Thailand gak di ragukan lagi adalah tempat tujuan wisata nomor 1 paspor Indonesia. Alasan utama masyarakat Indonesia suka traveling di Thailand yakni karena selain makanannya enak, belanjaan murah dan budayanya juga unik!! Tempat wisata di Thailand pun gak ada habisnya!

Akhir 2019 lalu, saya kembali berkunjung ke negara gajah putih ini untuk berkunjung tepatnya di Bangkok. Berikut tempat yang saya sarankan untuk di kunjungi:

1. Tempat Wisata Thailand China Town Bangkok (Yaowarat Road)

Chinatown Bangkok bukan hanya Chinatown biasa, tempat ini sangat ramai dan restoran makanan Cina. Ini adalah salah satu Chinatown tertua di dunia yang sepanjah hari penuh banget dengan aktivitas mulai dari jualan baju, buah, makanan, asesoris hingga emas.

Serunya lagi chinatown ini gak ada matinya. Di siang hari bisa belanja baju, sepatu dan emas tapi di malam hari banyak makanan jalanan yang buka. Kamu tinggal duduk di salah satu kursi plastik kecil dan nikmati makanan yang buat ketagihan!

Asiknya selain belanja dan makanan, chinatown Bangkok ini juga menyuguhkan atraksi budaya seperti Yaowart Chinatown Center yakni sebuah museum yang akan membantu Anda belajar tentang sejarah komunitas Cina di Bangkok dan Wat Traimit sebuah kuil Vudha yang terbuat dari emas.

Kalau kamu demen belanja, selain di Chinatown, kamu juga bisa cek list tempat belanja ini di Bangkok. Cocok buat oleh-oleh!

Pemandangan Chinatown saat kunjungan saya tahun 2019 lalu.

2. King Power MahaNakhon (Gedung Tertinggi Bangkok)

Ini adalah personal favorit saya! MahaNakhon Skywalk adalah observatorium tertinggi di Thailand yang tingginya 314 meter di atas tanah. Observatorium terdiri dari tiga tingkat: dek observasi dalam ruangan, area skywalk dan ada puncaknya juga di luar ruangan.

Skywalk yang paling seru di coba karena kamu bisa jalan di lantai kaca transparann dan melihat ke bawah kota Bangkok. Kamu gak bisa bawa kamera atau hp di area ini, tapi jangan takut karena petugasnya dengan siap sedia mengambil foto kamu berpose berdiri/jalan/tidur-tiduran di area skywalk.

Tiket masuk ke MahaNakhon Skywalk dapat dibeli langsung di konter tiket pada saat kedatangan kamu. Tapi…. tempat ini sangat populer lho! Baiknya kamu pesan tiketnya secara online sebelum berkunjung karena pada jam jam sibuk, pengunjungnya bayak an rame, antrian panjang. Kalau pesan online kamu bisa hemat antrian dan biayanya lebih murah karena dapat diskon. Pesan bisa via link Klook ini.

Asiknya begitu masuk di lift,  kita disuguhkan layar 360 derajat, yang menyiarkan video 3D King Power MahaNakhon. Gak rugi lah! Kabarnya lagi, lift ini meruapakan yang tercepat di Asia Tenggara. Untuk mencapai lantai 74 hanya di butuhkan 50 detik!

Pemandangan kota dari gedung MahaNakhon

Asik banget buat selfie, dimana mana kaca semua!

Alamat: Menara King Power MahaNakhon, 114 Narathiwas Road, Silom, Bangrak, Bangkok

Jam Buka: 10:00 pagi – 12:00 siang, setiap hari (Penerimaan terakhir pada jam 11:00 malam)

 

3. Tempat Wisata Thailand Utama: Street Food Bangkok

Ke Bangkok tanpa mencicipi street food is a big no no! Bangkok ini surganya street food! Dimana pun pasti ada! Sayang banget kalau kamu ke Bangkok tapi nongkrong di restoran mahal. Karena street food di Bangkok murah dan enak!

Streetfood di Bangkok hadir dalam berbagai bentuk. Bisa beruapa gerobak sederhana, kumpulan kios di pasar lokal atau bahkan ruko tradisional yang mejanya tumpah ke trotoar. Kalau kamu kwatir kwatlitasnya, cari makanan di tempat yang sibuk karena artinya bahannya segar. Tapi sebagai orang Indonesia yang suka jajanan pasar, aman lah.

Kamu juga bisa mengetahui jenis makanan yang dijual oleh warung dengan mengamati bahan-bahan dan cara mereka disiapkan. Para pedagang dapat terlihat sibuk menggoreng wajan kuno, menumbuk pepaya, menusuk sate daging atau mie rebus.

Biar gampang, berikut adalah daftar makanan jalanan yang paling populer dengan terjemahan Thailand:

  • Som tam (ส้มตำ) – Salad pepaya
  • Khao pad (ข้าว ผัด) – Nasi Goreng
  • Pad thai kung (ผัด ไทย กุ้ง) – Mie dengan udang
  • Khao mun gai (ข้าวมัน ไก่) – Ayam kukus di atas nasi
  • Gai / Moo bing (ไก่ / หมู ปิ้ง) – Tusuk sate ayam / babi panggang
  • Sai krok Issan (ไส้กรอก อีสาน) – Sour Issan sosis
  • Pad krapao moo (ผัด กระ เพรา หมู) – Babi goreng dengan basil
  • Pla pao (ปลา เผา) – Ikan bakar dalam garam

4. Tempat Wisata di Thailand Ngemall: ICON siam Mall

Yang pada demen main ke mall mana suaranya? Kalau biasanya ke mall yang ketemu vendor barang branded atau toko yang kinclong, nah di ICON Siam kamu bisa ketemu pasar terapung indoor pertama di Asia Tenggara. Di sini kamu bisa beli kerajinan, budaya dan masakan dari 77 provinsi. Lengap banget! Ada 400 kios yang disediakan di sini karena program ini di dukung pemerintah Thailand guna mempromosikan pengusaha lokal. Selain pasar terapung yang ada di lantai dasar, kamu juga bisa liat toko-toko lainnya di lantai atas Icon siam.

