Wisata ke negara Eropa Timur seperti Polandia sudah mulai banyak di lirik sebagai alternatif  negara-negara Eropa lainnya yang populer di kunjungi  seperti Inggris, Belanda, atau Jerman. Buat kamu yang tertarik untuk merencanakan wisata di Polandia, coba kunjungi Krakow. Krakow merupakan salah satu kota yang berlokasi di selatan Polandia. Kota ini terkenal dengan arsitektur kotanya yang masih mempertahankan masa medieval. Ada banyak situs bersejarah dengan kemegahan bangunan yang akan membuat kamu terpukau.

Menyempatkan sehari saja mengunjungi Krakow dan mengelilingi kota bisa menjadi pengalaman tambahan yang menyenangkan. Berikut beberapa tempat wisata ikonik di Krakow yang patut kamu kunjungi.

Main Market Square

Main Market Square merupakan pusat dari Kota Tua di Krakow. Alun-alun kota ini merupakan alun-alun medieval terbesar yang ada di Eropa dengan luas 200 meter. Ada beberapa bangunan tua yang menjadi landmark dari lokasi ini. Mulai dari Cloth Hall dari abad ke-16, Town Hall Tower dari abad ke-15, dan bangunan tua lainnya yang masih dipertahankan wujud aslinya.

Kamu juga bisa berpose di depan patung Adam Mickiewicz di bagian timur Main Market Square. Ia merupakan seorang pujangga Polandia pada abad ke-19. Saat wisata diPolandia, mungkin kamu akan lebih nyaman menggunakan jasa tour. Agar tidak melewatkan hal-hal penting, kamu bisa memesan tour satu jam berkeliling Main Market Square ini menggunakan jasa free tour.

main market krakow

Oskar Schindler’s Enamel Factory (Museum Krakow)

Buat kamu yang menyukai sejarah khususnya informasi seputar Perang Dunia II dan Nazi, wajib banget mengunjungi Oskar Schindler’s Enamel Factory. Oskar Schindler merupakan salah satu sosok yang memiliki jasa besar bagi para orang Yahudi pada Perang Dunia II. Ia membangun sebuah pabrik dan mempekerjakan para orang Yahudi agar tidak perlu dikirim ke perkemahan konsentrasi Nazi. Sekarang pabrik tersebut telah menjadi Museum Krakow.

Membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam untuk menelusuri museum secara keseluruhan. Kamu akan mendapatkan berbagai informasi penting seputar sejarah Krakow dan Perang Dunia II. Ada pula area khusus yang didedikasikan untuk Oskar Schindler dalam museum ini. Agar tour Museum Krakow kamu terasa lebih maksimal, ada baiknya menyewa tour guide.

Oskar Schindler Wisata Polandia

Wawel Royal Castle

Berikutnya merupakan salah satu landmark yang menjadi identitas Polandia yaitu Wawel Royal Castle. Jika kamu berkunjung ke Krakow untuk menikmati keindahan arsitektur medieval-nya, berkunjung ke kastil satu ini merupakan hal yang wajib ada di agenda kamu!

Wawel Royal Castle yang juga merupakan museum ini memiliki 5 bagian yang bisa kita jelajahi, yaitu; Crown Treasury and Armoury, State Rooms, Royal Private Apartments, Lost Wawel, dan Exhibition of Oriental Art. Setiap ruang memiliki tiket masuk terpisah, jadi kamu bisa tentukan ruangan mana yang menarik untuk dikunjungi dan menghemat budget.

State Rooms dan Royal Private Apartments merupakan ruangan paling recommended buat kamu. Namun, seluruh bagian dalam kastil ini menghadirkan pesona pada setiap sudutnya.

Wawel Royal Castle

Krakus Mound

Untuk menikmati udara sejuk dan keindahan alam di Krakow secara gratis, kamu bisa berkunjung ke Krakus Mound. Terdapat banyak gundukan ikonik yang unik di Krakow, namun Krakus Mound merupakan situs yang paling recomended dan populer.

Jika kamu berkunjung ke Krakow pada musim semi atau panas, waktu tersebut bisa menjadi waktu musim sempurna untuk melihat hamparan rumput hijau di area Krakus Mound. ‘Mound’ atau gundukan memiliki tinggi yang tidak terlalu susah kamu daki, kok. Akan ada jalur spiral yang aman untuk kamu lalui hingga ke puncak gundukan.

Menyempatkan diri jalan-jalan di area taman Krakus Mound bisa menjadi kegiatan yang santai dan menyenangkan.

Krakus Mound Wisata PolandiaItu tadi berbagai tempat wisata di Krakow yang bisa kamu nikmati seharian dalam kunjungan singkatmu di kota tersebut. Pastikan masukan kota dalam rencana wisata di Polandia kamu, ya! Selain Polandia, jangan lupa kunjungi kota-kota non mainstream lainnya di Eropa, terutama kalau kau sudah dapat visa Schengen. Why not?