Nepal merupakan lokasi wisata yang terkenal dengan pesona pegunungan menakjubkan yang mengitarinya. Seperti Gunung Everest yang terkenal sebagai gunung dengan puncak tertinggi di dunia. Buat kamu yang ingin liburan ke Nepal, ada banyak kegiatan liburan yang lebih santai jika tidak berniat mendaki gunung. Nepal juga memiliki daya tarik di lokasi-lokasi spiritualnya yang kuno, kaya dengan nilai sejarah dan budaya. Kamu juga tetap bisa menikmati keindahan pegunungan sambil mengunjungi kuil dan restoran lokal. Berikut panduan wisata Nepal yang perlu kamu ketahui.

Bahasa yang Digunakan di Nepal

Nepal memiliki bahasa lokal yaitu Nepali. Namun Bahasa Inggris cukup populer di lokasi-lokasi wisata. Begitu pula di fasilitas internasional dan penginapan. Jadi kamu masih bisa jalan-jalan dan berlibur di negara bermodalkan Bahasa Inggris.

Mata Uang dan Penukaran Uang di Nepal

Mata uang yang berlaku di Nepal adalah Rupee Nepal. Kamu bisa melakukan penarikan uang di ATM di Kathmandu dan kota-kota besar. Pembayaran dengan kartu kredit/debit (Visa, MasterCard) juga bisa kamu andalkan di fasilitas umum seperti hotel, restoran, dan cafe. Meski potongan biayanya cukup besar. Namun, pembayaran paling fleksibel jika kamu ingin menelusuri area rural tetap uang tunai. Kamu bisa melakukan penukaran di money changer setempat, namun layanan di Nepal hanya menerima mata uang US dollar, pound sterling, euro.

Sim Card dan Akses Wifi di Nepal

Akses internet tersedia di kota-kota di Nepal, namun jangan terlalu berharap akses yang cepat. Kamu bisa dapatkan internet yang cukup cepat di cafe-cafe di Kathmandu. Namun paling praktis dan nyaman memang tetap menggunakan data internet. Kamu bisa membeli sim card dengan paket data internet, harga sim card dengan paketannya termasuk murah di Nepal. Provider yang paling populer dan bisa kamu temukan dimana pun adalah Ncell.

Untuk bisa memiliki SIM card di Nepal, vendor akan meminta beberapa data pribadi. Mulai dari fotocopy identitas passport, visa kunjungan Nepal, dan ada juga yang akan menyuruh kamu mengisi formulir khusus.

Akomodasi

Menemukan tempat menginap di Nepal tidak sulit dan kamu bisa menemukan berbagai jenis penginapan dengan berbagai variasi harga. Selain itu harga penginapan juga dipengaruhi musim atau waktu berkunjung. Biaya menginap di Nepal berada di kisaran harga $5 dan $35. Berikut adalah jenis penginapan yang bisa kamu jadikan referensi untuk menginap selama traveling di Nepal.

Pondok atau lodges. Pondok-pondok atau lodges memang ditujukan untuk pelancong Nepal, dan biasanya dibanderol dengan tarif yang cukup murah. Jadi jangan membayangkan kamu akan mendapatkan fasilitas terbaik saat menginap di Pondok. Ada kalanya fasilitas pondok cukup tidak sehat dengan lantai beton yang keras, shower tanpa pemanas, toilet jongkok dan lainnya. Terkadang pondok juga cukup bising jika ada orang lain yang menginap. Cobalah untuk mencari kamar dengan fasilitas kelambu dan kipas angin atau AC karena bisa jadi di kamarmu akan ada banyak nyamuk dan juga serangga.

Akomodasi wisata Nepal

Guesthouse. Banyak tempat bermalam yang berorientasi turis di Nepal menyebut penginapannya sebagai guest house wisma tamu. Penginapan dengan kategori guest house juga terdiri dari beberapa mulai dari flophouse primitif hingga hotel kecil yang ditata apik. Sebagian besar tempat menawarkan berbagai kamar dengan harga berbeda, dan terkadang tempat tidur asrama juga. Sebagian besar pemilik penginapan berbicara bahasa Inggris dengan sangat baik, dan dapat mengatur apa pun yang kamu perlukan mulai dari binatu hingga penyewaan trekking/porter. Kamu bisa menemukan guest house yang nyaman terutama di wilayah Kathmandu dan Pokhara yang memiliki tempat wisata tersendiri. Tarif menginap di guest house berkisar antara Rs300–1000, tergantung fasilitas dan pelayanan yang ditawarkan.