Tempat Wisata Thailand Siam Icon

Pemandangan sunset dari Siam Icon juga bagus banget lho!

Alamat: 299 Charoen Nakhon Rd, Khlong Ton Sai, Khlong San, Bangkok 10600, Thailand

Jam Buka: 10:00 pagi – 10:00 malam, setiap hari.

5. White Orchid Dinner Cruise Bangkok

White Orchid Dinner Cruise ini memang agak touristy tapi perlu di coba setidaknya sekali. Saya belinya online via Klook White Orchid Cruise last minute sehari sebelum aktivitas dan harganya masih lebih murah di banding beli di kantor tiketingnya!

Di Cruise ini kita diajak mengeliling Sungai Chao Phraya sambal makan malam selama 2,5 jam. Makanannya all you can eat! Menunya bervariasi mulai dari masakan Thailand, Asia, dan Barat. Lengkap dengan berbagai macam desert juga. Baiknya jangan makan banyak sebelum ikutan cruise ya! Kita juga di suguhi music live dan pertunjukkan cabaret ‘lady boy’ yang kocak banget selama di cruise.

Pemandangan yang di lewati  di sekitar sungai juga bagus banget melewati Instana Agung Kerajaan, Wat Aurn (Kuil Turun) dan Kembatan rama VIII. Intinya di Curise ini seperti ‘sekali mendayung, dua tiga pulau terlampai’, sambil makan dan menikmati hiburan cabaret, kita bisa sambal foto-foto di iconic spot Bangkok juga.

Tonton juga pengalamanku keliling sebagian besar tempat di list ini dalam 2 hari di video Youtube di bawah! Subscribe ya!

6. Open House- Central Embassy Mall

Central Embassy di Bangkok adalah mal kelas atas yang punya koleksi desainer, restoran mewah, bioskop dan hotel mewah. Lokasinya pas di tengah kota dan dekat dengan berbagai kedutaan (embassy). Makanya namanya Central Embassy Mall. Desain futuritik dan interior putih mimimalis yang membuat mall ini tampak berbeda dan ‘wah’. Jangan kaget kalau liat koleksi mobil mewah seperti ‘porche’ di parkir di halaman mal ini.

Yang paling saya sukai dari mal ini adalah ‘Open House’ yang berlokasi di lantai 6 dari mall ini. Open House adalah ruang tebuka serbaguna untuk makan, kerja, nongkrong, baca buku dan berbelanja. Sebagai penikmat buku, saya deman banget berlama-lama di sini untuk menikmati koleksi buku yang gak Cuma bahasa Thailand aja tapi juga bahasa Inggris. Ada beberapa kios makanan juga jadi kamu bisa nongkrong, kerja sambal makan di area yang cozy banget dan pemandangannya bagus!

Tempat Wisata Thailand Central Embassy Mall

Open House Central Embassy Mall, surganya penikmat buku!

7. Tempat Wisata Thailand Wajib Singgah, Khao San Road

Ini dia jalan yang paling terkenal se Bangkok. Khao San Road adalah jalan sepanjang 410 meter yang dikenal sebagai surganya backpacker di Bangkok.  Khao San Road mungkin nggak sepanjang jalanan lain di Bangkok, tapi di jalan ini paling gampang mendapatkan kebutuhan backpacker dan budget traveller misalnya aneka penginapan murah, penginapan kelas menengah, bermacam restoran, tempat pijat, toko buku, dan toko souvenir. Suasananya turis banget lah pokoknya.

Tempat Wisata Thailand Kuil

Di Khao Sang Road gak cuma tempat party aja yang ada tapi juga kuil lucu kayak ini!

Malam hari jalan Khao San Road akan menjelma menjadi tempat party! Saran saya kalau ke Bangkok pilih penginapan di luar Khao San Road tapi tetap berkunjung ke sini untuk liat-liat.

Sepulang dari Bangkok, saya pun berangkat ke Chaing Mai dengan kereta malam yang ada tempat tidurnya. Lumayan sambil menghemat biaya akomodasi. Yang mau booking bisa cek di https://12go.asia/

 

Sewaktu di Bangkok saya stay di Luk Hostel Bangkok, karena jalan cuma 5 menit ke Chinatown! Cocok untuk pecinta street food dan tukang belanja kayak saya! Selain itu gedungnya modern dan designnya unik.

Luk Hostel Bangkok

Hotel Luk Hostel Bangkok, nyaman dan bersih dan ada pilihan untuk kamar dorm yang murah meriah juga!

Kamu bisa juga pilih akomodasi alternatif via Booking.com (banyak pilihan dan banyak diskonnya!)


Booking.com

Kira-kira tempat wisata mana favoritmu? Tempat mana yang sudah kamu kunjungi? Tulis di komen ya!

Traveling Aja Dulu Book Olivia Purba