Persiapan liburan tentu tidak boleh asal-asal. Bisa-bisa nanti akan repot jika tiba di tempat tujuan. Apalagi jika memiliki balita yang ingin dibawa serta. Kendala utama biasanya adalah perlengkapan yang kelupaan atau tidak sesuai kebutuhan tempat liburan. Jadi perlu hati-hati mempersiapkan perlengkapan bayi ketika ingin liburan.

Selain itu, perlu untuk memahami destinasi wisata yang akan dituju. Apakah di sana mudah memperoleh barang-barang yang dibutuhkan? Seperti obat-obatan, camilan, dan sebagainya? Jika tempat liburan agak terpencil, ada baiknya membawa perlengkapan semuanya sendiri. Biasanya, perlengkapan anak akan menguasai setengah hingga satu koper untuk anak itu sendiri. Lalu bagaimana tips membawa perlengkapan liburan jika membawa balita? Ini dia yang harus dipersiapkan :

1. Cemilan

Ketika orang lapar, biasanya akan sulit berkonsentrasi terhadap sesuatu. Apalagi jika balita sudah lapar. Salah satu penyebab bayi menajdi rewel dan uring-uringan adalah karena lapar. Jadi pastikan si kecil sebelum berangkat sudah makan terlebih dahulu. Selama di perjalanan jika menggunakan kereta misalnya, atau harus naik pesawat hingga berjam-jam lamanya, ingat membawa cemilan kesukaan si kecil.

2. Minuman

Meski saat ini hampir semua tempat sudah menyediakan air mineral kemasan, tapi pastikan tetap mempersiapkan air dengan botol sendiri selama perjalanan. Kita tidak tahu di pertengahan jalan ketika tidak ada tempat untuk membeli minuman akan sedikit merepotkan.

Kalau bisa bawa 2 botol jika liburan di luar negeri karena terkadang mereka tidak menyediakan air untuk bilas saat di kamar kecil. Jadi botol air mineral bisa kita manfaatkan. Selain itu, membawa botol minuman sendiri sekaligus menghemat plastik. Kita bisa mengisi ulang botol di mana saja.

3 Baju Ganti

Cuaca yang kadang tidak menentu membuat kadang cukup merepotkan. Jika tiba-tiba hujan deras saat sedang berada di tempat wisata dan baju basah, orang dewasa mungkin masih bisa menahan dingin, namun tidak demikian dengan balita. Mereka masih memiliki daya tahan tubuh yang kurang. Ketika baju mereka basah, segera menggantinya dengan baju kering agar tidak mudah sakit.

4. Topi/Penutup Kepala

Cuaca yang panas atau terik terkadang bisa membuat sakit kepala. Pastikan membawa topi atau penutup kepala untuk si kecil. Pilih dari bahan kain yang nyaman dan tidak menyerap panas.

Traveling Aja Dulu Book Olivia Purba

5. Perlengkapan Bayi Kereta Dorong

Seorang balita mungkin kelelahan jika harus berjalan jauh. Berwisata ke luar negeri yang biasanya membuat kita lebih sering jalan, atau ke tempat wisata alam yang juga membutuhkan waktu tempuh cukup jauh sebelum sampai ke tujuan, ada baiknnya membawa stroller sesuai dengan kebutuhan anak. Bisa yang roda empat atau roda tiga (magic stroller). Pastikan bahannya ringan dan mudah dilipat agar mudah dibawa ke mana-mana. Termasuk saat membawanya ke dalam pesawat (stroller biasanya disimpan di bagasi pesawat saat akan berangkat, tidak diletakkan bersama bagasi kargo koper).

6. Perlengkapan Bayi Mainan

Jangan sampai si kecil merasa bosan hingga menjadi rewel ketika di dalam perjalanan. Pastikan bawa mainan yang bisa menghibur si kecil.  Mainan adalah salah satu barang yang harus dibawa saat liburan

7. Buku Bacaan

Buku bacaan juga bisa menjadi alternatif untuk menghibur si kecil saat dalam perjalanan. Bawa buku bacaan yang cukup ringan agar tidak memakan tempat. Temasuk saat akan menginap di hotel, buku bacaan bisa menghibur si kecil jika belum bisa tidur. Jadi buku bacaan adalah perlengkapan yang harus dibawa saat menginap di hotel.

