Siapa nih yang suka mampir ke blog-blog travel saat ingin mencari tahu tentang informasi destinasi wisata yang ingin dituju? Ya, travel bloger memang menjadi salah satu sumber informasi terbaik untuk kamu yang tengah mencari inspirasi liburan atau membuat itinerary perjalanan travellingmu selanjutnya. Nah, di bawah ini ada daftar 10 travel blogger keren di Indonesia yang aktif dan populer di kalangan pecinta wisata. Penasaran siapa saja mereka? Langsung simak yuk!

1.Trinity (naked-traveler.com)

Ia memulai blog pada tahun 2005 yang kemudian dilanjutkan menerbitkan buku soal traveling pada 2007. Kalau kamu mengira 15 tahun karir Trinity di travel blog menentukan kesuksesan dan ciri khasnya, sebenarnya tidak bisa dibilang serratus persen benar. Jauh sebelum membangun karir blognya, Trinity adalah seorang alih Bahasa, copywriter, penyiar radio, kolumnis majalah jalan-jalan, sampai contributor di majalah.

Tidak heran, dari pengalaman inilah Trinity membentuk ciri khasnya dalam bercerita. Setiap tulisan yang ia unggah selalu menarik untuk disimak. Bahasanya yang ringan dan mudah dipahami membuat siapapun pasti betah berlama-lama membaca begitu banyak artikel yang telah ia tulis. Apalagi, berkat pengalamannya dalam dunia kepenulisan itulah yang membuat dirinya lebih peka dalam memilah informasi unik yang dapat menjadi magnet bagi pembaca. Trinity juga merupakan inspirasi awal saya untuk bisa traveling keliling dunia. Sttt.. trinity juga kasih endoresment untuk buku ‘Traveling Aja Dulu’ lho!

Trinity Traveler

2. Adam & Susan (pergidulu.com)

Saat membuka blog PergiDulu.com, kamu akan disambut oleh dua orang di balik kesuksesan blog ini. Kedua orang tersebut adalah Adam dan Susan yang merupakan pasangan suami istri yang sama-sama punya hobi traveling. Sejak menikah pada 2012 lalu, mereka langsung menjelajah Australia dan New Zealand. Kini, sudah lebih dari 60 negara yang berhasil ia jejaki, tidak seperti wisatawan pada umumnya mereka tidak suka terburu-buru, kedua sejoli ini butuh waktu setidaknya satu minggu untuk menjelajahi destinasi yang diidamkan. Karena itulah tidak heran kalau keduanya pernah jalan kaki ribuan kilometer demi merasakan pengalaman traveling sesungguhna di Spanyol.

Bukan hanya destinasi wisata yang layak untuk dikunjungi, PergiDulu juga membagikan informasi mengenai hotel murah, hostel murah, itineary, oleh-oleh sampai tujuan wisata kuliner. Jadi apapun yang ingin kamu lakukan saat traveling, kamu bisa menemukan inspirasinya dari blog keren ini.

Pergi Dulu Susan Adam

3. Wira Nurmansyah (wiranurmansyah.com)

Pria kelahiran 1989 ini terkenal dengan kisah perjalanannya yang seru, Wira Nurmansyah juga sering menampilkan foto-foto keren hasil dari potretnya selama traveling di blog miliknya. Biasanya, ia lebih sering berkeliling ke kota-kota dan tempat indah sendirian saja tanpa ditemani oleh siapa pun.

Pria yang kerap disapa Wira ini sempat bercerita tentang alasannya mulai ngeblog pada 2008. Yaitu karena ia ingin mengabadikan setiap proses perjalannya dengan tujuan “pamer” sekaligus mengedukasi traveler lain agar punya kesadaran dan tanggung jawab dengan perjalanan yang telah mereka lakukan.

Wira Nurmasyah travel blogger indonesia

4. Arief Rahman (backpackstory.me)

Salah satu dari 10 travel blogger keren di Indonesia adalah pria kelahiran Semarang bernama Arief Rahman. Ia adalah pemiliki blog backpackstory.me yang di dalamnya terdapat segudang cerita perjalanan yang dituangkan secara ringan, lucu, akrab dan cerdas.

Setelah sebelumnya mencoba berbagai profesi demi menyadari panggilan harinya untuk menjadi traveler dan penulis, kini ia tidak lagi tanggung-tanggung untuk menjalaninya. Berbagai penghargaan pun telah ia kantongi. Seperti penghargaan Indonesia’s Best Travel Blog of the Year 2014, bukan hanya sebagai penulis blog, ia juga berhasil menerbitkan beberapa buku yang berupa kumpulan cerpen. Bisa dibilang Arief Rahman diberkahi kepekaan emosi dan kemampuan unik untuk melihat sisi lain dari dunia, sehingga tulisannya pun kaya warna dan terasa hidup. Ulasannya juga sering menjadi rujukan bagi traveler lain yang ingin memulai perjalanan wisatanya, pengurusan visa, hingga mencari cinta.

