Turki merupakan salah satu negara yang populer sebagai tujuan berlibur untuk turis Indonesia. Negara ini menghadirkan keindahan yang memadukan budaya Eropa dengan Timur Tengah. Selalu ada tempat wisata Turki yang bisa dikunjungi setiap musimnya. Mulai dari pantai yang semarak saat musim panas, hingga menikmati indahnya salju di perbukitan Turki saat musim dingin. Turki juga memiliki banyak situs bersejarah yang menarik untuk ditelusuri. Jangan lupa menikmati juga kuliner khas Turki. Agar liburan kamu bisa berjalan lancar, simak informasi panduan wisata Turki berikut ini.

Bahasa yang Digunakan di Turki

Turki memiliki bahasa resminya sendiri. Bahasa lain seperti bahasa Arab, Kurmanji, dan Zazaki juga digunakan oleh warga lokal untuk berkomunikasi. Namun, tak usah khawatir, sebagai negara dengan minat pariwisata tinggi, tersedia berbagai keterangan bahasa Inggris yang akan membantu kamu, terutama di Istanbul dan tempat – tempat wisata Turki yang punya pamor di kancah internasional. Sekitar 70% warga Istanbul mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Hotel, cafe, dan restoran terutama di pusat kota pasti memiliki keterangan dan pelayan yang mampu berbahasa Inggris.

Wisata Turki

Mata Uang dan Penukaran Uang di Turki

Mata uang resmi Turki adalah Lira (TL). 1 TL setara dengan Rp 2.075. Selain Lira, mata uang USD dan Euro juga berlaku di beberapa situs wisata, hotel, dan restoran. Menukarkan mata uang Rupiah di Turki akan sangat sulit. Cara yang paling cepat adalah dengan melakukan penarikan uang di ATM sesampai di Turki (dengan charge sekitar Rp 25.000 sekali penarikan). Alternatif lainnya, kamu juga bisa menukarkan Rupiah menjadi USD atau Euro saat di Indonesia, kemudian melakukan penukaran di Turki dengan uang tersebut menjadi Lira.

Traveling Aja Dulu Book Olivia Purba

Pilihan Transportasi Saat Wisata di Turki

Melakukan perjalanan wisata Turki sudah difasilitasi dengan sistem transportasi yang cepat dan efisien. Sangat disarankan untuk memanfaatkan transportasi umum daripada taxi, karena akan sangat mahal karena tidak ada argo khusus. Untuk perjalanan pendek dengan kondisi yang macet, kamu bisa dikenai tarif tinggi yang jika di kurs Rupiah bisa sampai Rp 1 juta! Berikut beberapa transportasi umum di Turki yang bisa kamu gunakan sebagai turis.

  1. Bus

Bus merupakan transportasi umum yang cukup efisien dan murah (10 TL per orang). Namun, hanya bus di kota besar seperti Istanbul dan Ankara saja yang memiliki keterangan dalam dua bahasa. Jika tidak merasa membutuhkan informasi, tak perlu ragu bertanya dengan sesama penumpang lokal dalam bus. Setiap warga di Turki memiliki keramahan pada pengunjung sekalipun beberapa dari mereka mungkin tidak sepenuhnya memahami bahasa Inggris.

  1. Metro

Metro bisa menjadi alternatif kendaraan selama berada di Turki. Tak hanya membantu mobilitas kamu, nikmati pengalaman menaiki kereta bahwa yang telah beroperasi dari tahun 1875. Tiket Metro juga cukup terjangkau yaitu 2,3 TL untuk satu orang. Kamu juga bisa membeli kartu Metro yang bisa digunakan oleh beberapa orang sekaligus.

  1. Tramvay

Tramvay juga merupakan salah satu transportasi kuno yang ada di Turki. Kendaraan ini semacam trem yang memiliki 10 jalur di penjuru Turki. Terdiri dari 7 jalur untuk bagian negara Turki di daratan Eropa dan 3 jalur di daratan Asia.

Cappadocia Wisata Turki

Sim Card dan Akses WiFi di Turki

Membeli Sim card lokal Turki akan membutuhkan biaya yang cukup mahal, yaitu sekitar 35 sampai 40 TL untuk satu Sim card dengan pilihan masa berlaku beragam. Beberapa provider yang bisa kamu beli di antaranya; Avea, Turkcell, dan Vodafone. Namun perlu diketahui juga, jika kunjungan kamu lebih dari seminggu dengan smartphone dari luar Turki, ada registrasi khusus menggunakan paspor dan biaya sebesar 120 TL.

Untuk akses internet, sudah banyak tempat umum di Turki yang menyediakan WiFi gratis. Mulai dari hotel, restoran, cafe, dan berbagai lokasi wisata Turki lainnya. Namun, jika kamu ingin memiliki akses internet pribadi yang aman dan lebih stabil, manfaatkan fasilitas Turkish Mobile WiFi Hotspot yang bisa diakses dengan aplikasi. Namun layanan spesial satu ini pastinya membutuhkan biaya ekstra, tergantung berapa lama kamu memiliki paket jasa.

