Lithuania merupakan negara Baltik dengan wilayah terbesar di antara negara-negara Baltik lainnya. Sama seperti negara baltik lainnya, pemukiman modern di negara ini masih melebur sempurna dengan panorama alam di sekitarnya. Selalu ada kawasan hijau, sungai, hingga area hutan yang aman bisa kamu datangi di tengah kota. Wisata Lithuania juga menyimpan banyak pesona arsitektur kota dan landmark warisan dunia yang masih terjaga kondisinya untuk kita saksikan.

Menikmati musim panas di Klaipeda, temukan berbagai situs seni di Kaunas, dan pastinya nikmati semarak ibu kota di Vilnius. Ada banyak hal yang bisa kamu temukan di negara ini. Berikut panduan lengkap wisata Lithuania yang patut kamu simak!

Bahasa yang Digunakan di Lithuania 

Lithuania memiliki bahasa lokalnya sendiri. Sama seperti negara Baltik lainnya, penduduk Lithuania juga kerap menggunakan bahasa Rusia, Jerman, dan Polandia. Meskipun penduduknya banyak yang mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa asing nomor satu . Terutama para generasi mudanya. Meski penggunaannya masih kalah dengan bahasa lokal. 

Mata Uang dan Penukaran Uang di Lithuania 

Mata uang yang berlaku di Lithuania adalah euro. Masyarakat Lithuania kebanyakan bertransaksi dengan menggunakan kartu kredit cash, dan e-wallet. Jadi kamu bisa memanfaatkan money changer yang sekarang bisa dilakukan melalui e-wallet atau e-banking yang lebih praktis. Visa dan MasterCard berlaku di Lithuania. Sebaiknya untuk tidak melakukan penukaran uang cash di bandara atau hotel karena biaya tambahannya sangat tinggi. Lebih baik menukar uang di bank lokal, namun hanya untuk mata uang dolar USD dan poundsterling saja. 

Akomodasi

Dari semua negara Baltik yang saya kunjungi seperti Latvia dan Estonia, negara yang paling murah adalah Lithuania, termaksud akomodasinya. Saya booking hostel selama dua hari dengan harga cukup terjangkau yakni Rp.250.o00 di kamar hostel dorm perempuan. Di dalam hostel Jamaika yang ternyata sangat populer ini ini juga ada restorannya, bar dan tempat party. Hostelnya 3 lantai dan akses masuknya terjamin dengan kode dan kunci. Hostel ini juga penuh dekorasi ekletik dan membuatnya terkesan unik. Gak murahan sama sekali walaupun harganya murah.

Pilihan Transportasi di Lithuania 

Ada beberapa alternatif transportasi yang bisa kamu manfaatkan untuk keliling kota maupun menuju destinasi berikutnya. Berikut informasi transportasi wisata Lithuania

  • Bus: Bis menjadi transportasi yang budget-friendly untuk para turis, baik sebagai transportasi dalam negeri hingga negara tetangga. Untuk bis antar kota, harga tiket mulai dari 6 euro hingga 18 euro, tergantung dekat jauhnya. Kamu juga bisa bertolak ke Riga, Latvia hanya dengan 13 euro. 
  • Kereta: Kereta juga bisa menjadi pilihan transportasi yang cepat. Lithuania juga memiliki rute kereta strategis menuju berbagai kota di penjuru negeri. Harga tiket kereta mulai 6 euro hingga 22 euro. 
  • Taksi: Kamu juga bisa memilih taksi sebagai kendaraan umum, namun tidak disarankan jadi pilihan utama karena cukup mahal. Tarif dimulai dari 1 euro dan akan bertambah 0.60 euro per kilometer. 
  • Rental Mobil: Jalanan di Lithuania termasuk salah satu yang teraman di kawasan Baltik, dan rental mobil juga terjangkau. Tarifnya sekitar 20 euro per hari jika kamu menyewa untuk beberapa hari. 

Traveling Aja Dulu Book Olivia Purba

Sim Card dan Akses Wifi di Lithuania 

Sim card di Lithuania merupakan salah satu yang paling murah dengan layanan internet cepat. Tele2 merupakan salah satu yang populer karena cepat dan terjangkau. Bite dan Telia juga menjadi sim card yang umum di Lithuania. Sama seperti membeli sim card prabayar pada umumnya, kamu tinggal menyebutkan provider dan jumlah data yang kamu butuhkan. Banyak tempat umum yang menyediakan wifi gratis, wifi di Lithuania juga terkenal cepat. 

