Sebagai ibukota Thailand, Bangkok menyuguhkan berbagai hiburan rakyat ala penduduk setempat dan sejarah yang patut kamu telusuri. Banyak banget yang bisa di lihat di kota ini. Berjalan santai seperti penduduk lokal, menikmati makanan khas Thailand, hingga menelusuri situs-situs bersejarah yang menyimpan banyak kisah dari masa lalu. Saya sendiri sudah tiga kali ke Bangkok dan terus terang merupakan salah satu kota favorit saya. Contek itinerary Bangkok saya yuk!

Kamu akan membutuhkan rekomendasi itinerary Bangkok agar bisa menikmati petualangan secara maksimal. Ada banyak β€œharta karun” tersembunyi yang bisa kamu temukan di Bangkok. Berikut rekomendasi Itinerary Bangkok selama 3 hari 2 malam yang bisa jadi referensi buat kamu. Sebagian besar dari list ini ada di artikel rekomendasi Tempat Wisata di Thailand 2020 ini lho!

Traveling Aja Dulu Book Olivia Purba

Itinerary Bangkok Hari Pertama: Grand Palace, Wat Pho, Wat Arun & Khao San Road

Grand Palace

Begitu tiba di Bangkok, kamu bisa pilih untuk ke downton via bus, taxi atau private shuttle. Selanjutnya, berkunjung ke Grand Palace merupakan salah satu agenda yang sayang jika dilewatkan saat di Bangkok. Grand Palace merupakan istana kerajaan Thailand dengan nilai sejarah yang tinggi. Situs ini merupakan landmark dari kota Bangkok.

Karena istana ini sudah tidak dihuni lagi oleh keluarga kerajaan, kamu bisa menelusuri setiap bagian bangunan yang terkenal akan arsitekturnya yang menawan baik pada area outdoor maupun indoor. Jam bukanya dari 08.30 AM – 15.30 PM

Untuk menghindari keramaian, ada baiknya kamu berkunjung ke Grand Palace pagi-pagi sebelum mengunjungi lokasi-lokasi lain yang ingin kamu kunjungi. Alternatifnya, kamu bisa coba tur pagi yang udah mencakup Grand Palace and Wat Phra Kaew ini.

grandpalace bangkok

Wat Pho & Wat Arun

Tak jauh dari Grand Palace, kamu wajib mengunjungi Wat Pho yang terkenal dengan patung Buddha emas besarnya. Lokasi ini juga terdiri dari kompleks candi dengan desain warna-warni yang menawan, bisa jadi lokasi foto yang epic! Dari Wat Pho, kamu bisa menyebrangi sungai menuju Wat Arun. Wat Arun atau The Temple of Dawn merupakan lokasi sempurna untuk melihat pemandangan kota Bangkok yang menawan. Kamu bisa melihat keindahan kota dari candi yang cukup tinggi.

Untuk agenda jalan-jalan hari pertama ini disarankan untuk menggunakan pakaian yang menutupi bagian pundak dan kaki. Jangan mengenakan hotpants dan kaos tanpa lengan. Peraturan ini berlaku untuk laki-laki maupun perempuan. Hal ini karena mengenakan pakaian yang terlalu terbuka dianggap tidak sopan di kompleks candi dan kuil. Sebetulnya Wat Pho akan menyediakan peminjaman pakaian dan celana panjang secara gratis. Namun, ada baiknya menggunakan pakaian sendiri, bukan?

  • Jam Buka: 08.00 – 18.30 (Wat Pho), 08.00 – 17.30 (Wat Arun)
  • HTM: 100 THB (Wat Pho), 50 THB (Wat Arun)

wat-pho-and-wat-arun-bangkoks-other-top-temples-bangkok-attractions-149

Jalan Khao San

Untuk menikmati hari menjelang petang di Bangkok pada hari pertama, kamu bisa menelusuri kawasan Khao San. Lokasi ini merupakan jalan besar yang disebut sebagai lokasi berkumpulnya para backpacker di Bangkok. Di sini, kamu bisa belanja beberapa kebutuhan travelling hingga souvenir.

Setelah jalan-jalan seharian, isi perut kamu dengan berbagai pilihan makanan khas Thailand yang ada di Khao San. Lokasi ini terus ramai hingga menjelang malam, dengan deretan cafe dan bar yang dikunjungi oleh turis dan penduduk lokal. Cek artikel 4 Tempat Wisata Belanja di Bangkok Paling Populer ini kalau mau alternatif tempat belanja lain di Bangkok.

Tempat Wisata Thailand Kuil

Di Kao San Road gak cuma tempat party aja yang ada tapi juga kuil lucu kayak ini!

Itinerary Bangkok Hari Kedua: Bangkok Art and Culture Center, Pertandingan Muay Thai, & Chao Phraya Princess Dinner Cruise

Bangkok Art Culture Center

Bersiaplah untuk mengenal lebih lagi kebudayaan dan tradisi pada itinerary Bangkok hari kedu! Hari kedua enaknya jalan-jalan santai ke berbagai museum untuk menambah wawasan. Mulai hari kamu dengan mengunjungi Bangkok Art and Culture Center. Lokasi ini cocok banget buat kamu yang menyukai seni modern dan kontemporer. Museum ini merupakan one-stop untuk segala jenis seni, mulai dari instalasi, musik, teater, film, hingga desain.