Kamu harus ada akomodasi yang sudah di booking juga selama di Vietnam karena akan di tanya petugasnya di bandara. Jadi pastikan kamu sudah booking akomodasi. Favorit saya adalah booking Airbnb karena sistem cancelation nya mudah dan lebih terjamin untuk memilih akomodasi yang private (gak sharing untuk menghidari COVID). Selain itu di Airbnb saya bisa memilih tour yang diselenggarakan oleh individual orang lokal (bukan tour company), jadi benar-benar krasa otentik.

Gak percaya? Sangkin sukanya saya sampai usaha sewain kamar via Airbnb. Simak tulisan review saya menggunakan Airbnb di artikel ini.Β 

Rekomendasi Tempat Wisata di Turki Terpopuler

Ada banyak sekali tempat wisata Turki yang populer dan ikonik di setiap kotanya. Berikut ringkasan rekomendasi lokasi wisata yang jangan sampai dilewatkan jika kamu baru pertama kali berkunjung ke Turki.

  • The Blue Mosque: Kunjungi salah satu masjid paling ikonik dan megah di Turki, The Blue Mosque. Berlokasi di Istanbul, masjid ini memiliki arsitektur menawan yang didominasi dengan warna biru.
  • Topkapi Palace Museum: Menyaksikan jejak sejarah kekaisaran Ottoman jangan sampai terlewatkan ketika berlibur ke Turki. Jangan lupa berkunjung ke Topkapi Palace Museum yang menyimpan sejarah di dalamnya.
  • Uchisar Castle: Lokasi satu merupakan salah satu dari lembah dengan pemandangan menakjubkan di Cappadocia, Turki. Kamu bisa menikmati keindahan kota dengan menaiki balon udara dari tempat wisata satu ini. Kamu akan merasakan atmosfer unik seperti berada di planet lain. Lembah lain yang juga patut kamu kunjungi Pigeon Valley atau Lembah Merpati.
  • Pamukkale Nature Park Pool: Pamukkale merupakan salah satu kota di Turki yang terkenal akan keindahan alamnya. Jangan lewatkan kesempatan bermain di kolam mineral sekaligus menikmati keindahan alam di Pamukkale Nature Park Pool. Lokasi ini memiliki panorama kolam mineral putih dengan pantulan warna langit biru yang menawan.Β 

makanan dan minuman turki

Makanan Khas Wisata Turki yang Wajib DicobaΒ 

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan beberapa makanan khas Turki. Nikmati kesempatan mencicipi hidangan asli khas Turki dengan cita rasa lokal yang otentik. Makanan khas Turki juga terkenal dengan variasi bahannya yang segar dan baik untuk kesehatan. Makanan di Turki juga dijamin halal karena mayoritas warga lokalnya sendiri beragama Muslim. Berikut beberapa makanan khas Turki yang patut kamu coba.

  • Kebab: Jangan lewatkan kesempatan mencicipi kebab asli Turki saat sedang berkunjung ke negara ini. Beberapa merk kebab lezat yang patut kamu coba di antaranya; Doner Kebab, Adana Kebab, Iskender Kebab, Shish Kebab, dan Kuzu Tandir.
  • Manti: Manti merupakan ravioli khas Turki yang disajikan dengan yogurt, lelehan butter, potongan sayur segar, dan bubuk cabe. Dijamin segar sekaligus mantap karena sensasi pedasnya.
  • White Bean Stew: Stew merupakan hidangan semacam sup namun memiliki kuah yang lebih kental. White Bean Stew merupakan makanan khas Turki berupa hidangan kacang berkuah creamy dengan tomat yang memiliki cita rasa tradisional.
  • Sayur dengan Minyak Zaitun: Nikmati hidangan sehat berbagai varian campuran sayur segar yang disajikan dengan minyak zaitun. Adapun beberapa macam hidangan diantaranya; Dolma, Sarma, dan Imam Bayildi.

Saya sendiri sempat ke Turki tahun 2017 dalam perjalanan ke London dari Singapura. Saya singgah di Turki karena kebeutlan dapat fasilitas keliling gratis dari maskapai yang saya tumpangi yakni Turkish Airline. Kamu bisa cek juga pengalaman saya Membuat Visa Turki.

Itu tadi berbagai panduan wisata Turki yang kamu butuhkan untuk merencanakan liburan sempurna. Pastikan tetap menjaga keamanan diri sendiri dan harga budaya lokal sekitar. Selamat berlibur!

Simak juga perjalanan saya keliling dunia gratis di Youtube, jangan lupa subscribe ya!