Dublin merupakan ibukota kecil di Irlandia yang menyajikan berbagai sejarah dan hiburan bagi siapa saja yang mengunjunginya. Ada banyak situs bersejarah seperti museum dan kastil yang bisa memberikan informasi menarik tentang sejarah Dublin. Saya sendiri ke Dublin sendiri pada bulan Desember 2019 yang lalu. Karena perjalanan saya hanya 2 hari 3 malam, saya berusaha sebanyak mungkin mengunjungi tempat-tempat seru di Dublin.

Berikut beberapa tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di Dublin!

Traveling Aja Dulu Book Olivia Purba

Malahide Castle & Gardens

Terdapat banyak kastil yang berdiri di Dublin selama berabad-abad, Malahide Castle & Gardens merupakan lokasi yang paling recommended. Kastil ini telah berdiri sejak abad ke-12 dengan medieval yang khas dan tumbuhan hijau merambati bangunan kastil. Kastil ini dulunya merupakan kediaman keluarga Talbot selama 800 tahun lamanya.

Berkunjung ke lokasi ini, kamu akan ditemani oleh tour guide untuk menjelajahi bagian dalam kastil dengan cerita yang menarik. Penelusuran dalam kastil kurang lebih akan memakan waktu selama 45 menit.

Siap-siap terkejut dengan pemandangan taman belakangan kastil yang indah. Taman di kastil ini merupakan rumah bagi 5000 spesies tumbuhan. Banyak bagian luar kastil yang bisa kamu kunjungi dengan gratis. Di dekat kastil, ada Avoca Cafe dan toko souvenir di pusat turis dalam kastil untuk membeli oleh-oleh.

Malahide Castle

Trinity Old Library

Sewaktu ikut free walking tour di Irlandia (rekomonded banget ikutan ini kalau traveling sendirian), tempat pertama yang ditunjukkan oleh tour guide adalah Trinity College yakni kampus tertua di Irlandia. Kampus ini terkenal dengan perpustakannya yakni Trinity Old Library.

Perpustakan ini terbuka bagi kalangan umum untuk berkunjung maupun meminjam buku. Biaya masuknya sekitar 11 euro.

Tak hanya kelengkapan bukunya, arsitekturnya yang megah dan mewah pasti akan membuat kamu terkagum-kagum. Salah satu area ikonik dari perpustakaan ini adalah The Long Room, lorong utama dari perpustakaan ini yang memiliki panjang hingga 65 meter dengan 200.000 buku di sekitarnya. Berjalan di lorong ini akan mengingatkan kalian ada perpustakaan Hogwart dalam film populer Harry Potter.

Kalau kalian ingin ke sini, jangan lupa pesan tiketnya online. Karena tempat ini sangat populer banyak antrian sebelum masuk, pesan tiket online akan menghindari kamu dari antrian yang panjang.

trinity library

Guinness Storehouse, A Must Traveling di Irlandia

Guinness merupakan salah satu beer terkenal asl Irlandia. Kamu bisa menemukan bir hitam ini hampir di seluruh bar di Irlandia. Buat kamu yang ingin mengetahui sejarah sambil menikmati bir Guinness, wajib banget mengunjungi Guinness Storehouse dalam rangkaian traveling Irlandia kamu.

Untuk menjelajahi keseluruhan lokasi ini, kamu akan menghabiskan kurang lebih 1 setengah jam. Ada berbagai display menarik dengan berbagai informasi tentang brand Guinness.

Spot yang paling populer di lokasi ini adalah bar rooftop yang nyaman dan menyuguhkan pemandangan Dublin yang indah. Pastinya, kesempatan untuk mencicipi segelas bir besar Guinness di bar ini bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Buat kamu yang membawa anak-anak, tetap bisa berkunjung ke Guinness Storehouse, kok. Namun, wajib mematuhi peraturan dan jangan lupa pengawasan pada anak. Biar gak ngantri, kamu bisa pesan tiket masuknya online disini

irlandia guiness

Bram Stoker’s Castle Dracula Experience

Kamu penggemar sosok vampir atau drakula, harus banget mengunjungi Bram Stoker’s Castle Dracula Experience yang berada di Dublin. Kastil yang cukup besar dengan gaya gothic ini memiliki berbagai sudut “mengerikan” sekaligus artistik yang akan memberikan pengalaman tak terlupakan.

Bram Stoker sendiri merupakan seorang penulis Irlandia yang pertama kali menciptakan sosok drakula dalam novel misterinya. Kita juga bisa mendapatkan beberapa informasi tentang novelis legendaris tersebut di kastil ini.

Ada berbagai area menarik yang bisa kamu telusuri di area ini, mulai dari Castle Tunnel, Spinning Bridges yang menuju Vampire Courtyard, Dracula’s Liar dan panggung pertunjukan World’s Only Graveyard Theatre.

Bram Stoker

Itu tadi berbagai tempat wisata di Dublin yang patut kamu kunjungi dalam rangkaian traveling Irlandia. Selain ke empat tempat tadi di atas, Irlandia juga punya beberapa gereja katolik tua yang bersejarah. Karena berbeda dengan tetangganya Inggris yang sebagian besar beragama Protestan, di Irlandia agama mayoritas adalah katolik.

Tempat favorit pribadi saya di Irlandia adalah Temple Bar di Dublin. Suasanya Natal di bar ini meriah banget banget seperti gambar di bawah.

Temple Bar irlandia Traveling Aja Dulu

 

 

 

Kalau kalian datang ke Irlandia bulan Desember, ada pasar malam dan hiburan menarik lainnya yang bisa kalian ikuti. Jadi gak bakalan bosan, terutama di daerah Henry Street di Dublin.

Untuk apply visa Irlandia, gratis lho! Kalau kamu kebetulan sudah ada rencana ke Eropa, gak ada salahnya mampir ke Irlandia, apalagi sekarang udah banyak maskapai yang murah seperti Ryanair (yang memang maskapai asal Irlandia)

Kamu juga bisa liat pengalamaku apply visa di channel Youtubeku di bawah, jangan lupa subscribe ya!