Kolombia merupakan negara di Amerika Selatan yang semakin terkenal sebagai tujuan wisata seru. Setelah cukup lama berjuang menghapus citra sebagai negara dengan angka kriminal tinggi, pemerintah setempat mulai sukses mempromosikan wisata Kolombia dengan keragaman hiburan. Mulai dari wisata alam di hutan rimbun Amazon, pesona pantai di San Andres, hingga merasakan semarak kehidupan kota di Medellin. Dengan perencanaan matang, liburan di Kolombia dengan budget terjangkau dan aman bisa terlaksana. Simak panduan wisata Kolombia selengkapnya!

Bahasa yang Digunakan di Kolombia

Penduduk lokal Kolombia menggunakan bahasa Spanyol sebagai bahasa harian. Sementara bahasa Inggris memiliki status resmi di San Andres, Providencia, dan Pulau Catalina. Tetap ada baiknya belajar beberapa kalimat esensial seputar traveling dalam bahasa Spanyol, karena kebanyakan daerah di Kolombia tidak berbicara dalam bahasa Inggris. Supaya penelusuran kamu di wisata Kolombia tidak terbatas oleh bahasa.

Mata Uang dan Penukaran Uang di Kolombia

Mata uang resmi Kolombia adalah peso Kolombia (COP). Jenis mata uang peso ini berbeda dengan peso Spanyol. Ada cukup banyak alternatif penukaran untuk melakukan transaksi selama wisata di Kolombia. Mulai dari menggunakan kartu kredit/debit (Visa dan MasterCard) atau mengandalkan dompet elektronik (seperti Wise). Perlu diketahui bahwa biaya administrasi untuk menarik uang di ATM cukup besar potongannya. Membawa uang cash memang bisa jadi pilihan paling fleksibel, namun cukup rawan copet.

Sim Card dan Akses Wifi di Kolombia

Kamu bisa membeli sim card di kios yang ada di bandara sesampainya di bandara internasional seperti; Bogota Airport, Cartagena Airport, dan Medellin Airport. Namun, harga sim card prabayar di bandara bisa lebih mahal dibandingkan dengan kios di pusat kota. Sama seperti di Indonesia, kamu juga bisa membeli sim card dengan berbagai pilihan paket data hemat di kios jalanan. Merk sim card terbaik dan terpopuler di Kolombia di antaranya; Claro dan Tigo. Sementara akses wifi di tempat umum di Kolombia juga bisa kamu manfaatkan, khususnya di kota-kota besar.

Akomodasi

Ada banyak jaringan hotel populer seperti Marriot dan Hilton yang bisa kamu temukan di Cartagena, ditambah sejumlah jaringan hotel dalam negeri juga. Cari hotel khusus dan hotel butik jika kamu berkunjung ke Kolombia. Travel blog, situs web lokal, dan grup Facebook adalah cara yang bagus untuk menemukan hotel yang bagus di Kolombia.

Akomodasi wisata Kolombia

Kalau kamu lebih memilih hostel untuk tinggal di Kolombia, kamu perlu membaca ulasan pelanggan dengan cermat terlebih dahulu. Kamu mungkin menemukan hostel yang terlihat sangat keren dengan banyak orang yang ramah, tetapi bisa jadi punya tempat tidur yang tidak nyaman, belum lagi penerangannya buruk. Perlu diingat bahwa kamu tidak harus mencari hostel yang paling mahal, tetapi carilah hostel yang sesuai dengan suasana dan fasilitas yang kamu inginkan. Selalu bawa kunci untuk tas dan/atau lokermu – terutama jika kamu tinggal di penginapan model asrama. Cobalah untuk menjaga barang-barang agar terorganisir dengan baik untuk mencegah kehilangan dan pencurian

AirBnB dan sewa rumah di Kolombia juga bisa jadi alternatif menginap bahkan di kota-kota kecil di Kolombia. AirBnB di Kolombia cenderung memiliki kamar tidur individu dengan atau tanpa kamar mandi pribadi untuk tamu. Meskipun demikian, ada juga apartemen berperabotan lengkap, meskipun harga sewanya akan sedikit lebih mahal. Kolombia adalah negara berkembang, sehingga pembangunan infrastruktur pariwisata dan penginapan belumlah maksimal. Meskipun begitu ada banyak pilihan tempat untuk menginap terutama jika kamu meluangkan waktu untuk melakukan riset terlebih dahulu di berbagai situs booking penginapan.