Akomodasi lainnya di Nepal

Hotel dan Resort. Penginapan yang lebih mewah dan berkelas biasanya disebut dengan Hotel atau Resort. Dengan fasilitas yang mumpuni tentunya mereka membandrol tarif bermalam yang cukup mahal berkisar antara $50 hingga $100 per malamnya. Beberapa Hotel memiliki pemandangan yang indah sementara Hotel lainnya menawarkan pengalaman unik saat menginap. Pondok-pondok di hutan atau tenda di Taman Margasatwa terai yang juga termasuk resor adalah jenis penginapan yang paling mahal dengan biaya sekitar $250 per malam.

Penginapan desa dan homestay. Semakin populernya paket wisata Nepal memungkinkan pengunjung untuk bermalam di rumah-rumah pribadi di desa-desa tradisional yang jauh dari jalur wisata. Menginap di desa atau yang juga disebut wisata desa atau homestay menawarkan kesempatan unik untuk melihat budaya masyarakat Nepal. Biasanya kamar-kamar di rumah-rumah lokal dilengkapi dengan kamar mandi dan beberapa fasilitas yang memang ditujukan untuk para turis. Dalam paket wisata biasanya pemandu akan menemani para tamu dan membantu bicara dengan warga lokal.

Favoritku kalau lagi traveling ke luar negeri  pesan hotel via Booking.com karena pilihannya banyak dan ada pilihan gratis pembatalan kalau berubah pikiran 🙂

Pilihan Transportasi Wisata Nepal

  • Bus Turis: Bus menjadi transportasi utama yang paling banyak kamu temukan di Nepal. Ada bus khusus turis yang bisa kamu manfaatkan dalam wisata Nepal. Busnya nyaman, dan kamu bisa  mendapat tempat duduk serta sejuk karena ber-AC. Rute bus turis juga memiliki pemberhentian langsung di berbagai lokasi wisata. Meski harga tiketnya lebih mahal, namun sangat saya rekomendasikan jika ingin perjalanan yang nyaman.
  • Bis Umum: Kalau ingin yang harganya lebih murah meriah, ada bus umum. Bus ini campur dengan penduduk lokal, ramai, dan panas. Sama seperti kendaraan umum di Indonesia yang murah. Busnya juga kerap berhenti lama untuk mencari penumpang dan lambat.
  • Taxi: Taxi di Nepal memiliki tarif meteran, namun tak jarang supir taxi tidak ingin menyalakan meteran dan memberikan harga di muka. Utamakan taxi yang mau menyalakan tarif meteran, kalau tidak ada, kamu harus pandai menawar agar tarifnya tidak terlalu mahal.
  • Rikshaw: Buat kamu yang ingin keliling Kathmandu dan lebih dekat dengan keramaian kota, bisa naik rikshaw atau becak. Sama seperti di Indonesia, kamu harus nego dulu harga yang tepat sebelum naik rikshaw di Nepal.
  • Pesawat: Untuk perjalanan antar kota, Nepal juga memiliki fasilitas pesawat. Meski cuacanya sangat ekstrim dan sulit diprediksi. Kemungkinannya besar untuk penerbangan di-delay berjam-jam.

Rekomendasi Tempat Wisata Nepal Terpopuler

Sebagai negara yang punya deretan pegunungan, Nepal memiliki empat musim. Musim paling sempurna untuk menikmati wisata Nepal adalah setelah monsoon, akhir bulan September sampai akhir bulan November. Cuaca cenderung kering dan awan cerah pada waktu tersebut sehingga panorama pegunungan Himalaya jadi terlihat lebih jelas. Nepal memiliki banyak lokasi situs warisan dunia bersejarah dengan sentuhan spiritual yang menawan. Berikut beberapa rekomendasi tempat wisata Nepal terpopuler.

