Banyak yang bertanya pemasukan saya selagi traveling dari mana? Apakah saya bekerja selama traveling? Jawaban singkat nya adalah… bisnis! Saya punya beberapa lini bisnis. Nah salah satu saya adalah bisnis sewa menyewa dua apartemen yang saya miliki via Airbnb Indonesia.

Yang penasaran gimana caranya saya bisa punya 2 apartemen dan 1 rumah dan semuanya sudah LUNAS, bisa cek di video youtube di bawah. Jangan lupa subscribe ya!

Kembali lagi soal sewa menyewa Airbnb di Indonesia, awalnya saya hanya menyewakan apartemen saya untuk jangka panjang karena saya malas berurusan dengan sewa jangka pendek yang terkadang tamunya suka rewel. Tapi ternyata di Airbnb bisa ditentukan minimum jangka sewanya berapa lama. Saya pribadi buat minimum sewanya selama 3 hari biar gak ribet.

Kamu bisa liat listing Airbnb saya di sini.

Bisnis Airbnb Olivia

Halaman depan Airbnb saya

Awalnya saya kenal Airbnb karena waktu tinggal di Kolombia selama dua bulan tahun 2015 lalu, saya ingin tinggal dengan penduduk lokal karena saya ingin kenal lebih budaya Kolombia dari orang lokal. Karena di hotel tidak bisa banyak interaksi dengan warga lokal,  teman saya pun memberikan rekomendasi Airbnb.

traveling kolombia

Penampakan saya backpacking di Kolombia Januari 2016

Yang belum kenal Airbnb ialah platform yang memungkinkan individu pemilik unit properti untuk menyewakan sebagian atau seluruh unit miliknya kepada penyewa tanpa melalui agen atau perantara lain (selain platform itu sendiri). Sistem Airbnb adalah kita nginap di rumah pemilik rumah sambal sharing beberapa fasilitasnya. Ada juga opsi untuk sewa seluruh apartemen jadi gak perlu ketemu si pemilik rumah (kayak properti saya).

Ternyata setelah tinggal di Airbnb, malah betah karena dapat tempat tinggalnya dan dapat pengalaman lokalnya. Plus host saya malah ngajakin ke acara keluarganya pas natal. Berasa family sudah! Hahaha.

Hingga sekarang saya sering berpergian dengan menggunakan Airbnb, favorit saya adalah Airbnb di Argentina karena murah dan bagus!

Kalau kamu belum pernah nyobain Airbnb waktu traveling ke luar negeri, cobain gih. Pakai kode ini biar dapat diskon $41 dollar, tapi jangan takut karena kamu bisa menghubungkan kartu kreditmu jadi pemebayrannya bisa rupiah

 

Nah beda di host dan beda lagi nge-host alias membuka rumah/apartemen/kamar di rumah pribadi untuk di sewakan ke tamu. Saya sendiri hanya menyewakan apartemen di Airbnb karena ada kecenderungan masyarakat khususnya di perkotaan semakin menyukai bangunan tipe vertikal seperti ini. Cek 5 keuntungan yang kamu dapatkan dengan tinggal di apartement.

Kalau ini baru saya lakukan sejak 3 tahun yang lalu. Pemasukan dari sewa Airbnb di Indonesia untuk saya lumayan. Bisa menutupi setidaknya kebutuhan dasar akomodasi, makan dan transport. Yang penasaran gimana caranya, langsung aja yuk

Cara Bisnis Sewa Properti di Airbnb

Pertama, langsung cus ke situs Airbnb dan mendaftarkan akun kamu. Isi profil kamu selengkap mungkin termaksud nama, biodata kamu, dan identitas kamu untuk proses verifikasi. Kalau bisa pasang juga profil foto yang profesional sehingga lebih meyakinkan.

Setelah itu kamu bisa menambakan detail mengenai jenis properti yang akan kamu sewakan, apakah itu kamar, apartemen, bed and breakfast, berapa orang kapasitasnya dan apakah tamu akan sharing dengan kamu.

Host Airbnb

Langsung klik ya guys di gambar untuk memulai hosting Airbnb

Isi lengkap dan sejujur-jujurnya. Kalau tidak sesuai dengan deskripsi, bisa jadi tamu akan complain dan memberikan review yang tidak baik di halaman properti yang kamu sewakan. Biasanya review ini yang di jadikan penilaian calon sewa lainnya apakah akan menyewa property kamu atau tidak.

Review Airbnb

Review apartemen Skyview di Medan milik saya.

