Mesir adalah salah satu negara dengan peradaban tertua di dunia dan sudah ada sejak tahun 3000 SM. Negara ini menghubungkan Afrika timur laut dengan Timur Tengah di Asia. Mesir juga terkenal karena memiliki monumen berusia ribuan tahun, seperti Piramida raksasa di Giza yang merupakan salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia Kuno), Sphinx, dan makam kuno yang penuh hieroglif. Kalau kamu berencana untuk mengunjungi Mesir, kamu mesti persiapkan terlebih dahulu dokumen yang kamu perlukan seperti visa. Berikut adalah cara membuat visa Mesir yang bisa kamu ketahui!

Informasi Visa untuk Kunjungan ke Mesir

Visa turis adalah jenis visa yang biasanya untuk tujuan jangka pendek yakni maksimal 90 hari. Beberapa negara memiliki keistimewaan untuk masuk Mesir tanpa visa. Sementara warga negara dari beberapa negara lain berhak mendapatkan Visa Turis pada saat kedatangan ke Mesir atau secara online. Menurut peraturan baru di tahun 2020, pemegang visa US, visa UK dan visa Schengen juga bisa mendapatkan visa On Arrival di Bandara kedatangan Mesir.

Dengan visa kedatangan, pengunjung bisa tinggal di Mesir selama maksimal 30 hari. Meski begitu, mereka yang berhak mendapatkan Visa Turis Saat Kedatangan atau Online tetap harus mengajukan permohonan di kedutaan atau konsulat jika ingin tinggal di Mesir dalam jangka panjang. 

Mengajukan Visa Saat Kedatangan

Meskipun Indonesia menjadi salah satu negara yang memenuhi syarat untuk Visa On Arrival, kamu tetap harus mendapatkan visa dari kedutaan. Pengertian Visa on Arrival yang dapat diperoleh para turis WNI ke Mesir adalah Visa masuk sebagai turis yang diperoleh saat kedatangan di Mesir tanpa melalui Kedutaan Besar Mesir, namun hal ini setelah melalui prosedur yang panjang.

Pihak biro perjalanan yang mengatur perjalanan wisata tersebut harus meminta persetujuan terlebih dahulu kepada instansi keamanan Mesir kurang lebih 2 minggu sebelum perjalanan. Dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri yang membawahi Imigrasi, Kepolisian dan National Security, akan memproses permohonan visa yang sudah lengkap dengan daftar nama dan nomor paspor calon turis WNI yang akan berkunjung.

Pihak biro perjalanan hanya akan memproses permohonan Visa dimaksud guna mendapat persetujuan dari instansi keamanan Mesir untuk minimal 10 orang. Setelah mendapat persetujuan dari instansi keamanan Mesir, barulah turis WNI tersebut bisa berangkat ke Mesir.

Dengan demikian, perlu kamu ketahui bahwa Visa masuk sebagai turis yang diperoleh disaat kedatangan di Mesir tersebut bukanlah Visa on Arrival yang bisa kamu peroleh begitu saja saat kedatangan di bandara internasional Mesir. Jangan sampai kamu salah paham dengan berangkat ke Mesir tetapi tidak mendapat persetujuan atau bahkan di deportasi setelah sampai disana. Kalau kamu ingin mengunjungi Mesir tanpa agen perjalanan, kamu wajib mengajukan visa terlebih dahulu di kedutaan besar Mesir. 

Konsultasi Traveling Aja Dulu Olivia

Persyaratan Pengajuan Visa untuk Wisata ke Mesir

Saat kamu akan mengajukan visa, kamu memerlukan beberapa dokumen untuk mendukung permohonanmu, seperti:

  • Formulir aplikasi Visa Mesir (dua salinan)
  • Dua foto diri seukuran paspor (2 inci x 2 inci, latar belakang putih, diambil baru-baru ini)
  • Paspor yang masih berlaku setidaknya enam bulan lagi sejak tanggal masuk di Mesir dan dengan setidaknya dua halaman kosong. Cek cara buat paspor disini
  • Dua salinan halaman informasi pribadi paspor 
  • Bukti tiket perjalanan pulang atau pergi.  Saya booking dummy ticket di sini biar gak rugi in case visa di tolak. 
  • Bukti akomodasi di Mesir. Saya pakai booking.com biar bisa di cancel tanpa ada penalti.
  • Jika kamu bepergian untuk urusan bisnis sertakan surat undangan dari perusahaan yang bertanggung jawab atau sponsor letter.
  • Fotokopi rekening koran minimal 3 bulan terakhir
  • Bukti pembayaran biaya visa
  • Salinan surat nikah (jika ada) dan kartu keluarga. Tambahan: untuk pelajar kayanya wajib melampirkan kartu pelajar.