8. Jaket

Jika kondisi cuaca di tempat liburan cukup dingin, pastikan untuk tidak lupa membawa jaket agar si kecil tidak mudah sakit.

9. Payung

Meski ini cukup merepotkan, tapi terkadang ini dibutuhkan apalagi jika membawa balita. Kita bisa mencari payung yang mudah dilipat dan ringan agar tidak terlalu berat.

perlengkapan bayi liburan

10. Obat-obatan

Minyak kayu putih, obat anti mabuk, plaster penutup luka, dan lain sebagainya adalah obat-obatan yang penting untuk dibawa selama berliburan dengan si kecil. Jika kedinginan, segeran balurkan minyak kayu putih agar tidak masuk angin.

11. Perlengkapan Bayi Popok, Perlak & Tissue Basah

Balita yang belum bisa buang air di toilet pastikan untuk menyiapkan popok secukupnya. Bisa kewalahan jika di tempat wisata tidak menjual popok. Tissue basah dan perlak, bisa jadi penolong jika si kecil buang air saat di dalam kendaraan.

12. Perlengkapan Bayi Alas Kaki

Terkadang, membawa satu alas kaki dan kaos kaki si kecil harus lebih dari satu. Meski liburan hanya sehari, kadang si kecil bermain ke tempat yang basah atau becek. Pastikan mengganti alas kaki si kecil jika dibutuhkan.

13. Perlengkapan Bayi Alas Duduk

Beberapa tempat wisata alam biasanya tidak terlalu banyak menyediakan tempat atau balai-balai untuk beristirahat. Apalagi sebuah tempat wisata yang masing jarang terjamah wisatawan. Pastikan bawa alas duduk, bisa berupa koran bekas, atau karpet kecil.

14. Kebutuhan Administrasi Anak Jika ke Luar Negeri

Ketika ingin berlibur ke luar negeri, pastikan paspor sudah difotocopy rangkap 2. Simpan 1 di rumah, dan satu saat dibawa jalan, itu untuk menghindari hal-hal tidak diinginakan. Juga beberapa perlengkapan administratif lainnya, jangan sampai terlupa. Untuk proses pembuatan paspor, kamu bisa cek di artikel ini.

Itu dia perlengakpan bayi yang wajib di bawa pada saat liburan persiapan liburan. Kawan saya memiliki tulisan menarik membawa balita liburan di sini : Pengalaman Menjelajahi 6 Tempat Wisata Malang-Batu dalam 24 Jam.

Yang perlu ditekankan, mungkin setiap anak kebutuhannya berbeda-beda. Jadi pastikan pahami karateristik kesukaan anak sebelum menyiapkan perlengkapan bayi kamu sebelum liburan. Tidak semua anak menyukai buku bacaan, bisa diganti dengan mainan lain yang lebih disukainya. Pastikan juga sebelum berangkat, kondisi si kecil fit untuk dibawa liburan.

Anak yang sedang sakit, tidak dianjurkan untuk ikut liburan. Terakhir, semoga liburan bersama keluarga semakin menyenangkan dengan kehadiran si kecil yang aktif dan lincah ya.

Sebagai referensi, kamu juga bisa liat pengalaman Bunda Shafira traveling di Pulau Belitung bersama satu bayi dan satu balitanya. Semangat liburan!

Tentang Penulis:

  • Triyatni Ashari adalah emak-emak yang sedang belajar untuk doyan nulis. Suka sharing apa saja yang bermanfaat. Tulisannya yang masih jauh dari standar ada di https://pohontomat.com atau instagram http://www.instagram.com/pohontomat. Kenapa pohontomat? Silakan dikepoin kalau berkenan, hihi.