Favoritku kalau lagi traveling ke luar negeri  pesan hotel via Booking.com karena pilihannya banyak dan ada pilihan gratis pembatalan kalau berubah pikiran 🙂

Pilihan Transportasi untuk Wisata Kolombia

Meski wisata Kolombia sudah ramai dan populer, menjaga keamanan diri masih sangat penting terutama kamu yang berjiwa backpacker. Menumpang kendaraan (hitchhike) sangat tidak disarankan. Banyak kendaraan umum kota yang bisa kamu manfaatkan dengan tarifnya yang murah. Berikut alternatif kendaraan keliling Kolombia.

  • Metro dan Bus Lokal: Metro menjadi kendaraan paling murah jika kamu berada di Medellin. Sementara Bus lokal menjadi kendaraan umum paling sering digunakan di kota-kota lainnya. Keduanya memiliki tarif rata-rata 1.500 COP hingga 2.500 COP.
  • Colectivo: Colectivo merupakan semacam kendaraan umum yang dioperasikan oleh pemilik pribadi secara mandiri. Bisa berupa minibus, taksi bersama, hingga mobil Jeep besar. Memfasilitasi turis untuk perjalanan pendek di dalam kota dengan tujuan yang bisa kamu tentukan. Cukup mirip kendaraan online, namun tanpa aplikasi, tarifnya juga lebih mahal, tapi bisa kamu nego.
  • Bus Antar Kota: Ada juga bus yang untuk perjalanan antar kota yang bisa kamu gunakan. Ada dua agensi bus antar kota dengan reputasi baik yaitu Expreso Palmira dan Expreso Trejo. Keduanya memiliki akses informasi dan jadwal di website. Harga tiket antar kota rata-rata 20.000 COP hingga 181.000 COP, tergantung durasi perjalanan dan kota tujuan.
  • Rental Mobil: Bukan rekomendasi transportasi, namun jika kamu memang butuh sewa mobil, layanan ini tersedia. Rata-rata dengan tarif 90.000 COP per hari. Dengan syarat pengemudi harus minimal berusia 21 tahun dan memiliki International Driving Permit.

Rekomendasi Tempat Wisata Kolombia Terpopuler

Musim puncak wisata Kolombia terjadi pada bulan Desember sampai Maret. Jika kamu datang untuk merasakan puncak semarak leisuring di area perkotaan, bulan-bulan tersebut bisa menjadi waktu yang tepat. Dimana ada Karnaval di Barranquilla pada bulan Februari. Kamu juga bisa mengunjungi Pasto dan Manizales untuk karnaval di bulan Januari.

Kalau ingin menjelajahi segala jenis situs wisata alam di Kolombia, paling ideal di bulan tanpa hujan, yaitu Desember-Maret dan Juli-Agustus. Berikut rekomendasi berbagai lokasi wisata Kolombia yang bisa kamu masukan dalam daftar petualangan!

  • Hangout Seru di Medellin

Medellin merupakan kota paling sibuk dengan segala semaraknya di Kolombia. Kalau kamu ingin liburan mewah dan belanja, kota ini bisa jadi tujuan sempurna. Beberapa kegiatan mengunjungi museum, taman-taman kota yang menawan dan luas, tur kota, menikmati street food, hingga kehidupan malam yang riuh. Kolombia terkenal dengan kopi lokalnya, sempatkan diri juga mengunjungi coffee shop atau microbrewery di Medellin.

