzouga

Traveling Maroko Semakin Lengkap Setelah Singgah Di Essaouira

Inilah kota pelabuhan yang berjarak beberapa jam saja dari Marrakesh dan sangat cocok untuk kamu kunjungi ketika ingin menikmati semilir angin pantai dan menghindar dari keramaian kota. Walaupn tidak cocok untuk berenang atau berjemur, tapi pantai di Essaouira ini asik untuk jalan-jalan karena memiliki garis pantai yang panjang. Selain tiu, kalau kamu punya hobi surving, di sinilah salah satu tempatnya.

Traveling Aja Dulu Book Olivia Purba

Selain pesona pantainya, di sini kamu juga bisa menyaksikan kehidupan masyarakatnnya yang masih sangat tradisional. Di tahun 60 an, kota ini sempat menjadi tempat nongkrong wajib bagi para pemusik dunia seperti, Bob Marley sampai Jimi Hendrix. Rumah-rumah dan kapal di sekitar Essaouira pun tak kalah cantik loh, karena sebagian besar dicat dengan warna merah atau biru. Keren banget deh pokoknya buat difoto.

Maroko Essaouira

Jemaa el-Fna, Tempat Wisata Mainstream Di Maroko

Jangan ngaku-ngaku traveling ke Maroko kalau belum pernah mampir ke sini, Jemaa el-Fna adalah alun-alun yang berada di tengah kota Marrakesh. Segala hal mulai dari souvenir, camilan, sampai pertunjukkan jalananpun bisa kamu jumpai. Pengen coba tato henna? Di sini juga ada, harganya pun murah. Duh, pokoknya lengkap banget deh tempat yang satu ini.

Sunset adalah waktu yang paling cocok bersantai di cafe di depan Jemaa el-Fna sini.

Sebelum kamu traveling ke Maroko, kamu juga harus perhatikan 8 fakta menarik ini yang aku tulis dari pengalamanku tinggal di Maroko selama 3 minggu.

Mungkin kamu punya daftar tempat traveling di Maroko lainnya yang pernah kamu kunjungi, share di kolom komentar di bawah ini yuk!

Terakhir, jangan lupa tonton video di bawah soal pengalamanku tinggal di Maroko selama 3 minggu, subsribe ya!