Layanan asuransi sekarang ini telah banyak dijumpai di kalangan masyarakat di Tanah Air. Beragam asuransi memang banyak ditawarkan seperti asuransi jiwa, asuransi pendidikan maupun asuransi kesehatan. Salah satu asuransi yang sekarang mulai banyak digunakan asuransi travel atau asuransi perjalanan.

Bagi masyarakat awam, tentunya masih sedikit yang mengetahui seputar asuransi perjalanan ini. Padahal asuransi ini termasuk asuransi yang cukup penting untuk dimiliki, khususnya bagi orang-orang yang suka melakukan perjalanan di dalam maupun di luar negeri.

Agar mengetahui selengkapnya tentang asuransi perjalanan tersebut, simak informasinya di artikel di bawah ini.

Pengertian Asuransi Perjalanan atau Travel Insurance

Asuransi perjalanan atau travel insurance merupakan jenis dari asuransi yang dikhususkan untuk memberikan pelayanan berupa perlindungan ketika seseorang sedang bepergian. Asuransi travel atau asuransi perjalanan tersebut memang bukan termasuk dari kategori asuransi yang wajib dimiliki oleh setiap orang.

Akan tetapi asuransi ini setidaknya wajib dimiliki oleh orang-orang yang sering melakukan perjalanan. Ini karena jenis asuransi ini dapat memberikan perlindungan ketika seseorang tengah melakukan perjalanan keluar kota atau bahkan ke luar negeri, seperti Amerika, Eropa dan negara lainnya.

Tidak seperti asuransi-asuransi pada umumnya, asuransi ini fungsinya hanya melindungi seseorang pada saat melakukan perjalanan saja.

Seiring banyaknya informasi yang beredar, asuransi perjalanan ini belakangan cukup populer karena sifatnya yang fleksibel bila dibandingkan dengan asuransi lain yang mencantumkan produk berupa asuransi bepergian.

Bagi orang-orang yang hobi melakukan kegiatan traveling dan pekerjaan yang mewajibkan untuk bepergian ke berbagai tempat secara rutin, maka asuransi perjalanan ini wajib dimiliki. Ditambah lagi sekarang ini hobi berlibur banyak digemari oleh orang-orang. Maka untuk berjaga-jaga dari dampak risiko yang timbul ketika perjalanan, asuransi perjalanan dapat menjadi solusinya.

Sebelum melaksanakan perjalanan, seseorang akan terlebih dahulu mempersiapkan berbagai hal seperti booking tiket perjalanan, tempat penginapan, izin cuti, cek dokumen serta melakukan pendaftaran asuransi perjalanan.

Asuransi travel ini akan berguna jika terjadi keadaan darurat yang tidak diinginkan pada saat melakukan perjalanan baik di dalam maupun di luar negeri. Terlebih bagi orang-orang yang melakukan perjalanan ke luar negeri, asuransi ini penting untuk membuat perjalanan menjadi lebih nyaman, aman dan terhindar dari rasa was-was yang kadang sering timbul.

Mengapa Perlu Memiliki Asuransi Perjalanan?

Ada beberapa negara yang secara khusus mewajibkan para pengunjung atau turis yang datang ke negaranya untuk memiliki asuransi perjalanan atau travel insurance. Karena jika tidak memiliki asuransi perjalanan tersebut, maka pengunjung atau turis tersebut tidak diperbolehkan masuk negara itu.

Beberapa negara seperti di Eropa, Amerika dan bahkan Asia telah memberikan aturan wajib berupa kepemilikan asuransi perjalanan pada saat akan berkunjung ke negaranya. Bila perjalanan lebih nyaman, aman, lancar dan juga terlindungi maka kuncinya adalah memiliki asuransi perjalanan.

Blackheads Riga

Saya berpose di depan iconic Blackheads Riga, Latvia

Adapun untuk pengajuan asuransi ini juga cukup mudah dilakukan. Calon nasabah hanya perlu mengajukan produk asuransi perjalanan yang diinginkan melalui aplikasi yang disediakan untuk layanan asuransi perjalanan atau melalui website resminya.

Manfaat Asuransi Perjalanan

Fokus dari asuransi perjalanan ini adalah menekan risiko kerugian yang timbul ketika melaksanakan perjalanan ke suatu kota ataupun negara tertentu. Lalu beberapa manfaat lain dari asuransi perjalanan ini di antaranya:

  • Memberikan kompensasi atas hilangnya dokumen

Bila seorang nasabah yang tengah bepergian kehilangan dokumen, maka pihak asuransi akan memberikan pertanggung jawaban dengan memberikan santunan yang sesuai untuk pembuatan dokumen yang hilang tersebut. Sebagai contoh, jika seorang nasabah kehilangan dokumen paspor, maka pihak asuransi akan menyediakan biaya pembuatan paspor baru.

  • Memberikan ganti rugi atas penundaan penerbangan

Manfaat dari kepemilikan asuransi perjalanan adalah pemberian ganti rugi jika terjadi penundaan maupun pembatalan penerbangan yang dilakukan oleh sebuah maskapai. Bila seorang nasabah mengalami kejadian penundaan jam terbang atau pembatalan, maka dapat berakibat pada kerugian finansial seperti tiket pesawat yang hangus, booking hotel yang juga hangus.

Oleh karena itu, asuransi perjalanan membantu dalam memberikan proteksi terhadap pembatalan maupun penundaan penerbangan dengan cara memberikan kompensasi yang sesuai dengan ketentuan yang telah diatur dalam polis.

asuransi perjalanan

Saya dan suami dalam perjalanan dari Amsterdam ke Bali

  • Ganti rugi hilangnya bagasi

Salah satu masalah yang sering terjadi pada saat bepergian dengan pesawat terbang adalah bagasi yang hilang ataupun tertukar. Hal ini tentunya akan merugikan nasabah atau penumpang maskapai.

Dalam hal ini, pihak penyedia layanan asuransi perjalanan akan memberikan jaminan berupa ganti rugi kehilangan atau kerusakan yang mana nominal dari pertanggung jawaban tersebut disesuaikan juga dengan ketentuan yang telah disepakati bersama dengan polis.

Bagi kamu yang tertarik memiliki asuransi perjalanan, saranku cobain Zurich aja. Karena asuransi asal Swis ini udah terjamin kewalitasnya karena sudah beroperasi sejak tahun 1872.

Informasi Berguna!

  • Untuk penginapan di luar negeri, aku saranin pesan via Booking.com, selain  pilihannya banyak mulai dari yang termurah hingga terlengkap, ada opsi untuk pembatalan gratis juga! Ini berguna banget kalau pesawata dan visa kamu bermasalah.
  • Kalau nyari tiket pesawa murah, aku selalu pakai di Skyscanner, karena gampang ketemu pilihan pesawat paling murah dan paling cepat sampai tujuan.
  • Kalau masih belum ketemu tiket pesawatnya tapi butuh jaminan pesawat untuk visa, kamu bisa pesan tiket sementara dengan harga murah di situs Dummy Tiket.
  • Dan kalau semuanya udah OK, pesawat, hotel dan visa, kamu ready berangkat, bisa pesan koper ukuran paling pas di pesawat di link Shopee.
  • Kalau terbantu sama konten di atas, boleh juga nih kasih jajan ke Olivia untuk apresiasi sharingnya 🙂