Pada saat registrasi, kamu juga akan di minta untuk menuliskan secara lengkap alamat propertimu, lokasi di map, dan melengkapkan foto dari berbagai sudut.

Bisnis Sewa Airbnb 4

 

Setelah itu, tambahkan detail fasilitas tempat yang akan disewakan seperti wifi, tv, shampoo, pengering rambut, tempat kerja, fasiltias gedung seperti  kolam renang atau parkiran. Kalau mau kamu juga bisa menyediakan sarapan ke tamu juga!

Bisnis Sewa Airbnb 2

Asiknya menyewakan properti di Airbnb, kamu bisa mem-block tanggal di mana properti kamu tidak tersedia untuk disewakan, misalnya dipakai untuk keperluan pribadi.

Tips Agar Usaha Sewa Properti Airbnb di Indonesia di Lirik

1.Pilih Foto Terbaikmu 

Penting banget supaya kamu memilih foto kamar dengan angle baik dan resolusi yang tinggi untuk di pajang di Airbnb Indonesia. Bahkan menurut saya ini hal yang paling penting dari usaha sewa menyewa properti di Airbnb. Terutama karena manusia punya tendensi untuk tertarik pada visual yang menarik. So, semakin bagus kualitas foto, semakin besar juga kemungkinan calon sewa untuk melirik propertimu.

Kalau saya pribadi selalu berusaha mengambil foto di siang hari yang cerah dan diedit sedikit dengan photoshop untuk menerangkan bagian yang warnanya kurang.

2.Buat “Nama Iklan” Airbnb Indonesia Seunik dan Seatraktif Mungkin

Nama iklan yang singkat dan lugas bisa langsung menarik perhatian penyewa. Informasi juga bisa di buat sepadat mungkin

Misalnya “Apartemen Studio Lengkap Di Tengah Kota Medan” atau “Kamar di Rumah Asri Area Hits Kemang”

3. Kreatif Menulis Deksripsi Properti Sewa Airbnb

Di sini, kamu harus memasukkan semua informasi menjual pada propertimu seperti:

  • Tempat wisata atau area nongkrong terdekat,
  • Jarak dari pusat kota, bandara atau stasiun kereta, termaksud informasi bagaimana cara menuju ke property mu dari bandara atau station terdekat.
  • Kamar mandi (sharing dengan pemilik, di dalam atau luar),
  • Ketersediaan Wi-Fi,
  • Fasilitas apartemen
  • Jam check in/check out flexible

Menentukan Harga Sewa Kamar Airbnb Indonesia

Sebelum menentukan harga, kamu harus riset dulu harga standart untuk jenis propertimu di area tersebut. Jangan sampai harga mu kemahalan dan malah jadi tidak laku. Kamu bisa liat listing sejenis yang sudah ada di Airbnb di Indonesia.

Saran saya di awal usaha, lebih baik membuat harga yang relative lebih murah. Nah setelah kamu mendapatkan review yang positif dari beberapa tamu baru kamu bisa menaikkan harga sedikit karena artinya properti kamu sudah terbukti kwalitasnya.

Kamu juga bisa memilih pilihan harga flexible. Artinya harganya fluktuatif sesuai dengan jumlah permintaan di tanggal tertentu. Meskipun begitu kamu bisa menentukan angka harga minimal dan harga maksimal. Jadi kalau pun lagi sepi, property kamu ada harga sewa minimalnya sehingga gak rugi amat.

Satu lagi kamu juga harus menetukan harga kebersihan yang akan di bebankan kepada penyewa sekali di akhir sewa.

Informasinya juga aku share via Youtube, jangan lupa subscribe ya!

 Beberapa tips menjadi host yang baik a.ka. superhost.

  • Kalau ada pertanyaan atau request dari calon tamu, respon kurang dari 24 jam biar kamu dapat status superhost. Nah superhost ini nantinya bisa meningkatkan potensi kamar kamu di lirik.
  • Selalu memerhatikan kebersihan property Airbnb (mengganti sprei, handuk dan memastikan tidak ada debu)
  • Tambahkan guide bisa berupa area yang dikunjungi di kota tempat property kamu berlokasi, atau essential guide’ berisi informasi dimana mencari SIM card, menggunakan aplikasi gojek  dan transportasi khususnya untuk tamu asing yang baru tiba di Indonesia.

Siapa yang sudah memulai bisnis sewa propertinya di Airbnb? Sharing pengalaman kamu di kolom komentar di bawah ya!

Traveling Aja Dulu Book Olivia Purba