ariev rahman travel blogger indonesia

5. Kadek Arini (kadekarini.com)

Mungkin beberapa dari kalian sudah tidak asing dengan nama travel blogger keren di Indonesia satu ini. Dalam blog miliknya, ia rajin berbagi kisah petualangannya menjelajahi berbagai tempat di penjuru tanah air bahkan juga luar negeri. Kamu juga bisa menemukan berbagai tips yang ia bagikan bagi para pembacanya, termasuk bagaimana cara memulai menjadi travel blogger. Selain itu, blognya juga dihiasi foto-foto cantik hasil karyanya selama traveling.

kadekarini

6. Jennifer Anandary (jenniferanandary.com)

Kebanyakan travel blogger Indonesia memulai karir dari menulis, namun beda halnya dengan Jennifer yang memang menyukai dunia traveling ke berbagai tempat unik di seluruh dunia. Namun, ia hanya membagikan foto-fotonya melalui Instagram, atas saran dari followersnya itulah ia akhirnya membuat blog.

Kesan etis langsung terasa ketika kamu berkunjung ke laman pribadinya, nuansa warna-warna cerah menajdi penghias halaman blognya. Mulai dari potongan foto Instagram di bagian teratas, hingga judul artikelnya yang dilengkapi dengan potongan ilustrasi yang membuat siapapun pasti tertarik untuk segera membacanya.

jennifer anandary travel blogger indonesia

7. Adis Takdos (whateverbackpacker.com)

Kalau kamu pernah mengalaminya sendiri, pasti sudah tahu betapa sulitnya traveling sendirian dengan anggaran terbatas ala backpacker. Tapi, sekarang kamu tidak usah terlalu khawatir, karena ada travel blogger Indonesia yang berpengalaman dan siap membagikan tips menjadi backpacker berdasarkan pengalamannya selama bertahun-tahun. Lewat blog miliknya, Adis Takdos bisa membuktikan kalau anggaran minim bukan berarti bisa memupuskan impianmu untuk pergi traveling, bahkan untuk berkeliling dunia sekalipun. Selain menjadi blogger, sekarang Adis Takdos sibuk mengurus usaha travel agencynya.

adis takdos travel blogger indonesia

8. Sutiknyo (lostpacker.com)

Akrab dipanggil Tikno Bolang, selain traveling ia juga gemar mecoba hal baru. Segala pengalaman travelingnya dibagikan dalam blog miliknya yang bukan hanya berupa foto atau tulisan saja, melainkan juga video yang bisa kamu tonton. Prinsip yang sering dibagikan adalah berani tersesat, jadi tidak heran kalau banyak tempat baru yang sangat jarang bisa kamu peroleh dari travel blogger lainnya. Salah satu pengalaman uniknya selama traveling adalah menjelajahi Nusa Tenggara menggunakan motor selama 3 bulan.

lostpacker travel blogger indonesia

9. Fahmi (catperku.com)

Nama blog ini adalah sebuah akronim dari Catatan Perjalananku, yang bisa kamu kunjungi kalau ingin mencari insight soal destinasi wisata yang dibalut dengan nilai-nilai human interest. Itulah salah satu alasan mengapa Fahmi punya sudut pandang dan cerita yang unik. Entah itu soal tempat wisatanya yang sudah terkenal atau bahkan masih asing didengar, atau juga soal budaya lokal dan festival.

Bukan hanya gaya bahasanya yang akan mengajakmu untuk segera beranjak keluar, tapi juga visual blognya yang bikin mata iri untuk segera menyaksikannya sendiri. Ilustrasinya bukan saja ditampilkan dalam jepretan foto, tapi ada videonya juga lho!

catperku

10. Marischka Prudence (marischkaprudence.com)

Awalnya berprofesi sebagai reporter salah satu televisi swasta, eh malah kecantol sama traveling. Diawali dari kegemarannya scubadiving,  perempuan yang terlihat cantik dengan rambut yang sering di warnai terang ini gemar menjelajahi wilayah laut indonesia untuk kegiatan olahraga laut.

Marischka bahkan nekad resign dari kerja di tahun 2012 agar bisa fulltime menjadikan hobi travelingnya sebagai karier. Selain bisa menemukan kisah perjalanannya yang menarik, kamu juga bisa mendapat tips traveling yang pastinya bermanfaat.

marischka prudence travel blogger indonesia

 

 

 

 

11. Olivia Purba (www.travelingajadulu.com)

Bonus satu lagi, ini siapa lagi kalau bukan saya Olivia Purba, dari Traveling Aja Dulu. Awalnya traveling untuk studi dan kerjaan, malah keterusan. Hingga sekarang sudah keliling ke lebih dari 50 negara di 6 benua di dunia. Sebagian besar perjalananku solo lho! Yang tanya kerjaan, sekarang aku usaha bisnis airbnb dan konsultan lingkungan.  Yang penasaran profile lengkapku bisa cek 31 fakta tentang Olivia ya!

Olivia Purba Traveling Aja Dulu

Nah, itulah 10 travel blogger keren di Indonesia yang bisa menjadi sumber referensimu sebelum memulai perjalananmu menjelajahi berbagai tempat eksotis dan menawan di seluruh penjuru Indonesia, bahkan juga dunia. Dari travel blogger di atas, siapa nih jadi favoritmu? Komen di bawah ya!

Traveling Aja Dulu Book Olivia Purba