Saya sendiri pernah tinggal di Medellin sealma 3 bulan di 2015-2016. Saya selalu kangen kota ini yang memang liveable banget dan penduduk nya ramah-ramah!

traveling kolombia

Penampakan saya backpacking di Kolombia Januari 2016

  • Mulai Petualangan Amazon di Leticia

Hutan Amazon menyelimuti sepertiga daratan Kolombia yang bisa kamu jelajahi dengan tour. Leticia menjadi kota perbatasan dengan Peru dan Brazil, menjadi lokasi yang sempurna untuk memulai penelusuran menuju Sungai Amazon. Kamu bisa mengikuti tour trekking dengan budget sekitar 150.000 COP.

Tempat Wisata Kolombia Populer Lainnya

  • Pesona Pulau San Andres dan Providencia

San Andres dan Providencia merupakan dua pulau yang populer di laut Caribbean yang masuk wilayah Kolombia. Terkenal dengan keindahan pantai  dengan pasir putih dan air laut yang masih bening. Lokasi ini terkenal sebagai tempat diving di tayrona National Park. kamu bisa menyaksikan paus humpback di dekat pulau pada bulan Agustus-Oktober. Sementara penampakan kepiting hitam pada awal minggu di bulan April dan Juli.

  • Panorama Kota Warna-Warni di Guatape

Guatape bisa jadi kota yang sempurna buat kamu yang ingin jalan-jalan ringan di area kota. Lokasi ini merupakan salah satu spot paling colorfull di seluruh dunia. Dengan rumah-rumah tradisional dihiasi mural artistik di berbagai sudut kota. Biasanya turis jalan-jalan santai menuju Rock of Guatape dengan tangga yang cukup curam. Guatape memakan perjalanan seharian dari Medellin. Kamu mungkin bisa sempatkan menginap semalam di Guatape.

  • Cartagena, Kota Terpopuler di Kolombia

Cartagena menjadi kota yang paling banyak dikunjungi di wisata Kolombia. Hampir serupa dengan Guatape, kota bisa menjadi lokasi tur berjalan yang nyaman dan santai. Menjadi salah satu lokasi bersejarah di Kolombia, kamu bisa melihat arsitektur bangunan dan pemukiman yang masih mempertahankan gaya lama. Tidak banyak kegiatan turis yang bisa dilakukan di kota ini. Jadi sangat cocok buat kamu yang ingin staycation tenang seperti penduduk lokal.

Makanan Khas Kolombia yang Wajib Kamu Coba

Masih terpengaruh dengan cita rasa Spanyol dan Afrika, makanan khas Kolombia kaya rasa dengan bumbu-bumbuan. Cocok untuk kita orang Indonesia yang menyukai makanan dengan rasa bumbu kuat. Sebagai negara dengan ekosistem variatif, ada banyak bahan makanan yang menjadi sumber sajian sedap bagi penduduk lokalnya. Berikut beberapa makanan khas wisata Kolombia yang patut kamu coba!

  • Arepas: Semacam roti lapis khas Kolombia, makanan tradisional ini salah satu yang paling lama dan hampir bisa kamu temui di setiap sudut kota di Kolombia. Ada yang disajikan sebagai snack manis, atau savory dengan isian daging, keju, telur, dan variasi lainnya.
  • Cholao: Mirip es campur, sajian manis dan segar ini diisi oleh berbagai buah tropis, susu, sirup, dan es.
  • Empanadas: Kalau kudapan gurih satu ini mirip kue pastel. Setiap daerah di Kolombia memiliki variasi empanadas dengan isian berbeda. Yang paling umum isinya adalah kentang, daging, ayam, hingga nasi. Ada juga isian sayur, jamur, dan keju.
  • Cazuela de Mariscos: Makanan satu ini berupa sup seafood dengan cita rasa yang khas. Isinya banyak dengan berbagai bahan bahari, mulai dari udang, kerang, loster, ikan, dan lain-lain. Dimasak bersama kaldu tomat dan santan.

Itu tadi panduan wisata Kolombia yang perlu kamu ketahui untuk perencanaan liburan sempurna. Selamat berlibur!