  • Jam Buka: 10.00 – 21.00
  • HTM: 50 THB

Pertandingan Muay Thai

Muay Thai merupakan salah satu bela diri tradisional Thailand yang masih ada hingga saat ini. Kamu bisa menemukan spot pertandingan Muay Thai hampir di seluruh kawasan di Bangkok. Mulai dari gang-gang kecil hingga stadium di kota. Di Bangkok, kamu bisa mengunjungi Rajadamnern Stadium setiap hari Senin, Rabu, Kamis, dan Minggu untuk menyaksikan pertandingan Muay Thai. Kamu bisa pesan tiketnya di situs Klook ini (diskonnya lumayan lho)

Muangthai- Thailand

Chao Phraya Princess Dinner Cruise

Sungai Chao Phraya merupakan sungai terpanjang dan terpopuler di pusat kota Bangkok. Sungai ini juga memiliki jalur aliran sungai yang melewati banyak landmark di Bangkok. Untuk menikmati pesona malam hari di Bangkok yang gemerlap, kamu bisa memesan cruise singkat di Chao Phraya Princess Dinner Cruise. Jasa wisata ini menawarkan experience menelusuri sungai dengan jamuan makan malam berkualitas.

White Orchid Bangkok Cruise

Keliling kota Bangkok via cruise ship dengan makanan Buffet dan live music pesan tahun 2019

Kamu bisa menikmati pemandangan kota Bangkok dari sudut pandang yang baru. Ditemani juga dengan live music dan gemerlap hotel-hotel bintang lima dan situs bersejarah yang semakin menawan pada malam hari. Saya sendiri sempat coba cruise ini tahun 2019 lalu dan suka banget! Layanannya bagus, lagu-lagunya entertaining dan banyak juga yang joget di kapal.

chao princess cruise

Biasanya curise ini berlayar setiap hari di sore hari. Booking dari jauh hari agar tidak kehabisan tempat. Kamu bisa booking cruise ini via Klook di link ini, karena kalau beli langsung suka sold out lho!

Itinerary Bangkok Hari Ketiga: Pasar Apung, Mall, Chinatown, & Soi Nana

Pasar Apung: Khlong Lat Mayom dan Thaling Chan

Itinerary Bangkok hari ketiga is all about shopping and party! Awal harimu dengan mengunjungi pasar apung di Bangkok. Ada dua pasar apung yang terkenal di kalangan turis internasional, yaitu Khlong Lat Mayom dan Thaling Chan. Kedua sama-sama menyuguhkan sensasi yang sama. Buat kamu yang tak keberatan dengan keramaian dan suasana pasar bahas yang cukup hectic, bisa mencoba untuk berkunjung ke pasar apung yang unik ini.

Untuk menghindari keramaian yang berlebihan, kunjungi pasar pada pagi hari, makin pagi makin sepi. Tak hanya menjual aneka sayur dan bahan makanan untuk penduduk lokal,kamu juga bisa mencicipi berbagai kuliner jajanan khas Thailand dari atas perahu. Kalau gak mau repot, kamu bisa ikutan tur floating market dari Klook ini, semuanya udah di urusin dan ada tour guidenya juga!

bangkok-floating market

Itinerary Bangkok Jalan – Jalan Santai di Mall

Jika kamu tidak terlalu suka suasana pasar yang hectic dan ramai, jalan-jalan santai di Mall juga bisa menjadi alternatif menghabiskan waktu. Ada 6 mall besar yang bisa kamu kunjungi di Bangkok; Siam Paragon, MBK Center, Terminal 21, Emporium, Pantip Plaza, dan CentralWorld. Nikmati hari layaknya penduduk setempat yang juga gemar menghabiskan waktu bersantai di mall. Kamu bisa belanja, mencari makanan, menonton film, hingga main bowling. Tinggal pilih mall mana yang ideal untuk kamu kunjungi.

Embassy Mall

Embassy Mall kesukaan saya karena banyak pilihan bukunya.

Chinatown

Menjelang sore hari, waktunya wisata kuliner di Chinatown. Chinatown di Bangkok terkenal dengan berbagai kedai makanan khas yang tidak akan kamu temukan di area lainnya. Salah satu menu makanan yang wajib kamu coba saat berkunjung ke pecinan ini adalah aneka seafood. Lokasi ini selalu sibuk dan ramai seiring menjelang malam karena akan ada semakin banyak kedai makanan dan toko souvenir yang buka.

Tempat Wisata Thailand Chinatown

Soi Nana

Ada dua lokasi Soi Nana di Bangkok, karena kamu baru saja dari Chinatown, kunjungi Soi Nana yang tidak jauh dari lokasi tersebut. Soi Nana merupakan lokasi hiburan malam di Thailand yang menyenangkan. Kawasan ini terkenal sebagai tempat berkumpulnya para hipster di Bangkok. Tersedia banyak coffee shop berkualitas, bar untuk menikmati gin dan berbagai minuman lainnya, serta art gallery sederhana yang otentik.

Soi-nana Bangkok

Itu tadi rekomendasi Itinerary Bangkok selama 3 hari dengan jadwal yang padat. Mulai dari menikmati seni budaya Thailand, belanja dan wisata kuliner sepuasnya, serta menikmati pesona Bangkok yang terpancar pada setiap sudut kota dan penduduk setempat. Untuk urusan akomodasi, cek juga artikel 5 rekomendasi hotel mewah nan murah di Bangkok ini

Kamu bisa pesan tiket masuk sebagian besar aktivitas di atas via Klook lumayan hemat lho diskonnya. Maksimalkan kunjungan 3 hari di Bangkok dan selamat berlibur!

Klook.com

Kamu juga bisa liat pengalamaku traveling di Bangkok di channel Youtubeku di bawah, jangan lupa subscribe ya!