Rekomendasi Tempat Wisata di Lithuania Terpopuler

Wisata Lithuania memiliki banyak situs warisan UNESCO yang patut kamu kunjungi. Begitu juga lokasi religius dan supranatural yang menyimpan kisah sejarah unik. Ada banyak kota tua dan museum dengan tema-tema menarik di pusat kota. Dan pastinya panorama alam Eropa yang juga tak kalah menawan di Lithuania. Berikut berbagai rekomendasi tempat wisata terpopuler di Lithuania. 

Riga from top

Pemandangan Vilnius dari hotel Radisson Blu

  • Vilnius: Vilnius merupakan ibu kota Lithuania yang menyimpan sejarah, arsitektur kota tua, dan pastinya kehidupan malam dengan bar dan cafe yang semarak. Ada banyak museum dengan informasi spesifik yang bisa kamu kunjungi di Vilnius. Mulai dari Museum of Illusions, Museum of Occupation and Freedom, MO Museum, dan masih banyak lagi. 
  • Kernave: Berlokasi 35 km dari Vilnius, Kernave merupakan kota situs sejarah yang tercatat dalam warisan dunia UNESCO. Lokasi ini merupakan ibu kota kuno pada era medieval. Selain arsitektur kotanya yang masih terjaga bentuk aslinya, kamu juga bisa menyaksikan panorama perbukitan unik. 
  • Curonian Spit: Curonian Spit juga merupakan situs warisan dunia yang menyimpan banyak sejarah hingga legenda mistis yang seru untuk kamu telusuri. Mulai dari Hill of Witches (Bukit Penyihir) hingga melakukan aktivitas melihat burung di Curonian Spit National Park. 
  • Aukštaitija National Park: Satu lagi situs alam dalam wisata Lithuania yang bisa kamu kunjungi adalah Aukštaitija National Park. Berlokasi di bagian utara kota Vilnius. Lokasi ini diselimuti oleh pepohonan cemara dan spruce, berdampingan dengan sungai-sungai dan danau yang menawan. Masuk lokasi ini gratis, namun ada beberapa area yang hanya bisa kamu telusuri dengan ijin atau ditemani dengan penjaga lokasi. 
  • Palanga: Lithuania juga memiliki pantai di Palanga. Pantai di lokasi ini juga berdampingan dengan area perbukitan hijau yang indah, populer sebagai rute bersepeda dan hiking. Palanga juga terkenal dengan bar dan kehidupan malamnya yang semarak. 

Makanan Khas Lithuania 

Eurovision Lithuania

Salah satu bar tempat saya menonton Eurovision tahun 2022

Tak jauh berbeda dengan negara-negara Baltik lainnya, makanan khas Lithuania banyak menggunakan bahan lokal. Mulai dari kentang, jamur, ikan haring, hingga daging asap. Aneka olahan kentang dan acar-acaran merupakan dua hidangan yang populer di kalangan penduduk lokal. Begitu juga dengan keju. Berikut beberapa makanan khas yang patut kamu cobain saat kulineran di wisata Lithuania

  • Cepelinai: Hidangan satu ini merupakan yang paling populer dalam katalog makanan tradisional Lithuania. Cepelinai merupakan dumpling kentang dengan isian daging, atau bisa diganti dengan keju dan jamur. Kemudian disajikan dengan saus asam dan makin sedap jika disantap sambil minum bir. 
  • Kibinai: Kibinai bentuknya mirip dengan pastel, hanya saja isinya berbeda dan lebih khas Lithuania. Pastel versi Eropa ini memiliki isian daging domba, bisa juga diganti dengan ayam, keju, bahkan buah-buahan. 
  • Kepta Duona: Satu lagi snack yang cocok untuk mendampingi bir adalah roti bawang. Roti bawang khas Lithuania dibuat dari roti gandum hitam yang terkenal di negara-negara Baltik, kemudian dicocol dengan krim keju. 
  • Bulviniai Blynai: Pancake kentang memang selalu bisa ditemukan di semua negara Baltik. Kalau di Lithuania, pancake kentang di goreng crispy dan dihidangkan dengan saus asam atau sirup apel. 
  • Varškės Spurgos: Kalau ingin yang manis-manis donat dadih keju merupakan cemilan yang paling populer di Lithuania. Donat ini bentuknya bulat kecil-kecil dengan isian selai buah. 

Itu tadi panduan lengkap wisata Lithuania yang semoga bermanfaat untuk perencanaan liburan kamu. Lithuania menyimpan banyak situs bersejarah dengan kisah menarik untuk ditelusuri, begitu juga keindahan alamnya yang cocok buat healing. Selama berlibur!