  • Stupa Boudhanath

Stupa Boudha merupakan situs warisan budaya dunia yang berlokasi di area perdagangan kuno antara Tibet dan Nepal. Salah satu trademark negara dengan statusnya sebagai stupa bundar terbesar di dunia. Bisa jadi spot foto yang nepal banget. Lokasi ini merupakan tempat umum yang bisa kamu kunjungi kapan pun karena buka 24 jam.

  • Nagarkot

Kalau kamu menjadi spot melihat pegunungan Himalaya terbaik di Nepal, kamu bisa berkunjung ke Nagarkot di pinggiran utara Lembah Kathmandu. Selain pegunungan Himalaya, kamu juga bisa melihat Gunung Everest di sebelah Timur Laut. Wisatawan biasanya berkunjung ke nagarkot untuk pemandangan paling sempurna menjelang matahari terbenam. Lokasinya 4 jam dari pusat kota Kathmandu, jadi kamu juga harus pandai-pandai menentukan agenda untuk sampai di lokasi ini pada golden hour.

Traveling Nepala Himalaya

Foto saya mendaki Himalaya di tahun 2015

Tempat Wisata Nepal Populer Lainnya

  • Kuil Pashupati Nath

Berlokasi di pinggiran Kathmandu, Kuil Pashupati Nath adalah lokasi spiritual tertua dan tersuci. Berdiri samping aliran Sungai Bagmati. Kuil ini akan ramai oleh penganut agama Hindu lokal dan turis mancanegara saat Festival Maha Shivaratri. Kuil ini juga menjadi salah satu situs warisan dunia UNESCO yang patut kamu kunjungi selama berada di Kathmandu.

  • Museum Patan

Museum Patan masih menjadi bagian dari warisan religius kuno Hindu dan Buddha di Lembah Kathmandu. Lokasi ini juga bisa menjadi latar berfoto wisata Nepal yang khas banget. Membayar tiket masuk untuk melihat bagian dalam museum akan terasa tidak sia-sia. Museum Patan adalah salah satu museum kuno terbaik di kawasan Asia Selatan.

Ada Juga Dewi Kumari yang Hidup

Kumari Ghar mungkin bukan kuil termegah dan terindah di Nepal, namun lokasi ini terkenal karena kita bisa melihat Dewi Kumari yang hidup. Di Nepal, komunitas agama Buddha masih menjaga tradisi memilih Dewi Kumari dari penduduk awam. Yang terpilih adalah gadis berusia tiga atau empat tahun, Ia akan didandani seperti dewi keperawanan hingga menginjak usia dewasa, ketika dewi baru dipilih lagi.

Pengunjung bisa melihat Dewi Kumari cilik menunjukan diri di jendela kuil pada waktu tertentu. Pengalaman ini tentu bisa menjadi kesempatan yang sayang untuk kamu lewatkan dalam rangkaian wisata Nepal kamu.

Makanan Khas yang Wajib Dicoba Saat Wisata Nepal

Sebagai negara kawasan Asia Selatan, Nepal kurang lebih juga memiliki cita rasa makanan yang tak jauh dari kita. Penuh dengan rempah, menyukai bumbu pedas, dan makanan dengan aroma rempah yang kuat. Negara ini juga dekat dengan India bagian barat, tak heran jika kamu akan menemukan makanan-makanan ala kari dengan cita rasa kuat. Berikut beberapa rekomendasi makanan khas Nepal yang patut dicoba.

  • Mutton Curry: Sejenis kari dengan kuah yang kental, hidangan ini disajikan dengan chapati dan beras basmati. Biasanya disantap sebagai sajian makan malam yang mengenyangkan.
  • Dal Bhat: Hidangan satu ini cukup serupa dengan nasi rames atau nasi campur kalau di Indonesia. Menu nasi komplit dengan berbagai hidangan pokok khas Nepal. Berisi sup kacang, kari, sayuran, dan menu daging.
  • Lamb Bhutuwa: Kalau ingin hidangan daging yang berat, wajib cobain menu daging domba panggang khas Nepal ini. Sudah nikmat hanya dengan nasi hangat dan acar tomat yang segar.
  • Veg Pulao: Untuk makanan nasi khas nepal yang menyehatkan, kamu bisa mencoba veg pulao. Menu ini terbuat dari beras basmati dengan campuran sayur. Biasanya dihidangkan sebagai makan malam.

Itu tadi berbagai informasi seputar panduan wisata Nepal. Selamat berlibur!