Jika kamu mengajukan permohonan melalui pos, sertakan juga amplop beralamat sendiri dan dibayar di muka sehingga kedutaan/konsulat Mesir dapat mengembalikan paspor dan dokumenmu.

Mengajukan Visa Mesir di Kedutaan atau Konsulat

Kedutaan Mesir di jakarta

Jika kamu ingin mendapatkan informasi soal visa dengan lebih jelas, kamu bisa datang langsung ke kedutaan besar Mesir di Indonesia yang beralamatkan di:

“Jl. Teuku Umar No.68, RT.5/RW.5, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10310”

Kantor kedutaan Mesir buka pada hari Senin hingga Jumat dari pukul 09.00 hingga pukul 17.00. Meski begitu untuk pengurusan visa, kantor hanya melayani pada pukul 09.00 sampai 10.00 saja lho, jadi pastikan kamu datang lebih awal.

Adapun secara garis besar proses pengajuannya adalah sebagai berikut:

  • Kamu bisa hubungi Kedutaan Mesir untuk meminta pengiriman formulir aplikasi visa atau kamu bisa mengunduhnya disini.
  • Lengkapi Formulir Aplikasi Visa yang sesuai.
  • Kumpulkan dokumen yang kamu perlukan
  • Membayar biaya visa
  • Kirimkan dokumen dan lamaran ke kedutaan/konsulat Mesir. Tanyakan kepada mereka mengenai proses penyerahannya.
  • Tunggu hingga visa diproses
  • Ambil paspor (atau kirimkan kembali kepada) dengan visa tertempel, jika permohonan disetujui.
  • Konsulat/kedutaan besar mungkin juga memerlukan wawancara jika perlu.

Mengenai pembayaran biaya visa, kamu harus membayarnya sebelum mengajukan permohonan melalui loket di kedutaan. Biaya untuk visa Single Entry adalah 40$ dan multiple entry sekitar $65. Sebaiknya kamu siapkan pembayaran dengan dollar supaya lebih mudah dan tak perlu bingung saat mengkonversi ratenya ke Rupiah. Waktu pemrosesan visa biasanya sekitar 5 hingga 7 hari.  Terkadang waktu pemrosesan visa bisa sangat panjang hingga satu bula.  Pasalnya, pihak kedutaan Mesir di Indonesia tidak memproses visa secara langsung melainkan mengirimkannya ke Mesir. Setelah pihak imigrasi Mesir menegeluarkan persetujuan, kantor kedutaan di Jakarta tinggal mencetak stiker visanya saja. 

Durasi Visa Turis

wisata mesir

Durasi visa tergantung pada jumlah entri yang dibolehkan seperti berikut:

  • Visa On Arrival dan e-Visa berlaku selama 90 hari sejak tanggal penerbitan. Tiket ini berlaku untuk satu kali masuk dan memungkinkan kamu untuk tinggal di Mesir selama maksimal 30 hari.
  • Visa turis sekali masuk berlaku selama 6 bulan dan memungkinkan kamu tinggal di Mesir maksimal 60 hari
  • Visa turis multiple-entry berlaku selama 6 bulan dan memungkinkan kamu untuk tinggal di Mesir selama maksimal 90 hari kolektif

Kamu mungkin dapat memperpanjang visa turis (visa jangka pendek) selama 90 hari tambahan di Administrasi Paspor dan Imigrasi Mesir. Kamu memerlukan salinan paspor, visa, dan biaya  untuk membayar biaya pemrosesan.

Apakah saya memerlukan Visa Transit ?

Apakah Anda memerlukan visa Transit tergantung pada durasi transit. Dengan demikian:

  • Jika transit kurang dari enam jam: Kamu tidak memerlukan visa transit, tetapi kamu tidak diperbolehkan meninggalkan bandara
  • Jika transit sekitar 6 – 48 jam, kamu boleh meninggalkan bandara dan mengunjungi daerah sekitarnya. Kamu harus menunjukkan paspor Anda yang masih berlaku dan bukti perjalanan selanjutnya.
  • Jika transit lebih dari 48 jam, kamu harus mendapatkan visa yang relevan

Demikian cara membuat visa Mesir yang bisa kamu ketahui. Kalau kamu ingin mengetahui lebih jelas atau butuh bantuan, kamu bisa hubungi Olivia secara langsung. Kamu juga bisa cek cara membuat visa Arab Saudi atau visa negara lainnya.